Seiring perkembangan zaman, pintu rumah tidak hanya berfungsi sebagai jalur keluar masuk, namun juga mempunyai nilai estetika yang akan mempengaruhi tampilan rumahmu. Pintu rumah dengan desain yang biasa saja bisa mengurangi kesan pada rumah lho.

Hal pertama yang menjadi poin penting dalam memilih desain pintu rumah adalah menyesuaikan dengan konsep rumah dan bahan pitu rumah itu sendiri. Berikut Kania ulas 15 desain pintu rumah minimalis terbaik untukmu!

Pintu rumah warna merah bergaya klasik modern

door.wursttex.com

Gaya klasik memang nggak ada matinya. Begitu juga warna merah yang selalu dijadikan warna dalam elemen rumah. Warna merah di pintu rumah akan lebih cantik dikombinasikan dengan warna dinding yang netral, seperti putih, putih tulang, atau abu-abu terang. Warna merah biasa digunakan pada rumah berkonsep klasik atau Asia.

Tampil menarik dengan pintu rumah warna kuning

cdn.decoist.com

Beberapa dari kamu mungkin sulit membayangkan seperti apa jadinya jika warna cat pada pintu rumah adalah kuning. Padahal pintu dengan warna kuning atau emas sangat cocok diterapkan untuk kamu yang ingin hunian makin menonjol.

Pintu rumah bergaya industrial

homeidea.co

Rumah modern bergaya industrial sangat cocok menggunakan pintu dengan model pintu Perancis yang memiliki banyak kotak kaca. Dengan dominasi warna hitam, kesan industrial akan semakin terasa. Kamu juga bisa menggunakan pintu rumah dari kayu dengan finishing clear natural, untuk menonjolkan karakter kayunya. Untuk pintu rumah kayu dengan warna naturalnya, gunakan kenob pintu atau ketukan berwarna gelap.

Pintu rumah dengan warna pink

abeautifulmess.typepad.com

Dinding rumah yang dicat warna merah muda tentu bukan hal yang aneh dan mudah ditemukan. Tapi bagaimana dengan pintu rumah warna merah muda? Warna ini memang jarang sekali dipakai untuk jendela dan pintu rumah, namun tak ada salahnya dicoba. Apalagi untuk pintu rumah bergaya modern. Jika kamu ingin memasang pintu rumah warna pink, kombinasikan dinding sekitarnya dengan menggunakan warna-warna yang netral.

Desain pintu rumah warna hitam nan elegan

pinterest.com

Hitam memang jarang menjadi pilihan warna di beberapa bagian rumah, terutama di Indonesia. Padahal, warna hitam juga tak kalah menakjubkan dan elegan seperti warna-warna lainnya. Warna hitam adalah warna yang mencerminkan kekuatan, keanggunan, dan misteri. Pintu rumah warna hitam akan terlihat lebih elok dengan finishing logam.

Baca Juga: Desain Pintu Apa yang Paling Cocok Buatmu?

Jika kamu memilih hitam sebagai warna utama untuk pintu depan rumah, cobalah cat dengan hitam pekat yang dipadukan dengan warna biru atau cokelat. Contoh variasi warna ini akan membantumu mendapatkan sebuah pintu hitam dramatis yang nan mengagumkan.

Menyeragamkan warna pintu rumah dengan dinding

homeandlivingdecor.com

Menyelaraskan warna pintu rumah dengan keseluruhan fasad rumah bukan pilihan yang buruk. Pintu rumah yang sewarna dengan warna cat rumah yang bagus akan menciptakan kesan seragam. Tambahkan beberapa dekorasi yang berbeda warna agar tidak membosankan.

Baca Juga: 5 Warna Cat Rumah Keren Ini Bisa Bikin Suasana Lebih Hidup!

Pintu rumah kombinasi kayu dan kaca

pinterest.com

Pintu berbahan kayu sempurna untuk segala gaya rumah. Sedangkan kaca akan memudahkan sinar matahari menjangkau seluruh bagian rumah. Selain membuat ruangan lebih cerah, aksen kaca dalam pintu rumah membuat pintu rumah dari kayu terlihat tidak kaku.

Pintu rumah motif kayu retak

mdmh.cz

Pintu rumah yang didesain menyerupai kayu yang retak-retak ini didesain oleh seorang seniman Argentina, Leandro Erlich. Desain pintu yang dinamai Shattering Door ini pernah dipamerkan pada Galeri Luciana Brito di São Paulo, Brazil. Pintu rumah model ini akan menambah kesan artistik dan memberi tampilan unik pada rumahmu.

Pintu rumah desain tirai

architectural-review.com

Pintu rumah desain tirai ini dibuat oleh Matharoo Associates. Desain pintu rumah dengan tinggi mencapai 17 meter dan lebar 5,5 m ini terdiri dari 40 bagian kayu solid jati Burma. Setiap bagiannya dapat berputar berkat rangkaian beberapa mesin yang cukup kompleks. Poros tunggal pintu rumah yang tersembunyi berfungsi sebagai penyeimbang, serta terdapat 80 bantalan bola dan 160 katrol. Setiap kali kamu membuka pintu rumah, papan kayu solid akan secara bertahap menjauh untuk menyambutmu. Menarik bukan?

Pintu rumah kaca

pixelgloss.com

Model pintu rumah yang satu ini saat ini sedang trend di masyarakat. Pintu rumah model ini akan akan menampilkan kesan lebih menarik dan simpel. Ada kelebihan dari pintu rumah dari kaca, pada siang hari kamu tidak harus menambahakan cahaya lampu untuk menerangi bagian didalam ruangan. Model pintu rumah kaca ini juga dapat membantu kamu berhemat energi.

Model pintu rumah geser

pinterest.com

Untuk rumah minimalis, banyak yang menyarankan untuk menggunakan jenis pintu rumah geser. Pasalnya, pintu rumah model ini tidak mememakan banyak tempat saat dibuka. Pintu rumah jenis ini memang lebih terlihat konvensional dan tradisional. Ciri dari pintu ini adalah motif dan corak pada bagian kayu atau stainless-nya yang digunakan untuk rancangan modern.

Klasik dengan pintu rumah kayu

ohohblog.com

Kesan yang didapatkan pada pintu rumah dari kayu adalah kokoh dan megah. Kamu dapat memberi tambahan cat alami pada pintu tersebut supaya kesannya akan lebih kuat. Pintu rumah dari kayu cocok diletakkan di berbagai tempat, baik di luar ataupun di dalam ruangan. Kelebihan dari pintu rumah dari kayu adalah dapat mengisolasi hawa dingin dan panas, nggak lupa pintu rumah ini bisa menghalau kebisingan.

Paduan aluminium dan kayu untuk pintu rumah

pinterest.com

Pintu rumah dari bahan aluminium, mengapa tidak? Selain tahan lama, aluminium bersifat ringan dan harganya terjangkau. Apalagi pintu rumah dari aluminium juga menarik secara visual. Agar tampilannya tidak membosankan, kamu bisa memadukan bahan aluminium dan kayu untuk pintu rumah milikmu.

Kesan menyegarkan dari pintu rumah berwarna hijau

foodblogs-sympledesignllc.netdna-ssl.com

Seringkali warna hijau bukan menjadi warna pertama yang dipikirkan ketika memutuskan untuk mengecat pintu rumah. Namun, untuk menyegarkan tampilan luar rumah dengan cara yang sederhana, warna hijau bisa menjadi salah satu pertimbangan lho. Kamu juga bisa mempercantik tampilan depan rumah dengan menggantung tiga buah vas tanaman bunga atau herbal di salah satu sisi pintu.

Baca Juga: 13 Macam Handle Pintu Terunik yang Pernah Ada di Dunia

Setelah melihat inspirasi di atas, desain pintu minimalis mana yang paling kamu suka? Selamat memilih! Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel dengan inspirasi menarik lainnya, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual meja kerja, rak tv, lemari pakaian, dan tempat tidur. Ada juga kasur dari merek-merek ternama, Dekoruma jual kasur Serta, kasur King Koil, dan kasur Alga untuk mengisi rumahmu.

Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Tim design & build interior Dekoruma siap membantu, lho! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat Dekoruma. Harganya transparan dan bisa disesuaikan dengan budget-mu.

Tak ketinggalan, ada juga aneka properti hunian di berbagai daerah Jabodetabek yang bisa kamu temukan melalui Dekoruma Properti. Di antaranya ada rumah dijual di Jakarta Barat, Bekasi, Tangerang, dan Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!