Apakah kamu mulai bosan dengan tampilan interior rumah milikmu sekarang? Ingin menggantinya dengan interior rumah yang baru, lebih trendi, tapi nggak berlebihan? Tak perlu khawatir kerepotan atau kantongmu bolong akibat mengeluarkan banyak biaya karena interior rumah yang cantik bukan berarti mahal lho!

Lalu, bagaimana caranya supaya interior rumah jadi lebih cantik? Yuk, simak sama-sama tips interior rumah ala Kania!

1. Tambahkan Dinding Aksen Pada Interior Rumah

ideasforhome.net

Penambahan dinding aksen yang biasanya tampil beda dari dinding lain dalam sebuah ruangan adalah salah satu cara mudah untuk menyegarkan tampilan interior rumah kamu. Jangan ragu bermain warna dan tekstur untuk membuat tampilan unik pada dinding aksenmu.

Saat akan menghias atau memilih warna cat rumah untuk dinding aksen, perhatikan juga warna keseluruhan interior rumah ya. Kalau dinding-dinding lain dalam rumahmu didominasi cat putih polos, tampilkan dinding aksen dalam warna netral agar serasi.

Selain permainan warna dan tekstur, kamu juga boleh menambahkan hiasan dinding berupa poster printing, sesuaikan gambar dengan gaya interior rumah yang kamu usung.

2. Interior Rumah dengan Variasi Tekstur dalam Ruangan

contemporist.com

Masih bicara soal tekstur untuk memperkaya interior rumah, kamu juga bisa memberi variasi tekstur dari hal-hal sederhana seperti mengganti taplak meja, sarung bantal, atau vas bunga.

Menghadirkan tekstur pada interior rumah dimulai dari furniture pilihanmu. Misalnya, bisa dilakukan dengan menambahkan throw rajutan pada sofa atau credenza kayu di dekat meja makan favoritmu.

Lalu bagaimana kalau kamu ingin bermain dengan tekstur yang kontras dengan dinding interior rumah yang polos? Pilih saja vas bunga berbahan unik seperti dari rotan, logam tempa atau keramik bermotif geometris.

3. Perbaiki Pencahayaan Sesuai Keperluan

leibal.com

Pencahayaan lampu yang tidak tepat bisa mengacaukan keindahan dalam interior rumah. Contoh simpelnya, jangan hanya memakai satu lampu di langit-langit ruangan, bagi susunan lampu menjadi dua hingga tiga lampu yang berjajar pada plafon agar penerangannya rata.

Baca Juga: 15 Desain Plafon Minimalis untuk Rumah Kecil yang Bisa Kamu Tiru

Ada empat tipe pencahayaan yang harus kamu perhatikan, yaitu pencahayaan alami, ambien, aksen, dan sesuai fungsi. Nah, untuk mendapat efek pencahayaan yang maksimal, idealnya kamu bisa menggabungkan empat tipe pencahayaan ini dalam interior rumah milikmu.

4. Tata Ulang Posisi Perabotan 

pinterest.com

Bagaimana kalau kamu benar-benar tidak punya waktu untuk menghias ulang interior rumah di sela kesibukan? Jawabannya mudah, tata ulang saja perabotan dalam rumah!

Pindahkan coffee table milikmu lebih dekat ke sofa keluarga. Tambahkan kursi-kursi unik seperti ottoman berwarna cerah, atau buat kolase bingkai foto yang manis penuh dengan memorimu bersama orang-orang terkasih. Kursi-kursi yang bentuknya mirip juga bisa kamu pindah dan tukar posisinya, dijamin interior rumah bakal tampil beda dalam sekejap.

5. Tanaman Hidup Menambah Kesan Segar Pada Interior Rumah

cms.kienthuc.net.vn

Gunakan pot-pot beraneka ukuran, bahan dan warna sesuai dengai

design interior
rumah kesayanganmu. Misalnya, interior rumah skandinavia yang identik dengan warna netral, pilih pot dengan warna senada seperti hitam atau abu-abu. Sesuaikan ukuran pot dengan ruangan tempat meletakkannya, jangan pakai pot yang terlalu besar dan berat karena selain mengganggu akses keluar-masuk, juga akan merusak keserasian interior ruangan.

Baca Juga: 8 Jenis Tanaman Hias Daun untuk Suasana Rumah Lebih Hidup!

Jenis yang sedang populer untuk menghiasi interior rumah adalah tanaman sukulen aneka bentuk. Kenapa sukulen? Tanaman jenis sukulen yang berukuran mini cenderung cocok ditempatkan pada interior rumah gaya apapun. Selain itu, perawatannya juga mudah.

6. Bean Bag untuk Istirahat yang Nyaman

idecore.com.mx

Berbeda dengan sofa atau

sofa bed, bean bag
adalah tempat duduk berisi butiran styrofoam dengan kain pembungkus khusus dan bentuknya tidak kaku. Bean bag yang sedang naik daun bisa jadi penghias interior rumah yang trendi sekaligus bermanfaat saat harus menerima banyak tamu.

Mungkin sekilas bean bag terlihat kurang praktis untuk menghiasi interior rumah, tapi sebenarnya bean bag sangat membantu sebagai tempat duduk ekstra yang murah. Bentuknya yang fleksibel juga menambah unsur praktis dalam dekorasi interior rumah karena bean bag bisa diletakkan di tempat-tempat yang sulit dijangkau kursi biasa.

Pembungkus luarnya bisa dicuci terpisah dari isi styrofoam bagian dalamnya. Pilihan pas bagi kamu yang gemar menjaga kebersihan interior rumah, bukan?

7. Gantung Piring Hias Warna-warni 

hgtvhome.sndimg.com

Kamu punya banyak koleksi piring hias yang nggak terpakai? Kalau pajangan biasa mulai terasa monoton, sekarang saatnya piring-piring hias ini kamu manfaatkan untuk memberi kesan beda pada interior rumah.

Caranya mudah, gantungkan saja piring-piring aneka motif dan warna ini sebagai aksen pada dinding interior rumah. Kalau kamu tidak punya piring suvenir, jangan cemas karena kamu tetap bisa memakai piring biasa dengan motif unik untuk mempercantik interior rumah.

Baca Juga: 7 Cara Pintar Menata Rumah Mungil untuk Pemula

Jangan kaku saat mengatur posisinya, silakan berkreasi menggantung piring dengan posisi asimetris atau membentuk pola tertentu sesukamu. Pastikan piring sudah tergantung dengan kuat dan aman.

8. Interior Rumah Cermin Berbingkai Unik untuk Kesan Luas

pinterest.com

Bagaimana kalau kamu ingin mempercantik interior rumah tapi terbentur ruangan yang sempit? Nah, cermin aneka ukuran dengan bingkai unik adalah solusi terbaik. Cermin tidak hanya bermanfaat menghiasi interior rumah, tapi juga memberi kesan lega di ruang yang sempit. Misalnya, pilih saja yang berbentuk klasik seperti oval atau persegi panjang dalam palet warna netral atau metalik. Dijamin interior rumah kesayanganmu akan lebih keren!

Baca Juga: 5 Trik Rahasia Cara Menata Ruang Tamu yang Kamu Belum Tahu!

Gimana, tidak sulit ‘kan mengubah tampilan desain interior rumah jadi lebih cantik? Kalau butuh lebih banyak inspirasi seputar home & living, jangan lupa baca artikel lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan ragam jenis kasur dari merek-merek ternama untuk kebutuhan tidurmu. Dekoruma jual kasur Alga, Guhdo, The Luxe, dan King Koil.

Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Tim design & build interior Dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat Dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam  🙂