Sama seperti membersihkan rumah, mencuci baju juga merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin di rumah. Bayangkan kalau kamu tidak mencuci baju dalam waktu lama dan hanya membiarkan pakaian kotor menumpuk di rumah. Memang mencuci baju terkadang terasa melelahkan.

Mencuci baju memang bukan kegiatan yang bisa dibilang ringan. Untungnya sekarang ini jaman sudah sangat maju dan sudah ada teknologi mesin cuci yang bisa membantu kamu dalam mencuci baju. Bahkan kamu dapat menemukan banyak jasa mencuci baju di luar sana.

Tapi mesin cuci juga memiliki kekurangannya sendiri, tidak selamanya jasa mencuci baju dapat membantumu. Kalau sudah seperti ini, jalan satu-satunya adalah dengan mencuci bajumu sendiri secara tradisional, yaitu dengan menggunakan tangan.

Nah, di sini Kania ingin berbagi tips dan trik yang dapat membantu kamu mencuci baju menggunakan tangan, juga membahas kesalahan mencuci baju yang mungkin kamu lakukan!

Kesalahan Mencuci Baju yang Sering Dilakukan

fthmb.tqn.com

Tanpa sadar, mungkin kita sering mencuci baju dengan cara yang salah sehingga bisa membuat baju jadi rusak, luntur, hingga melar. Lalu apa saja sih kesalahan mencuci baju yang sering dilakukan? Yuk, simak di bawah ini!

Mencuci baju dengan memasukkan baju kotor terlebih dahulu ke dalam ember sebelum diisi air

i.kinja-img.com

Hayoo, siapa yang sering melakukan ini di rumah? Siapa yang sangka kan kalau ternyata hal ini bisa menyebabkan baju kesayanganmu rusak. Padahal sepertinya tidak ada bedanya memasukkan air terlebih dahulu atau pakaian kotor lebih dulu. Ternyata ada loh!

Pakaian kotor yang disirami dengan air, apalagi air berarus kencang dapat membuat kain baju tertekan sehingga merusak kain. Pakaian yang terkena langsung dengan detergen mencuci baju juga akan membuat kamu kesulitan membilas baju-baju kamu.

Triknya di sini adalah mencuci baju dengan air biasa atau air dingin, sesuai dengan label petunjuk mencuci baju yang ada di pakaianmu. Setelah mengisi air ke dalam ember, barulah kamu mulai mencuci baju dengan merendam pakaian kotormu ke dalam ember.

Mencuci baju dengan menggosok noda kotor

pinterest.com

Tahukah kamu, memcuci baju dengan menggosok pakaian kuat-kuat dapat menyebabkan kain dan bajumu jadi terluka? Noda kotor yang menempel pada pakaian memang harus cepat dibersihkan. Tapi kamu tetap harus sabar dan bersikat lembut menghadapinya. Apalagi pakaian dengan bahan yang rentan dan butuh perhatian khusus.

Saat mencuci pakaian, gunakan cairan pembersih noda untuk mengangkat noda kotoran pada pakaian. Gosokkan pada bagian baju dengan noda menggunakan jarimu. Rendam pakaian dalam air selama beberapa saat, dan remas pakaian dengan lembut beberapa kali. Hanya dalam waktu 15 menit, hampir keseluruhan noda sudah dapat terangkat dengan baik.

Mencuci baju dan membilasnya di bawah air mengalir

embassycleaners.com

Seperti saat kamu akan mencuci baju, sebaiknya kamu juga menghindari membilas di bawah air mengalir ya. Aliran air yang mengenai pakaianmu bisa menyebabkan baju jadi tertarik, yang bisa berakhir pada melar. Wah, yang tadinya ingin mencuci baju agar pakaian jadi bersih malah bisa berakhir merusaknya ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Lemari Pakaian Selalu Berantakan!

Triknya di sini adalah membilas baju seperti ketika kamu mencuci baju. Siapkan ember dengan air dingin yang tenang. Bilas pakaian dengan meremas-remas pakaianmu di dalam air sampai pakaian terbilas sempurna. Saat kamu ingin mengangkat pakaianpun, ada hal yang harus diperhatikan loh!

ocdn.eu

Mencuci pakaian yang sudah selesai dibilas harus diangkat keluar dari air. Cara kamu memegan pakaianmu ini adalah kuncinya. Ketika kamu mengangkat pakaianmu dari air, air yang masih ada di pakaianmu akan mengalir turun ke bawah. Hal ini bisa menjadi alasan kenapa pakaianmu mulai melar loh. Sebaiknya ketika kamu ingin mengangkat pakaian dari air, gunakan kedua tanganmu untuk menopang seluruh bagian dari baju. Setelah itu, kamu bisa meletakkan pakaian yang sudah dicuci ke dalam ember lain.

Mencuci baju dan memeras air keluar darinya

ak1.picdn.net

Kita sering berpikir dalam mencuci baju, bisa mengeringkannya dengan cepat pasti akan sangat membantu. Karena itulah muncul metode memelintir pakaian kuat-kuat untuk mengeluarkan air dari pakaian. Mungkin cara mencuci baju ini memang bisa membantu pakaian untuk kering lebih cepat. Tapi juga mempercepat usia bajumu loh.

Baca Juga: 7 Tips Menata Rak Laundry Ini Buat Mencuci Lebih Mudah

Ketika kamu memeras bajumu sampai kering kuat-kuat, pakaianmu akan tertarik dengan kuat juga. Hal ini menyebabkan selesai mencuci baju akan ada banyak pakaian yang mulai melar. Cara terbaik untuk menghilangkan kandungan air sebanyak-banyaknya dari pakaianmu tanpa merusaknya adalah dengan meratakannya di atas handuk. Gulung handuk dan pakaianmu bersama, remas dengan lembut selagi kamu melakukannya. Setelah selesai, buka gulungan.

Mencuci baju dan menggantungnya hingga kering

pinterest.com

Mencuci baju dan menggantungnya hingga kering adalah hal biasa yang selalu kita lakukan. Tapi hal ini juga dapat menyebabkan pakaian jadi melar, bahkan kehilangan bentuknya loh. Apalagi baju berbahan seperti rajutan.

Triknya di sini mirip dengan ketika kamu akan memeras air keluar dari pakaian. Tidurkan pakaian-pakaianmu yang berbahan rentan atau rajutan di atas handuk kering. Biarkan udara masuk dan membantu mereka mengering. Setelah bagian depan kering, balik baju dan lakukan hal yang sama pada bagian belakangnya.

Tips Mencuci Baju yang Terkena Noda Membandel

img.huffingtonpost.com

Setelah mempelajari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika mencuci baju, sekarang kita bisa mulai belajar menghadapi noda kotoran pada baju. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika mencuci baju dengan noda-noda membandel adalah melakukannya secepat mungkin saat noda itu mengenai pakaianmu.

Mencuci Baju yang Terkena Noda Tinta

ghk.h-cdn.co

Untuk kamu yang masih bekerja atau memiliki anak kecil yang masih bersekolah, rasanya noda tinta dari bolpen bisa sering kita temukan di pakaian. Mencuci baju dengan noda ini bisa cukup membuat sakit kepala. Apalagi karena noda ini cukup sulit untuk hilang. Ini dia cara kamu menghadapinya!

  • Tempatkan handuk di bawah area pakaian yang terkena noda.
  • Gosok noda dengan menggunakan alkohol atau pembersih kutek, untuk memindahkan noda tinta dari pakaian ke handuk.

Mencuci Baju yang Terkena Noda Kopi

post.phinf.naver.net

Untuk setiap orang yang menghabiskan paginya dengan satu cangkir kopi, setidaknya tumpahan kopi pernah satu atau dua kali menodai pakaianmu. Mencuci baju putih dengan noda kopi memang cukup memusingkan. Untuk mencuci baju dari noda kopi, gosokkan bajumu dengan pasta yang terbuat dari air dingin, bubuk detergen dan cuka putih.

Mencuci Baju yang Terkena Noda Tanah

fthmb.tqn.com

Noda tanah bisa banyak kamu temukan di baju anak-anak. Apalagi untuk anak yang aktif beraktivitas. Tips ini bisa membantu para ibu dari kesulitan mencuci baju dengan noda tanah. Cukup dengan menggosok bagian yang terkena noda dengan campuran cuka putih dan soda kue, lalu biarkan untuk sementara waktu.

Mencuci Baju yang Terkena Noda Keringat/Deodorant

cdn-media-1.lifehack.org

Noda yang satu ini bisa membuat percaya diri menurun sampai titik terendah nih. Karena itulah mencuci baju dengan noda keringat atau deodorant ini harus sampai tuntas ya. Caranya mudah kok, cukup dengan menyemprotkan campuran air dan jus lemon dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, gantung pakaian selama beberapa jam di bawah matahari.

Baca Juga: 8 Trik Membersihkan Rumah untuk Si Penyayang Binatang

Yay, sekarang kita sudah mempelajari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika mencuci baju, bahkan tips untuk menghadapi noda di pakaian. Sekarang kamu bisa mencuci baju dengan lebih mudah dan tepat. Pakaian kesayanganmu pun bisa memiliki usia yang lebih panjang!

Temukan ragam furnitur dan dekorasi dengan desain yang efisien hanya di Dekoruma! Dekoruma jual tempat tidur bayi, sofa, kursi makan, rak dinding, dan kursi bar. Untuk dekorasi, Dekoruma jual cermin, karpet, tirai, hiasan dinding, dan bantal sofa. Selain model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong.

Kalau kamu sedang mencari peralatan mencuci baju, Dekoruma juga menyediakannya, lho! Dekoruma jual rak pakaian, ember, keranjang pakaian, dan sebagainya. Selain itu, Dekoruma juga jual Claris, merek gantungan baju terkenal yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!