Banyak yang menganggap kehadiran taman bermain untuk anak di rumah adalah kebutuhan tersier yang nggak harus selalu ada. Padahal kehadiran taman bermain pada hunian memiliki banyak sekali manfaat pada buah hati. Nggak cuma melatih perkembangan kemampuan motorik si kecil, meningkatkan daya kreativitas, melatih mental anak, hingga membantu si kecil menemukan apa yang dapat mereka lakukan dan mengembangkan kepercayaan diri mereka. Jadi, sudah semestinya sebagai orang tua untuk menfasilitasi anak dengan ruang untuk bermain dan bereksplorasi yang baik.

Nggak perlu berlebihan, nyatanya kamu bisa menciptakan desain taman bermain senderhana pada hunianmu untuk buah hati tercinta. Bingung bagaimana caranya? Yuk, intip berbagai inspirasi desain taman bermain sederhana untuk hunianmu berikut!

Desain Taman Bermain dengan Tenda Sederhana

Menghadirkan ruang untuk si kecil bereksporasi dan berimajinasi melalui taman bermain nggak selalu berarti kamu harus menyediakan ruang luas dengan berbagai fasilitas permainan yang mahal dan lengkap. Nyatanya, kamu bisa mewujudkan sebuah taman bermain yang menyenangkan bagi si kecil melalui sebuah tenda anak saja.

sunnysideplaygroup.org.uk

Tenda ini akan menjadi taman bermain dimana si kecil bisa memiliki ruang privasi bagi dirinya sendiri bersama mainannya. Nggak cuma praktis dan murah, pemanfataan tenda sebagai taman bermain ini bisa dikatakan cukup fleksibel karena tidak hanya bisa digunakan di luar ruangan, namun juga bisa kamu pindahkan ke dalam ruang jikalau cuaca di luar memang tidak mendukung untuk si kecil bisa beraktivitas di luar. Praktis sekali, bukan?

Desain Taman Bermain ala Bukit Teletubbies

pinterest.com

Bermain atau beraktivitas di luar memiliki banyak sekali manfaat bagi anak. Dengan banyak melakukan aktivitas di taman bermain outdoor, si kecil nggak cuma melatih kemampuan bersosialisasi, juga secara perlahan akan melatih kekebalan tubuhnya dan juga membuatnya terhindar dari kegemukan atau berat badan yang berlebih. Untuk menghadirkan taman bermain luar ruangan yang sederhana, ide taman bermain yang menyatu dengan taman seperti bukit teletubies satu ini bisa jadi pilihanmu.

earthscapeplay.com

Untuk menciptakan taman bermain ini, kamu bisa menggunakan pipa beton sebagai terowongan dan menimbunnya dengan tanah yang kemudian ditanami rumput sehingga taman bermain seolah berbentuk bukit. Pada bagian atas taman bermain, kamu bisa memberikan aksesoris lainnya seperti tangga kayu dan juga perosotan untuk si kecil. Sederhana namun menyatu dengan alam, taman bermain ini akan membantu si kecil untuk dapat berinteraksi lebih banyak dengan lingkungan luar. Lapisan yang dipenuhi rumput juga akan jauh lebih aman untuk si kecil.

Desain Taman Bermain Kapar Layar Bak Pasir

pinterest.com

Wahana bermain pasir pada taman bermain memang sudah jadi hal wajib yang nggak pernah gagal menarik perhatian si kecil. Bermain pasir bisa mengembangkan kemampuan sensori dan juga kreativitas buah hatimu. Bermanfaat sekali, bukan? Lebih menarik lagi, kamu juga bisa mewujudkan taman bermain pasir sederhana pada rumahmu dengan menggunakan bak dari kayu yang mudah di buat, lho.

pinterest.com

Biar tampil lebih menarik, taman bermain pasir ini bisa kamu bentuk menyerupai perahu layar seperti inspirasi taman bermain sederhana satu ini. Layar yang berada di atas taman bermain juga akan melindungi si kecil dari teriknya panas matahari saat tengah asyik bermain pasir.

Jika kamu takut kotor atau khawatir pasir malah menjadi sumber penyakit bagi si kecil, kini kamu sudah bisa mengganti pasir dengan pasir kinetik yang lebih aman untuk taman bermain pasirmu.

Desain Taman Bermain Anak Dalam Rumah (Indoor)

pinterest.com

Meskipun taman bermain di luar ruangan memiliki banyak manfaat lebih, terkadang cuaca nggak selalu mendukung untuk si kecil dapat selalu bermain taman bermain yang berada di luar. Belum lagi kemungkinan kotoran yang bisa saja mengandung kuman dan bakteri yang bisa menginfeksi si kecil. Jadi, jika kamu memang memiliki lahan luar ruangan yang terbatas, nggak ada salahnya menghadirkan sebuah ruang dalam hunianmu yang bisa dijadikan taman bermain untuk si kecil.

Baca Juga: Dekorasi Ruang Bermain Jauh Lebih Seru dengan 7 Tips Berikut!

Kamu bisa meletakkan berbagai wahana permainan, baik itu buatan sendiri ataupun membelinya langsung jadi. Yang terpenting, pastikan semua finishing ruangan aman untuk si kecil. Mulai dari lantai yang lembut (kamu bisa menggunakan karpet atau parket), sehingga ketika si kecil terjatuh nggak menimbulkan luka yang serius. Pastikan juga taman bermain dalam ruangan ini tetap mendapatkan sirkulasi cahaya alami dan udara yang baik sehingga kesehatan si kecil nggak terganggu.

Desain Taman Bermain dan Kamar yang Menyatu

pinterest.com

Jika menghadirkan ruang khusus dalam hunian sebagai taman bermain dirasa cukup menyita kebutuhan ruang, nyatanya kamu bisa menyulap kamar tidur si kecil menjadi taman bermain yang menyenangkan, lho. Modifikasi kasur tempat tidur dan furniture lainnya sehingga nggak cuma bisa digunakan bagi si kecil untuk beristriahat, tapi juga bisa difungsikan sebagai taman bermain saat dibutuhkan.

Baca Juga: 10 Desain Kamar Tidur Anak Agar Anak Makin Cerdas

Sama seperti taman bermain sebelumnya, selalu utamakan keselamatan si kecil saat menata ruangan untuk diubah menjadi taman bermain, ya.

Desain Taman Bermain Sederhana dengan Bahan Daur Ulang


cdn0.wideopencountry.com

Menciptakan taman bermain memang nggak selalu  mahal. Kamu bisa mencontoh taman bermain satu ini dengan mendaur ulang berbagai material bekas dan menyulapnya menjadi berbagai permainan seru bagi si kecil. Taman bermain menarik ini bisa kamu buat menggunakan ban bekas yang bisa dijadikan ayunan ataupun jungkat-jungkit, hingga berbagai boks kayu bekas yang bisa dijadikan wahana outbond sederhana untuk melatih kemampuan motorik si kecil. Kunci terpenting untuk mewujudkan taman bermain ini adalah kreativitas kamu sebagai orang tua. Berani coba?

Rumah Pohon Sederhana sebagai Taman Bermain

madebymood.com

Inspirasi taman bermain satu ini bisa dibilang merupakan yang paling banyak membutuhkan usaha dan juga biaya lebih. Namun, kehadiran rumah pohon sebagai taman bermain nggak akan pernah gagal untuk membantu si kecil mengembangkan imajinasinya. Serupa dengan tenda, rumah pohon akan membantu si kecil menciptakan ruang privasi untuk bermain dan bereksplorasi dengan kreativitas mereka.

Rumah pohon nggak harus selalu dibuat tinggi, kamu bisa membuat rumah pohon yang sederhana dan rendah sehingga masih aman untuk digunakan si kecil bermain.

Baca Juga: Penasaran Rasanya Tinggal di Pohon? Lihat 10 Desain Rumah Pohon Ini!

Selain dengan berbagai wahana permainan yang mampu melatih kemampuan motorik si kecil, selalu lengkapi juga taman bermain dengan berbagai permainan yang edukatif untuk merangsang daya berpikir si kecil juga, ya. Yang terpenting adalah pendampingan orang tua saat si kecil bermain sehingga aktivitas bermain nggak cuma sekedar menyenangkan tapi juga lebih terkontrol.

Sedang mencari kasur baru untuk kamar tidurmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis kasur dari beragam merek ternama, seperti kasur Guhdo, kasur Alga, kasur Comforta, dan kasur King Koil. Tunggu apa lagi? Buruan kunjungi laman Dekoruma dan temukan kasur impianmu!

=====

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma juga siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam  🙂