Kalau ngomongin soal berkebun, yang ada di bayangan kamu saat ini mungkin kebun di tanah yang lapang dengan pohon yang tinggi dan perawatan yang ribet. Masalahnya, seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya populasi manusia, lahan untuk beraktivitas pun semakin berkurang.

Nah, apakah kamu pernah mendengar istilah kebun vertikal? Berbanding terbalik dengan kebun model zaman dulu yang memakan banyak lahan, kebun vertikal ini dapat menghemat tempat dan menampung cukup banyak tanaman.

Disini Kania ingin berbagi inspirasi yang didapat dari kakak ipar Kania. Dia berencana membuatkan media kebun vertikal untuk kakak perempuan Kania yang memang hobi menanam tanaman.

Bahan:

  • 2 buah pipa PVC dengan panjang ±80 cm dibagi menjadi 2
  • 8 buah atau siku
  • 2 batang kayu sepanjang 2 meter
  • Paku dinding
  • Sekrup
  • Penggaris
  • Pensil
  • Gergaji
  • Bor

Cara pembuatan:

  1. Di bagian bawah pipa PVC yang melengkung, buatlah 3 buah lubang dengan menggunakan bor. Lubang ini berfungsi sebagai tempat keluarnya air. 
  2. Pasangkan 2 batang kayu secara vertikal dengan jarak sekitar 50 cm dari sisi satu ke sisi lainnya.
  3. Tandai posisi untuk setiap pipa plastik dengan menggunakan pensil dan penggaris. Pastikan kamu memberi jarak bagi tanaman kamu untuk tumbuh.
  4. Tempatkan bracket atau siku ke batang kayu tersebut. Setelah itu kamu bisa menaruh pipa PVC ke bracket tersebut. Kalau kamu tidak menemukan bracket yang cocok, kamu juga bisa langsung mengebor pipa PVC ke batang kayu tersebut.

Yay! Tempat untuk kebun vertikal-mu sudah jadi. Kamu bisa langsung mengisi pipa dengan tanah dan menaburkan biji tanaman di atasnya. Atau, kamu juga bisa mengisi pipa tersebut dengan pot-pot tanaman.

Tips dari Kania, kalau kamu tidak ingin lantai kamu basah, kamu bisa menjadikan pipa di baris terakhir sebagai tempat penampungan air. Artinya, kamu tidak perlu melubangi pipa yang paling terakhir. Selain itu, bila tanaman kamu terlalu terekspos matahari pada siang hari, kamu bisa memasang atap simpel di bagian atasnya. Selamat berkebun!

ADVERTISEMENT

Temukan beragam keperluan rumah, furnitur, hingga dekorasi di Dekoruma! Dekoruma jual sikat, sofa, hiasan dinding, dan beragam perlengkapan rumah lain yang akan membuat suasana hunianmu jadi lebih hidup.

Tak hanya itu saja, kalau kamu sedang mencari kasur baru untuk kebutuhan tidurmu, Dekoruma juga menyediakannya, lho! Ada aneka jenis kasur dari merek-merek ternama, seperti kasur Dunlopillo, Comforta, dan King Koil. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

Sumber dari diy-enthusiasts