Pernah membayangkan punya kabin kayu di pegunungan atau pinggir pantai? Menghabiskan akhir pekan dekat dengan alam—bersantai dan menenangkan pikiran? Bagaimana jika di tengah kota pun kamu bisa menikmati suasana seperti itu? Ya, membangun rumah kayu sebagai tempat tinggal sehari-hari bisa menjadi pilihanmu.

Di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Kanada dan Finlandia, rumah kayu sangat populer. Kebutuhan untuk berada dekat dengan alam tanpa meninggalkan kehidupan perkotaan menjadikan rumah kayu banyak diminati. Beberapa desain bahkan sudah disesuaikan dengan gaya kontemporer sehingga rumah kayu mungil pun tetap terlihat cantik, unik dan tidak membosankan. Apa saja kelebihan rumah kayu?

1. Rumah kayu memberikan kenyamanan yang alami

iss.zillowstatic.com

Tak hanya nuansa yang menjadi lebih alami, rumah kayu juga akan membuat tempat tinggalmu terasa sangat nyaman. Membangun konsep back to earth, material kayu punya cara alami tersendiri untuk melindungi penghuninya dari ekstremnya udara luar. Rumah kayu yang mampu menahan panas dan dingin akan membuatmu tetap merasa sejuk saat udara panas dan sebaliknya, kamu akan tetap merasa hangat saat udara sedang dingin.Sebagai tambahan, kamu jadi bisa mengurangi penggunaan pendingin ruangan seperti kipas angin dan AC atau pemanas ruangan di rumah.

Pori-pori kayu juga membuat rumah kayu memiliki sirkulasi udara alami yang lebih baik dibandingkan dengan rumah jenis lainnya. Jauh dari rasa pengap, rumah kayu memberikan suasana segar yang alami, meskipun kamu tinggal di daerah perkotaan.

2. Rumah kayu memiliki efek rustic yang tidak dibuat-buat

dickorleans.com

Tema rustic yang saat ini sedang tren bisa kamu nikmati sehari-hari dengan membangun rumah kayu, lho. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat kayu memberikan corak alami tersendiri pada warna apa pun yang kamu pilih sebagai cat rumah. Hasilnya, rumah kayu memiliki kesan raw namun artistik pada saat yang bersamaan. Terlebih lagi, masing-masing potongan kayu memiliki pola unik yang akan membuat nuansa rumahmu semakin alami.

Baca Juga: Sedang Ngetren, Ini 10 Manfaat Tersembunyi Rumah Kayu!

Di sisi lain, rumah kayu juga juga memberikan suasana vintage yang datang dari material kayu yang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Oleh karena itulah, rumah kayu akan membuat rumahmu memiliki kesan klasik tetapi homey dan tidak berlebihan.

3. Rumah kayu dapat menambah dimensi pada tempat tinggal

idesignarch.com

Kalau kamu terkendala oleh lahan yang sempit, membangun rumah kayu adalah pilihan yang tepat. Meskipun bangunan rumahmu tidak terlalu besar, potongan-potongan kayu jika disusun dengan sedemikian rupa akan menambah dimensi ruang di rumahmu. Rumahmu akan terasa lebih luas namun tetap artistik sehingga kamu akan jauh dari perasaan sumpek dan bosan.

decoholic.org

Dimensi yang lebih luas membuat nuansa alami akan lebih terasa pada interior rumah kayu. Nuansa ini bisa kamu rasakan karena ruang yang terasa lapang mengingatkan pada alam bebas. Dengan dikelilingi oleh kayu yang berasal dari alam, tentu saja nuansa alami akan lebih dapat kamu rasakan. Seperti hutan yang punya seluk-beluk dan teksturnya tersendiri, tinggal di rumah kayu juga bisa memberikan kesan yang sama, apalagi jika kamu juga berinvestasi pada desain rumah.

4. Rumah kayu bisa menyesuaikan dengan lingkungan sekitar

static1.squarespace.com

Baik untuk di tengah maupun pinggiran kota, dengan halaman kecil maupun halaman luas, rumah kayu tetap akan cocok dengan daerah di sekitarnya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir rumah kayu yang akan kamu bangun terlihat terlalu mencolok dibandingkan rumah-rumah lain di sana. Ini dikarenakan kayu yang merupakan salah satu material yang adaptable dan paling mudah disesuaikan dengan desain apa pun.

5. Desain rumah kayu yang mudah diikuti untuk kesan alami dan modern

cdn.trendir.com

Memiliki tekstur yang bold, kesalahan dalam mendesain rumah kayu akan menyebabkan ruangan terasa terlalu penuh. Di sisi lain, bermain aman dengan desain rumah kayu justru akan membuat tempat tinggal terlihat monoton dan membosankan. Nah, untuk menghindari kedua hal tersebut, berikut beberapa desain yang bisa kamu ikuti agar rumah kayu kamu tetap nyaman dengan nuansa alami. Kamu juga bisa menambahkan aneka tanaman hias hijau atau bunga gantung untuk lebih menghidupkan suasana depan rumah.

6. Rumah kayu dengan jendela besar dan halaman luas

lh3.googleusercontent.com

Kalau lahanmu untuk membangun rumah cukup luas, salah satu yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan nuansa alami adalah dengan membangun rumah kayu yang tidak terlalu besar namun memiliki halaman yang luas. Agar rumahmu tidak terasa sempit, buat jendela besar yang menghadap ke arah halaman.

Baca Juga: 13 Desain Jendela Unik yang Kamu Belum Tahu!

Dengan memperbanyak tanaman, mulai dari pohon yang hijau hingga bunga yang berwarna-warni, kesan alami bisa kamu rasakan bahkan tanpa harus keluar ruangan.

Selain itu, desain rumah kayu yang seperti ini juga memperkaya sirkulasi udara di rumahmu dengan oksigen, lho. Oksigen yang dihasilkan oleh tanaman-tanaman tersebut akan diserap oleh kayu, yang kemudian masuk ke dalam rumahmu. Dengan begitu, udara di rumahmu akan lebih sehat dan segar secara alami.

7. Rumah kayu yang dicat dengan warna terang atau gelap

homeworlddesign.com

Siapa bilang rumah kayu untuk nuansa alami hanya bisa didapatkan dengan warna cokelat asli dari kayu? Hal ini juga bisa kamu dapatkan dengan mewarnai rumah kayu milikmu, kok. Yang terpenting, kamu sudah tahu kesan seperti apa yang ingin kamu tampilkan di rumah. Perasaan menyegarkan dari warna terang seperti putih dan kuning muda? Atau perasaan tenang yang ditimbulkan dari warna-warna seperti biru navy, abu-abu tua dan hijau pinus?

Baca Juga: 5 Warna Cat Rumah Keren Ini Bisa Bikin Suasana Lebih Hidup!

Baik warna terang maupun warna gelap sama-sama bisa menambah nuansa alami pada rumah kayu. Sebaliknya, warna coraknya berada di antara terang dan gelap malah akan membuat rumah kayu terlihat usang dan tidak elegan.

8. Rumah kayu dengan dinding shiplap

pinterest.com

Shiplap merupakan papan kayu yang disusun secara horizontal, yang umumnya digunakan untuk bagian eksterior bangunan. Tetapi, shiplap tidak hanya bagus untuk eksterior, lho. Jika digunakan di dalam ruangan, shiplap akan memberikan kesan rustic dan tekstur yang lembut. Tidak hanya terlihat lebih artistik, shiplap juga bisa membuat rumahmu terasa lebih lebar.

Keunikan shiplap seperti ini membuatnya cocok digunakan di ruangan manapun. Mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar tidur hingga kamar mandi, rumah kayumu akan tetap terlihat indah dan nyaman dengan shiplap.

9. Rumah kayu dengan interior ala Skandinavia

residence.design

Simpel, modern dan bertekstur adalah tiga kata yang mendeskripsikan desain ala Skandinavia. Oleh karena itu, rumah kayu yang didesain dengan model Skandinavia akan semakin meningkatkan ketiga karakteristik tersebut. Rumahmu tak hanya tampak nyaman dan alami, tetapi juga indah dan elegan.

Baca Juga: 10 Trik Dekorasi Ruang Keluarga Mungil ala Skandinavia

Untuk membuat rumah kayu dengan desain interior ini, kamu bisa bermain dengan warna-warna lembut dan netral untuk memberikan kesan segar dan lapang. Apalagi corak seperti ini dapat memantulkan sinar matahari sehingga rumahmu tampak lebih terang secara alami. Tambahkan pula tanaman-tanaman kecil di dalam ruangan. Selain untuk mengikuti gaya Skandinavia, tanaman tersebut juga akan menambah nuansa alami pada rumahmu.

10. Rumah kayu dengan konsep cottage

hqwalls.org

Ya, cottage yang biasanya kamu lihat di pinggir pantai juga bisa dibawa ke perkotaan kok, asal kamu tahu cara menyiasati desainnya. Salah satunya adalah dengan menyesuaikan tinggi rumah dengan tinggi rumah-rumah di daerah sekitar.

Rumah kayu dengan akan menambah nuansa alami mengingat konsep cottage selalu berusaha menghadirkan unsur-unsur alam di dalam rumah. Misalnya saja dengan membangun banyak jendela atau menyulap halaman rumah menjadi taman rumah di lahan yang sempit sekalipun. Desain cottage yang mengedepankan perasaan rileks penghuninya, hal ini bisa dicapai dengan membangun suasana alami di tempat beristirahat.

Baca Juga: Penasaran Rasanya Tinggal di Pohon? Lihat 10 Desain Rumah Pohon Ini!

Membangun nuansa alami meskipun tinggal di perkotaan bukan hal yang tidak mungkin. Dengan rumah kayu, kamu juga bisa merasakan suasana dekat dengan alam seperti sedang liburan setiap hari.

Tenang saja, rumahmu tidak akan terlihat aneh sendiri kok, di antara rumah-rumah lain di lingkungan tersebut. Kuncinya terletak pada desain. Dengan desain yang tepat, rumah kayu yang kamu miliki akan tetap bisa terlihat unik dan alami tanpa mencolok. Sekarang, sudah yakin untuk tinggal di rumah kayu?

Jika sudah yakin, jangan lupa untuk melengkapi rumah kayu milikmu dengan furnitur berkualitas yang juga bernuansa alami, ya! Kamu bisa menemukannya di Dekoruma yang menyediakan furnitur dari material kayu agar terlihat lebih natural. Dekoruma jual rak sepatu, meja makan, kabinet, tempat tidur, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, jika kamu memiliki anak kecil di rumah, Dekoruma juga jual kursi anak, lemari baju, dan meja belajar anak dari material kayu untuk melengkapi kebutuhannya. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan bersama Dekoruma, lho! Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build interior Dekoruma! 🙂