Hewan peliharaan di rumah sangatlah manis dan menggemaskan. Mereka adalah teman yang menemani kesendirian kita sekaligus sebagai obat terapi ketika stres. Hanya saja, teman kecil kita ini menuntut usaha ekstra pula dari kita dalam membersihkan rumah. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing biasanya memiliki bulu yang mudah rontok, kamu harus rajin membersihkan rumah.

Kegiatan membersihkan rumah sendiri merupakan kegiatan yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Apalagi ketika membersihkan rumah untuk si peyayang binatang, usaha ekstra pun dibutuhkan sehingga kamu terhindar dari kotoran dan debu.

fthmb.tqn.com

Memerlukan waktu setidaknya seharian untuk membersihkan rumah. Padahal membersihkan rumah merupakan rutinitas harian yang harus dilakukan. Akan sulit melakukannya untuk mereka yang tidak memiliki waktu lebih. Oleh karena itu, sebelum memiliki hewan peliharaan di rumah, sebaiknya kamu pikirkan masak-masak dan bulatkan tekad untuk rajin membersihkan rumah ya. Kali ini, Kania ingin berbagi tips dan trik yang dapat membantu kamu dalam membersihkan rumah, terutama bagi si penyayang hewan.

1. Gunakan Peralatan Membersihkan Rumah yang Tepat

Pinterest.com

Peralatan membersihkan rumah standar sudah cukup untuk membantumu, pada dasarnya membersihkan rumah nggak perlu berbagai macam peralatan kok. Namun, untuk kamu yang memiliki teman berbulu di rumahnya, kamu wajib menggunakan alat kebersihan tambahan saat membersihkan rumah. Kenapa? Membersihkan rumah dari bulu nggak semudah yang kamu kira lho!

static1.businessinsider.com

Pembersih bulu dapat membantu meringankan pekerjaanmu karena sapu biasa tidak dapat menolong aktivitas membersihkan rumah, karena itulah pembersih bulu diperlukan. Selain pembersih bulu, cara paling efektif lainnya untuk membersihkan rumah untuk para penyayang hewan adalah dengan vacuum cleaner. Mesin penyedot debu dapat membantu membersihkan rumah dari bulu-bulu halus yang nggak terjangkau oleh sapu biasa.

2. Membersihkan Rumah Dimulai dari Hewan Peliharaan yang Bersih

goodrichcleaning.com

Mulai membersihkan rumah kesayanganmu dengan menjaga kebersihan hewan peliharaan. Walaupun teman kecilmu itu mungkin terlihat bersih, mereka belum bersih sepenuhnya. Kamu akan mulai melihat perbedaannya ketika kamu rajin memandikan mereka. Bukan hanya bulu-bulu yang rontok saja, kebiasaan mereka yang suka mengeluskan diri pada sofa dan furnitur lain di rumah dapat membuat furnitur terlihat kotor lho. Gunakan tekstil dapur yang lembut untuk membersihkan furniture kayu seperti kaki meja atau kursi.

3. Buat Spot Spesial Hewan Peliharaan untuk Permudah Membersihkan Rumah

ae01.alicdn.com

Ketika teman kecilmu sering terlihat beristirahat di satu sudut rumahmu, bisa jadi itu merupakan spot ternyaman mereka. Letakkan handuk khusus tidak terpakai di titik tersebut dan buatlah itu menjadi spot spesial untuk mereka.

Baca Juga: 10 Kesalahan Fatal Pemula Saat Menata Ruang Tamu Kecil

Hal ini dapat membuat hewan peliharaanmu akan lebih banyak beraktivitas di sekitar spot tersebut. Alhasil, membersihkan rumah menjadi sedikit lebih mudah, kamu cukup membersihkan rumah dengan lebih teliti di spot khusus hewan kesayanganmu.

4. Rajin Sikat Bulu Hewan Peliharaan Bisa Membantu dalam Membersihkan Rumah

s7d2.scene7.com

Kalau kamu kesulitan membersihkan rumah karena banyaknya bulu hewan peliharaanmu yang rontok, ada cara mudah untuk mengatasinya: rajin menyikat bulunya. Rutinlah menyikati bulu hewan peliharaanmu, sebisa mungkin di area luar rumah. Dengan begitu kamu dapat menjaga kebersihan rumahmu agar tidak terlalu berantakan oleh bulu yang rontok. Membersihkan rumah pun bisa menjadi lebih ringan.

5. Membersihkan Rumah dari Bau Tidak Sedap

sofamoe.info

Membersihkan rumah dengan hewan peliharaan bisa menjadi sedikit tricky tanpa perencanaan yang tepat lho. Bisa-bisa kegiatan membersihkan rumah jadi nggak maksimal, bukannya wangi rumah malah semakin bau.

Bukan cuma sekedar mengelap furnitur atau menyapu rumah, membersihkan rumah artinya kamu juga membersihkan udara di dalam rumah agar harum ya.

Baca Juga: Hati-hati, Ruang Tamu Rumahmu Mungkin Dikuasai Bakteri dan Parasit Ini

Tahu nggak kalau baking soda bisa membantu? Berikan baking soda pada bagian furniturmu yang mengandung busa, seperti bantal dekorasi favoritmu di ruang tamu, sofa kesayangan yang selalu menemanimu saat lelah, sampai ke karpet lembut yang kamu pakai sehari-hari.

Kamu juga bisa memberikan baking soda di sekitar toilet hewan peliharaanmu untuk mengurangi bau di udara. Tambahkan wewangian aromaterapi agar rumah jadi lebih harum.

6. Jaga Kebersihan Tempat Makan Hewan Peliharaanmu

pennymiller.com.au

Titik tempat makan teman kecilmu ini lebih banyak tidak terlihat dan cenderung diabaikan ketika kita sedang membersihkan rumah. Padahal, sebenarnya area ini memerlukan perhatianmu juga loh. Jangan lupa membersihkan tempat makan mereka ya ketika kamu membersihkan rumah. Cuci piring makannya dengan sabun dan sapu sekitar tempatnya makan agar tidak ada serangga yang datang. Salah satu ciri rumah sehat adalah ruangan yang bersih dari sisa-sisa makanan dan serangga mengganggu lho!

7. Membersihkan Rumah Sampai ke Pakaianmu

media.licdn.com

Percaya tidak percaya, bulu-bulu teman kecilmu itu mampu berada di seluruh sudut rumah. Bahkan di area yang tidak terlihat sekalipun. Itu artinya, kamu harus betul-betul teliti dalam membersihkan rumah.

Membersihkan rumah dengan tidak teliti bisa berdapak buruk bagi kesehatan lho. Apalagi secara nggak sadar menghirup bulu binatang. Beberapa area seperti di sofa, bantal sofa, bantal kepala, dan di tempat-tempat yang sering dilalui hewan peliharaanmu pun pasti bisa ditemukan banyak bulu. Karena itu, jangan lupa untuk membersihkan barang-barangmu juga secara rutin.

8. Rumah yang Bersih dengan Telapak Hewan Peliharaan yang Bersih

muddypaws.co.uk

Memiliki rutinitas untuk menghabiskan pagi atau sore hari membawa binatang peliharaanmu keluar merupakan hal yang baik, tapi biasakan membersihkan telapak kaki teman kecilmu saat pulang ya.

Berbeda dengan kamu yang menggunakan alas kaki, kaki mereka melakukan kontak langsung dengan jalanan. Hal itu bisa saja membawa kuman sekaligus kotoran yang dapat membuat rumah menjadi kotor. Bukan cuma nggak sehat, ini bisa jadi tugas ekstra dalam membersihkan rumah. Jangan lupa bersihkan kaki mereka dengan lap kecil atau handuk muka sebelum masuk ke rumah.

Baca Juga: 8 Trik Menata Dapur Sederhana Dan Rapi Dengan Cepat

Nah, setelah membaca tips di atas, kamu si para penyayang binatang tidak perlu lagi kebingunan dalam membersihkan rumah, ‘kan? Dengan cara-cara di atas, rutinitas membersihkan rumah pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Simak tips soal rumah lain di Dekoruma! Ada cara mengusir ular, tikus, dan lainnya. Selamat bersih-bersih!

Temukan berbagai jenis furnitur dan dekorasi dengan model kekinian hanya di Dekoruma! Dekoruma jual lemari, meja makan, lampu gantung, lukisan, dan rak dinding yang pastinya siap menghidupkan suasana rumahmu.

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan ragam kasur berkualitas untuk melengkapi kebutuhan tidurmu. Dekoruma jual kasur Lady Americana, King Koil, Airland, dan merek kasur terkenal lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!