Apakah kamu ingin menciptakan kesan alami pada rumah idamanmu?

Suasana alami di rumah dapat dimunculkan dengan berbagai cara. Mulai dari menghadirkan lebih banyak ruang terbuka, desain yang lebih natural, hingga menggunakan material-material alam pada struktur bangunan. Salah satu material alam yang paling banyak jumlahnya dan mudah kamu temui adalah kayu.

Material kayu solid dapat dimanfaatkan dalam berbagai desain interior rumahmu. Misalnya, dipasang pada dinding, furnitur, plafon, serta ornamen. Selain memberikan kesan natural, lantai kayu banyak dipilih karena memiliki berbagai macam motif unik.

pinterest.com

Tidak hanya itu, lantai kayu bahkan dapat menghangatkan ruangan. Ini karena lantai kayu mampu menyerap panas pada siang hari, kemudian melepaskan panas tersebut di malam hari.

Dari segi bahan pembuatnya, kamu dapat memilih menggunakan lantai kayu solid (kayu asli) atau kayu sintetis (laminated). Kedua jenis lantai kayu tersebut sama bagusnya, namun memiliki karakteristik yang berbeda, termasuk dari sisi harga maupun tingkat keawetannya.

soosxer.org

Lantai kayu solid biasanya lebih kuat dan tahan lama, tapi harganya relatif murah. Sedangkan lantai kayu sintetis umumnya murah, tetapi tidak lebih kuat dan tidak lebih awet dibandingkan lantai kayu solid.

Tahukah kamu? Memasang lantai kayu di rumah memang mampu memberikan nilai tambah serta mempercantik rumah, di sisi lain lantai kayu juga bisa berbahaya bagi kesehatan. Pada banyak kasus, risiko kesehatan yang ditimbulkan lantai kayu berhubungan dengan produk lain di dalam proses instalasinya, seperti lem perekat dan penahan kelembapan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait pemasangan lantai kayu dan risiko kesehatan yang ditimbulkannya.

Pertumbuhan Jamur

laminate-flooring.com.sg

Jamur pada lantai kayu adalah akumulasi dari spora jamur yang melayang di udara. Spora tersebut kemudian menetap di permukaan benda, termasuk lantai kayu. Apabila lantai kayu kamu tiba-tiba terasa sangat hangat dan lembab, bisa jadi lantai kayu rumahmu telah ditutupi jamur. Begitulah hasil penelitian yang dirilis oleh North Carolina State University Cooperative.

Spora jamur pada lantai kayu maupun permukaan benda lain sangat berbahaya bagi tubuh. Jika sampai terhirup dalam waktu yang lama, spora jamur berisiko menyebabkan iritasi paru-paru dan memicu asma. Menghilangkan jamur dari lantai kayu akan lebih mudah jika lantai tersebut telah benar-benar selesai diinstalasi dan diberi lem perekat. Kamu juga bisa menerapkan firnishing kayu untuk melindunginya.

Berhati-hatilah berjalan di atas lantai kayu yang telah dipenuhi jamur. Kalau kamu tidak sengaja menginjak jamurnya, maka setiap tempat yang kamu injak berpotensi terkontaminasi jamur. Selain itu, jamur pada lantai kayu juga menyebabkan ruam dan iritasi pada kulit.

Asap Lem Perekat

pinterest.com

Sebagian besar lantai kayu dipasang menggunakan lem perekat khusus sebagai jangkar (anchor) papan kayu ke sub-lantai. Masalahnya, lem perekat ini berpotensi melepaskan uap dan asap berbahaya ke dalam rumah ketika lemnya sudah kering. Menurut Healthy House Institute, kemungkinan pelepasan uap ini akan terus berlanjut selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Untuk mencegahnya, sebaiknya kamu memilih lem perekat yang rendah atau tanpa bahan kimia yang mudah menguap. Biasanya, lem perekat jenis ini ditandai dengan simbol VOC. Dengan begitu, bahaya kesehatan yang disebabkan lantai kayu rumahmu dapat berkurang. Banyak juga loh tipe lantai kayu yang cukup direkatkan ke sub-lantai menggunakan staples atau paku. Jauh lebih baik daripada memakai lem perekat.

Formaldehida, Formalin Penyebab Kanker

allergycosmos.co.uk

Asap Formaldehida memiliki bau yang amat tajam dan mampu menimbulkan iritasi pada paru-paru, kulit, dan mata. The US Environmental Protection Agency melaporkan bahwa formalin jenis ini juga dapat menyebabkan kanker kalau terhirup dalam jangka waktu lama. Salah satu penyebab umum bahan kimia ini tersebar di dalam rumah adalah lantai kayu.

Lem perekat pada lantai kayu mudah melepaskan kandungan formalin, terutama saat lemnya telah kering. Lem perekat ini digunakan sebagai bahan aditif dalam proses finisihing beberapa produk kayu, juga pada instalasi lantai kayu sintetis (laminated).

shutterstock.com

Untuk meminimalisir hal ini, sejumlah perusahaan manufaktur menawarkan produk lantai kayu yang bebas formaldehida. Jadi kamu bisa memperoleh lem perekat yang aman tersebut untuk lantai kayu rumahmu.

Karena hal itulah, banyak yang menutupi lantai kayu mereka dengan pemanis seperti karpet agar tidak langsung berpijak ke lantai. Nggak jarang orang memilih lantai keramik untuk rumah mereka karena nggak mau repot mengurus lantai kayu.

Debu Hasil Pengamplasan

powertoolsandwoodworking.com

Pengamplasan lantai kayu yang dilakukan di rumah  bisa berdampak kesehatanmu, loh. Proses pengamplasan tersebut biasanya akan melepaskan partikel kecil yang telah tercampur sejumlah bahan kimia. Wood Floor Doctor pernah memperingatkan bahwa menghirup debu pengamplasan segala jenis lantai kayu berpotensi menyebabkan iritasi pada paru-paru.

Bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa terserap dan mengalir dalam sistem peredaran darah. Sebisa mungkin hindari terpapar proses ampelas kayu secara langsung. Kalau tidak bisa dihindari, gunakan masker pelindung pernafasan.

Debu Kayu Sebagai Karsinogen

hotsmoked.co.uk

Debu pada lantai kayu umumnya dianggap sebagai karsinogen, yakni zat yang memicu pertumbuhan kanker. Sebagaimana dilansir oleh Very Well, hasil dari 70 penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 silam menunjukkan bahwa debu kayu mampu menyebabkan terjadinya kanker otak dan kanker leher.

Sedangkan dalam 10 penelitian lain yang dilakukan pada tahun yang sama memperlihatkan secara langsung bahwa paparan debu kayu dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Orang-orang yang menghirup debu kayu dalam waktu yang lama setidaknya 20 persen lebih berpotensi terkena penyakit ini.

besthardwoodflooring.com

Penelitian lain di Kanada menunjukkan bahwa risiko terkena kanker paru-paru pada mereka yang terpapar debu kayu 40 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Selain kanker, debu kayu telah dikenal lama menjadi penyebab beberapa penyakit. Hati-hati ya, lantai kayu kamu pun bisa memicu penyakit-penyakit berikut:

  • Ruam kulit (dermatitis). Health and Safety Executive (HSE) pernah menginformasikan bahwa paparan debu kayu dari 300 jenis pohon mampu menimbulkan ruam pada kulit.
  • Alergi pernapasan. Debu kayu dianggap sebagai salah satu dari 10 penyebaba asma di Inggris. Penting untuk dicatat, asma dapat menjadi faktor pemicu tumbuhnya sel-sel kanker.
  • Timbulnya gangguan pernapasan yang tidak terkait dengan alergi tertentu. Misalnya, gatal-gatal, hidung terasa kering, sinusitis, serta batuk-batuk.
  • Penurunan fungsi paru-paru dan gangguan pada sillia

Setelah mengetahui fakta soal lantai kayu, pastinya kamu akan lebih berhat-hati kan? Lantai atau furniture kayu tidak buruk, kamu juga tidak harus menghindari lantai kayu pada rumahmu. Yang penting, kamu harus hati-hati saat pemasangan dan merawat lantai kayu di rumah dengan baik.

Kamu sedang mencari kasur baru untuk kamar tidurmu? Dekoruma jual kasur Florence, Guhdo, dan King Koil, tiga merek kasur terkenal yang memiliki kualitas terbaik dan bukan abal-abal.

Selain itu, ada juga aneka jenis furnitur untuk mengisi setiap ruang yang ada di rumahmu. Dekoruma jual meja rias, lemari dapur, sofa, rak tv, dan kursi makan. Untuk ruang kerjamu, Dekoruma jual meja kerja dan kursi kantor yang ergonomis, serta aneka lemari kantor guna menyimpan semua dokumenmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung cari semua kebutuhan kamu di Dekoruma!