Mempunyai rumah sendiri tentunya adalah impian setiap individu. Rumah yang mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penghuninya kelak. Tentunya ketika membuat rumah, kita sudah merancang rumah seperti apa dan bagaimana bentuknya nanti.

Salah satu yang menjadi favorit saat ini adalah desain rumah minimalis. Desain rumah minimalis muncul dan mulai berkembang kira-kira sejak tahun 1920, namun belum sepopuler saat ini. Desain rumah minimalis baru mulai berkembang pada tahun 1990, membawa konsep yang mengusung kesederhanaan dan mulai banyak dikenal orang dan terus mengalami perkembangan yang begitu pesat sepuluh tahun sesudahnya hingga saat ini.

Desain rumah minimalis sendiri biasanya memiliki ciri rumah sederhana namun tetap memiliki nilai keindahan sendiri dengan tata ruang yang lapang. Kemunculan desain rumah minimalis adalah sebagai mode pengaplikasian dari efisiensi pemakaian bahan bangunan.

pinterest.com

Beberapa tahun belakangan ini rumah minimalis menjadi pilihan bagi sebagian orang, alasannya tentu karena harganya yang lebih murah atau memang berdasar pada karena keinginan orang tersebut untuk memiiki rumah dengan keindahan estetika ala desain rumah minimalis. Desain rumah minimalis memang bisa terlihat elegan layaknya rumah mewah jika didesain dengan tepat.

Kali ini Kania akan mengajak kalian untuk melihat model desain rumah minimalis terbaik yang bisa menginspirasi dirimu. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

1. Conan Play House, Bangdong, Korea Selatan

themost10.com

Rumah yang dinamakan Conan Play House atau bisa juga disebut dengan ‘Toy House’ ini memiliki desain rumah minimalis terbaik saat ini. Rumah minimalis yang terletak di Negeri Ginseng, Korea Selatan ini merupakan karya dari arsitek Moon Hoon. Ia merupakan arsitek yang kerap membuat desain rumah minimalis. Rumah ini diklaim oleh sang arsitek sebagai desain rumah minimalis untuk pasangan muda yang memiliki anak laki-laki.
themost10.com

Pasangan tersebut meminta untuk dibangunkan sebuah rumah yang memiliki desain rumah minimalis dengan bentuk lolipop, yang memiliki teralis jendela pada bagian tengah sisinya. Ruangan dari rumah ini terdiri dari ruang tamu dengan desain simpel elegan, kamar dengan kasur empuk, dapur, dan kamar mandi.

2. Kamakura House

fosterandpartners.com

Rumah yang memiliki desain rumah minimalis ini terletak di Jepang. Rumah yang dibangun dari tahun 1997 hingga 2004 ini memiliki konsep sentuhan tradisional yang kental, sekaligus unsur religius yang tinggi. Desain rumah minimalis ini sendiri didesain oleh Foster+Partner yang memiliki kesan hangat dan mewah. Beton tembok dibuat tampak kokoh dan kuat yang tentu saja membuat orang yang melewati rumah ini terinspirasi untuk memiliki desain rumah minimalis seperti ini.

3. Desain rumah minimalis Residence di Colombia oleh GM 1 House

archdaily.com

Desain rumah minimalis terbaik selanjutnya adalah rumah yang terletak di Girardot, Kolumbia ini. Rumah minimalis yang memiiki gaya modern dan elegan ini didesain oleh arsitek dari GM Arquitectos studio. Rumah dengan tampilan yang kontemporer dengan atap besar menjulang ini memang dibangun dengan konsep mewah dan unik. Memiliki dua lantai, rumah ini memiliki penerangan lampu yang istimewa. Jadi nggak heraan kalau rumah ini digadang-gadang paling indah ketika malam hari mulai tiba dengan penerangan yang ada di sekelilingnya.

4. VDVT House

archdaily.com

Bangunan dengan konsep desain rumah minimalis ini berlokasi di Arthem, Belanda dan didesain oleh Boetezkes Helder. Memiliki desain dengan konsep serba hitam yang membuat rumah ini tampak elegan dan kokoh. Desain rumah minimalis ini menyerupai sebuah kotak atau boks hitam ukuran besar dengan lapisan alumunium yang mengelilingi dinding hitam rumah ini.

 archdaily.com

Alumunium ini akan bersinar dan berubah warna ketika terkena pantulan sinar matahari di siang hari dan membuatnya nampak istimewa. Rumah yang memiliki julukan ‘’Black Box” ini memiliki beberapa jendela berbentuk vertikal di bagian sekeliling rumahnya serta furniture cantik yang melengkapi keistimewaannya. Desain rumah minimalis ini juga istimewa dengan desain interior yang didominasi oleh warna putih pada dinding, furnitur seperti sofa hingga vas bunga juga melengkapi desain rumah minimalis tersebut.

5. Sculptural Home

metalocus.es

Desain rumah minimalis yang terletak di Jerman ini merupakan desain rumah minimalis dari arsitek studio Jerman, Titus Bernhard Architekten. Desain rumah minimalis ini sendiri didominasi oleh warna coklat dan dibuat dengan metode terbaru dengan menggunakan kayu daur ulang. Rumah ini memiliki taman terbuka hijau dan pepohonan di sekelilingnya yang memberikan kesan natural pada rumah tersebut.

Baca Juga: Sedang Ngetren, Ini 10 Manfaat Tersembunyi Rumah Kayu!

6. Wilton Pool House karya Hariri & Hariri

pinterest.com

Desain rumah minimalis yang memiliki kombinasi warna putih dan walnut ini terletak di New York, Amerika Serikat dan dibangun sejak tahun 2007 lalu dengan hanya beberapa ruangan saja. Yaitu dapur, ruang tamu, kamar serta bar kecil. Rumah ini didesain oleh arsitek pasangan kakak beradik, Giseue Hariri dan Mojgan Hariri. Desain rumah minimalis ini memiliki konsep desain rumah modern minimalis yang mewah. Adanya sebuah kolam renang yang berada di dalam rumah ini membuat rumah ini semakin indah.

7. Four Cornered Villa

copperline.co

Rumah yang diberi nama Four cornered villa ini terletak di Virrat, Finlandia dan didesain oleh Avanto architect. Desain rumah minimalis ini dikerjakan dan selesai dalam waktu dua tahun. Rumah yang memiliki atap kayu yang datar ini menghadap ke arah utara dan timur ini terlihat begitu dramatis dengan perpaduan warna hitam, putih, cahaya serta adanya bayangan, pohon-pohon tinggi dan ramping yang memberikan kesan dan efek dramatis yang menggoda.

8. Tuath Na Mara

donegalfilmoffice.ie

Desain rumah minimalis ini memiliki unsur modernitas yang kental namun memiliki konsep minimalis yang sempurna. Dengan setting ‘rumah di pinggiran kota’, desain rumah minimalis ini memiliki keberadaan yang kuat dengan didominasi oleh warna gelap yang mengelilinginya. Belum lagi dengan keindahan alam di sekitarnya, membuat rumah ini semakin membuat masyarakat Donegal, Irlandia lainnya merasa iri.

9. The Royer House

freshome.com

Desain rumah minimalis buatan arsitek dari studio Kienesberger Schröckenfuchs Architektur ini mungkin nampak biasa saja dari depan. Namun, jika kamu memasuki rumah ini, kamu akan bisa menemukan beberapa kejutan-kejutan yang tak terbayangkan. Misalnya saja interior yang indah dari desain rumah minimalis ini, dengan segala furnitur yang didominasi oleh bahan kayu dan juga ruang terbuka hijau penuh tanaman dan teras kayu di bagian belakang membuat rumah ini terlihat misterius di depan namun homey di dalam.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Modern Terpopuler, Inspiratif Banget!

Pinterest.com

10. Esher House oleh Wilkinson King Architect

curchods.com

Rumah minimalis yang terletak di bagian tenggara Inggris ini memiiki desain rumah minimalis yang tajam dan bersih. Rumah ini sendiri telah memenangkan banyak penghargaan di banyak kategori pada tahun 2005 silam termasuk kategori bangunan arsitektur terbaik tahun 2005, dan juga mendapatkan penghargaan sebagai Best Residential Design versi Daily Telegraph Home Building and Renovation Award pada tahun 2005. Desain rumah minimalis ini memiliki konsep dua lantai yang didominasi oleh warna putih dengan kilam renang di sampingnya.

Terdapat juga pepohonan hijau dan rerumputan yang membuat rumah ini unik karena memadukan antara modernitas dan tetap mempertahankan alaminya. Bikin penghuni makin nyaman.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Minimalis Sederhana Favorit Istri

Nah gimana? Kira-kira dari 10 rumah yang sudah dihadirkan oleh Kania, muncul ide gila untuk mendesain rumah minimalis kalian sendiri nggak? Lengkapi juga bagian interiornya dengan aneka furnitur dan perabotan minimalis dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual kursi, sofa, tempat tidur, lemari, dan meja rias minimalis.

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma siap membantu! Bukan cuma desain interior saja, kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂