Punya rumah baru dan bingung mengisi ruang kosong pada dinding? Mungkin kamu bisa menempatkan kolase bingkai foto.

Kolase bingkai foto merupakan cara menyenangkan untuk mendekorasi dinding, tidak kalah manis dengan keramik dinding atau wallpaper dinding. Melalui kolase bingkai foto, kamu tidak hanya bisa menampilkan satu foto saja. Tunjukkan semua foto favoritmu!

Tetapi kalau kamu tidak mengaturnya dengan baik, kolase bingkai foto malah akan terlihat kacau dan membuat ruangan terasa sempit. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu langsung praktikkan. Bukan sekadar membuat dinding terlihat istimewa, tapi kamu pun bisa bernostalgia.

1. Tepat Memilih Posisi Dinding

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan sebelum memasang kolase bingkai foto adalah menentukan bagian dinding. Pilihlah bagian dinding yang terbuka lebar serta terpapar cahaya yang cukup, misalnya di ruang tamu. Pastika juga ruang kosong di depan kolase bingkai foto milikmu sehingga orang bisa melihat foto-fotonya. Lagipula, kolase memang kamu pajang untuk dipamerkan ke banyak orang, kan?

navpa2016.org

Baca Juga: 5 Cara Mendekor Ruang Tamu Sederhana Yang Kamu Ga Tau!

Jangan memajang kolase bingkai foto di lorong atau tangga tertutup. Space selebar 1,5 hingga 2 meter cukup bagus, jangan lebih kecil dari itu. Dengan demikian, kamu bebas memasang bingkai foto dari berbagai ukuran.

2. Rencanakan Kolase yang Diidamkan

Selanjutnya ialah merencanakan desain kolase bingkai foto yang kamu inginkan. Yang dimaksud dengan merencanakan, kamu benar-benar mengukur serta menggambarnya di atas kertas. Tujuannya, agar kamu memperoleh ide dan inspirasi sebanyak-banyaknya. Lalu, cocokkan dengan ukuran bingkai foto di dalam kolase tersebut.

celebrateanddecorate.com

Usahakan agar gambarmu di atas kertas sebanding dengan ukuran dinding. Selama ukuran keduanya sebanding, kamu dapat lebih mudah menentukan berapa banyak bingkai foto yang dibutuhkan.

3. Memilih desain bingkai foto

Pada prinsipnya, kamu bebas mendesain kolase bingkai foto dalam bentuk apa pun. Bentuk berlian (diamond) dan persegi panjang biasanya paling sering dipilih. Susunannya sederhana namun tetap menarik. Bentuk hati, piramida, atau bentuk inisial namamu pun tak kalah bagus.

inspiredbycharm.com

Kalau dindingnya tak jauh dari tangga, pastikan desainmu mengikuti sudut tangga tersebut. Agar lebih mudah, mungkin kamu bisa menggunakan tali dan paku payung sebagai penanda.

4. Pilih Bingkai Foto yang Serupa atau Tidak?

Ketika membuat kolase bingkai foto, satu hal yang perlu diingat adalah kamu tidak perlu memilih bingkai foto yang bentuknya serupa. Memang ada yang bilang bahwa kolase akan tampak lebih indah jika bingkai fotonya saling identik. Tetapi kaidah tersebut cocok dipakai untuk gambar bertema alam, bukan foto manusia.

czmcam.org

Apabila kamu ingin membuat kolase berbentuk simetris dengan bingkai yang serupa, lebih baik pajang foto dirimu atau orang lain beserta gambar bertema alam (bunga, gunung, atau pohon). Tapi jika kolase bingkai foto didominasi gambar manusia,  carilah bingkai foto yang mirip tapi tidak serupa.

Contohnya, warnanya sama namun teksturnya berbeda atau kamu juga bisa menambahkan gambar rumah adat agar setiap merindukan kampung halaman kamu bisa memandangi fotonya. Kesamaan bingkai foto ini sangat berguna untuk meningkatkan nilai seni pada kolase. Tampilan kolase bingkai foto pun akan bertambah cantik.

5. Ambil Foto dengan Tema Serupa

pinterest.com

Tak hanya bingkainya, foto-foto yang kamu pilih usahakan memiliki kemiripan juga. Contohnya, foto-foto dengan tema monokrom (hitam-putih). Meski begitu, kamu tidak perlu takut untuk menciptakan kontras. Justru dengan kontras itu, kolase bingkai fotomu bisa menjadi lebih menarik. Apabila semua foto berwarna monokrom, tak ada salahnya memilih bingkai foto dengan beragam tekstur dan ukuran.

6. Bagaimana Kalau Tempatnya Sempit?

Dinding yang lebar memang pilihan terbaik, tapi bagaimana kalau space-nya sempit? Tenang, kolase bingkai foto juga bisa kok didesain pada dinding yang kurang luas. Kamu dapat menjajal bingkai foto yang besar. Jadi, tidak perlu semua foto diberi bingkai. Susun dan gantungkan foto-foto favoritmu dalam satu bingkai.

ixxiyourworld.com

7. Tes Bingkai Foto di Lantai

Setelah menentukan bingkai foto, sekarang waktunya menguji desain kolasemu. Coba letakkanlah bingkai foto-bingkai foto itu di lantai, tepat di bawah dinding yang sebelumnya telah kamu pilih. Dengan begitu, percobaanmu tidak akan melewati lebar dinding.

pinterest.com

Kemudian susunlah kolase bingkai foto sebagaimana kamu akan memasangnya di dinding. Jangan takut mengotak-atik posisi bingkai foto sampai kamu menemukan komposisi yang tepat.

8. Gunakan Kertas Sebagai Bantuan Pemasangan

Memasang bingkai foto ke dinding secara persis sempurna seperti kamu mengaturnya di lantai merupakan proses yang paling sulit. Nah untuk memudahkan, kamu bisa memanfaatkan kertas, koran, karton, atau bahan sejenis lainnya. Potonglah kertas-kertas tersebut sesuai ukuran bingkai foto, termasuk lubang tempat bingkai foto itu akan digantung.

pinterest.com

Baca Juga: 8 Dekorasi Dinding Kamar Murah Meriah, Kamarmu Bakal Lebih Cerah!

Setelah itu, susunlah kertas-kertas itu sesuai desain kolase bingkai foto yang kamu buat. Kalau sudah terpasang semua, kamu akan bisa melihat sendiri bagian mana yang bengkok atau tidak sesuai desain. Sesuai setiap potongan sampai sama persis dengan susunan bingkai foto di lantai tadi.

9 . Bingkai Foto Polaroid

Tak selamanya kolase harus menggunakan bingkai foto (frame) dari kayu atau logam. Kamu juga bisa loh sekadar memberi border foto, tanpa perlu dibingkai. Sebagaimana foto polaroid yang sempat menjadi tren di tahun ’90-an. Border berwarna putih polosnya dijamin akan mengajakmu bernostalgia dan mengingat kenangan saat foto tersebut diambil. Sebuah cara sederhana untuk memperoleh kolase yang istimewa. Ini sangat cocok dipasang sebagai dekorasi pada rumah impianmu.

pinterest.com

Baca Juga: 20 Inspirasi Rumah Impian Yang Nggak Menguras Budget

Untuk memajangnya, cukup gantungkan foto-foto tersebut memakai tali yang ujung-ujungnya dikaitkan ke paku payung. Tetap perhatikan bentuk kolase yang telah kamu desain, ya.

10. Lakukan Kombinasi

Bingkai foto atau foto polaroid? Kombinasi antara bingkai foto dan foto polaroid pastinya akan menciptakan perpaduan yang menarik. Belum lagi dengan tambahan tekstur dan pola kolase yang ciamik. Tumpang tindih antara satu bingkai foto dengan bingkai foto lainnya pun layak kamu coba. Intinya, beranilah untuk berkreasi.

n4.sdlcdn.com

11. Kolaborasi Bingkai Foto Besar dan Kecil

pinterest.com

Saat membuat kolase, kamu tidak mesti menatanya dalam satu susunan bingkai foto yang besar. Kamu juga bisa membuat beberapa kelompok bingkai foto kecil. Kemudian meletakkanya di dekat lemari pakaian, meja, cermin, maupun di sudut ruangan. Walau tidak banyak foto yang kamu pajang, tapi susunan kolase bingkai foto tersebut tetap berguna sebagai pemanis ruangan.

12. Buatlah Cerita

Semua orang pasti suka cerita. Dan kamu pun pasti punya momen berkesan yang ingin dibagikan kepada orang lain. Nah, cobalah ceritakan momen tersebut melalui dekor pada rumahmu. Ambil beberapa foto dan urutkan sesuai kronologis peristiwa yang paling kamu suka. Bisa berupa proses pernikahanmu, proses tumbuhnya si kecil hingga dewasa, liburan keluarga, atau peristiwa-peristiwa penting lainnya.

metalaccord.com

Baca Juga: 7 Dekorasi Ruang Keluarga Ini Bisa Mempengaruhi Psikologismu Loh!

Ternyata nggak sulit kan menata kolase dengan bingkai foto setelah mengetahui triknya? Jika ingin memiliki bingkai foto dengan sentuhan yang lebih personal, kamu juga bisa melakukan cara membuat bingkai foto dari kardus dengan mudah. Selamat menghias ruanganmu dengan kolase bingkai foto!

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma siap membantu! Kami juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam.

Dekoruma juga jual furnitur yang tersedia dalam aneka jenis, ukuran, dan harga. Beberapa di antaranya ada sofa, lemari pakaian, sofa bed, dan meja makan. Dekoruma juga jual lampu gantung estetik untuk mempercantik hunianmu, lho. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!