Ruang tamu merupakan jantung dari sebuah rumah dan merupakan representasi dari tiap pemilik rumah. Ruang tamu minimalis menjadi pilihan karena desainnya yang sederhana namun terkesan modern dan elegan. Untuk memiliki ruang tamu minimallis yang nyaman memang dibutuhkan ide penataan atau ide tata ruang yang tepat.

Penataan ruang tamu minimalis akan dipengaruhi juga oleh furniture yang digunakan seperti pemilihan sofa, kursi, meja, dan lampu gantung. Pilihlah furniture sesuai dengan gaya ruang tamu minimalis yang kalian inginkan.

Masih bingung dengan desainnya? Kali ini Kania sudah menyiapkan untuk kalian 7 desain ruang tamu minimalis dari berbagai belahan dunia untuk inspirasimu menata ruang tamu minimalis. Seperti apa sih? Yuk, simak di bawah ini!

1. Ruang tamu minimalis dari Jerman

fresshome.com

Dimulai dari ruang tamu minimalis dari Jerman. Tren rumah minimalis yang ada di Jerman sendiri seringkali mengambil konsep sexy minimalist glass and concrete yang akhirnya mewabah di kalangan pecinta desain arsitektur rumah minimalis. Seperti salah satu rumah di Thuringen, Jerman di atas yang didominasi dengan dinding kaca pada sekeliling rumah.

Memakai sliding door, rumah dengan konsep kaca ini memang bisa membuat kita merasa hidup di alam terbuka, karena kita bisa langsung melihat alam dari dalam rumah. Ruang tamu minimalis yang ada di Jerman sendiri juga berupa ruangan yang tergabung dengan beberapa ruangan lainnya seperti bar mini.

2. Ruang tamu minimalis khas Maroko

decoist.com

Dari Jerman kita beralih ke Maroko. Konsep desain rumah minimalis dari Maroko memang tetap tidak meninggalkan pilihan warna yang cerah dan eksotis. Meski identik dengan desain yang ramai dan kurang minimalis, saat ini tren rumah gaya minimalis ala Maroko rupanya banyak menjadi inspirasi bagi pasangan muda lho.

Untuk menghadirkan gaya yang satu ini pada ruang tamu minimalis, cukup menghadirkan karpet dengan warna yang cerah dan bantal dekorasi akan membuat ruangan menjadi lebih cantik. Kamu juga bisa meletakkan pajangan atau buku favoritmu pada rak display. Ruang tamu minimalis ini juga biasanya identik dengan minim furnitur karena orang Maroko yang menyukai acara berkumpul, sehingga mereka membutuhkan ruangan yang luas.

decoist.com

Untuk menerapkan konsep ini, kita bisa bermain-main dengan motif geometris dan menghadirkan bentuk lengkung pada ruang tamu minimalis yang menjadi ciri desain rumah bergaya Maroko. Namun, saat mengaplikasikan motif disarankan jangan berlebihan.

3. Ruang tamu minimalis ala Korea Selatan

home-designing.com

Desain rumah dengan konsep minimalis ala Korea memang mulai dilirik oleh banyak orang, termasuk orang Indonesia. Seni tradisi yang terdapat dalam rumah-rumah di Korea adalah satu nilai plus yang menjadikan rumah minimalis gaya Negeri Ginseng ini mulai dilirik.

Biasanya, untuk ruang tamu minimalis ala Korea sering menggunakan furnitur multifungsi seperti sofa bed atau meja lipat. Hal ini sesuai dengan orang Korea yang memang tidak menyukai barang yang kurang fungsional atai tidak multifungsi.

Pinterest.com

Biasanya, dalam satu ruang tamu minimalis akan diisi oleh satu meja, kursi tamu minimalis dengan tambahan televisi. Selain itu, rak dinding dan berbagai hiasan pun turut hadir untuk melengkapi ruang tamu minimalis ala Korea ini. Pilihan warna furnitur juga dibuat seminimalis mungkin dan tidak banyak motif, serta memakai pilihan warna senada dengan cat dinding. Cat dinding pada ruang tamu minimalis ala Korea Selatan ini seringkali menggunakan warna-warna seperti putih, abu-abu, kuning dan juga warna cream.

4. Ruang tamu minimalis dari Jepang

decoist.com

Meski tak jauh berbeda dari desain ruang tamu minimalis di Korea Selatan, ada satu yang membedakan antara tren ruang tamu minimalis antara Jepang dengan Korea Selatan. Jika Korea Selatan ingin menunjukkan bagaimana tekonologi dan juga sisi dari modernitas, desain ruang tamu minimalis di Jepang lebih ingin menonjolkan perpaduan antara gaya tradisional dengan teknologi modern. Misalnya saja ruang-ruang kaca yang memang identik dengan rumah minimalis, dipadukan dengan sliding door layaknya rumah tradisional di Jepang.

Pinterest.com

Selain itu, penggunaan elemen kayu pada dinding atau pada lantai ruang tamu minimalis juga menjadi poin yang bisa kita perhatikan di sini apabila kamu ingin mengaplikasikan desain ruang tamu minimalis ala Jepang.

Jangan lupa gunakan aneka furnitur ala Jepang yang biasanya juga terbuat dari kayu. Kalau bingung, kamu bisa mencarinya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual meja TV, kursi makan, lemari, hingga rak sepatu bergaya Jepang.

5. Ruang tamu minimalis dari Inggris

theresident.com

Di Inggris sendiri, tren yang saat ini sedang marak diterapkan untuk rumah minimalis mereka adalah tema monokrom. Terlihat dari padupadan warna antara hitam, putih, dan abu-abu yang membuat rumah ini tampak bersih dan juga sederhana. Mulai dari furnitur seperti meja, kursi atau sofa, hingga bantalan yang ada di atas sofa memakai warna yang senada.

Pinterest.com

Kunci dari pemakaian warna-warna ini adalah sebuah rumah nyaman dengan tampilan yang sederhana, sehingga bisa dijadikan tempat beristirahat setelah beraktivitas di luar ruangan seharian. Kesederhanaan warna yang ada pada ruang tamu minimalis dari Inggris ini akan membawa kemewahan tersendiri bagi pemilik rumah.

6. Ruang tamu minimalis dari India

Pinterest.com

Dari Inggris kita meloncat ke India. Desain rumah minimalis di India memang sudah mulai masuk dan mewabah di kalangan pasangan muda di India. Apalagi seni kontemporer yang banyak mempengaruhi model desain dari rumah minimalis di India. Seperti rumah yang ada di Mumbai.

Memiliki gaya arsitektur yang ‘nyeleneh’; melengkung di luar dengan sofa-sofa yang menempel di dinding ruang tamu minimalis, serta dominasi warna pastel yang kontras dengan bantal di sofa. Pemandangan seperti ini membuat kita akan merasa betah ada di dalam ruang tamu minimalis yang unik dan cantik.

 chuzailiving.com

Selain gaya kontemporer, gaya minimalis di atas juga menjadi tren tersendiri. Mengambil konsep homey, ruang tamu minimalis ini siap menyambut para tamu yang datang. Jangan lupa juga beri aksen berupa lukisan atau hiasan dinding yang bisa kamu aplikasikan di ruang tamu minimalismu.

7. Ruang tamu minimalis dari Rusia

Home-designing.com

Poin utama pada ruang tamu minimalis yang ada di Rusia ini memperhatikan dari sisi material hingga layout dan bagaimana pencahayaan lampu bisa menghidupkan sebuah rumah. Penggunaan warna pastel hingga warna clay juga menjadi tren tersendiri di Rusia.

Penggunaan warna ini ditambah dengan pencahayaan yang baik akan bisa memberikan kesan yang hangat pada ruang tamu minimalis ala Rusia. Untuk penataan furnitur sendiri tergantung dari space yang dimiliki unuk ruang tamu minimalis yang kamu miliki. Semakin luas, artinya kamu semakin bebas bereksplorasi.

dekrisdesign.com

Bagaimana, cantik-cantik kan ruang tamu minimalis di atas? Ruang tamu ala negara mana yang kamu suka? Jika kamu sedang mencari rak penyimpanan untuk melengkapi ruang tamu milikmu, Dekoruma jual rak buku dan rak gantung dengan beragam model dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Ada juga aneka perabotan yang siap memenuhi semua keperluan rumahmu. Dekoruma jual panci, gantungan baju, sapu, hingga keranjang baju. Yuk, langsung saja cek dan temukan di Dekoruma!

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma juga siap membantu! Bukan cuma desain interior saja, Dekoruma juga siap menangani masalah design and build kitchen set kamu. Nggak berhenti sampai di situ, kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂