Tidur adalah salah satu rutinitas esensial manusia yang paling luar biasa. Selain menenangkan dan memperbaiki mood, tidur memberi kesempatan bagi tubuh untuk istirahat dan pulih dari “kerja keras” selama sehari penuh. Karena inilah, sangat wajar kalau kita berusaha untuk menjadikan kasur sebagai tempat paling nyaman sedunia.

Lagipula, siapa sih, yang tidak mau pulang ke rumah dan menemukan kasur yang nyaman? Sprei yang lembut, bantal yang empuk dan selimut yang hangat bisa menjadi kompensasi dari lelahnya beraktivitas seharian.

school-remont.tv

Memastikan bahwa kasur yang kita miliki sudah cukup nyaman untuk ditempati perlu menjadi prioritas. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa perlengkapan tidur seperti kasur dan selimut baru bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Tapi kami mengerti tidak semua orang bisa membeli kasur baru setiap beberapa tahun sekali. Untuk itu, kami sudah menyiapkan solusi agar kasur yang kamu miliki bisa menjadi sanctuary untuk tidur yang lebih nyenyak. Yuk, simak 11 trik berikut!

Melapisi kasur dengan selimut dan quilt

apartementtheraphy.com

Hal pertama yang membuat kasur nyaman ditempati adalah kehangatannya. Untuk alasan inilah, menambah layer berupa selimut dan quilt yang sangat lembut akan membantumu tidur lebih nyenyak. Terlebih lagi, ini adalah salah satu cara yang paling cepat dan paling mudah yang bisa kamu lakukan. Kamu pun bisa menyesuaikan ingin sehangat apa layer tempat tidurmu.

Menyusun bermacam-macam bantal di kasur

tumblr.com

Pilih sarung bantal yang terbuat dari bahan katun, linen, rajut, furry atau feathery. Untuk material, baiknya kamu mencari bantal dari busa atau nano-fiber. Bantal-bantal ini memang sedikit lebih mahal, tapi kenyamanannya yang tahan lama membuat kamu tidak perlu membeli bantal baru dalam waktu dekat.

Baca Juga: Memilih Bantal Berdasarkan Manfaatnya

Selain itu, tekstur yang berbeda tapi sama-sama lembut ini akan menambah rasa nyaman di kasur. Bukan hanya tidurmu yang akan lebih nyenyak, membaca buku atau menonton TV sebelum tidur pun bisa dilakukan dengan nyaman di kasur.

Menggunakan warna-warna netral

data.whicdn.com

Menata kasur dengan menggunakan warna-warna netral seperti abu-abu, putih dan khaki mampu menciptakan kesan tenang. Mata yang tenang akan membuat kamu akan lebih cepat mengantuk. Nah, karena otak ikut tenang, tidurmu juga akan menjadi lebih nyenyak. Tetapi, kalau kebanyakan warna netral membosankan untuk kamu, menambah satu atau dua barang dengan warna terang juga bisa, kok. Misalnya lewat beberapa item dekor ruangan.

Menambahkan kasur memory foam sebagai lapisan paling atas kasur

homearena.co.uk

Apa sih kasur memory foam itu? Memory foam adalah kasur yang permukaannya dapat mengikuti titik tekanan tubuh kita. Karena fleksibel mengikuti lekuk tubuh, tidur di atas kasur memory foam tidak akan membuat tubuh sakit dan kaku. Setelah kamu bangun, memory foam akan kembali ke bentuk aslinya. Oleh karena itu, kasur memory foam merupakan alternatif yang lebih baik untuk kasur awet dan tahan lama. Jika kamu bingung mau menggunakan kasur memory foam dari merek apa, kasur Serta bisa dijadikan pilihan.

Menggunakan sprei berbahan linen

cdn.noths-static.com

Sprei berbahan linen akan memberikan efek yang signifikan bagi kenyamanan kasurmu. Tekstur kain linen bisa menghangatkanmu ketika udara dingin tanpa akan membuat gerah ketika udara panas. Kamu juga tidak perlu khawatir sprei ini akan kusut. Kerutan yang memang sudah ada di kain linen justru elegan, sehingga menambah estetika dan membuatmu makin betah di kasur, baik itu berupa springbed maupun kasur busa.

Menggantung lampu Tumblr di atas kasur untuk efek dreamy

pinterest.com

Jadikan setiap malam menjadi malam penuh bintang! Lampu hias model tumblr bisa kamu gantung di atas headboard atau di balik tirai sekitar kasur. Lampu-lampu kecil ini bisa memberikanmu suasana hangat dan damai, yang akan membuatmu merasa tenang dan cepat mengantuk. Trik ini sangat disarankan bagi kamu yang selalu butuh lampu tidur karena bisa menjadi alternatif yang lebih murah.

Baca Juga: 10 Desain Lampu Hias untuk Acara Nonton Bareng Nggak Terlupakan

Menambahkan wewangian di bantal dan kasur

pinterest.com

Wewangian aromaterapi atau diffuser yang dimaksud bisa berupa deterjen, softener, atau semprotan essential oil. Bisa juga dari lilin aromaterapi yang diletakkan di sebuah bed side table kasur. Apa pun pilihanmu, wewangian di bantal dan kasur akan memberikan kenyamanan tambahan yang membuat tidurmu lebih nyenyak.

Aroma lavender dan peppermint bisa kamu jadikan pilihan karena keduanya sudah terbukti dapat membuat pikiran rileks dan mengatasi kesulitan tidur. Tak hanya itu, bahkan aroma peppermint ini juga bisa kamu jadikan sebagai cara mengusir tikus. Begitu juga dengan aroma lavender yang mampu mengusir nyamuk. Dengan demikian, tidurmu akan semakin nyenyak, deh!

Mendekor dinding sekitar kasur

pictures.lonny.com

Tambahkan sentuhan personal di kamarmu dengan dekorasi seperti bingkai foto dan lukisan di dinding kamarmu. Melihat detail-detail familiar dari kasur seperti ini akan menambah rasa nyaman. Buat sekeliling kasur seunik mungkin. Selain itu, kamu juga jadi bisa mengingat kenangan-kenangan menyenangkan yang ada terlihat di sana. Pikiran seperti ini akan membantumu tidur dengan suasana hati yang positif.

Meletakkan lampu baca atau lampu lantai di samping kasur

images.pier1.com

Pencahayaan yang tepat akan memberikan suasana yang tepat pula. Sudah saatnya memindahkan lampu di kamar dari langit-langit ke samping kasur. Kesan rumahan yang ditimbulkan dari pencahayaan lampu lantai yang lembut akan membuatmu merasa semakin nyaman di kasur. Keuntungan lain? Ketika sudah akan tidur, kamu tidak perlu bangun dari kasur untuk mematikan lampu, cukup raih kontak lampu di samping kasur.

Membuat DIY tirai untuk sekeliling kasur

fellhouse.org

Lengkapi oase tidurmu yang ideal dengan tirai atau gorden di sekeliling kasur. Tidak perlu sampai membeli tirai dan kerangkanya, kok. Kamu bisa buat sendiri dengan menggunakan paku semat dan kain tipis yang bisa kamu dapatkan di berbagai tempat; tumpukan barang lama di gudang, toko kain, atau tukang jahit.

Baca Juga: 10 Model Gorden Minimalis Keren yang Kamu Harus Punya

Kamu juga bisa menambah sentuhan personal dengan menyesuaikan model tirai seperti yang kamu mau. Kalau setelah beberapa lama kamu bosan dengan model tirainya, kamu bisa mengubahnya kapan saja. Kanopi seperti ini tidak hanya akan memperindah kamar, tetapi juga menjadikan kasur tampak seperti tenda atau magical hideaway.

Selalu merapikan kasur setelah bangun tidur

inspirehomedesign.com

Kelihatannya memang sederhana, tetapi siapa sih, yang tidak ingin pulang ke rumah dan melihat kasur yang sudah rapi? Bayangkan saja seperti pulang ke kamar hotel—rapi, bersih dan nyaman, tapi gratis. Suasana hatimu bisa membaik dan rasa lelah setelah bekerja seharian bisa berkurang. Dengan mood yang seperti ini, pasti tidurmu juga akan lebih nyenyak.

Baca Juga: 8 Desain Kamar Tidur Sederhana Keren untuk Ruangan Sempit

Kasur yang nyaman ditambah dengan waktu tidur yang cukup, akan membantumu segar kembali saat bangun pagi. Memang ada banyak hal yang memengaruhi tidur seseorang, berusaha membuat suasana senyaman dan setenang mungkin sebelum tidur juga merupakan bentuk self-love, lho.

Jadi, apa kamu sudah siap untuk mengubah kasur kamu yang sekarang menjadi tempat paling nyaman di dunia ini? Kamu bisa menemukan kasur berkualitas dengan beragam merek, seperti kasur Lady Americana dan kasur Elite.

Kalau kamu butuh bantuan untuk menata interior rumahmu, ada tim desain interior Dekoruma yang siap membantu! Kami siap menangani masalah design and build rumah & apartemen juga lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu! Jangan pusing lama-lama, segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam  🙂