Peranan lampu gantung tidak hanya sebagai penerangan, tapi juga menjadi lampu hias yang akan menambah kecantikan rumah Anda. Lampu gantung memiliki desain yang berbeda dari lampu biasa. Adanya lampu gantung, membuat ruangan terasa berbeda dengan nuansa ‘wah’.

Namun, kesan ‘wah’ ini akan berbalik menjadi aneh dan tidak cocok jika Anda salah dalam pemilihannya. Lampu gantung atau lampu gantung hias seharusnya memberikan kesan elegan, unik, atau sebagai aksesoris untuk mempercantik ruangan.

Pertimbangan dalam Memilih Lampu Gantung

Satu jenis lampu gantung akan cocok digunakan di suatu ruangan tertentu, tapi juga akan terlihat aneh atau tidak pantas jika tidak disesuaikan dengan beberapa keadaan. Nah, berikut pertimbangan yang bisa Anda gunakan ketika memilih lampu gantung atau lampu gantung hias untuk rumah Anda.

  1. Pertimbangan sesuai dengan gaya interior
    Dengan mempertimbangkan berdasar gaya interior rumah, ada banyak sekali lampu gantung yang bisa Anda pilih, mulai dari lampu gantung minimalis, lampu gantung antik, lampu gantung kristal, lampu gantung sederhana, sampai lampu gantung kontemporer.
    Untuk mengaplikasikan lampu gantung dengan rumah Anda, tentukan terlebih dahulu kesan apa yang ingin Anda ciptakan dari lampu gantung tersebut. Pilih warna yang cocok dengan ruangan Anda. Untuk rumah dengan gaya klasik modern, sebaiknya pilih lampu gantung dengan banyak ornamen atau detail. Selain itu, Anda bisa memilih lampu gantung minimalis untuk tipe ruangan minimalis.
  2. Pertimbangan sesuai dengan ketinggian langit-langit
    Jika ruangan rumah Anda memiliki langit-langit yang tinggi, pilihlah lampu gantung yang memanjang ke bawah. Tapi jangan sampai panjang lampu gantung melebihi dari sepertiga tinggi ruangan. Jika langit-langit rumah Anda sangat tinggi, Anda perlu menggantung lampu tersebut di atas ruang kosong, sehingga ketinggian bisa mencapai setengah dari tinggi ruangan. Perhatikan, apakah lampu gantung tersebut sudah cukup untuk menjadi pusat perhatian atau belum.
  3. Pertimbangan berdasarkan desain perabot rumah
    Untuk memilih desain lampu gantung agar tampil serasi dengan ruangan, Anda juga perlu memadukannya dengan perabot rumah Anda. Untuk itu, pilihlah lampu gantung yang sejenis dengan perabot ruangan rumah Anda, agar lampu tidak terlalu menarik perhatian. Biarkan lampu senada dengan barang-barang lainnya, karena lampu gantung berfungsi untuk melengkapi ruangan, bukan untuk mengambil alih perhatian. Sesuaikan juga lampu gantung dengan model furnitur atau barang-barang lainnya.
  4. Pertimbangan memilih lampu gantung untuk ruang makan
    Pada ruang makan, lampu akan dipasang di tengah atau tepat di atas meja makan. Ukurannya lebih baik separuh dari ukuran meja makan. Tapi jangan memilih lampu gantung yang lebih besar dari sepertiga ruangan, karena akan mengganggu dan ruangan tampak penuh. Jarak lampu gantung sebaiknya lebih dari 1 meter dari permukaan meja.
  5. Pertimbangan memilih lampu gantung sesuai tren
    Rumah-rumah mewah sering menggunakan lampu gantung yang difungsikan sebagai penerangan juga sekaligus sebagai hiasan. Bahkan, lampu gantung tidak hanya digunakan pada ruang tamu atau ruang makan saja. Seluruh ruangan termasuk kamar mandi bisa dipasangi lampu gantung dengan beragam model yang ada saat ini. Anda bisa memilih lampu gantung sesuai dengan tema ruangan atau karakter penghuni rumah.
  6. Pertimbangan berdasarkan bahan material
    Ada banyak bahan material sebagai pembuat lampu gantung, dari tiap bahan akan menimbulkan kesan berbeda yang ditimbulkan. Sebaiknya, pilih lampu gantung yang juga berfungsi sebagai lampu hias sesuai dengan konsep ruangan yang akan ciptakan.
    Jika Anda memiliki ruang tamu minimalis, lampu gantung yang lebih cocok digunakan adalah lampu gantung hias besi dibanding lampu gantung kristal. Bentuk besi yang padat dan sederhana lebih cocok digunakan pada ruangan minimalis ketimbang lampu gantung kristal.
    Sedangkan lampu gantung kristal lebih cocok digunakan pada ruang bergaya klasik, karena mampu menimbulkan kesan elegan dan mewah.
  7. Pertimbangan sesuai dengan bentuk
    Ada ribuan bentuk lampu gantung yang beredar di pasaran. Umumnya, lampu dengan beragam bentuk ini dipengaruhi oleh bahan, ukuran, dan fungsi. Untuk ruangan yang berfungsi secara formal, sebaiknya pilih lampu berbentuk rumit untuk diterapkan. Hal ini akan menambah nilai ruang yang sepadan dengan isi pembicaraan. Sedangkan ruangan yang bersifat santai, Anda bisa memilih bentuk yang lebih sederhana seperti lampu gantung antik ataupun lampu gantung kontemporer.
  8. Pertimbangkan berdasar ukuran
    Jangan sampai Anda keliru menentukan ukuran lampu gantung untuk rumah Anda. Ukuran yang kecil akan membuat pencahayaan redup. Hal ini hampir tidak ada fungsinya jika memaksa untuk diterapkan. Jika Anda keliru memilih lampu yang terlalu besar, hal ini juga akan memberikan kesan aneh.
    Cara yang tepat dilakukan sebelum membeli adalah dengan mengukur panjang ruangan ditambah dengan lebar ruangan. Hasil penjumlahan dibuat menjadi ukuran inci.
    Contoh, jika ruangan memiliki ukuran 10×7 meter, maka ukuran yang idealis untuk ruangan tersebut adalah 10 ditambah 7, sehingga akan didapat ukuran 17 meter. Dari meter Anda perlu mengubahnya menjadi ukuran inci, yaitu menjadi 17 inci. Ukuran ini yang akan digunakan sebagai pertimbangan Anda memilih lampu gantung.
  9. Pertimbangan berdasar posisi
    Penggunaan lampu gantung yang berfungsi sebagai interior rumah, juga banyak dijumpai sebagai eksterior rumah seperti diterapkan pada kolam renang ataupun taman. Lampu gantung ini sekaligus berfungsi sebagai lampu gantung hias untuk membuat tampilan rumah Anda semakin cantik.
    Cara memilihnya, membutuhkan teknik sendiri, mengingat lingkungan luar cukup luas dan jarang mendapat objek pantul cahaya. Untuk itu, lampu dan cahaya yang dimunculkan harus tepat agar mendapat pencahayaan maksimal.
    Anda tidak perlu terpaku dengan lampu gantung hias seperti apa yang seharusnya Anda pilih. Meskipun rumah Anda bergaya minimalis, tidak masalah jika memilih lampu gantung kristal.

Tidak sedikit orang yang akan membeli lampu gantung atau lampu gantung hias, sering dibingungkan untuk memilih lampu seperti apa. Berkonsultasi dengan penjualnya menjadi solusi untuk mendapat lampu yang tepat. Nah, dengan informasi ini, tentunya akan semakin memudahkan Anda untuk memilih sendiri tipe lampu gantung atau lampu gantung hias sesuai dengan rumah Anda, kan, ya?

Tempat Mendapatkan Lampu Gantung Atau Lampu Gantung Hias

Anda bisa mendatangi langsung toko-toko yang menjual aneka ragam lampu gantung, agar bisa yakin dengan lampu pilihan Anda. Di sini Anda bisa memegang sendiri bahan material yang digunakan. Tapi bagi Anda yang memiliki waktu sibuk atau malas untuk datang langsung ke toko, Anda bisa membelinya di toko-toko online. Sekarang ini banyak sekali toko-toko online tepercaya yang menjual kebutuhan Anda ini. Salah satunya adalah Dekoruma.

Toko online satu ini juga menjual lampu gantung atau lampu gantung hias yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kualitas barang sama seperti pada toko-toko lainnya. Keunggulannya, Dekoruma menggunakan sistem pembayaran di tempat saat barang sampai. Sehingga Anda tidak akan kecewa jika barang ternyata tidak sesuai dengan bayangan Anda. Selain itu, kelebihan lainnya adalah Dekoruma memberikan gratis ongkos kirim.

Banyak kemudahan berbelanja saat ini yang bisa kamu nikmati. Mau memiliki lampu gantung, lampu gantung minimalis, lampu gantung hias, lampu gantung antik, atau lampu gantung kristal yang Anda inginkan? Yuk, belanja!