Siapa bilang karya arsitektur di Indonesia nggak seunik dan semenarik karya arsitektur di luar sana? Nyatanya banyak arsitek Indonesia yang mampu melahirkan karya-karya unik, menarik, dan layak diapresiasi! Mulai dari bangunan komersil hingga hunian banyak yang merupakan karya dari arsitek tanah air yang berprestasi. Banyak diantaranya bahkan tampil sangat unik sehingga mampu melirik perhatian masyarakat luar. Seperti berbagai rumah unik yang diciptakan arsitek Indonesia berikut.

Yuk, langsung saja kita intip kumpulan desain rumah unik yang merupakan buah karya kreativitas arsitek nusantara!

Rumah Ranting – Yu Sing

static.panoramio.com

Yu Sing adalah arsitek Indonesia yang terkenal akan kepiawaiannya mengubah material bangunan yang murah menjadi terlihat mahal dan artistik. Hal ini pulalah yang bisa kita lihat pada desain rumah unik bertajuk Rumah Ranting yang ia rancang.

Rumah unik satu ini banyak menggunakan material-material alami daur ulang yang menjadikan rumah unik ini murah dari segi pemanfaatan material. Tapi, jangan sangka jika rumah unik ini akan terlihat murah, karena pengolahan bentuk material yang apik menjadikan rumah unik karya Yu Sing ini sangat dinamis dan terlihat mahal.

Kombinasi material alami dan modern pada rumah ranting membuat rumah unik ini mampu terlihat layaknya rumah yang menggunakan material mahal dengan kualitas terbaik. Tentunya rumah unik dengan gaya seperti ini cocok sekali dengan suasana atmosfer yang ada di Indonesia. Tertarik mengadaptasi konsep rumah unik yang serupa seperti karya-karya Yu Sing?

Rumah Miring – Budi Pradono


sugarandcream.co

Jika di Italia terdapat menara pisa yang miring, maka di Indonesia terdapat rumah miring karya arsitek Budi Pradono.

Ingin tampil berbeda dengan lingkungan sekitarnya, Budi Pradono sengaja membuat desain rumah unik yang terlihat miring dengan struktur baja yang tentunya kuat. Jadi, kamu nggak perlu khawatir rumah ini roboh karena kemiringan dari rumah unik satu ini sudah terdesain dengan baik.

Baca Juga: 10 Rumah Unik di Dunia yang Pasti Bikin Kamu Kagum!

Rumah unik ini juga didominasi penggunaan kaca dan bukaan-bukaan yang ekstrem sehingga sirkulasi cahaya di dalam rumah miring ini sangat baik. Dengan gaya yang futuristik, rumah unik ini pilihan  yang tepat untuk kamu yang ingin tampil kekinian dengan gaya yang unik dan eksentrik.

Rumah Container – Atelier Riri


urcities.com

Berangkat dari keterbasan biaya, seorang arsitek Indonesia, Riri memutuskan untuk mengaplikasikan material yang tak lazim untuk rumah unik yang akan ia huni bersama keluarganya sendiri. Material rumah unik tersebut tak lain dan tak bukan adalah boks kontainer. Penggunaan kontainer sebagai elemen bangunan memang tengah menjadi tren, namun kebanyakan penggunaan material ini masih berkisar pada bangunan komersil, belum sampai pada rumah ataupun hunian.

adaptainer.co.uk

Tapi, alih-alih terlihat aneh, rumah unik yang menggunakan kontainer ini justru tampil eksentrik dan menonjol di antara hunian-hunian lain yang berada di sekitarnya. Dilengkapi dengan dekor interior bergaya semi-industrial untuk mendukung tema kontainer, rumah unik ini ternyata nggak kalah nyaman untuk dihuni keluarga tercinta, lho.

Jangan takut merasa nggak nyaman tinggal di dalam kontainer karena dengan penataan interior yang baik, rumah ini seru dan nyaman untuk digunakan sebagai tempat tinggal dan beristirahat.

Muted House – Aboday


mmbiz.qpic.cn

Bagian depan rumah atau fasad biasanya merupakan bagian yang paling banyak diekspos, sehingga permainan serta desain pada bagian ini biasanya paling ditekankan. Tapi, hal tersebut berbeda dengan rumah unik karya studio Arsitek Indonesia Aboday yang bernama Muted House. Rumah unik yang didominasi warna putih ini justru tampil sangat sederhana dengan wajah bangunan yang polos dan cenderung rata tanpa embel-embel desain berarti.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Ini Lain dari yang Lain! Kamu Setuju?

Namun, kesederhanaan dari rumah unik inilah yang menjadikannya berbeda dan tampil sangat artistik dibandingkan rumah lain. Meski terlihat tak memiliki bukaan berarti, namun rancangan sirkulasi pada rumah unik ini sudah tertata sedemikian rupa.

Baik sirkulasi udara ataupun cahaya pada rumah unik yang berlokasi di Jakarta ini nggak sedikitpun tertanggu. Rumah unik ini terbukti tak sekedar anti-mainstream tapi juga nyaman untuk ditinggali bersama keluarga tercinta.

Rumah Batik Tempo – Wahana Architects


pinterest.com

Jika batik biasanya digambar atau dikuas diatas lembaran kain, bagaimana jadinya jika batik diaplikasikan pada sebuah desain rumah? Hal inilah yang bisa kamu lihat dari desain rumah unik bertajuk Rumah Batik Tempo karya Wahana Architects.

Pemilik dari rumah unik ini adalah keluarga yang kental akan kebudayaan Jawa, sehingga muncullah konsep rumah unik yang  berfokus pada adaptasi bentuk-bentuk tradisional yang erat dengan kebudayaan Jawa, yaitu batik.

i0.wp.com

Selain penggunaan pola batik, material kayu yang kaya pada rumah unik ini makin memperkuat kesan etnik yang ada pada hunian. Kamu bisa menemukan motif seperti kawung diimplementasikan pada ukiran dinding hingga furniture favorit yang semakin membuat nuansa Jawa makin kental.

AS House – Andra Matin


media.rooang.com

Andra Matin adalah salah satu arsitek ternama tanah air yang sudah terkenal akan karya-karyanya yang berani. Tentu dengan rekam jejak yang menarik ini banyak yang penasaran seperti apa rumah unik yang dihuni oleh arsitek itu sendiri. Ternyata arsitektur dari AS House yang dihuni arsitek Andra Matin dan keluarga sangatlah menarik sehingga wajah jika rumah unik ini layak disebut sebagai salah satu rumah idaman.

uncubemagazine.com

Konsep industrial yang dibalut kesederhanaan mungkin membuatmu sekilas melihat bangunan rumah unik ini seperti setengah jadi. Namun, jangan ragukan kenyamanan dari rumah unik satu ini.

Dengan bagian area publik yang terbuka dan menyatu dengan lingkungan, rumah unik ini memiliki pengudaraan yang sangat baik sebagai salah satu ciri dari rumah sehat. Begitu memasuk rumah unik ini, kamu akan disambut semilir angin yang segar. Terbukanya ruang pada lantai dua rumah unik juga membuat pencahayaan pada rumah ini sangat maksimal.

Rumah Unik Bernuansa Resort Modern – Cosmas Gozali

wazzadu.com

Siapa bilang pada lahan terbatas ditengah kota kamu nggak bisa menciptakan rumah dengan kenyamanan dan atmoster sebaik vila-vila resort yang berada di pinggiran daerah urban? Rumah unik bernuansa resort modern karya Atelirt Cosmas Gozali ini adalah buktinya.

Didominasi warna putih, rumah unik ini banyak menerapkan bentuk-bentuk geometrik sederhana namun tak lazim, seperti segitiga yang runcing hingga lengkungan-lengkungan organik—sehingga rumah dapat tampil menarik tanpa perlu terlihat berlebihan. Pengaturan masa bangunan dan juga bukaan yang dimiliki rumah unik ini juga diatur sedemikian rupa sehingga atmosfer di dalam rumah sangat nyaman.

Baca Juga: Yuk, Lirik 10 Macam Rumah Mungil Terunik Di Dunia!

Ternyata banyak bukan desain rumah unik buah karya arsitek Indonesia yang membanggakan? Pasti kamu jadi nggak sabar untuk mewujudkan rumah unik idaman milikmu.sendiri. Yuk, kunjungi dekoruma untuk temukan keperluan rumah impianmu!


Bagaimana denganmu, ingin mempunyai interior rumah yang bagus juga? Tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂