Ide Warna Cat Rumah yang Menawan dan Membuat Hunian Anti Monoton

Warna cat rumah merupakan salah satu pertimbangan penting dalam mendesain rumah. Warna cat rumah bagian dalam benar-benar harus diperhatikan agar konsep rumah dapat terwujud dengan apik. Apalagi, desain maupun konsep rumah yang kamu miliki akan mencerminkan karakter dirimu sebagai pemilik rumah.

Warna cat rumah mampu menciptakan kesan lebih hidup pada sebuah ruangan. Selain itu, warna cat rumah juga dapat membuat ruangan tampak lebih tegas. Misalnya, warna-warna gelap akan membuat ruangan terkesan lebih sempit, sementara warna-warna yang terang akan membuat ruangan terasa lebih luas. Selain berpengaruh pada ruangan, warna cat rumah juga berpengaruh besar pada mood penghuninya, lho. Nah, berikut ini Kania punya lima warna cat rumah yang bisa membuat suasana lebih hidup!

Warna cat rumah biru

dekoruma.com

Warna biru sangat identik dengan hal-hal yang berbau alami. Contohnya laut, pantai, langit, dan juga kebun. Warna cat rumah bernuansa biru akan membuat rumahmu lebih fresh karena mampu menampilkan kesan sejuk dan damai. Kamu juga bisa menambahkan selimut & quilt dengan warna yang lebih netral dari warna cat kamar tidurmu.

Warna cat rumah ini sangat cocok untuk diaplikasikan di kamar tidur dan ruang keluarga. Dengan pemilihan warna cat rumah ini, kamu pun akan mendapatkan perasaan tentram, nyaman, serta lebih hidup. Kesejukan dan kesegaran dari warna cat rumah biru yang kamu rasakan akan memberikan pengaruh yang besar bagi mood.

xichangshan.com

Kamu bisa mengombinasikan warna cat rumah ini pada dinding dengan dengan trim kuning pastel yang lembut untuk membuatnya terlihat hangat, lengkapi dengan furniture dan daun pintu berwarna merah cayenne. Rumah dengan tema modern minimalis dapat menggunakan warna biru navy yang dikombinasikan bersama warna merah, kuning pastel, dan turquoise dengan aksen trim warna putih.

Sementara itu, kombinasi warna cat dinding biru telur asin dengan aksen trim warna putih untuk bagian interior rumah memberikan kesan lembut dan menenangkan. Untuk mendapatkan kesan yang berkelas dan elegan kamu bisa menggunakan warna biru donker yang dikombinasikan dengan perabot berwarna cokelat emas pada aksen meja atau kursi makan.

Warna cat rumah Kuning

myaustinelite.com

Bagi sebagian orang, warna cat rumah ini cenderung dihindari karena terkesan silau dan kurang menarik. Namun, ada baiknya cobalah mendekorasi ruanganmu dengan warna cat rumah kuning pucat dan padukan dengan sedikit sentuhan warna hijau.

Jika warna cat rumah tersebut terkena cahaya, ruangan seolah-olah terlihat membesar dan cerah. Jika pada dinding dicat warna kuning pucat, tidak ada salahnya melengkapinya dengan dekorasi dan furnitur warna-warna lain yang masih senada, misalnya meja tamu warna cokelat tua atau aneka tumbuhan hijau, seperti tanaman monstera.

pinterest.com

Warna kuning memiliki karakter ceria dan cerah. Warna cat rumah ini ini dipercaya dapat meningkatkan semangat untuk berpikir jernih sehingga warna cat rumah satu ini sangat cocok untuk diaplikasikan di ruang kerja dan ruang makan.

 

Pro Design Ovi Meja Makan Lipat – Brown Walnut

Kamu juga dapat mengombinasikan warna cat rumah kuning yang ceria dan elegan dengan warna merah hati hingga cokelat tua. Contohnya lewat pilihan meja makan. Jangan lupa, pilih juga furnitur yang multifungsi dan space-saving  supaya ruangan di rumahmu tidak terasa sempit, terutama untuk model rumah yang mungil.

Warna cat rumah hijau

dekoruma.com

Warna hijau sangat identik dengan pepohonan atau dedaunan. Warna ini mampu menonjolkan kesan segar dan harmoni sehingga warna cat rumah ini sangat tepat untuk diaplikasikan pada ruang yang menjadi tempat berkumpul seperti ruang makan dan ruang keluarga. Bahkan, cocok juga untuk kamar tidur anak-anak.

Kamu juga bisa memilih warna cat rumah warna hijau pastel, karena disebut-sebut sebagai warna yang menetramkan dan terasa homey. Warna cat rumah tersebut membuat suasana di rumah lebih hidup dan memberikan semangat pada penghuninya. Padukan cat dinding berwarna hijau dengan hiasan dinding berwarna terang seperti cokelat muda, orange muda, atau krem.

mycolortopia.com

Warna cat rumah hijau yang identik dengan kesan tenang bisa tampil lebih berani bila dihasilkan dari pola yang kuat. Warna ini juga dapat diaplikasikan di ruangan yang kamu anggap terasa sempit. Warna cat rumah hijau lemon merupakan warna cerah yang akan membuat hati lebih tenang. Dengan melihat warna cat rumah yang cerah seperti ini, kamu semakin bisa berkreasi, entah dengan menambahkan bingkai foto pada dinding ataupun vas dengan bunga warna warni.

Warna cat rumah merah

pinterest.com

Berani dan hangat, itulah kesan yang melambangkan warna merah. Selain terlihat tegas, penggunaan warna cat rumah bernuansa merah pada sebuah ruangan dapat memberikan kesan warm dan menjadikan suasana lebih hidup. Warna cat rumah ini sangat cocok diaplikasikan pada ruang tamu dan dapur.

Heim Studio LEXA Desk

Warna ini memancarkan aura penuh energi. Ketika memakai warna cat rumah ini, sebaiknya kamu meletakkan beberapa furnitur warna putih seperti meja kerja di dekat warna cat rumah ini agar terlihat kontras.

pinterest.com

Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan warna merah maroon.  Menerapkan warna yang sama seperti warna cat rumah pada furnitur juga nggak salah lho. Misalnya memilih sofa warna merah untuk ruang tamu.

Nuansa yang akan muncul pada saat kamu menggunakan kombinasi warna-warna tersebut adalah kesan yang lebih modern dan colorful.  Warna cat rumah ini juga dapat menjadi elemen halus bila dipadukan dengan warna lain pada dekorasi, seperti menambahkan karpet pada lantai.

homedit.com

Bagi sebagian orang, merah dianggap sebagai warna yang terlalu cerah dan berani. Itu sebabnya cukup banyak yang menghindari untuk menggunakan warna cat rumah yang satu ini. Ada satu aturan yang perlu kamu perhatikan jika memakai warna merah sebagai warna cat rumah, yaitu hindari menggunakannya sebagai warna dominan karena warna merah bisa mengundang stres dan rumah pun bisa terasa lebih panas.

Warna cat rumah orange

pinterest.com

Jika kamu kurang menyukai warna cat rumah merah, kamu bisa memilih orange sebagai warna alternatif. Selain menampilkan kesan keakraban dan keceriaan, warna cat rumah orange juga bisa membangkitkan rasa semangat dan optimisme bagi penghuni ruangan.

Warna cat rumah ini cocok diaplikasikan di ruang tamu dan ruang makan. Kamu bisa mengombinasikan dua warna atau tiga jenis warna. Misalnya saja memanfaatkan warna orange, putih, dan abu-abu ditambah paduan cahaya lampu yang tepat.

pinterest.com

Ketiga warna cat rumah tersebut akan mampu menghadirkan kesan yang elegan dan minimalis sehingga bisa menghadirkan tampilan rumah yang lebih modern dan tidak membosankan. Bahkan, berkat perpaduan warna cat rumah yang indah, kamu juga bisa menjadikannya sebagai investasi jika suatu saat rumah dijual, lho!

Warna orange yang tergolong pada jenis warna  cat rumah yang akan memberikan kesan ceria pada rumah, lengkapi ruang tamu kamu dengan sofa bed beserta bantal dekorasi yang lucu untuk menambah kesan semarak.


Sekarang, apa kamu sudah bisa menentukan warna cat apa yang kamu inginkan di hunian kesayanganmu? Temukan juga artikel inspirasi dan tips home and living menarik lainnya di Dekoruma, ya! Kalau kamu kebingungan dalam membangun rumah impian, Dekoruma juga menyediakan jasa desain rumah dan interior terbaik untukmu, lho!

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual kasur Airland, Comforta, King Koil, The Luxe, dan ragam merek kasur terkenal lainnya yang siap membuat tidurmu jadi makin nyenyak. Lengkap banget, ‘kan?

Nah, bagi kamu yang sedang mencari tempat tinggal baru, kamu bisa menemukannya melalui laman Dekoruma Properti! Ada banyak pilihan hunian dengan harga terbaik di dalam perumahan yang nyaman dan strategis, seperti perumahan baru di Tangerang, Jakarta Barat, dan Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!