Salah satu fungsi utama dari rumah selain sebagai tempat untuk berpulang adalah tempat dimana pemiliknya bisa menemukan kenyamanan yang hakiki. Bagaimana cara menciptakan rumah yang memberikan kenyamanan? Cara paling mudah dan sederhana adalah dengan berinvestasi membangun atau membeli rumah asri.

Menjadi impian setiap orang untuk memiliki rumah asri. Rumah asri yang memberi kenyamanan yang tercipta melalui komposisi perpaduan antara layout ruangan, desain interior dan eksterior, dan material bangunan.

designboom.com

Pada dasarnya, rumah asri ini bisa diterapka untuk semua ukuran dan type hunian, termasuk ukuran rumah type 36. Biaya membangun dan merenovasi rumah asri pun tidaklah selalu mahal, bisa disesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki. Dengan kreativitas dan kecermatan dalam memadukan elemen-elemen yang disebutkan tadi, niscaya rumah asri impian kamu dapat terwujud.

Tidak hanya cantik di mata, rumah asri juga mememberikan efek positif bagi perasaan penghuninya. Pada tulisan kali ini, Kania akan membagikan 13 desain rumah asri super nyaman yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk mendekorasi rumah idaman!

1. Desain rumah asri dengan aksen pada dinding interior

dettagliodesign.com

Aksen dinding interior rumah merupakan hal yang menarik untuk di lihat oleh mata. Aksen juga menciptakan karakteristik dan keunikan dari rumah asri kamu yang membedakan dengan rumah lainnya. Aksen dapat berupa perpaduan warna cat dinding, hiasan berupa lukisan, pola-pola, rak dinding untuk buku, dan sebagainya.

Pilih warna aksen sesuai dengan fungsi ruangan. Ahli psikologi meyakini bahwa jenis warna pada ruangan menstimulasi emosi yang berbeda. Seperti desain ruangan santai pada rumah asri hasil karya firma desain interior asal Amerika Serikat, Dettaglio.

dettagliodesign.com

Ruang santai pada rumah asri ini memanfaatkan warna gelap yang diyakini menciptakan rasa kenyamanan dengan tambahan aksen lukisan banteng dan frame timbul pada salah satu sisi dinding bagian dalam. Desain ruangan rumah asri ini membuktikan bahwa aksen warna gelap tidak selalu menyeramkan, tapi bisa juga memberikan kesan yang tenang.

Baca Juga: Warna Cat yang Tepat Bisa Buat Kamu Lebih Happy, Percaya?

Dengan komposisi variasi furniture berwarna gelap, ruangan dari rumah asri ini sangat cocok digunakan untuk bersantai dan melepas penat. Dengan aksen warna gelap, pencahayaan yang masuk dari jendela besar yang terletak pada sisi ruangan dapat dinetralisir sehingga terkesan tidak terlalu terang pada siang hari. Rumah asri dengan cat putih sebagai warna dinding dasar menjadi tidak monoton dengan furnitur berwarna gelap.

2. Desain rumah asri dengan ruang bersantai outdoor

pinterest.com

Ruang bersantai outdoor tengah populer saat ini. Ruang bersantai outdoor menjadikan rumah asri yang stylish dan memberikan tempat ekstra bagi anggota keluarga untuk beraktivitas. Ditambah lagi, ruang bersantai outdoor bisa jadi poin plus di rumah asri.

Menambahkan sofa, kursi teras, dan meja pada ruang bersantai outdoor adalah sebuah keharusan. Dengan sofa yang nyaman, acara berkumpul dan berbincang lebih harmonis di rumah asri milikmu.

Pertimbangkan untuk membuat kanopi pada ruang bersantai outdoor untuk melindungi furnitur dari paparan sinar matahari langsung dan hujan. Kanopi juga melindungi kamu dan anggota keluarga di saat bersantai.

3. Desain rumah asri dengan jendela besar

cdn.freshome.com

Rumah asri adalah rumah yang memberikan kenyamanan, tapi bukan cuma itu, kehidupan penghuninya juga harus sehat. Ahli arsitektur menyatakan bahwa pencahayaan natural merupakan sumber dari rumah asri yang sehat. Berinvestasi untuk membuat banyak jendela besar adalah langkah bijak, karena pencahayaan matahari dapat mencegah rumah asri menjadi lembap, mengakibatkan bakteri dan virus berkembang biak.

Baca Juga: 9 Cara Jadikan Hunianmu sebagai Rumah Sehat untuk Keluarga

Selain itu, jendela besar juga memberikan pemandangan outdoor sekitar rumah layaknya sebuah lukisan. Dengan adanya jendela, udara rumah dapat tersirkulasi dengan baik. Suasana rumah menjadi lebih nyaman dan lebih sejuk.

4. Desain rumah asri dengan sofa modern

s3-media2.fl.yelpcdn.com

Sofa merupakan salah satu elemen penting yang keberadaannya dianggap wajib di sebuah rumah asri. Seiring perkembangan zaman, desain sofa pun ikut berkembang. Kamu bisa mencoba desain ruang bersantai non-konvensional yang dilengkapi dengan sofa modern. Di ruangan ini, berikan sentuhan seni poster kanvas favoritmu dan dekor ruangan yang modern, rumah asri jadi semakin cantik dan menyenangkan untuk dihuni.

5. Desain rumah asri dengan ruang makan dan dapur berseni kontemporer

fthmb.tqn.com

Bosan dengan desain rumah asri modern minimalis? Aplikasikan seni kontemporer yang tengah populer di kalangan anak muda pada ruang makan dan dapur kamu. Seni kontemporer terdiri dari perpaduan komposisi beberapa warna cerah yang saling bertabrakan, memberikan kesan ceria pada rumah asri kamu. Hadir dalam bentuk-bentuk abstrak, karya seni kontemporer memberikan karakter tersendiri untuk ruang makan dan dapur rumah asri kamu yang membedakan dengan rumah orang lain.

6. Desain rumah asri dengan kamar mandi mewah

thomasmoorehomes.com

Merenovasi kamar mandi menjadi layaknya kamar mandi hotel bintang lima memang mahal. Namun, untuk menghidupkan kesan mewah tersebut hanya perlu menggunakan warna cat rumah putih dengan perpaduan interior putih, lho!

Baca Juga: 10 Desain Kamar Mandi Minimalis, Murah Tapi Ga Murahan!

Dengan memadupadankan warna putih pada perlengkapan kamar mandi seperti wastafel, kloset, dan bathtub, kamar mandi yang biasa saja bisa tampak elegan dan mewah. Hiasi kamar mandi dengan handuk dan keset kamar mandi berwarna putih untuk semakin menonjolkan kesan mewah pada rumah asri kamu.

7. Desain rumah asri dengan wallpaper geometris

rilane.com

Meskipun harga wallpaper lebih mahal dibanding harga cat dinding, wallpaper memiliki daya tahan yang lebih lama daripada cat dinding. Selain itu, berbagai variasi wallpaper dinding yang menarik bisa mempercantik rumah asri kamu. Yang tengah populer saat ini adalah wallpaper berpola geometris dengan desain fresh. Jangan lupa kalau 

wallpaper 
dinding harus selalu dirawat agar awet ya!

8. Desain rumah asri dengan colorblocking

clv.h-cdn.co

Colorblocking memang tidak mudah. Mengecat dan menyamakan warna antara dinding interior dan furnitur membutuhkan usaha dan dana ekstra, namun hasilnya bisa sangat memuaskan. Untuk memulai, kamu bisa mencocokan warna favorit dengan warna furnitur kesukaan yang kamu miliki. Kemudian padukan elemen warna tambahan untuk melengkapinya.

Baca Juga: Baru Punya Rumah, Baiknya Pakai Warna Cat Rumah Apa?

9. Desain rumah asri dengan memberikan warna pada langit-langit

cdn.freshome.com

Langit-langit rumah pada umumnya tidak diwarnai, cenderung berwarna cat dasar atau putih polos. Ciptakan kesan rumah asri dengan mewarnai langit-langit rumah. Beri warna cerah atau berpola. Warna cat satu warna yang cenderung netral, misalnya warna pastel atau hijau muda sangat pas untuk plafon minimalis di rumah kecil. Langit-langit rumah yang berwarna-warni akan menyegarkan mata.

10. Desain rumah asri bergaya modern victorian

fthmb.tqn.com

Rumah asri dengan nuansa desain interior era victorian yang dikemas secara modern merupakan hasil karya dari Kari McIntosh, seorang desainer interior asal Amerika Serikat. Menggunakan furnitur model klasik yang dibuat ulang menjadi lebih modern dan minimalis, suasana rumah asri ini terasa lebih nyaman. Perpaduan warna dinding putih dan biru tua menjadikan rumah asri ini tidak kaku.

11. Desain rumah asri dengan tanaman dalam ruangan

static.dezeen.com

Tanaman dalam ruangan selalu menarik mata dan memberikan kesan rumah asri yang sejuk. Sebagai penghasil oksigen, tentu saja rumah akan menjadi lebih hidup dengan keberadaan tanaman. Tanaman seperti kaktus kecil bisa diletakkan sebagai penghias meja ruang keluarga.

Jika rumah yang kamu huni tidak mendapatkan intensitas pencahayaan matahari yang cukup, sebaiknya menghindari meletakkan tanaman indoor. Hal ini karena tanaman tidak dapat berfotosintesis dengan sempurna tanpa paparan sinar matahari sehingga akan cepat mati dan malah bisa menjadi tanaman pembawa sial.

12. Desain rumah asri dengan sofa yang menyatu dengan jendela

arafen.com

Membaca buku, bersantai, bercengkrama, sambil menikmati pemandangan luar sekitar rumah memang terasa menyenangkan dan nyaman. Desain interior rumah asri ini memiliki furnitur lemari dengan sofa yang menempel pada dinding dan jendela yang dapat difungsikan sebagai tempat bersantai sekaligus ruang penyimpanan.

13. Desain rumah asri bergaya skandinavian

memorialbridge.info

Mungkin desain interior bergaya skandinavian tidak asing di telinga banyak orang. Desain interior minimalis saat ini merupakan salah satu contoh desain skandinavian yang banyak diterapkan di penjuru dunia. Dengan memanfaatkan elemen material kayu untuk interior, desain skandinavian bisa menjadi alternatif terbaik kamu untuk menciptakan kesan rumah asri yang elegan, tenang, dan nyaman. Balutan warna dinding putih juga menonjolkan citra kemewahan.

Baca Juga: Abrakadabra! 9 Langkah Rumah Minimalis Type 36 Bisa Terlihat Mewah

Itu dia 13 inspirasi desain rumah asri super nyaman  yang bisa menjadi referensi kamu untuk membangun atau merenovasi rumah. Selamat berkreasi!

=======

Temukan aneka furnitur dengan model kekinian hanya di Dekoruma! Dekoruma jual lemari pakaian, sofa, kursi makan, rak dinding, dan tempat tidur. Dekoruma juga jual Dunlopillo dan King Koil, dua merek kasur ternama yang siap menemani tidur nyenyakmu. Selain model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong.

Kalau kamu bingung dalam menata interior rumahmu, tim desain interior Dekoruma juga siap membantu! Nggak berhenti sampai di situ, kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂