Kursi kantor merupakan salah satu instrumen penting di ruangan kantor dan merupakan salah satu titik dimana kamu menghabiskan waktu paling lama ketika bekerja. Faktor kenyamanan di ruang kerja menjadi sangat penting karena dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif.

Pemilihan kursi pada kantormenjadi salah satu faktor penting dalam mendesain sebuah ruang kantor. Oleh karena itu, kamu harus bisa memilih kursi kantor yang paling baik agar nyaman selama berada di kantor. Pemilihan kursi kantor tidak bisa sembarangan, kursi kantor yang baik bisa mencegah nyeri punggung.

pinterest.com

Satu studi mengatakan kalau sekitar 17.5% produktivitas karyawan meningkat saat mereka memakai kursi kantor yang ergonomis. Bukan sekedar itu saja, karyawan yang menggunakan kursi kantor ergonomis juga mengalami penurunan masalah otot serta tulang.

Nah, buat kamu yang masih kebingungan alam memilih kursi kantor yang baik, berikut Kania ulas tips memilih kursi kantor yang tepat untuk tubuh yang sehat.

Perhatikan ketinggian kursi kantor

strongproject.com

Memperhatikan tinggi rendah kursi kantor yang hendak digunakan merupakan faktor penting untuk kenyamanan dan kesehatan. Tinggi rendah kursi kantor harus bisa diatur dan disesuaikan sedemikian rupa sehingga telapak kaki kamu dapat menapak dengan nyaman di lantai. Sudut antara tungkai kaki kamu dan paha sebisa mungkin 90° atau mendekati, hal ini agar beban tubuh tidak hanya tertumpu pada betis atau paha.

Baca Juga: 5 Alasan Kursi Tamu Minimalis Bisa Buat Hidupmu Lebih Mudah

Posisi ini membuatmu dapat duduk dengan nyaman. Apalagi terlalu lama duduk dengan kaki menggantung akan mempengaruhi seluruh postur tubuh. Pasalanya, posisi kaki yang menggangtung membuat aliran darah hanya berpusat pada area tubuh yang berada di atas kursi kantor. Kondisi ini tentu saja dapat mengganggu kesehatan kamu.

Pilih kursi kantor yang memiliki sandaran lengan

s3.amazonaws.com

Langkah selanjutnya yang perlu kamu perhatikan saat memilih desain kursi kantor adalah sandaran lengannya. Akan sangat baik apabila kamu memilih kursi kantor yang bisa diatur ketinggian sandaran lengannya.  Pada saat bekerja di depan komputer maupun laptop, umumnya sisi badan yang seringkali bergerak yakni tangan. Kursi kantor berlengan dapat dijadikan sebagai sandaran tangan pada saat tangan merasa pegal maupun lelah.

Posisi yang baik adalah sedapat mungkin lengan bawah membentuk sudut 90° dari lengan atas. Pilih juga kursi kantor yang sandaran lengannya dapat diatur dengan posisi lengan atas sedekat mungkin dengan badan. Hal ini supaya posisi bahu dapat senyaman mungkin sehingga mengurangi ketegangan pada sendi bahu dan leher.

Gunakan kursi kantor dengan sandaran badan sesuai bentuk tulang punggung

omnicoreagency.com

Selain sandaran lengan, sandaran badan di kursi kantor juga sangat penting untuk menjadi acuan dalam memilih kursi kantor. Sandaran badan dengan daya pegas merupakan pilihan terbaik sehingga dapat menyesuaikan dengan postur badan serta berat badan. Dengan kursi kantor ini kamu dapat menopang dan menempatkan posisi punggung senyaman mungkin. Pilihlah sandaran kursi kantor yang dapat mengakomodasi bentuk tulang punggung dan dapat mengikuti bentuk alami tulang punggung.

Baca Juga: Jangan Sampai Merugi Karena Salah Pilih Furniture!

Salah memilih tempat bersandar justru membuatmu tak nyaman dan justru cepat lelah. Sandaran kursi kantor yang permanen seringkali tidak mengakomodasi bentuk tulang punggung. Akibatnya, ketika bersandar, tulang punggung akan melengkung dan membuat kamu mudah lelah, pegal, dan berpotensi mengalami kelainan bentuk tulang belakang.

Perhatikan posisi dudukan dan bantalan kursi kantor

omnicoreagency.com

Tips selanjutnya yang harus kamu perhatikan saat memilih kursi kantor adalah posisi dudukan dan bantalannya. Sebisa mungkin bagian panggul pada saat duduk berada tepat pada dudukan sesuai dengan lekukan anatomi tubuh kamu. Karenanya, jika kamu ingin bekerja secara maksimal, ada baiknya kamu memilih kursi kantor yang punya bantalan empuk.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Kursi Tamu

Untuk itu ada baiknya kamu memperhatikan dulu bantalan kursi kantor sebelum membeli, apakah empuk atau keras. Bantalan kursi kantor yang nyaman dipengaruhi oleh bahan busa dan bahan pembungkusnya. Bantalan kursi kantor keras membuat pinggang akan menjadi mudah sakit, tentunya nggak nyaman kan?

Pilih kursi kantor yang berkaki roda

digital.sbseating.com

Untuk kenyaman, pilihlah kursi kantor yang mempunyai kaki roda. Hal itu agar kamu lebih fleksibel dalam bergerak. Mobilitas kamu dapat terbantu tanpa harus sering berdiri pada saat beraktifitas di ruang kerja. Desain kursi kantor ini juga memudahkan kamu untuk bergeser dari tempat satu ke tempat yang lain dalam ruangan yang sama. Selain itu, upayakan pula untuk memilih kursi kantor yang dapat diatur. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk memperoleh ketinggian kursi yang sesuai dengan meja komputer dan membuatmu dapat duduk dengan nyaman.

Pastikan kursi kantormu cocok dengan meja kerja

hermanmiller.com

Kursi kantor tentu saja harus cocok dengan meja kantor atau meja kerja. Oleh karena itu, ketika ingin membeli kursi kantor, jangan pernah melupakan meja kerja. Hal ini bukan berarti kamu harus membeli meja kerja baru, melainkan perhatikanlah detail meja yang kamu pakai untuk bekerja.

Ukurlah tinggi daun meja dari lantai. Jika kamu bekerja menggunakan komputer atau laptop maka lakukan pengukuran pada tinggi layar komputer atau laptop tersebut. Coba pada meja kerja agar kamu tahu ukurannya sesuai. Jangan sampai kamu salah beli ya!

Kamu juga memerlukan tempat untuk menyandarkan kepala

humanscale.com

Jika memungkinkan, pilihlah kursi kantor dengan sandaran yang tidak hanya mengakomodasi bentuk tulang punggung, tapi juga dapat memanjakan kepala serta leher kamu. Tanpa kamu sadari setelah lama bekerja, seringkali otot-otot leher terasa kaku dan perlu relaksasi. Desain kursi kantor dengan sandaran kepala akan membantu proses relaksasi leher dan kepala, sehingga dapat membuatmu cepat kembali segar dan dapat bekerja dengan nyaman dan leluasa.

Baca Juga: 11 Jenis Kursi yang Harus Kamu Tahu

Sekarang kamu tahu kan, kalau memilih kursi kantor yang tepat bisa berpengaruh pada kesehatanmu? Makanya, jangan salah beli ya! Kalau kamu sedang mencari kursi kantor berkualitas, Dekoruma menyediakan kursi kantor dengan beragam merek, seperti Ergotec.

Selain kursi kantor, Dekoruma juga menyediakan aneka kursi untuk bersantai, seperti bean bag Bottom Dock yang tersedia dalam berbagai pilihan warna. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung kepoin laman Dekoruma!