Dari sekian banyak elemen interior yang ada di rumah, lantai merupakan bagian terpenting yang sering terlupakan. Padahal, lantai yang tepat bisa melindungimu dan keluarga, baik saat berdiri maupun duduk di kursi lesehan atau tanpa alas sekalipun. Bayangkan salah memilih material lantai untuk ruanganmu, bisa-bisa kamu atau orang terkasih terpeleset dan terjatuh. Salah satu material yang dianggap paling baik mencegah hal ini adalah lantai kayu.

Bukan cuma bisa menghindari gesekan pada lantai dan mencegah terpeleset karena lantai licin, lantai kayu juga merupakan favorit banyak orang karena sifat estetiknya yang bisa memperindah rumah. Jadi, lantai kayu bisa menjadi pemanis rumahmu kalau digunakan secara tepat.

Penasaran apakah lantai kayu baik untukmu? Yuk, cek plus dan minus dari lantai kayu supaya kamu makin yakin!

Lantai kayu lebih awet dan memberi efek visual yang bagus

kahrs.com

Lantai kayu memiliki bahan kayu solid sehingga memberi kesan estetik yang bagus dan menarik karena corak alami yang dimilikinya. Kesan alami dari lantai kayu ini bisa membuatmu merasa betah berada di dalam rumah. Apalagi buat kamu yang menyukai suasana alam.

Motif dari lantai kayu yang beraneka ragam bisa membuat kita leluasa memilih motif yang pas untuk rumah. Selain itu, lantai kayu juga dinilai lebih awet lho, dengan perawatan yang baik dan benar, lantai kayu di rumah dapat bertahan sampai 20 tahun. Salah satu cara perawatan yang baik adalah dengan cara re-coating atau mengecat ulang setiap 3 bulan sekali.

Lantai kayu membuat ruangan menjadi lebih hangat

iss.zillowstatic.com

Sifat alami kayu yang mampu menyimpan panas pada siang hari dan mampu menghangatkan udara pada malam hari membuat suhu ruangan cenderung menyesuaikan diri dengan suhu udara. Jadi kamu nggak perlu khawatir merasa terlalu dingin atau terlalu panas dengan lantai kayu.

Perawatan lantai kayu lebih mudah

signaturehardwoodfloors.com

Untuk membersihkan permukaan lantai kayu sejatinya tak sesulit yang kamu bayangkan lho. Cukup menggunakan vacuum cleaner atau sapu bulu halus kamu bisa membersihkan kotoran atau remah-remah. Untuk membersihkan noda atau benda-benda cair, cukup gunakan lap untuk membersihkannya.

Lantai kayu memiliki efek yang bagus buat kesehatan

cdn.home-designing.com

Lantai kayu diyakini bisa mengurangi pengaruh Volatile Organic Compounds (VOC) yang ada di ruanganmu. VOC sendiri adalah senyawa organik yang memiliki tekanan uap yang sangat tinggi dan mudah menguap pada temperatur dan tekanan ruang.

Baca Juga: 10 Motif Keramik Lantai Terbaik Untuk Rumah Impian

Salah satu senyawa seperti metana dan non-metana dapat membahayakan kesehatan, karena memiliki sifat karsinogenik. Nah, dengan kemampuan lantai kayu yang bisa menyesuaikan suhu ruangan, tentunya ini juga bisa membuat penghuni rumah terbebas dari efek negatif VOC.

Menggunakan lantai kayu untuk rumah untuk investasi jangka panjang

utahhomes-realestate.com

Lantai kayu juga disebut sebagai investasi jangka panjang karena dapat meningkatkan nilai jual dari properti penghuni rumah. Harga jual dari rumah pasti akan berbeda jauh dengan harga saat pertama kali membeli rumah itu.

Nah setelah membahas kelebihan rumah dengan lantai kayu, kamu juga pasti penasaran dong dengan kekurangan dari lantai kayu? Yuk, simak di bawah ini ya!

Butuh perlakuan khusus agar lantai kayu tidak mudah keropos

otthonokeskertek.hu

Lantai kayu yang  kurang mendapat perlakuan khusus saat akan dipasang, bisa menjadi sarang dari rayap dan mengalami keropos ketika lantai kayu tersebut mulai lembap. Kelembapan biasanya akan membuat lantai kayu menjadi mudah keropos, lapuk dan menimbulkan bau tak sedap.

Baca Juga: 10 Motif Lantai Vinyl Ini Buat Rumahmu Terasa Lebih Alami!

Selain itu, apabila kamu memiliki peliharaan, usahakan kuku dari hewan peliharaanmu rajin dipotong untuk menghindari timbulnya goresan di permukaan lantai kayu. Ini juga berlaku ketika kamu berniat memindahkan barang atau furnitur, usahakan agar furnitur tersebut tidak didorong, tapi diangkat.

Lantai kayu tidak tahan terhadap kelembapan yang tinggi

homeflooringpros.com

Karena bahan dasar lantai kayu ini terbuat dari kayu, maka lantai jenis ini akan mudah lapuk jika terkena air. Ini yang membuat cara pembersihan dengan mengepel kurang dianjurkan, lebih baik gunakan penyedot debu. Jika terpaksa, gunakan tekstil dapur seperti lap kering.

Lantai kayu agak susah dibersikan ketika ada noda cair

cdn.instructables.com

Lantai kayu sangat rentan terhadap noda cat atau tinta, hal ini membuat lantai kayu susah dibersihkan karena cairan langsung meresap ke dalam kayu. Untuk menjaga keawetan, hindari penggunaan air berlebihan pada lantai kayu.

Baca Juga: 7 Desain Lantai yang Bikin Rumahmu Anti Mainstream

Merawat lantai kayu perlu dilakukan dengan hati-hati. Saat membersihkan lantai kayu, gunakan sapu yang lembut berbahan bulu agar permukaan kayu tidak tergores. Untuk menjaga keawetan, hindari penggunaan air berlebihan pada lantai kayu. Gunakan lap kering agar air tak merembes ke dalam pori-pori kayu.

itsbamboo.com.au

Nah, setelah mengetahui plus minus dari lantai kayu, kamu pasti bingung memilih lantai kayu apa yang paling cocok untuk rumahmu. Ada berbagai macam motof lantai kayu yang populer di kalangan masyarakat. Di antaranya adalah:

1. Pola lurus

gohaus.com

Pola ini merupakan jenis pola lantai kayu paling umum ada dan sering dipakai. Pola ini sering dipakai pada ruangan berkonsep modern dan kontemporer karena desainnya yang simpel dan fleksibel untuk segala jenis konsep interior. Harga dari lantai kayu dengan pola ini juga disebut paling murah karena pemasangannya yang mudah.

2. Pola acak

cdn.trendir.com

Jenis lantai kayu dengan pola acak memberikan kesan unik pada sebuah ruangan, apalagi kalau kamu ingin mengusung konsep hippie atau bohemian. Pola lantai kayu acak sangat cocok buat kamu yang kreatif dan memiliki jiwa seni. Jangan lupa untuk mempermanis ruanganmu dengan furniture berkualitas dan hiasan dinding unik sesuai dengan konsep ruangan yang kamu pilih ya!

3. Pola diagonal

img.archiexpo.com

Ingin ruangan terlihat lebih mewah dengan mengganti satu elemen saja? Lantai kayu pola diagonal solusimu! Memiliki pola yang nggak biasa dan cenderung aestetik, pola diagonal pada lantai kayu dianggap bisa memaksimalkan tampilan ruangan minimalis, apalagi ruangan mungil, seperti pada desain apartemen minimalis.

4. Pola parket

iss.zillowstatic.com

Seringkali ditunjukan sebagai elemen dekoratif, lantai kayu parket memang memiliki motif mosaik yang geometris dengan kesan tersendiri. Nggak heran kalau lantai kayu berpola parket banyak digunakan di ruangan inti seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Berkumpul bersama keluarga di ruangan yang indah tentu menjadi impian setiap orang bukan?

Setelah mengetahui plus dan minus dari lantai kayu, apa kamu juga jadi tertarik memiliknya di rumah?

Jangan lupa lengkapi rumahmu dengan ragam furnitur dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual lemari, kursi makan, hingga sofa dengan aneka model dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan seleramu.

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan design & build kitchen set. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam  🙂

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti, lho! Kamu bisa menemukan aneka jenis properti hunian dari berbagai daerah di Jabodetabek. Ada rumah dijual di Jakarta Barat, rumah baru di Tangerang, apartemen dijual di Jakarta Selatan, dan masih banyak lagi. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan domisilimu. Yuk, buat rumah impianmu jadi kenyataan bersama Dekoruma!