Pada usia tertentu, anak sudah mulai butuh kamar untuk tidur sendiri. Untuk melatihnya berani sekaligus memberikan ruang yang nyaman, tentu harus memperhatikan karakter dan kegemarannya. Desain kamar anak laki-laki tentu berbeda dengan perempuan, desain yang super stylish dibutuhkan agar ia betah tidur sendiri di kamarnya.

Ketika usianya beranjak, misalnya saja setelah remaja, kamar anak laki-laki pastinya akan berubah sesuai kebutuhannya. Karena itu, desain kamar anak laki-laki yang super stylish juga diharapkan bisa fleksibel sesuai dengan luas ruang dan perubahan-perubahan yang diperlukan. Yuk kita intip, 8 desain kamar anak laki-laki yang super stylish berikut ini!

1. Kamar Anak Laki-Laki untuknya yang Aktif

media.architecturaldigest.com

Jika anak cenderung lebih aktif, hal ini sebaiknya difasilitasi dengan kamar anak laki-laki yang memberikan ruang lapang untuk bergerak. Tidak perlu tempatkan terlalu banyak barang, lemari anak yang besar untuk menyimpan pakaian dan mainan pun sudah cukup. Hindari perabotan berujung tajam pada kamar anak laki-laki, hal ini bisa mengurangi risiko kecelakaan agar anak dapat bergerak bebas dengan aman.

Sebaliknya, sediakan mainan yang dapat merangsang motorik pada kamar anak laki-laki. Agar keaktifannya dapat tersalurkan dengan baik. Pilihlah mainan yang aman bagi kesehatan anak, yaitu mainan yang bahan baku dan pewarnanya tidak mengandung unsur kimia berbahaya. Pilih juga yang bermutu baik, karena selain tahan lama, mainan seperti ini juga bisa diturunkan pada adiknya kelak.

2. Desain Kamar Anak Laki-Laki Superhero

gurdjieffouspensky.com

Sudah bukan rahasia jika poster karakter favorit seperti superhero seringada di dinding kamar anak laki-laki. Ketimbang hanya menempel poster atau wallpaper superhero berukuran besar, beberapa aksen kecil justru bisa membuat kamar anak laki-laki memikat dan stylish.

Misalnya, jika anak menyukai Spiderman atau Batman, karakternya bisa ditempel pada lemari atau meja belajar anak. Untuk dinding, wallpaper dinding bermotif bergambar laba-laba atau kelalawar kecil-kecil bisa jadi pemanis. Gambar jaring laba-laba atau kelalawar yang besar, sebaliknya bisa ditempelkan di langit-langit.

Selain itu, desain ini bisa bertahan ketika anak tumbuh besar dan tidak lagi menyukai karakter superhero favoritnya. Penambahan action figure juga bisa menjadi koleksi anak laki-lakimu ketika beranjak remaja.

3. Desain Kamar Anak Laki-Laki Mendunia

privyhomes.com

Peta dan bola dunia bisa jadi ornamen yang menawan pada kamar anak laki-laki. Boneka-boneka kecil berpakaian tradisional dari berbagai negara juga bisa menghias ranjang dan lemarinya. Agar desain kamar anak laki-laki tetap menonjol, pastikan menghiasinya dengan dekorasi kamar anak yang mereka sukai.

Ini bisa kamu wujudkan dengan menempatkan mainan berupa mobil-mobilan dan pesawat. Wallpaper dinding bergambar negara-negara tertentu atau bendera-bendara yang digantung melintasi langit-langit juga bisa turut meramaikan kamar anak laki-laki.

Supaya tidak terlihat terlalu riuh, pilihlah furniture minimalis berwarna lembut seperti putih, abu-abu, atau kecokelatan. Furnitur jenis ini juga nantinya masih cocok digunakan pada kamar anak laki-laki ketika dia beranjak remaja.

4. Desain Kamar Anak Laki-Laki Bersaudara

nestingwithgrace.com

Bagi keluarga yang memiliki anak laki-laki kembar atau usianya berdekatan, maka satu kamar anak laki-laki bisa jadi solusi yang praktis. Selain menghemat ruang, kamar anak laki-laki dengan desain tempat tidur tingkat yang sama bisa mendekatkan dua bersaudara karena banyaknya waktu yang dihabiskan bersama.

Jika langit-langit kamar anak laki-laki cukup tinggi, penggunaan ranjang susun yang juga memiliki lemari dapat dipilih. Selain itu, bunk bed juga cocok untuk kamar anak laki-laki kakak beradik.

Kamar anak laki-laki yang digunakan bersama dengan saudaranya haruslah didesain sesuai dengan kehendak mereka berdua secara seimbang. Hal ini juga bisa melatih mereka berbagi dan bekerjasama.

5. Desain Kamar Anak Laki-Laki Multifungsi

enolivier.com

Selain untuk tidur, kamar anak laki-laki juga bermanfaat untuk kegiatan bermain dan belajar. Satu hal yang penting adalah libatkan anak dalam memilih mainan dan media belajar dalam kamarnya agar ia bersemangat dan betah.

Melakukan dekorasi tempat tidur anak kesayangan bisa menjadi pilihan tepat. Model kasur dengan tangga dan perosotan cocok ditempatkan dalam kamar anak laki-laki, pilihlah yang bisa dipisahkan dengan ranjang tanpa merusaknya. Ketika besar, anak sudah tidak membutuhkan keberadaannya lagi di kamar.

Berbeda dengan dekorasi kamar anak perempuan, kamar anak laki-laki biasanya butuh tempat lebih luas agar bermain mobil-mobilan atau kereta-keretaan bisa dilakukan. Pastikan kamar anak laki-laki juga mendapatkan ventilasi yang baik agar ia tidak merasa takut sendirian.

6. Desain Kamar Anak Laki-Laki Minimalis

pinterest.com

Ruangan yang sempit bukan halangan dalam menciptakan kamar anak laki-laki yang stylish. Pilihlah furnitur yang multifungsi, contohnya ranjang yang juga memiliki laci-laci untuk pakaian, buku-buku, dan mainan. Supaya terasa lebih luas, gunakanlah rak dinding untuk menyimpan barang-barang lainnya.

Warna-warna pastel juga bisa dipilih agar kamar anak laki-laki terasa lebih adem namun tetap hidup, nuansa biru atau hijau muda bisa mendukungnya. Agar ruangan tidak makin sempit, pilih meja belajar anak yang dapat digeser sangat dekat dengan tempat tidur sehingga kamar anak laki-laki terasa lebih luas.

7. Desain Kamar Anak Laki-Laki Berjiwa Petualang

pinterest.com

Jika anak laki-lakimu senang bermain di luar dan senang diajak berpergian, maka bisa jadi ia memiliki jiwa petualang. Loteng adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan kamar anak laki-laki dengan imajinasi akan petualangan yang tinggi. Selain memberikan kenyamanan baginya, kegaduhan yang ia hasilkan juga tidak akan mengganggu bagian rumah lainnya.

Furnitur seperti kasur yang kokoh dan lemari berbahan dasar kayu mampu menghasilkan suasana kamar yang lebih hidup dan natural. Kamu juga bisa menambahkan tangga dan ayunan pada kamar anak laki-lakimu. Pastikan karpet yang digunakan tidak licin, melainkan karpet yang tebal dan empuk agar anak tidak terluka saat terjatuh.

8. Desain Kamar Anak Laki-Laki untuk si Introvert

cdn.home-designing.com

Anak laki-laki yang pendiam pasti menginginkan suasana kamar yang teduh. Berikan ia ruang yang mampu membuatnya mengeksplorasi diri dan kemampuannya sendiri. Sediakan buku-buku, peralatan gambar dan mewarnai, serta permainan yang dapat dilakukan seorang diri dalam kamar anak laki-laki.

Agar tidak jenuh, kamu bisa menempelkan wallpaper dinding bergambar binatang atau antariksa pada kamar anak laki-lakimu. Pastikan kamarnya memiliki pencahayaan yang cukup, baik itu dari pencahayaan lampu ataupun pencahayaan alami dari sinar matahari.

Nah, sudah tahu kan bagaimana menata kamar anak laki-laki agar terlihat keren? Jika kamu sedang mencari kasur untuk anakmu, kamu bisa temukan di Dekoruma. Dekoruma jual Guhdo, King Koil, Florence, dan merek kasur terkenal lainnya. Selain kasur, ada juga beragam jenis furnitur untuk melengkapi kebutuhan si Kecil. Dekoruma jual rak buku, lemari anak, kursi anak, dan meja komputer.

Bahkan, tersedia pula beragam aksesoris dan perabotan rumah. Dekoruma jual tempat penyimpanan, cermin, tirai, alat pembersih, hingga peralatan dapur. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!