Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, saat ini anak-anak sudah memiliki akses untuk bermain gadget. Fenomena ini tentunya agak berbeda dibandingkan dengan zaman orang tua dulu yang saat kecil bermain bersama teman-teman sebaya di lapangan yang luas.

Well, hal ini bukan berarti gadget 100% membawa pengaruh buruk untuk anak. Akan tetapi, ada baiknya apabila Mama dan Papa membatasi penggunaan gadget bagi si kecil. Kamu bisa mengimbanginya dengan cara mengajak si kecil bermain di luar dan melakukan berbagai outdoor activity. 

Walaupun begitu, bagi yang tinggal di perkotaan, mungkin agak kesulitan mencari area outdoor yang cocok untuk anak-anak. Oleh karena itu, Kania ingin merekomendasikan 7 destinasi outdoor yang cocok untuk keluarga! Apalagi untuk kamu yang berencana untuk liburan keluarga di akhir tahun, beberapa tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) – Jakarta

Foto dari anekatempatwisata

Yup, Jakarta nggak hanya dipenuhi dengan mall dan restoran loh. Di bagian timur Jakarta, kamu bisa menemukan sebuah taman wisata yang bertemakan budaya Indonesia. Tempat wisata ini memang tidak terlalu banyak mengusung unsur alam. Tapi kalian sekeluarga bisa mempelajari tentang Indonesia lewat anjungan daerah dan bangunan keagamaan. TMII juga memiliki berbagai sarana rekreasi dan taman seperti istana anak, museum IPTEK, dan sebagainya.

Jam Operasional    : Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00 WIB
Harga Tiket Masuk:

  • Perorangan (3 tahun ke atas) : Rp 10,000
  • Mobil                                              : Rp 10,000
  • Bus/truk                                        : Rp 30,000
  • Motor                                             : Rp 6,000
  • Sepeda                                           : Rp 10,000

2. Scientia Square Park – Tangerang

Foto dari liburananak

Meskipun bukan merupakan tempat wisata yang menawarkan aktivitas yang spesifik, taman ini cocok menjadi tempat untuk melakukan piknik dan playdate dengan teman-teman kecil yang lain. Di taman ini juga tersedia area bermain untuk anak dan kolam ikan koi yang bisa bikin si kecil tambah betah.

Jam Operasional    : Weekday, pukul 06.00 – 21.00 WIB | Weekend, pukul 06.00 – 23.00 WIB
Harga Tiket Masuk:

  • Weekday                          : Rp 40,000
  • Weekend & Hari Libur : Rp 70,000

3. Kuntum Farmfield – Bogor

Foto dari sdkgadingserpong.bpkpenaburjakarta.or.id

Dengan konsep farmhouse, tempat wisata ini merupakan tempat yang letaknya cukup mudah dijangkau bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Di Kuntum Farmfield sendiri terdapat berbagai hewan seperti sapi, kambing, kelinci, ikan dan burung. Si kecil juga bisa memberi makan untuk hewan-hewan tersebut. Di tempat ini juga terdapat perkebunan di mana pengunjung bisa memetik sayur dari kebun organiknya.

Jam Operasional    : Senin – Minggu, pukul 08.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 30,000

4. Taman Safari – Cisarua, Bogor

Foto dari ovinapp

Kalau si kecil senang dengan dongeng -dongeng binatang yang sering kamu ceritakan sebelum tidur, kebun binatang ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk aktivitas keluarga. Kamu bisa melihat berbagai jenis spesies binatang di alam terbuka. Selain itu, Taman Safari juga memiliki berbagai pertunjukkan dan permainan yang edukatif.

Jam Operasional    : Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00 WIB
Harga Tiket Masuk:

  • Anak (1-5 tahun)                  : Rp 140,000
  • Dewasa (>6 tahun ke atas): Rp 150,000
  • Sepeda motor                        : Rp 5,000
  • Mobil                                        : Rp 15,000
  • Bus                                            : Rp 20,000

5. Jendela Alam – Bandung

Foto dari tissue-putih.blogspot

Menyatu dengan alam, tempat ini cocok menjadi arena belajar dan rekreasi keluarga terutama anak-anak. Dengan udara yang sejuk dan kegiatan yang menarik, anak jadi tidak mudah bosan bermain di sini. Aktivitasnya bervariasi mulai dari kegiatan edukatif seperti berkebun, membuat yogurt, dan mencari harta karun sampai kegiatan seni seperti menghias layang-layang dan tanah liat.

Jam Operasional    : Senin – Jumat, pukul 09.00 – 15.30 WIB | Sabtu – Minggu, pukul 09.00 – 16.00 WIB | Tanggal merah, pukul 09.00 – 16.00 WIB
Harga Tiket Masuk:

  • Weekday : Rp 15,000
  • Weekend : Rp 20,000

6. Warung Bumi Langit – Jogjakarta

Foto dari bumilangit.official

Menggabungkan wisata alam dan kuliner, Warung Bumi Langit adalah tempat yang cocok untuk semua kalangan. Apalagi kalau datang di saat jam makan, Mama dan Papa bisa mengajak si kecil makan sekaligus bermain di alam. Di Warung Bumi Langit kita bisa melakukan tur di kebun organik dan belajar betapa pentingnya hidup sehat.

Jam Operasional    : Selasa – Minggu, pukul 08.00 – 16.00 WIB, hari Senin tutup

7. Jatim Park – Batu, Jawa Timur

Foto dari malanglifestyle

Daerah Batu di Jawa Timur cukup terkenal dengan berbagai tempat wisata yang cocok untuk keluarga maupun pasangan. Mulai dari Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Satwa, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan lain-lain. Namun, untuk keluarga, Kania merekomendasikan Jatim Park 2 karena terdapat Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Dua destinasi tersebut cocok untuk anak-anak yang gemar dengan binatang. Selain itu, pemetaan Jatim Park 2 juga sangat baik, jadi kamu tidak perlu khawatir kesasar.

Jam Operasional    : Senin – Minggu, pukul 10.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket Masuk:

  • Jatim Park 1:
    • Weekday : Rp 60,000
    • Weekend : Rp 80,000
  • Jatim Park 2 :
    • Weekday : Rp 75,000
    • Weekend : Rp 105,000

Itu dia berbagai tujuan wisata yang bisa kamu datangi bersama keluarga. Selain menyenangkan, setiap tempat juga sangat edukatif. Tempat-tempat ini juga bisa jadi pertimbangan kamu untuk kegiatan akhir pekan ini atau jalan-jalan di liburan akhir tahun nanti.

Nah, untuk Mama dan Papa apakah punya rekomendasi tempat yang cocok untuk aktivitas outdoor bersama keluarga? Jangan lupa share di Instagram dan Facebook ya! ^^

Selamat beraktivitas!