Punya ruang keluarga yang mungil bukan berarti kreativitasmu dalam mendekor jadi terbatas. Justru sebaliknya—kamu jadi punya tantangan untuk menyulap ruang yang mungil menjadi nyaman dan tidak membosankan. Nah, bagi kamu yang masih belum mendapatkan inspirasi, desain ala Skandinavia bisa dijadikan pilihan untuk dekorasi ruang keluarga.

Desain Skandinavia merupakan salah satu model interior yang sedang tren saat ini. Memiliki style yang sangat mudah untuk diikuti, desain ini mengedepankan tampilan ruangan yang rapi dan minimalis. Kombinasi yang seimbang antara kesan hangat, modern dan simpel membuat desain ala Skandinavia cocok untuk dekorasi ruang keluarga mungil. Kania sudah mengumpulkan 10 ide dekorasi ruang keluarga yang bisa menjadi inspirasimu, yuk disimak!

1. Memberi tekstur yang berbeda-beda pada dekorasi ruang keluarga

pinterest.com

Memilih dekorasi ruang keluarga dengan desain ala Skandinavia berarti memperkaya ruangan tersebut akan tekstur. Kamu bisa menambahkan dekorasi ruang keluarga yang memiliki bentuk simpel dan material yang halus. Misalnya, gunakan sofa berbahan linen, karpet rami, atau throw blanket rajutan.

Perlu diingat bahwa meskipun bentuk dan material dekorasi ruang keluarga berbeda-beda, desain ala Skandinavia selalu disusun dengan rapi dan fungsional. Dengan begitu, ruangan yang mungil tidak akan terlihat penuh sesak.

2. Menambahkan bantal-bantal di atas sofa sebagai dekorasi ruang keluarga

cdn.homedit.com

Pada dasarnya, desain ala Skandinavia menekankan tempat yang nyaman dan layak ditinggali. Dekorasi ruang keluarga apa lagi yang bisa menambah kenyamanan selain bantal? Bantal linen, rajutan, faux fur, atau tiga-tiganya sekaligus, akan membuat ruangan mungil jadi menarik dan semakin hangat.

Baca Juga: 7 Dekorasi Ruang Keluarga Ini Bisa Mempengaruhi Psikologismu Loh!

Terlebih lagi, tidak ada bantal yang terlalu banyak untuk desain ala Skandinavia. Kamu juga bisa menambahkan bantal dekorasi di atas sofa minimalis dengan dengan warna atau motif yang berbeda-beda sebagai dekorasi ruang keluarga milikmu. Yang terpenting adalah konsistensi untuk menjaga konsep dekorasi ruang keluarga yang minimalis dan tertata dengan baik.

3. Mendominasi dekorasi ruang keluarga dengan warna lembut dan netral

pinterest.com

Warna putih umumnya digunakan untuk memberi kesan luas pada ruang keluarga yang mungil. Selain itu, warna putih juga akan membuat ruang keluarga lebih terang. Tetapi tidak semuanya harus berwarna putih kok. Dekorasi ruang keluarga dengan corak natural seperti krem, abu-abu, coklat, hitam dan khaki juga bisa kamu gunakan. Tambahkan pula beberapa bantal dengan warna pastel agar memberikan kesan segar tetapi tidak mencolok mata.

4. Memilih karpet yang bermotif untuk melengkapi dekorasi ruang keluarga

mommyessence.com

Karpet bermotif akan menambah kehangatan ruang keluarga serta membuat ruang keluarga terasa lebih hidup. Tentu saja, motif karpet juga harus diperhatikan agar sesuai dengan furnitur yang lain. Pilih karpet dengan motif garis atau geometris untuk dekorasi ruang keluarga ala Skandinavia.

Selain menekankan tema ruangan, karpet dengan motif garis dan geometris juga dianggap para desainer interior tidak akan membuat ruangan terasa sempit. Sebaliknya, ruangan yang mungil justru akan memiliki kesan lebih luas.

5. Menambahkan furnitur kayu pada dekorasi ruang keluarga

cdn.homedit.com

Funitur kayu adalah salah satu ciri khas desain ala Skandinavia. Masyarakat tradisional Skandinavia bahkan punya ikatan yang kuat dengan alam, khususnya pepohonan. Satu atau dua furnitur dari rustic wood akan menekankan pengaruh Skandinavia di ruang keluarga.

Baca Juga: 5 Cara Mendekor Ruang Tamu Sederhana Yang Kamu Ga Tau!

Kayu juga menambah tekstur dekorasi ruang keluarga, membuat ruangan lebih nyaman, serta memberikan kesan natural dan lebih luas pada ruangan pada saat yang bersamaan. Kamu bisa menggunakan meja TVcoffee table, dan aneka rak bermaterial kayu, seperti dari merek Funika.

6. Membuat dekorasi ruang keluarga dalam bentuk gallery wall

pinterest.com

Gallery wall adalah salah satu dekorasi yang selalu ada di ruangan dengan desain ala Skandinavia. Dekorasi ruang keluarga yang satu ini merupakan cara yang ideal untuk menunjukkan kepribadian penghuni rumah dalam desain yang minimalis. Selain itu, gallery wall akan memberikan sentuhan modern pada ruang keluarga, khususnya jika kamu memilih menggunakan pigura.

Lebih baik cetak foto atau gambar lain yang kamu pilih di dinding menggunakan warna monokrom dengan sedikit corak warna netral atau pastel. Dengan begitu, dekorasi ruang keluarga tidak monoton, tetapi juga tidak terkesan berantakan.

7. Menambahkan tanaman sebagai dekorasi ruang keluarga

pinterest.com

Berikan kehidupan di ruang keluargamu dengan menambahkan tanaman, misalnya monstera atau lidah mertua. Selain memberikan tekstur baru pada dekorasi ruang keluarga, tanaman yang berwarna hijau dapat menyegarkan ruangan serta meningkatkan mood.

Baca Juga: 8 Jenis Tanaman Hias Daun untuk Suasana Rumah Lebih Hidup!

Agar tidak menghalangi gerakmu di ruang keluarga yang mungil, kamu bisa meletakkan tanaman dengan pot besar di pojok ruangan. Sebaliknya, tanaman dengan pot kecil bisa melengkapi dekorasi ruang keluarga di meja atau rak.

8. Menambahkan rak untuk menyimpan dekorasi ruang keluarga

pinterest.com

Rak yang panjang menyamping akan membuat mata bergerak horizontal, sehingga ruangan akan tampak lebih lebar. Di sisi lain, rak yang tinggi akan membuat mata bergerak vertikal, sehingga ruangan akan tampak lebih tinggi. Inilah sebabnya pada dekorasi ruang keluarga yang bagus selalu terdapat rak. Kesan lapang namun hangat dan familiar yang ditimbulkan rak akan membuat kamu, keluarga dan tamu, betah berada di sana.

Tambahkan dekorasi ruang keluarga yang minimalis seperti foto, pajangan abstrak dan tanaman dalam vas kecil. Buku juga bisa diletakkan di rak. Tetapi, kalau tetap ingin menjaga konsep dekorasi ruang keluarga ala Skandinavia, pastikan kamu menatanya dengan tidak terlalu padat.

9. Menyusun ulang dekorasi ruang keluarga setiap beberapa bulan sekali

cdn.decoist.com

Mengubah susunan furnitur atau mengganti foto yang dipajang setiap beberapa bulan sekali akan membuat ruang keluarga terasa seperti baru lagi. Dengan desain ala Skandinavia, ruang keluarga yang mungil akan terasa lebih luas karena terbukti bisa dimanfaatkan untuk berbagai model.

Baca Juga: Dekorasi Ruang Tamu Mencerminkan Kepribadianmu Loh, Seperti Apa?

Trik ini juga bisa menghilangkan kebosanan yang mungkin muncul setelah beberapa waktu. Tak hanya itu, kalau kamu termasuk kolektor tanaman atau pajangan-pajangan kecil, ini bisa jadi saat untukmu menggantinya dengan yang baru.

10. Menjaga dekorasi ruang keluarga tetap simpel dan rapi

cdn.home-designing.com

Terkadang, dekorasi ruang keluarga yang menarik perhatian kita terlalu banyak sampai rasanya ingin membeli semuanya saja. Keinginan seperti inilah yang perlu dikendalikan, khususnya karena tiga komponen dasar desain ala Skandinavia adalah keindahan, kesatuan dan kesederhanaan.

Ruang keluarga adalah tempat penghuni rumah biasa berkumpul. Oleh karena itu, ruangan yang hangat, nyaman dan sederhana perlu menjadi prioritas saat mendesain. Dekorasi ruang keluarga ala Skandinavia, selain dapat menyiasati area yang tidak terlalu luas, bisa membuat penghuninya lebih betah di rumah.

Baca Juga: 10 Kesalahan Fatal Pemula Saat Menata Ruang Tamu Kecil

Dekorasi ruang keluarga menjadi salah satu aspek terpenting di rumah. Selain karena dianggap sebagai ruangan inti, dekorasi ruang keluarga pun mencerminkan kepribadian pemiliknya. Seperti apa kamu ingin mendekorasi ruang keluargamu?

Jika kamu kesulitan mencari dekorasi ruang keluarga yang tepat, kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual bingkai foto, karpet, hiasan dinding, dan aneka dekorasi lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan temukan di Dekoruma!


Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂