Membaca adalah satu dari sekian banyak hobi yang mulai jarang ditemukan dewasa ini. Ketimbang membaca, orang-orang lebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain dengan gawai masing-masing. Hal ini memang tidak terlepas dari pengaruh majunya teknologi yang semakin mempermudah urusan manusia. Tak heran, sudah sangat jarang ditemui anak-anak yang menghabiskan waktunya dengan menekuri buku bacaan favoritnya.

Nah, apakah kamu salah satu dari kaum bibliofilia yang langka itu? Jika jawabannya adalah iya, selamat! Tapi, apa sih bibliofilia itu? Bibliofilia sendiri merupakan istilah yang merujuk pada orang yang memiliki kecintaan terhadap buku. Cinta pada buku sudah berarti senang membaca dong, ya?

Mereka yang senang membaca hampir bisa dipastikan memiliki koleksi buku yang cukup banyak di rumahnya. Ya, selain senang membaca, kutu buku juga punya hobi mengoleksi (bahkan menimbun) buku. Bahkan ada beberapa pencinta buku yang merawat buku-buku mereka dengan perlakuan khusus, layaknya buku tersebut adalah benda keramat yang tidak boleh sembarangan diperlakukan.

Salah satu jenis perawatan buku yang paling jamak dilakukan para kaum bibliofilia adalah menyimpan “benda-benda keramat” mereka tersebut ke dalam sebuah lemari atau rak buku. Ya, selain bermanfaat untuk menyimpan koleksi buku bacaan, keberadaan rak buku juga punya manfaat lain, seperti:

  • Merapikan Koleksi Buku
    Rak buku merupakan benda paling penting yang tak boleh dilewatkan mereka yang memiliki koleksi buku cukup banyak. Bayangkan, jika tidak ada rak, di mana kamu akan menyimpan buku-buku tersebut? Keberadaan rak buku sangat berperan agar koleksi buku yang kamu miliki tidak berserakan di mana-mana.
  • Mempermudah Pencarian Ketika Dibutuhkan
    Koleksi buku yang tidak disimpan dalam rak dan dibiarkan berserakan akan menyulitkan kamu ketika suatu saat membutuhkannya. Menempatkan semua koleksi buku dalam rak khusus akan mempermudah kamu dalam mencarinya kembali.
  • Menjaga Keawetan Koleksi Buku
    Menempatkan buku dalam rak atau lemari khusus juga akan membuat buku-buku tersebut menjadi lebih terjaga keawetannya. Selain tidak terkena debu, buku yang disimpan dalam rak juga jauh dari rayap atau bahkan jangkauan anak-anak kecil karena tidak disentuh sembarangan.

Nah, setelah mengetahui manfaat memakai rak buku di atas, bagaimana? Tentu ingin memberikan perlakuan terbaik untuk buku-bukumu, dong ya? Satu hal yang perlu diperhatikan; memilih rak buku untuk dipajang di rumah tentu saja berbeda dengan rak buku yang akan dipajang di kantor dan tidak semudah memilih rak tv dan rak dinding karena besarnya rak harus disesuaikan dengan banyak buku. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya kamu memperhatikan 9 tips memilih rak buku yang baik berikut ini:

  • Perhatikan Ukuran Ruangan
    Poin pertama yang tidak boleh diabaikan ketika hendak memilih rak buku adalah menyesuaikannya dengan ukuran ruangan. Hal ini sangat erat kaitannya dengan ukuran rak yang kamu pilih. Misalkan rak tersebut akan ditempatkan di ruang tamu, jika rumah kamu memiliki ruang tamu yang cukup luas, maka penggunaan rak buku dengan ukuran besar mutlak diperlukan. Begitu pun sebaliknya, rak buku yang terlalu besar tentu tidak pas jika ditempatkan di dalam kamar.
  • Sesuaikan dengan Jumlah Koleksi yang Kamu Miliki
    Poin selanjutnya yang tak kalah penting adalah menyesuaikan ukuran rak dengan jumlah buku yang kamu miliki. Jika jumlah buku tidak terlalu banyak, rak dengan ukuran besar rasanya tidak terlalu diperlukan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.
  • Kuat
    Rak buku umumnya terbuat dari kayu atau ada juga yang dibuat dari kaca. Apa pun material yang digunakan, pastikan bahwa rak yang kamu pilih tersebut memiliki rangka yang cukup kuat, sehingga bisa menyimpan koleksi buku dalam jumlah banyak. Memilih rak yang kuat juga berpengaruh terhadap usia keawetan rak tersebut.
    Jika menginginkan rak yang terbuat dari kayu, pilihlah jenis kayu yang awet, tahan rayap, serta tahan lembap. Hal ini sangat penting sebab buku-buku kamu akan disimpan di sana nantinya. Bayangkan, jika rak buku yang kamu miliki mudah terkena rayap, bukan tidak mungkin kalau buku-bukumu juga akan ikut dilahap rayap.
  • Punya Nilai Seni
    Eits, siapa bilang rak buku hanya berguna sebagai lemari penyimpanan saja? Manfaat lain yang bisa kamu gali dari keberadaan rak buku adalah sebagai komponen dekorasi yang akan semakin mempercantik penampilan ruangan. Karenanya, pilihlah jenis rak dengan desain dan model yang apik sesuai keinginan. Tak perlu risau, sebab sekarang ini sudah banyak penjual yang menawarkan rak buku dengan model yang unik-unik.
  • Bisa Dilihat
    Tak bisa dimungkiri, alasan lain memakai rak buku adalah agar bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi ruangan. Oleh karena itu, pilihlah rak dengan model terbuka agar buku-buku yang tersimpan masih bisa dilihat dari luar. Jika ingin menggunakan rak model tertutup, pilihlah yang menggunakan kaca sehingga masih bisa terlihat dari luar.
  • Apa Saja yang Akan Disimpan dalam Rak
    Rak buku, selain dipakai sebagai lemari penyimpan buku, umumnya juga dimanfaatkan sebagai lemari penyimpan aksesori penghias ruang, mulai dari boneka, pigura foto, vas bunga, piala, serta benda-benda lain yang diinginkan. Oleh karena itu, pilihlah model rak yang sesuai dan bisa digunakan untuk menyimpan benda-benda tersebut.
  • Sesuaikan dengan Gaya Ruangan
    Menyesuaikan model rak buku dengan gaya ruangan sangat penting lho. Hal ini tentu saja erat kaitannya dengan nilai keserasian yang nantinya akan diperoleh. Misalkan, rak buku model klasik kurang cocok jika ditempatkan pada ruangan bergaya modern, sebaliknya, rak model minimalis (tanpa detail rumit) akan lebih pas ditempatkan pada ruang bernuansa modern. Karenanya, jangan sampai salah memadupadankan rak buku dengan ruangan di rumah kamu, ya.
  • Perhatikan Sisi Ergonomisnya
    Ya, memilih rak buku pun bukan berarti kamu bisa abai dengan poin ergonomis. Perhatikan betul ketinggian rak buku agar kamu bisa menjangkaunya dengan mudah. Tinggi rak buku ideal adalah yang masih bisa dijangkau oleh tangan, sehingga kamu tidak perlu repot-repot naik ke kursi hanya untuk menjangkau buku di rak paling atas.
    Selain itu, rak yang terlalu tinggi juga akan mempersulit kamu ketika hendak membersihkan atau melakukan perawatan terhadap buku-buku tersebut. Juga, pilihlah rak buku dengan sekat yang sesuai dan sedang, tidak terlalu lebar juga tidka terlalu sempit.
  • Sesuaikan dengan Bujet
    Ya, poin terakhir ini memang cukup penting dan tak boleh diabaikan. Biasanya, rak buku yang terbuat dari kayu jati atau logam memang lebih mahal dari rak buku dari material lain. Hal ini pun tentunya juga berlaku bagi rak TV maupun rak dinding yang tentunya akan lebih mahal jika dibangun dengan kayu jati. Memilih rak buku sesuai keinginan tentu tidak jadi soal, asalkan semuanya sesuai dengan kebutuhan dan bujet atau anggaran yang sudah disediakan. Ingat, jangan memaksakan keuangan hanya untuk membeli rak yang tidak terlalu diperlukan.

 

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah menimbang-nimbang rak buku seperti apa yang ingin dibeli? Semoga rangkaian tips ini bermanfaat!