Agar terlihat indah di pintu, cara memasang gorden harus diperhatikan dan dilakukan dengan benar. Pasalnya, gorden pintu yang tidak dipasang dengan benar selain tidak enak dipandang juga memungkinkan merusak bagian-bagian dari gorden itu sendiri. Nggak mau kan, kalau gorden pintu yang semula tampak indah justru menjadi norak dan mengganggu pemandangan di dalam rumah.

Kendati demikian, sayangnya saat ini masih banyak orang yang kurang paham bagaimana cara memasang gorden yang baik dan benar. Mereka cenderung terima beres dengan memakai jasa pemasangan. Untuk kamu dengan budget terbatas, tentu harus mempertimbangkan pilihan untuk memasang sendiri gorden pintu rumahmu.

Nah, buat kamu yang berniat memasang gorden pintu sendiri namun kurang mengetahui cara memasang gorden pintu yang baik dan benar, Kania akan ulas cara memasang gorden pintu yang baik!

Melakukan pengukuran

netcurtainsdirect.com

Melakukan pengukuran pintu dengan tepat merupakan hal yang wajib dilakukan dalam memasang gorden pintu. Jika tidak mengukurnya dengan tepat, bisa mengakibatkan gorden yang sudah terpasang terlihat tidak cocok dengan pintu rumah. Kamu harus menentukan jarak terbaik untuk memasangnya agar gorden terlihat pas dengan ukuran pintu. Pastikan bahwa lebar pintu sesuai dengan lebar kain gorden pintu yang akan digunakan. Mengukur pintu dengan benar lebih hemat dalam hal biaya pengeluaran serta efisiensi waktu. Nggak mau kan, saat sudah membeli gorden pintu tapi ternyata tak sesuai dengan ukuran pintu di rumah?

Menggunakan kain yang lebih panjang dari ukuran pintu

pinterest.com

Cara memasang gorden pintu selanjutnya adalah menggunakan kain gorden yang panjangnya melebihi ukuran pintu rumah. Kamu bisa menggunakan gorden pintu yang panjangnya hingga lantai, namun juga jangan sampai berlebihan agar tak mudah kotor. Hal ini perlu diperhatikan soal gorden pintu, panjang gorden harus disesuaikan dengan ukuran pintu. Rumah dengan desain interior klasik, misalnya, perlu memakai gorden pintu yang panjangnya hingga menyentuh lantai agar semakin menonjolkan nuansa megah.

Baca Juga: 10 Model Gorden Minimalis Keren yang Kamu Harus Punya

Untuk tampilan romantis, biarkan gorden lebih panjang 15 hingga 20 cm daripada penyangganya untuk memberikan tampilan elegan di lantai. Panel gorden harus cukup lebar agar ketika ditutup, bisa tertutup secara penuh. Lebar panel ini sendiri sebaiknya 2 atau 2,5 kali dibandingkan lebar pintu.

Memilih warna

pinterest.com

Selain menentukan desain tirai dan gorden, pilihan warna juga sangat mempenagruhi tampilan pintu rumahmu nanti. Untuk gorden pintu, pilihlah warna yang cerah. Apalagi untuk pintu rumah yang berukuran tak terlalu besar, hindari memakai gorden pintu yang berwarna monokrom. Pasalnya, hal ini dapat membuat ruangan tampak pengap. Sedikit tips, cobalah pilih warna dusty pink, putih, peach, atau warna-warna kalem lainnya.

Memilih penyangga

pinterest.com

Setelah mengukur pintu dan menentukan desain gorden pintu yang hendak dipasang, maka langkah selanjutnya dalam memasang gorden pintu adalah memilih jenis penyangga untuk gorden tersebut. Pemilihan penyangga gorden pintu ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan harus disesuaikan dengan desain gorden serta bentuk pintunya sendiri.

Baca Juga: Selesaikan Masalah Interiormu dengan 14 Gorden Jendela Minimalis Ini!

pinterest.com

Pastikan penyangga gorden cukup lebar sehingga ketika terbuka, tepi bagian dalam gorden hanya menutupi bingkai pintu dan bukan jalan masuk. Kamu juga bisa mencari berbagai referensi terlebih dahulu untuk menentukan jenis penyangga yang tepat sesuai dengan desain pintu dan gorden yang menjadi pilihanmu.

Melubangi dinding tempat peyangga dengan benar

typepad.com

Langkah selanjutnya dalam memasang gorden pintu adalah melubangi dinding yang akan digunakan sebagai tempat untuk memasang penyangga. Kamu bisa menggunakan bor listrik agar lubangnya kecil namun hasilnya lebih kuat dan tidak mudah lepas. Dengan penggunaan bor listrik, kamu juga akan mendapatkan tempat memasang penyangga yang lebih rapi. Jika kamu baru pertama kali memasang gorden pintu sendiri, cara manual seperti menggunakan palu sebaiknya kamu hindari karena biasanya hasilnya kurang rapi dan justru dapat merusak dinding rumah.

Memasang kain gorden pintu

galleriao.net

Setelah penyangga terpasang dengan kuat, maka langkah selanjutnya adalah memasang kain gordennya. Kain gorden pintu sebaiknya dipasang pada posisi yang agak tinggi sehingga mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Ini penting untuk dilakukan, terutama jika ruangan tersebut berukuran sempit. Menggantung gorden pintu terlalu pendek termasuk kesalahan dalam memasang gorden pintu. Pastikan kamu juga menaruh lampu di dekat gorden sebagai pencahayaan.

Menggantung gorden pintu di posisi yang benar

pinterest.com

Posisi menggantung gorden pintu juga harus diperhatikan. Gorden pintu sebaiknya digantung setengah jalan antara bagian atas pintu dan langit-langit atau juga lebih tinggi Tempat yang pas untuk instalasi tangkai besi gorden adalah dibawah langit-lagit. Dengan kamu memasang gorden pintu lebih tinggi akan menciptakan visualisasi ruangan terlihat tampak lebih tinggi dan luas. Tidak masalah jika harus melebihi frame pintu bagian atas.

Cek kerapian dan kebersihan gorden pintu

draperycleaning-manhattan.com

Sebelum benar-benar memasang kain gorden pintu ke penyangganya, langkah terakhir dalam memasang gorden pintu adalah mengecek kembali apakah gorden tersebut sudah rapi atau belum. Jika masih kusut atau kotor, kamu bisa membersihkan dan merapikannya terlebih dahulu sebelum akhirnya dipasang.

Kamu juga perlu teliti dan berhati-hati karena tidak semua kain gorden bisa disetrika sehingga kamu harus berhati-hati untuk memasang gorden pintu dengan jenis kain tertentu.

Baca Juga: Takut Salah Beli Gorden? Jangan Lewatkan Tips Ini

Saat ini dengan kreativitas orang yang tanpa batas, gorden pintu yang sebelumnya identik dengan desain klasik kini hadir gorden pintu dengan berbagai gaya. Mulai dari gorden dengan desain yang simpel dan lebih ringan sampai dengan motif unik, sehingga cocok untuk diaplikasikan di dalam rumah. Gorden pintu mana favoritmu?

======

Sedang mencari furnitur untuk rumahmu? Dekoruma solusinya! Dekoruma jual meja komputer, lemari, dan sofa dengan ragam ukuran dan model.

Atau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu? Tim desain interior Dekoruma siap membantu! Kami juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

Nah, buat kamu yang sedang mencari tempat tinggal baru, kamu bisa mengunjungi laman Dekoruma Properti! Ada banyak pilihan hunian dengan harga terbaik di dalam perumahan yang nyaman. Lokasinya pun tersebar di berbagai wilayah Jabodetabek, seperti perumahan baru di Depok, Jakarta Barat, Bekasi, dan Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan rumah impianmu di Dekoruma untuk menciptakan momen indah bersama keluarga!