Kamu termasuk orang yang sibuk? Seringkali, kesibukan membuatmu tak punya waktu untuk memasak. Tenang! Sekarang ada senjata rahasia untuk menghasilkan masakan enak dalam waktu yang cepat: pressure cooker. Dengan menggunakan pressure cooker, setiap hari kamu dapat membuat resep masakan istimewa tanpa butuh banyak tenaga.

village-bakery.com

Masakan luar biasa apa saja yang bisa kamu hasilkan? Nah, berikut ini adalah beberapa resep super mudah hanya dengan menggunakan pressure cooker. Cocok juga buat kamu yang pemula, loh.

Ayam Madu Wijen

cdn.cpnscdn.com

Resep pertama yang dapat kamu coba di rumah dengan pressure cooker adalah ayam madu wijen. Potongan lembut daging ayam yang bertemu dengan saus lengket nan manis dijamin menggoyang lidah para penyantapnya.

Cara membuatnya sangat mudah:

  • Panaskan dulu daging ayam di dalam pressure cooker berserta garam dan mericamedia.safebee.com
  • Kemudian tambahkan minyak sayur, bawang merah, bawang putih, kecap, saus tomat, dan paprika merah. Aduk sekitar 3 menit
  • Terakhir, tambahkan minyak wijen dan madu. Tunggu sampai sausnya mengental

Ayam madu wijen pun siap disantap. Lebih nikmat lagi kalau menyajikannya di atas nasi panas yang ditaburi biji wijen.

washingtonpost.com

Baca Juga: Resep Smoothie; Minuman Sehat untuk Tubuh Segar

Pasta Instan dengan Saus Enchilada

Masakan yang satu ini juga tak kalah menarik. Kamu cukup memanaskan daging dan pasta yang telah dibumbui taco, kaldu, serta saus enchilada di dalam pressure cooker. Aturlah pressure cooker dalam tekanan tinggi kurang lebih selama 4 menit.

pinterest.com

Setelah itu, aduk bersama krim asam. Tambahkan pula keju, zaitun hitam, atau apa pun garnish kesukaanmu. Sajikan bersama salad. Pasta dengan sentuhan saus enchilada pun siap kamu nikmati. Seluruh proses pembuatannya hanya memakan waktu sekitar 5 menit, loh.

Mie Ayam Sup

pinterest.com

Hanya memasak selama 15 menit menggunakan pressure cooker, kamu bisa langsung mencicipi hidangan yang satu ini. Komposisi bahannya pun simpel. Hanya daging ayam (tanpa tulang lebih bagus), mie, serta bahan-bahan lain untuk membuat sup seperti biasanya, yang membedakan dengan sup pada umumnya adalah bahan-bahannya.

  • Panaskan bahan-bahan terlebih dahulu di pressure cooker selama kurang lebih 3 menit
  • Kemudian, masukkan daging ayam serta mie. Panaskan lagi sekitar 6-8 menit
  • Terakhir, diamkan sup 5 sampai 10 menit di dalam pressure cooker (tanpa dinyalakan) agar tidak terlalu panas. Mie ayam sup pun sudah jadi, selamat menikmati!

Kue Wortel dengan Steel-Cut Oats

i.ytimg.com

Tidak hanya makan malam, pressure cooker juga bisa dipakai untuk menyiapkan sarapan. Salah satunya adalah kue  wortel yang berisi steel-cut oats. Mulai dari persiapan hingga proses pembuatan hanya memakan waktu 30 menit. Sarapanmu siap disantap bahkan sebelum kamu selesai memakai maskara! Siapkan peralatan masak terbaikmu sekarang!

Bahan yang dibutuhkan di antaranya:

  • Steel-cut oats
  • Wortel yang telah diparut
  • Susu
  • Kayu manis
  • Garam
  • Air
  • Sejumlah biji-bijian seperti almond dan kenari

Masak semua bahan tersebut selama 20 menit di dalam pressure cooker. Tunggu sampai oatmeal sedikit mengental. Agar lebih yummy, tak ada salahnya mencampurnya dengan krim keju, yoghurt, dan vanila.

Perlu kamu tahu, steel-cut oats merupakan salah satu oats dengan kandungan gizi terbanyak, loh. Selain enak, sarapanmu pun jadi lebih menyehatkan.

Puding Beras

washingtonpost.com

Simpel dan praktis. Mungkin itulah kata yang cocok untuk menggambarkan betapa mudahnya membuat puding beras menggunakan pressure cooker. Sebuah hidangan terbaik untuk kamu sajikan kepada keluarga tercinta. Kalau masih ada sisa, kamu juga bisa menaruhnya di tempat penyimpanan dapur yang berkualitas.

Baca Juga: Resep Oatmeal Pisang dan Selai Kacang yang Nendang

Kamu dapat memilih jenis beras apa pun. Biasanya jenis beras ini hanya mempengaruhi lamanya waktu pembuatan. Cara membuatnya sebagai berikut:

  • Panaskan beras tersebut bersama air dan garam di dalam pressure cooker selama 10-13 menit
  • Tambahkan susu dan gula, aduk rata
  • Tambahkan pula vanila, kismis dan susu lagi. Aduk terus hingga mendidih

Kamu boleh menyantapnya saat masih panas atau tunggu beberapa jam hingga dingin. Agar lebih manis, sebaiknya taburi puding beras dengan kayu manis atau pala. Jangan lupa berikan topping krim favoritmu.

Telur Rebus

Selain cepat, keuntungan lain memasak telur rebus dengan pressure cooker adalah kulitnya (cangkang) mudah dikupas. Sangat cocok buat kamu yang nggak punya banyak waktu berada di dapur.

simplyrecipes.com

Untuk memasaknya, mula-mula masukkanlah telur ke dalam pressure cooker yang telah diisi air. Panaskan selama 6 menit dengan tekanan yang rendah. Sebab kalau tekanannya tinggi, cangkang telur bisa retak. Setelah selesai, jangan lupa dinginkan telur dulu ya. Kamu bisa memasukkannya ke air es selama kurang lebih 30 menit.

Salad Kentang

i.ytimg.com

Resep mudah dengan pressure cooker selanjutnya adalah salad kentang segar dan lezat. Bahkan masih terasa enak apabila disimpan di dalam kulkas selama kurang lebih satu setengah jam. Proses memasaknya sangat praktis:

  • Letakkan kentang di dalam pressure cooker berisi air
  • Panaskan dengan tekanan tinggi selama 3 menit. Lepaskan uapnya selama 3 menit pula
  • Setelah cukup dingin, kupas kentangnya dan potong seukuran dadu
  • Terakhir, sajikan kentang lengkap dengan bawang, seledri, mayones, serta taburi garam dan merica. Enjoy!

Daging Sapi Pedas

dadcooksdinner.com

Pressure cooker memang benar-benar membuat aktivitas memasak jadi lebih simpel. Termasuk kalau kamu mau mencicipi daging sapi pedas.

  • Sebelum dimasukkan ke dalam pressure cooker, masak dahulu daging sapi yang telah ditaburi garam dan lada hitam
  • Tunggu sampai berwarna kecoklatan, sekitar 5-10 menit. Panaskan di dalam pressure cooker selama 25 menit, 15 menit proses pemasakan dan 10 menit untuk melepas uap.
  • Tambahkan pula beberapa bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, paprika, serta tomat. Komposisi bumbunya tergantung selera pedasmu, ya.

Kacang Merah dan Sosis Presto

budgetbytes.com

Cuma 30 menit, kamu bisa hasilkan hidangan praktis namun tetap mengenyangkan. Cukup sediakan kacang merah, sosis, daun salam, bawang putih, bawang merah, seledri, paprika hijau, dan garam. Aduk rata lalu panaskan di dalam pressure cooker dengan tekanan yang tinggi.

Baca Juga: Resep Roti Hati Penuh Cinta untuk Menu Sarapan Pagi

Kacang merah memang masakan khas Asia Selatan, mungkin kamu jarang mendengar atau bahkan belum pernah mencobanya. Ayo dicoba, siapkan peralatan makan milikmu sekarang juga!

Chicken Barbeque

Resep yang satu ini pun tak kalah praktis dan enak rasanya. Selain itu, bahan-bahan mudah didapatkan serta tidak repot membuatnya. Salah satu masakan favorit banyak orang. Mungkin termasuk kamu juga, ya.

Tertarik membuatnya? Nah, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Memanaskan daging ayam di dalam pressure cooker
  • Tunggu sampai warnanya menjadi kecoklatan, kira-kira 2 sampai 3 menit
  • Kemudian tambahkan paprika, garam, dan lada
  • Terakhir, tuang air dan taburi ayam dengan bawang serta saus ke seluruh bagiannya

Seluruh proses itu biasanya hanya memakan waktu 19 menit. Tetapi yang penting, pastikan semua bumbunya meresap secara sempurna.

Baca Juga: Resep Pangsit Vegetarian untuk Menu Sajian Imlek yang Seimbang

Sekarang, nggak ada lagi alasan sibuk untuk menyiapkan santapan terbaik bagi keluarga kan? Hanya dengan sebuah pressure cooker, kamu bisa menyiapkan makanan lezat dan bergizi untuk keluarga dengan cepat! Selain dengan pressure cooker, kamu juga bisa memanfaatkan slow cooker untuk memasak kesepuluh resep hidangan di atas.

Temukan ragam furnitur berkualitas untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual meja makan, sofa minimalis, lemari, hingga rak display dengan ukuran serta model yang bervariasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!