Idealnya, desain kamar tidur anak harus menyenangkan dan membuat si kecil nyaman. Tak hanya sebagai tempat beristirahat, desain kamar tidur anak juga harus mempertimbangkan pemanfaatan sebagai area bermain dan belajar.

Karena desain kamar tidur anak ini mudah sekali berantakan setelah dirapikan, kamu harus mengetahui cara yang benar mendesain kamar tidur agar nyaman, menyenangkan dan indah dilihat. Jika ruangan lain biasanya lebih menitik beratkan pada furniture dan gaya ruang, untuk desain kamar tidur anak fokusnya adalah menyisakan tempat yang luas.

Nah, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan desain kamar tidur untuk si kecil, berikut Kania ulas 10 desain kamar tidur anak agar anak makin cerdas!

Desain kamar tidur anak dengan meja belajar

iss.zillowstatic.com

Bekerja sama dengan anak ketika mendesain kamar tidur anak agar tahu apa yang diinginkan sangat diperlukan. Dengan melibatkannya, mereka akan merasakan hubungan yang kuat terhadap desain kamar tidur anak itu sendiri. Memperhatikan hobi dan beberapa hal lain yang menjadi kesukaannya juga sangat penting ketika mendesain kamar tidur anak.

Pasalnya, desain kamar tidur anak harus sesuai dengan karakter si anak. Untuk anak yang suka membaca dan menggambar, kamu bisa mendesain kamar tidur anak dengan meletakkan meja panjang dan juga rak buku di ruangannya.

Desain kamar tidur untuk anak baru belajar membaca

creatiflapassion.com

Untuk merangsang tumbuh kembang anak, sebaiknya pilih desain kamar tidur anak yang memiliki banyak ruang kosong. Jangan gunakan banyak furnitur untuk desain kamar tidur anak yang sedang dalam tahap belajar membaca. Sebaiknya sediakan satu ruang kosong yang nyaman untuk anak leluasa belajar membaca dengan santai. Sediakan space untuk memajang hasil karya anak sebagai bagian dari dekorasi ruangan.

Desain kamar tidur dengan rak buku

kindaktuell.at

Berapa pun usia anak, keselamatan anak adalah hal yang utama. Karenanya pilih desain kamar tidur anak dengan furnitur, material, dan bahan finishing yang tidak membahayakan si kecil. Perhatikan peletakan furnitur seperti rak buku yang pas dengan jangkauanya.

Desain kamar tidur yang menyisipkan rak buku ini secara tidak langsung juga akan merangsang sang anak untuk rajin membaca. Kamu juga bisa menambahkan beberapa permainan bertema sains pada desain kamar tidur anak. Jangan lupa pasang lampu dengan pencahayaan yang baik agar mata si kecil tidak rusak.

Perhatikan peletakan furnitur yang tinggi seperti lemari maupun rak agar tidak membahayakan si kecil. Pilih furnitur yang pada bagain sudutnya tidak tajam.

Meletakkan tumbuhan hidup pada desain kamar tidur anak

fendhome.com

Tidak hanya sebatas untuk dekorasi dan penyejuk ruangan. Meletakkan tumbuhan hidup pada desain kamar tidur anak juga dapat dilakukan. Hal ini untuk merangsang tumbuh kembang anak sekaligus belajar mengenal proses hidup tumbuhan. Desain kamar tidur seperti ini cocok digunakan untuk anak yang menyukai sains. Letakkan beberapa tumbuhan hidup di dekat lemari anak, jendela, atau meja belajar anak.

Pilihlah jenis tumbuhan yang berbeda agar anak tidak bosan. Meletakkan tumbuhan hidup juga mampu memberi tampilan yang menarik pada desain kamar tidur anak. Agar lebih menyenangkan, ajak anak yang menanam sendiri tumbuhannya. Desain kamar tidur ini cocok diaplikasikan pada rumah yang berada di lingkungan perkotaan dan jauh dari lingkungan alam. Tak lupa, tambahkan juga lampu meja dengan nuansa temaram pada area belajarnya agar suasananya semakin hangat dan nyaman.

Desain kamar tidur anak penyuka olahraga

la-neige.ru

Setiap anak memiliki ketertarikan di bidang tertentu. Kamu bisa memilih desain kamar tidur anak dengan berfokus pada satu elemen, seperti olaharga. Pada desain kamar tidur anak yang suka olahraga kamu bisa memasang ring basket misalnya.

Baca Juga: 17 Desain Tempat Tidur Tingkat Seru Agar Ruangan Tampil Lega

Agar ruangan tidak terasa penuh dan pengap, kamu bisa memasang tempat tidur atau kasur bertingkat pada desain kamar tidur ini. Untuk desain kamar tidur ini hindari meletakkan telalu banyak furnitur agar si kecil lebih leluasa kala bermain.

Desain kamar tidur anak minimalis

kidsbedroomideas.eu

Memilih desain kamar tidur anak tidak semudah menata interior ruangan rumah lainnya. Jika ruangan lain biasanya lebih menitik beratkan pada furnitur dan gaya ruang, untuk desain kamar tidur anak fokusnya adalah menyisakan tempat yang luas.

Baca Juga: 15 Trik Menata Kamar Tidur Anak Minimalis Dalam 1 Jam

Untuk desain kamar tidur anak tidak perlu terlalu spesifik terhadap warna dan tema karena selera mereka cepat berubah seiring perkembangan usia. Berikan warna-warna netral pada desain kamar tidur anak untuk menghindari kebosanan. Terlepas dari pemilihan warna tersebut, pastikan kamu juga memilih jenis kasur berkualitas, seperti spring bed Dunlopillo untuk si kecil, ya!

Desain kamar tidur anak dengan dinding tulis

mothermag.com

Tak hanya untuk beristirahat, usahakan sebuah desain kamar tidur anak juga dapat dimanfaatkan untuk mengasah kreativitas anak. Sediakan satu dinding tempat mereka bisa menampilkan hasil karya ataupun hanya sekadar untuk mencorat-coret belajar menulis dan menggambar.

Lewat desain kamar tidur ini kamu juga bisa memantau perkembangan tumbuh kembang si kecil. Untuk desain kamar tidur ini, pilih cat yang aman untuk anak dan mudah untuk dibersihkan.

Desain kamar tidur anak dengan area bermain dan latihan

hgtvhome.sndimg.com

Anak-anak biasanya ingin memiliki tubuh yang kuat agar tampak seperti pahlawan super kegemaran mereka. Nah, kamu bisa memanfaatkan ketertarikan mereka ini dengan mendesain kamar tidur anak dengan arena bermain latih otot.

Desain kamar tidur anak ini cocok digunakan untuk rumah yang berada di area perkotaan dan jauh dari alam. Dengan desain kamar tidur ini si kecil bisa melakukan banyak aktivitas untuk membangun otot dan memperkuat tubuh.

Desain kamar tidur anak tema musik

hgtvhome.sndimg.com

Musik terbukti memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak. Musik terbukti membuat si kecil lebih peka dan ekspresif. Nah, untuk si kecil yang suka musik, kamu bisa memilih desain kamar tidur anak bertema musik. Taruh sejumlah alat musik yang ringan dan mudah dimainkan pada desain kamar tidur ini. Kamu bisa memanfaatkan laci tempat penyimpanan atau kabinet kecil sebagai arena panggungnya. Tambahkan hiasan dinding lucu untuk mempercantik desain kamar tidur ini.

Desain kamar tidur untuk si kecil yang bercita-cita dokter

pinterest.com

Fokus satu elemen, seperti profesi tertentu yang menjadi ketertarikan si kecil juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan desain kamar tidur anak. Untuk si kecil yang bercita-cita sebagai dokter kamu bisa memilih pernak-pernik bertema dokter sebagai dekorasi desain kamar tidur anak.

Padupadankan berbagai tekstur dan warna, baik dari furnitur, cat, maupun elemen dekorasi lainnya. Pada desain kamar tidur anak ini kombinasikan dengan furnitur lembut seperti bean bag sebagai tempat duduk santai membaca buku. Pilihlah bahan yang mudah dicuci.

Kamu bisa menemukan aneka bean bag di Dekoruma, lho. Beberapa brand yang terkenal akan kualitasnya adalah Bottom Dock dan Be My Bean.

Baca Juga: 15 Dekorasi Kamar Anak Perempuan Layaknya Putri Negeri Dongeng

Ternyata mendesain kamar tidur anak dengan tepat bukan cuma menghasilkan interior yang cantik kan? Bila kamu merencanakan penataannya dengan hati-hati, buah hati pun bisa jadi lebih cerdas.

Bingung menata interiormu?  Tim desain interior Dekoruma siap membantu! Bukan cuma desain interior saja, Dekoruma juga siap menangani masalah lemari custom kamu. Harga transparan, bisa disesuaikan dengan anggaranmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan kasur dengan aneka jenis dan ukuran dari beragam merek di Dekoruma. Dekoruma jual Airland, King Koil, dan kasur Serta. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung kunjungi Dekoruma!