Selain kamar tidur dan kamar mandi, bagian dari rumah yang harus didesain atau ditata dengan baik adalah ruang tamu. Di tempat ini Anda harus meletakkan kursi tamu yang tepat agar tamu yang datang merasa nyaman. Jangan sembarangan memilih kursi tamu hanya karena model dan warnanya saja. Pilihlah kursi tamu yang nyaman dan tepat untuk rumah Anda.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli kursi tamu yang tepat. Ada baiknya Anda mengenal beberapa jenis kursi tamu yang banyak dijual di pasaran beserta bahan yang digunakan. Berikut jenis-jenis kursi tamu yang bisa Anda gunakan untuk pertimbangan.

Jenis Kursi Tamu Berdasarkan Model

Kursi tamu, sama halnya seperti kursi kafe,memiliki model yang cukup banyak di pasaran. Tugas Anda adalah mengenal satu per satu agar bisa disesuaikan dengan ruang tamu yang Anda miliki.

  1. Kursi Tamu Bersegmen

Kursi tamu bersegmen biasanya terdiri dari 3-5 bagian kursi yang terpisah. Masing-masing kursi bisa ditata sedemikian rupa sehingga Anda bisa mendapatkan bentuk L atau bentuk U menyesuaikan dengan luas dari ruang tamu yang dimiliki. Kursi tamu jenis ini sangat cocok untuk Anda yang suka mengubah posisi tempat duduk karena merasa bosan atau ingin suasana baru.

  1. Kursi Tamu Chesterfield

Mungkin Anda kurang familier dengan namanya, namun kursi tamu jenis ini sudah banyak digunakan di kota-kota besar. Kursi tamu dengan jenis ini memiliki lubang-lubang di bagian sandaran. Lubang yang menjorok ke dalam itu berisi kancing yang memiliki warna senada dengan pelapis kursi. Kumpulan dari kancing itu akan membentuk pola segi empat yang unik dan agak menggelembung. Satu ciri lagi dari kursi tamu model ini adalah lengan kursi dan sandaran memiliki tinggi yang sama.

  1. Kursi Tamu Camelback

Kursi tamu camelback memiliki bagian sandaran bergelombang seperti punuk dari unta. Kursi jenis ini biasanya digunakan untuk 2-3 orang dan sangat cocok untuk ruang tamu. Kelebihan dari kursi tamu jenis ini adalah tampilan elegan yang bisa membuat tamu jadi lebih nyaman dan mengagumi rumah Anda.

  1. Kursi Tamu Divan

Kursi tamu tidak semuanya harus memiliki sandaran. Kalau Anda ingin kursi tamu yang agak eksentrik namun tetap gaya, cobalah kursi tamu model divan ini. Kursi jenis ini biasanya terdiri dari beberapa bagian yang nyaris sama dengan kursi tamu bersegmen. Anda bisa menata setiap segmen yang ada sesuai dengan bentuk ruang tamu. Oh ya, karena kursi jenis ini tidak memiliki sandaran, Anda bisa menambahkan bantal-bantal sebagai pengganti sandaran agar tamu tidak bersandaran langsung ke tembok dan membuat pakaian yang mereka gunakan jadi kotor.
  1. Kursi Tamu Cabriole

Kursi tamu jenis cabriole memiliki keunikan pada bagian kakinya. Jika dilihat dengan saksama, kaki dari kursi ini sedikit melengkung di bawah. Penamaan dari cabriole sendiri didasarkan pada gerakan balet. Kursi tamu jenis cabriole merupakan kursi jenis klasik yang banyak digunakan pada abad ke-18 di kawasan Prancis. Saat ini kursi jenis ini banyak diproduksi dan diminati oleh banyak orang karena memiliki keunikan pada bagian kaki dan juga bagian sandaran yang cukup nyaman.

  1. Kursi Tamu Chaise

Kursi tamu jenis chaise memiliki bentuk yang memanjang dan bagian sandaran hanya terletak pada bagian sudut saja. Kursi ini hampir mirip dengan jenis divan meski tidak memiliki segmen yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Kursi tamu jenis chaise ini cocok juga digunakan sebagai tempat istirahat bagi tamu kalau Anda tidak memiliki kamar tidur tamu.

  1. Kursi Tamu Bridgewater

Kursi tamu dengan jenis bridgewater memiliki desain yang cukup unik pada bagian lengan dan juga sandaran. Berbeda dengan jenis chasterfield yang antara lengan dan sandaran sejajar tingginya. Jenis bridgewater memiliki sandaran yang lebih tinggi. Lengan yang ada di samping kiri dan juga kanan terlihat lebih rendah, sehingga tamu lebih nyaman bersandar dan memosisikan tangannya pada lengan dari kursi.

  1. Kursi Tamu English

Secara desain, kursi tamu english hampir sama dengan jenis bridgewater yang telah dijelaskan di atas. Keduanya sama-sama memiliki lengan yang menggulung di samping dan sandaran yang lebih tinggi. Yang membedakan antara keduanya adalah bagian lengan dari kursi tamu ini yang sedikit tebal dan memiliki lapisan ganda. Kursi model ini banyak digunakan di Inggris ratusan tahun yang lalu. Meski merupakan desain lama, kursi ini tetap laku dan diminati oleh banyak orang.

  1. Kursi Tamu Kontemporer

Kursi tamu kontemporer adalah jenis kursi tamu yang memadukan unsur modern dan tradisional dengan baik. Biasanya bagian atas dari kursi menggunakan model-model klasik, sementara bagian bawah dan juga kerangkanya menggunakan logam agar memberikan kesan modern yang cukup kental. Kelebihan dari kursi jenis ini adalah kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan ruangan apa saja yang Anda miliki.

  1. Kursi Tamu Minimalis

Kursi tamu minimalis adalah kursi tamu yang tidak terlalu memiliki banyak detail baik pada permukaan dan juga kerangkanya. Kursi jenis ini biasanya digunakan untuk rumah-rumah minimalis yang menginginkan kesederhanaan. Kursi jenis minimalis biasanya bersegmen sehingga mudah dipindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Jenis Kursi Tamu Berdasarkan Bahan

Kursi yang ada di pasaran terbuat dari beberapa bahan yang berbeda. Bahan-bahan ini bisa dipilih sesuai dengan selera dan juga kadar kenyamanan yang akan diberikan kepada tamu.

  1. Kursi Tamu Kayu

Kursi tamu kayu menggunakan bahan kayu sebagai penyusun utamanya. Bahan kayu sering juga ditemukan pada kursi kafe maupun kursi goyang. Kursi ini bisa dipadukan dengan elemen busa yang empuk atau murni dari kayu semuanya. Jenis yang memadukan antara elemen kayu dan juga elemen busa bisa berupa jenis cabriole atau camelback yang banyak diminati masyarakat.

Bagi Anda yang menyukai komponen kayu secara utuh bisa memilih jenis kursi tamu jati yang kokoh dan terpelitur dengan baik. Di bagian sandaran atau lengan dari kursi jenis ini biasanya memiliki ukiran yang unik untuk menambah keindahannya secara sempurna.

  1. Kursi Tamu Rotan

Tidak ada kayu rotan pun jadi. Pepatah itu sepertinya tidak salah dan bisa diaplikasikan pada kursi tamu rotan ini. Kursi dengan bahan rotan bisanya dibuat dengan model anyaman yang unik. Bagian lengan kursi, sandaran, dan dudukan hampir semuanya terbuat dari bahan rotan. Kalau Anda khawatir tamu merasa tidak nyaman dengan permukaan yang semuanya rotan, pada bagian dudukan bisa ditambahkan bantal atau busa sebagai pelapisnya.

Kursi tamu rotan juga bisa dipadukan dengan kayu untuk bagian bingkai anyaman. Anda bisa memilihnya sesuai dengan preferensi agar tepat untuk ruang tamu yang Anda miliki.

  1. Kursi Tamu Logam

Kursi tamu selanjutnya terbuat dari bahan logam pada bagian kerangkanya. Kursi ini bisa dipadukan dengan elemen kain dan juga busa untuk menunjang kenyamanan. Kursi tamu logam ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kesederhanaan pada ruang tamu, sehingga tidak perlu memasukkan elemen-elemen berat seperti kayu.

Inilah jenis-jenis kursi tamu yang bisa dipilih untuk Rumah Anda. Semoga bisa menambah referensi Anda!