Makin padatnya kota besar dan terbatasnya lahan membuat gaya desain rumah miniminalis modern ala rumah vertikal menjadi pilihan banyak orang. Tapi, tentu menghadirkan desain rumah minimalis modern dengan konsep vertikal tidaklah mudah.

Dimulai dari kebutuhan ruang, sirkulasi antar lantai, hingga pencahayaan bisa jadi permasalahan yang membuat banyak orang gagal menerapkan desain rumah minimalis modern dengan gaya vertikal yang nyaman.

Namun bukan berarti mustahil untuk menjadikan desain rumah minimalis modern vertikal sebagai pilihan hunian yang nyaman dan estetis. Inilah inspirasi 9 desain rumah minimalis modern dengan konsep vertikal dari berbagai belahan dunia, yang mungkin bisa membantumu mewujudkan desain rumah minimalis impian!

1. Desain Rumah Minimalis Modern Vertikal House di Smuggler’s Nest, Vermont – Axis Mundi Architects

designerdreamhomes.ru

Jika umumnya konsep rumah vertikal pada desain rumah minimalis modern diterapkan pada lahan terbatas untuk memaksimalkan ruang, hal ini berbeda dengan desain rumah minimalis modern karya John Beckmann dari Axis Mundi Architects ini.

Dengan perpaduan material beton ekspos, kayu, dan bingkai besi, desain rumah minimalis modern ini berada dilahan terbuka sehingga konsep vertikalnya memungkinkanmu untuk menikmati lingkungan sekitar.

Berada di lahan miring, kamu akan melewati jembatan untuk mengakses rumah vertikal ini—yang akan mengarahkanmu langsung pada dapur, ruang keluarga, dan juga ruang makan. Naik kebagian atas merupakan area pribadi berupa kamar, sebelum akhirnya terdapat sebuah taman atap terbuka yang berada di puncak dari desain rumah minimalis modern vertikal ini.

2. Desain Rumah Minimalis Modern Keenan House di Fayetteville, Arkansas – Arsitek Marlon Blackwell


fast-company-res.cloudinary.com

Keenan House adalah desain rumah minimalis modern dengan bentuk vertikal lainnya yang dibuat oleh Arsitek Marlon Blackwell. Rumah ini sendiri terbuat dari struktur besi yang tinggi dan dikombinasikan dengan berbagai material lain seperti beton dan bambu.


images.adsttc.com

Kombinasi material ini memberikan kesan dinamis dibalik desain rumah yang minimalis. Dengan rangka besi dan bambu sebagai fasad, cahaya yang masuk ke dalam desain rumah minimalis modern yang tinggi inipun menjadi jauh lebih menarik

3. Desain Rumah Minimalis Modern dengan Beton dan Taman Vertikal di Vietnam – Vo Trong Nghia Architects

votrongnghia.com

Saat memaksimalkan lahan untuk desain rumah minimalis modern dengan gaya vertikal, taman dan ruang terbuka kerap jadi bagian hunian yang dikorbankan. Namun hal ini diakali oleh VO Trong Nghia Architects saat mewujudkan desain rumah minimalis modern di Vietnam yang dikombinasikan dengan kehadiran taman vertikal.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Ini Lain dari yang Lain! Kamu Setuju?


designboom.com

Kehadiran taman dalam desain rumah minimalis modern ini memberikan kenyamanan lebih dan membuat tampilan dari rumah vertikal ini jauh lebih menarik. Warna putih yang mendominasi bangunan juga menonjolkan vegetasi yang ada pada desain rumah minimalis modern ini sehingga terlihat bahwa taman dan vegetasi adalah elemen utama pada bagunan, meskipun kehadirannya sebenarnya hanya sebagai pelengkap. Di rumah, kamu bisa mengakali ini dengan menambahkan tanaman hias pada sudut-sudut penting.

4. Desain Rumah Minimalis Modern “The Tower Home” – Gluck+ Architects


gluckplus.com

Salah satu konsep rumah vertikal yang ditujukan untuk memaksimalkan view dari area sekitar adalah “The Tower Home” karya Gluck+ Architects. Jika umumnya bagian dasar rumah memiliki ruang yang lebih besar, rumah ini justru sebaliknya.


images.adsttc.com

Berada ditengah-tengah lingkungan hutan yang asri, desain rumah minimalis modern ini seperti menara yang menahan gubahan masa horisontal yang berada di paling atas. Dengan bukaan yang maksimal juga, seluruh pemandangan yang indah bisa kamu nikmati dengan maksimal lewat desain rumah minimalis modern satu ini.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Modern Terpopuler, Inspiratif Banget!

5. Desain Rumah Minimalis Modern Vertikal dengan Taman Terbuka – Ryue Nishizawa

static.dezeen.com

Lahan yang sempit memang menjadi tantangan di kota-kota besar di Jepang. Arsitek asal Jepang Ryue Nishizawa menyiasatinya dengan desain rumah minimalis modern dengan konsep vertikal dan juga bukaan serta taman yang menyatu dengan bangunan utama dari rumah.

Baca Juga: 10 Model Taman Rumah Keren Untuk Lahan Sempit

pinterest.com

Dengan hadirnya ruang terbuka dan taman, meskipun sempit rumah ini tetap memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang maksimal.

6. Desain Rumah Minimalis Modern ”Promenade House” di Shiga, Jepang- Studio FORM


resources.realestate.co.jp

Satu lagi desain rumah minimalis modern dengan konsep vertikal asal Jepang adalah “Promenade House” di Shiga. Dengan layout sederhana dan geometrik, gubahan masa dari hunian ini memanjang keatas dan ramping kebelakang untuk menyiasati lebar lahan yang hanya 4 meter saja.
domusweb.it

Meskipun sempit, desain rumah minimalis modern ini masih bisa menyisakan ruang untuk taman pada sisi bangunan. Dengan fasad minimalis dan penempatan bukaan yang efektif, pencahayaan dari rumah ini nggak kalah maksimal dari rumah-rumah dengan gubahan masa yang lebih lapang.

7. Desain Rumah Minimalis Modern “Split House” di Shanghai – Neri & Hu Design and Research Office

images.adsttc.com

Desain rumah minimalis modern selanjutnya berasal dari Shanghai yang merupakan karya dari Neri & Hu Design Research Office. Dihimpit oleh townhouse lama bersejarah, bangunan ini dibangun dengan fasad minimalis yang eksentrik sehingga tampil menonjol daripada bangunan disekitarnya.

Bukaan yang lebar pada bagian depan serta warna hitam yang mendominasi juga menjadikan desain rumah minimalis modern ini lebih menonjol dari bangunan lainnya. Selain itu, hal ini juga membantu rumah vertikal ini mendapatkan pencahayaan lampu yang mencukupi.

8. Desain Rumah Minimalis Modern “Narrow Vertical House” di Sumida ward, Tokyo, Jepang – Apollo Archictects

pinterest.com

Jepang memang merupakan negara dengan berbagai arsitektur menarik, khususnya jika kita berbicara mengenai rumah vertikal. “Narrow Vertical House” karya Apollo Architects ini adalah salah satunya. Lahan yang sempit menjadi tantangan, tapi bukan hambatan untuk menghasilkan desain rumah minimalis modern yang nyaman dan menarik.

Dengan gubahan masa yang membentuk sudut siku, desain rumah minimalis modern ini berhasil menangkap cahaya yang cukup untuk memaksimalkan aktivitas di dalam ruangan, meski rumah ini berada di kawasan yang sangat padat.

Jika berbicara mengenai rumah kecil, pencahayaan dan juga pemilihan furniture memang faktor penting yang akan menentukan kenyamanan dari rumah. Cahaya yang cukup akan membantu ruangan terlihat lebih lega dan luas di lahan yang terbatas

9 Desain Rumah Minimalis Modern di Kobe, Jepang – Fujiwaramuro Architects

images.adsttc.com

Desain rumah minimalis modern dengan konsep vertikal terakhir ini merupakan karya dari Fujiwaramura Architects di Kobe, Jepang.

Rumah tiga lantai ini memiliki lahan yang sempit sehingga untuk memberikan kesan luas, desain rumah minimalis modern ini dibangun tinggi.

static.dezeen.com

Fasad pada desain rumah minimalis modern ini juga tampil sederhana namun hangat dengan dominasi tekstur kayu. Meski terlihat dari fasad, bagunan ini terlihat memiliki bukaan yang minim, namun setiap ruang didalam desain rumah minimalis modern ini tetap mendapatkan pencahayaan yang cukup berkat penggunaan skylight.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Minimalis Modern Favorit Pengantin Baru

Itulah 9 desain rumah minimalis modern yang berhasil menerapkan konsep rumah vertikal dengan baik. Setelah berhasil mendapatkan kenyamanan di lahan terbatas dengan konsep vertikal, pilihlah furnitur dengan desain compact untuk memaksimalkan setiap ruang yang ada di dalam desain rumah minimalis modern milikmu. Jika bingung mencarinya, kamu bisa menemukannya di Dekoruma yang menyediakan furnitur dengan aneka model dan ukuran. Dekoruma jual sofa bed, lemari, meja, hingga rak display.

Jika di dalam rumah minimalis modern vertikal milikmu terdapat ruang kerja pribadi, Dekoruma juga jual kursi kantor yang nyaman dan ergonomi agar badanmu tidak mudah pegal. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

Bingung soal desain interior? Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma juga siap membantu! Kami juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂