Anda mengenal dengan baik aneka jenis panci dan manfaatnya? Apakah dapur Anda dilengkapi dengan fasilitas panci lengkap yang biasa digunakan untuk memasak sesuai dengan fungsinya?

Mom, perlu diketahui bahwa setiap panci memiliki kegunaannya masing-masing, lho. Bagi Anda yang baru memiliki satu jenis panci di dapur atau baru mengenal satu jenis panci saja, mungkin akan bingung dengan aneka panci yang masih asing di telinga.

Sebagai koki di dapur rumah, Anda dituntut untuk bisa membuat makanan yang sempurna bagi keluarga. Peranan Anda sangat penting untuk urusan “pangan” bagi orang-orang yang Anda sayangi. Selain pengetahuan resep memasak yang dikuasai, Anda juga harus mengetahui ilmu memasak lainnya, yaitu dengan mengetahui fungsi-fungsi perkakas dapur.

Mom, untuk menambah wawasan, yuk, kenali lebih dalam lagi tentang perkakas dapur satu ini. Semakin banyak tahu, Anda akan menjadi koki hebat di dapur Anda.

Jenis-Jenis Panci dan Manfaatnya:

Selain panci yang Anda miliki di dapur, ternyata masih banyak jenis panci lainnya. Perkakas dapur tersebut, bahkan diadaptasi dari negara-negara maju. Berikut adalah jenis-jenis panci dan manfaatnya:

  1. Panci Presto
    Panci presto memiliki bagian bawah yang datar dengan dinding yang cukup tinggi. Terdapat kedua pegangan di kedua sisinya. Panci ini berguna untuk membuat makanan lebih cepat matang tanpa mengurangi kandungan gizi yang terkandung. Panci ini juga tidak menimbulkan limbah minyak, bau, atau cipratan.Biasa digunakan untuk memasak daging atau ikan agar lebih cepat matang dan empuk, panci presto juga bisa melunakkan duri ikan sehingga bisa dimakan. Selain itu, panci ini mampu membunuh mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh. Penggunaan panci presto juga dinilai aman. Panci didesain dengan enam katup dan ventilasi sistem keselamatan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
  1. Frying Pan
    Bagian bawah panci berbentuk datar dengan gagang panjang. Memiliki dinding rendah yang memudahkan Anda untuk menumis. Selain untuk menumis, frying pan juga bisa digunakan untuk menggoreng. Panci ini memiliki diameter 8, 10, sampai 12 inci. Kelebihan frying pan adalah memiliki permukaan antilengket dan bisa digunakan untuk menggoreng dengan suhu tinggi.
  1. Sauce Pan
    Memiliki bentuk datar pada bagian bawah dan dinding yang cukup tinggi. Dilengkapi dengan gagang panjang atau pegangan di kedua sisinya. Panci ini memiliki ukuran besar sehingga cocok untuk memasak dengan bahan air seperti sop, gulai, dan masakan berkuah lainnya. Ukuran panci ini berkisar antara 1-1, 2 L, 2-2, 3 L, dan 4 L.
  1. Saute Pan
    Bagian bawah panci berbentuk datar dan lebar. Memiliki dinding sedikit tinggi, dilengkapi dengan gagang panjang sebagai pegangan di kedua sisinya. Saute pan cocok digunakan untuk menumis ataupun memasak yang membutuhkan banyak pengadukan. Ukuran panci ini mencapai 4L dengan permukaan antilengket. Panci ini akan menghasilkan masakan yang lebih baik.
  1. Multipot
    Panci satu ini memiliki bentuk pendek dan menyerupai panci sup. Namun terdapat lubang di sekitar panci yang digunakan untuk merebus atau mengukus. Kelebihan panci ini bisa sekaligus bisa untuk menyaring. Panci didesain dengan ukuran serbaguna, yaitu 6L, 8L, dan 12L.

6.

Dutch Oven
Dutch oven terlihat seperti pot dengan permukaan dinding sedikit tinggi. Memiliki pegangan terdapat di kedua sisi dan cukup berat dibanding panci-panci lainnya. Dutch oven digunakan untuk  memasak dengan santai dan merebus. Memiliki ukuran 5L dan 7L.

7. Roaster
Berbentuk wajan persegi panjang dengan tatakan besi yang berguna untuk menghantarkan panas secara merata dengan oven. Roaster digunakan untuk memanggang. Saat membeli, pilihlah roaster yang memiliki permukaan antilengket agar mudah dalam melakukan pembersihan.

8.

Griddle
Griddle memiliki bentuk papan dengan permukaan rata dan antilengket. Griddle digunakan untuk memasak steik, pancake, telur, dan bacon. Saat menggunakan alat ini, pastikan Anda memilih papan dengan pinggiran yang turun untuk menampung minyak.

9. 

Grill Pan
Grill pan memiliki bentuk papan dengan permukaan bergigi. Hal ini berfungsi untuk memberikan hasil yang sama seperti memanggang dengan alat pemanggang. Grill pan digunakan untuk memasak dengan temperatur tinggi seperti memanggang atau membakar. Saat membeli, pilih grill pan wajan besi atau yang mengandung lapisan besi.

10.

Casserole Pan
Panci ini memiliki ukuran besar dengan cekungan cukup dalam, berbentuk persegi, persegi panjang, atau bulat. Panci Casserole digunakan sebagai alat masak yang juga bisa digunakan untuk menyajikan makanan di meja makan. Selain digunakan untuk memasak dalam oven, panci ini bisa digunakan di atas kompor. Memiliki kapasitas antara 2 L sampai 12 L.

11.

Braiser
Panci ini cukup mirip dengan panci Casserole, tetapi bagian dasar panci ini memiliki bentuk bulat dan cekungan tidak sedalam panci Casserole. Cocok digunakan untuk memasak santai dengan sedikit cairan tanpa merendam seluruh bahan makanan. Memiliki kedalaman antara 5-8 cm dengan diameter 25-33 cm dan memiliki kapasitas 2,5 L sampai 6 L.

12. Panci Belanda
Memiliki bentuk sangat mirip dengan panci Casserole, namun panci belanja berukuran lebih besar, berat, dengan dinding lebih tebal. Panci Belanda terbuat dari besi dan bisa digunakan di atas kompor atau di dalam oven. Memiliki kedalaman 5-12 cm dan kapasitas ukuran 2 L sampai 6 L.

Nah, Mom, setelah Anda tahu informasi mengenai perkakas dapur satu ini, tertarikkah untuk menggunakan salah satu di antaranya? Jika Anda ingin memilikinya sebagai koleksi dapur, Anda bisa mencari perkakas ini di toko-toko peralatan dapur modern.

Mungkin akan sedikit susah jika Anda mencarinya di pasar-pasar. Salah-salah, produk yang Anda beli berupa tiruan yang tidak jelas merek dan bahannya. Alih-alih ingin mencoba menggunakan panci modern yang bisa digunakan berdasarkan manfaatnya, malah mendapatkan panci yang tidak jauh berbeda dari panci biasa.

Bagi Anda yang malas repot untuk datang langsung ke toko perkakas dapur atau malas terkena macet di jalan, Anda bisa mencarinya di toko-toko online. Anda cukup memilih toko online tepercaya, memilih model yang Anda suka, melakukan pembayaran, dan Anda tinggal menunggu barang sampai dengan selamat di rumah Anda.

Salah satu toko online yang bisa Anda kunjungi untuk memenuhi kebutuhan dapur ataupun rumah Anda adalah Dekoruma. Dekoruma menyediakan berbagai macam panci modern yang Anda butuhkan. Anda tidak akan kelelahan saat memilih-milih panci yang dibutuhkan. Tinggal klik, barang bisa Anda beli. Dekoruma juga menyediakan berbagai macam perkakas untuk melengkapi kebutuhan dapur Anda, lho.

Selain perkakas dapur, Anda juga bisa temukan berbagai macam inspirasi untuk kebutuhan rumah Anda. Mulai dari perkakas untuk ruang makan, dapur, dekorasi rumah, kamar tidur, furnitur, dan kamar mandi.

Barang-barang yang dijual di Dekoruma, tidak hanya berguna sesuai fungsinya saja. Tapi juga memiliki desain yang unik. Dari gaya modern masa kini sampai gaya tempo dulu. Untuk semakin memudahkan pembelinya, Dekoruma menggunakan sistem pembayaran di tempat. Ketika barang sampai, Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu. Jika barang sesuai, baru Anda bisa membayarkan. Dan perlu diketahui, barang-barang tersebut bebas ongkos kirim. Wah, tentunya hal ini yang sangat diharapkan oleh para pembeli online, ya.

Yuk, Mom, temukan barang-barang yang dibutuhkan untuk keperluan dapur Anda di sini, ya. Selamat berbelanja!