Semua bangunan pasti mempunyai jendela, selain sebagai tempat masuknya cahaya dan sirkulasi udara, jendela juga berfungsi memperindah sebuah rumah. Oleh karenanya, model jendela pun bermacam-macam. Setiap jendela harus serasi dengan gaya sebuah rumah.

Jika bosan dengan gaya normal dan ingin membuat sesuatu yang unik untuk rumahmu, cobalah berekspresi dengan mendesain jendela rumah dengan style yang berbeda. Nah, buat kamu yang sedang membangun rumah atau sedang mencari inspirasi bentuk jendela unik, berikut Kania ulas beberapa ide kreatif yang dapat kamu tiru.

Jendela di atap

pinterest.com

Jika biasanya jendela berada di dinding, kamu bisa menempatkannya di tempat berbeda salah satunya yaitu di atap. Sealin menampilkan kesan unik pada rumahmu, desain jendela ini memungkinkan cahaya yang masuk ke dalam rumah lebih maksimal. Keuntungan lainnnya dari memiliki jendela dengan desain ini adalah kamu bisa mengamati langit berbintang pada malam hari dari dalam rumah.

Jendela dengan frame pohon

cdn.decoist.com

Bosan dengan frame jendela yang itu-itu saja? Kamu bisa mencoba berkreasi membuat frame jendela dari batang pohon. Alih-alih memotong dan memangkasnya secara rapi, kamu bisa menggunakan batang kayunya secara utuh.

Baca Juga: Buat Rumahmu Lebih Stylish dengan Desain Jendela Minimalis

Jendela model ini akan membuatmu merasa berada di antara pepohonan pada saat melihat keluar jendela. Model jendela ini sangat pas digunakan untuk rumah-rumah dengan gaya rustic yang menekankan elemen arsitektur alam dan menggunakan material kayu dan batu alam.

Jendela di samping tangga

usualhouse.com

Jika kamu memiliki bangunan rumah dua lantai, maka ide ini sangat mudah untuk dilakukan. Jendela persegi berkuran kecil ini dapat kamu pasang di sepanjang tangga rumah. Untuk memberi kesan artistik, kamu bisa memasang jendelanya dengan posisi yang berbeda-beda. Kamu juga bisa memilih beberapa bentuk jendela yang berbeda untuk diaplikasikan dengan gaya ini.

Jendela segitiga unik

static.dezeen.com

Menyelaraskan antara bentuk bangunan dengan desain jendela bukan pilihan yang buruk lho. Bahkan bukan tidak mungkin, penyeragaman ini justru akan memberi tampilan menarik pada rumahmu. Contohnya adalah bangunan dengan bentuk desain segitiga ini yang mengkombinasikan desain bentuk segitiga pada keseluruhan bangunan termasuk pada desain jendelanya.

Jendela asimetris

pinterest.com

Menyatukan jendela dan pintu dalam satu desain saat ini tengah menjadi tren. Pasanya desain ini dinilai lebih praktis dan minimalis. Model jendela seperti ini cocok diaplikasikan pada bagian atau depan rumah. Kamu dapat mengaplikasikan desain unik ini dengan ukuran besar. Agar lebih menarik, berikan kesan asimetris pada setiap persegi yang berada pada jendela tersebut.

Baca Juga: Selesaikan Masalah Interiormu dengan 14 Gorden Jendela Minimalis Ini!

Jendela dengan taman mini

distinguishedwindows.co.uk

Terkesan sederhana, jendela model ini ternyata banyak manfaatnya lho. Desain jendela dengan tanaman mini ini mampu menciptakan nuansa asri ketika kamu melihat keluar jendela. Pembuatannya pun tak rumit. Kamu hanya perlu memasang kotak panjang sebagai tempat tanamannya pada bagian depan jendela. Jendela model ini pas untuk bangunan bergaya urban, modern, dan kontemporer.

 

Jendela bergaya angled

dedece.com

Sesuai dengan namanya, jendela model ini dipasang pada bagian pojok dinding rumah. Penataannya pun terbilang cukup mudah, yakni dipasang miring mengikuti bentuk dindingnya. Jendela bergaya angled ini tepat digunakan untuk rumah bergaya modern dan kontemporer. Pernah populer di tahun 1950an, jendela model ini cocok dipasang untuk kamar yang langsung terhubung dengan area luar rumah.

Jendela pivoting

cdn.thecoolist.com

Jendela pivoting dikenal juga sebagai jendela berputar. Jendela model ini memiliki poros di tengah dan dibuka dengan cara mendorong salah satu sisi jendela. Sayangnya, jendela model ini memakan ruang yang banyak sehingga memerlukan perencanaan ruang yang pasti. Meskipun demikian, jendela ini memiliki nilai asestetik yang tinggi. Kelebihan lainnya dari jendel amodel ini adalah fleksibel diaplikasikan pada beragam jenis rumah.

Jendela vertikal

budgetblinds.com

Jendela jenis ini memiliki panel tinggi dengan framing kayu. Jendela model cocok untuk dipasang pada ruangan dengan langit-langit yang tinggi. Selain itu, jendela model ini juga pas untuk rumah bergaya rustic, modern, kontemporer, dan bungalow.

Baca Juga: 6 Desain Plafon Rumah Minimalis yang Belum Pernah Kamu Lihat

Jendela bifold

awsaustralia.com.au

Jika kamu termasuk penyuka rumah dengan suasana yang cerah dan terbuka, maka jendela model ini cocok diaplikasikan pada rumahmu. Kamu dapat menggunakan model ini jika menginginkan jendela yang lebar. Konsep bifold memungkinakan jendela dibuka dan ditutup dengan cara melipat bagian-bagiannya.

Jendela low hopper

remontbp.com

Model ini menggunakan jendela tambahan di bawah jendela utama. Dengan ada tambahan jendela, sirkulasi udara yang lebih besar di kamar menjadi mungkin. Jendela model ini mempunyai karakter bukaan yang membuat udara mengalir ke atas sehingga sangat pas untuk model rumah bungalow dan tradisional. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menerapkan gaya rumah dengan desain jendela low hopper ini.

Jendela panjang hingga langit-langit

holoduke.com

Desain jendela lain yang cukup populer belakangan ini adalah konsep jendela memanjang yang satu ini. Melalui gorden yang terbuka, efek cerah akan didapatkan, apalagi jika jendela jenis ini dihadapkan ke sebuah pekarangan atau taman hijau yang.

Baca Juga: 10 Model Taman Rumah Keren Untuk Lahan Sempit

Jendela bulat

cdn.decoist.com

Tak melulu persegi, jendela juga bisa diaplikasikan dengan bentuk yang berbeda. Bulat contohnya. Jendela dengan bentuk bulat berukuran yang cukup besar seperti ini memang jarang diaplikasikan, tapi tidak ada salahnya lho memasang jendela model ini di rumahmu. Kamu bisa mencoba menaruh jendela seperti ini di ruangan seperti kamar tidur atau ruang keluarga yang menghadap langsung ke taman. Dengan begitu, akan banyak udara yang masuk dan membuat ruangan terasa lebih segar.

Baca Juga: 10 Desain Taman Dalam Rumah Untuk Rumah Kecil


Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build interior Dekoruma! 🙂

Jangan lupa, lengkapi juga rumahmu dengan furnitur dan dekorasi berkualitas dari Dekoruma. Selain furnitur, kamu juga bisa menemukan aneka kasur dengan merek ternama untuk melengkapi kebutuhan tidurmu, seperti kasur Lady Americana, Comforta, Florence, dan King Koil.

Tak ketinggalan, ada juga aneka properti hunian di Dekoruma Properti. Kamu bisa menemukan rumah atau apartemen di berbagai daerah Jabodetabek dengan harga terbaik. Tersedia juga hunian yang berada di dalam perumahan dengan berbagai fasilitas, seperti perumahan baru di Tangerang, Jakarta Barat, Depok, dan daerah lainnya yang sedang berkembang. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena kehidupan indah berawal dari rumah!