Kamu pasti setuju kalau ruang tamu merupakan salah satu bagian atau elemen paling penting dari sebuah rumah. Tidak hanya terkait dengan fungsinya sebagai ruang untuk menerima tamu, tetapi juga karena ruang ini biasanya menjadi area paling pertama yang kita akses setiap masuk ke rumah.

pinterest.com

Ruang tamu yang hangat dan nyaman tetapi juga cantik dalam penataan tentu menjadi idaman para penghuni rumah masa kini. Lalu bagaimana kalau kamu hanya punya ruang tamu kecil? Jangan khawatir, Kania punya beberapa tips desain apik untuk kamu yang punya keinginan untuk mendekorasi ruang tamu kecil!

Pasang cermin untuk memberikan kesan luas

Kamu cukup familiar kan dengan konsep pemasangan cermin-cermin yang ada di restoran maupun kedai kopi di sekitarmu? Ya, trik penggunaan cermin untuk memberikan kesan luas ruangan memang bukan sesuatu yang baru. Nah, menurut Kania konsep ini cocok sekali untuk diaplikasikan oleh kamu yang punya ruang tamu kecil.

dailydreamdecor.com

Jika bisa, pilihlah dinding yang berhadapan langsung dengan jendela yang ada di ruang tamu kamu, hal ini dilakukan supaya si cermin dapat ikut merefleksikan cahaya alami dari luar. Alternatif lainnya, kamu juga bisa bereksperimen dengan lampu-lampu dan penataan furnitur yang ada di ruang tamu kecil tersebut.

Hindari membeli kursi sofa yang terlalu besar

fionaandersenphotography.com

Meskipun cenderung dianggap mengambil terlalu banyak ruang, keberadaan sofa di ruang tamu sudah menjadi hal yang bisa dibilang wajib. Untuk kamu yang punya ruang tamu kecil, hindarilah membeli sofa yang ukurannya terlalu besar. Untuk mendapatkan kesan minimalis, kamu bisa memilih sofa dengan dua atau tiga dudukan saja. Kamu bisa padukan kursi sofa tersebut dengan coffee table kecil, baik yang terbuat dari kaca atau motif kayu.

Warna pastel & netral jadi warna paling ideal untuk ruang tamu kecil

 

hipvan-images-production.imgix.net

Pemilihan warna cat untuk ukuran ruang tamu kecil ternyata sangat berpengaruh lho. Menurut pengamatan Kania, ruang tamu kecil tidak terlalu cocok jika dipasangkan dengan warna-warna bold. Hati-hati, jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang biasanya dilakukan saat menata ruang tamu kecil.

Nah, sebaliknya penggunaan warna-warna seperti putih, krem, dan abu terang di ruang tamu kecil justru bisa menciptakan kesan ruangan yang lega, nyaman, dan hangat. Sebaiknya sesuaikan juga gorden pada ruang tamu kecil tersebut dengan warna cat yang kamu pilih.

Tambahkan tanaman indoor untuk kesan asri di ruang tamu kecil

fionaandersonphotography.com

Kehadiran tanaman di ruang tamu kecil kamu tentu akan mempercantik ruangan. Saran Kania, pilihlah tanaman hijau yang daya tahan hidupnya tidak terlalu bergantung pada sinar matahari. Hal ini supaya kamu tidak akan terlalu repot untuk membawa tanaman tersebut ke luar setiap hari. Selain jenisnya, kamu juga harus kembali memperhatikan ukuran yang pas dan cocok untuk diletakan di ruang tamu kecil kamu.

Maksimalkan cahaya alami dengan jendela ukuran besar

pinterest.com

Untuk menciptakan kesan ruangan yang lapang, pencahayaan alami merupakan salah satu pertimbangan yang paling penting. Selain pemilihan warna cat rumah seperti cat warna netral atau pastel, ukuran jendela besar juga bisa menciptakan efek luas untuk ruang tamu kecil. Kalau ingin berkreasi, kamu bisa kok membuat jendela berdesain unik!

Kamu bisa menyesuaikan desain jendela dengan furnitur di dalam ruang tamu, seperti sofa, rak tv, ataupun meja ruang tamu. Penggunaan jendela besar juga sangat bermanfaat untuk penghematan listrik, sebab ruang tamu kecil milikmu tidak akan terlalu bergantung pada lampu di pagi, siang, atau bahkan di sore hari.

Lukisan atau karya seni kontemporer untuk mempercantik ruang tamu kecil

s3-production.bobvila.com

Apakah atap plafon atau langit-langit ruang tamu kecil kamu termasuk relatif tinggi? Jika ya, opsi desain dari Kania yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan menarik nih. Ruang tamu kecil dengan plafon tinggi bisa dimanfaatkan sebagai area kamu untuk memamerkan karya seni atau kolase bingkai foto.

Jika ingin mendapatkan kesan yang mewah namun tidak terlalu berlebihan, kamu harus bisa memilah koleksi apa saja yang akan dipajang. Dengan pencahayaan lampu dan penataan yang pas, tamu yang datang pun akan lebih betah saat berada di ruang kecil kamu.

Investasi jangka panjang dengan furnitur built-in di ruang tamu kecil

helkk.com

Untuk kamu yang butuh atau ingin punya banyak rak display tapi hanya punya ruang tamu kecil, kamu dapat memanfaatkan lemari custom built-in. Pada dasarnya, furnitur built-in yang customized atau disesuaikan dengan bentuk ruangan biasanya cenderung relatif mahal. Meskipun begitu, furnitur jenis ini dipercaya bisa menjadi investasi jangka panjang untuk ruang tamu kecil kamu. Sebab biasanya furnitur semacam ini dibangun kokoh dan multifungsi.

Pasang wallpaper untuk memberikan kesan ‘beda’ pada ruang tamu kecil

retroboutique.ro

Kalau sebelumnya Kania sudah berbicara tentang warna cat yang ideal untuk ruang tamu kecil, kali ini Kania mau merekomendasikan tentang pemasangan wallpaper dinding. Tidak banyak yang percaya kalau wallpaper dinding juga bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Yang penting, wallpaper dinding dirawat secara berkala.

Sebenarnya semua ini bergantung pada motif wallpaper dinding yang kamu pilih. Hindarilah motif-motif besar maupun berwarna gelap. Tentunya pemilihan wallpaper dinding ini juga harus disesuaikan dengan furniture favoritmu yang ada di ruang tamu kecil.

Perhatikan tata letak furnitur dan detail yang ada di ruang tamu kecil

hgtvhome.sndimg.com

Dalam urusan penataan rumah, setiap detail menjadi sangat berarti. Salah penataan furnitur justru bisa membuat ruang tamu kecil kamu semakin mungil dan tertutup. Saran Kania, janganlah tempelkan furnitur kamu ke area-area dinding. Usahakan buat jarak antara furnitur dengan dinding di ruang tamu kecil tersebut meskipun hanya satu cm saja.

Pilih bufet ramping & tinggi untuk menyimpan koleksi kesayanganmu

mommyessence.com

Kalau kamu masih ragu untuk berinvestasi furnitur built-in di ruang tamu kecil, bufet ramping & tinggi bisa jadi alternatif yang ideal. Kamu tentu tidak mau barang-barang atau koleksi kesayanganmu berantakan kan? Apalagi saat menata ruang keluarga, tempat di mana keluarga sering berkumpul.

Kania sarankan kamu untuk membeli bufet yang bentuknya ramping. Lemari ramping ini tidak akan mengambil banyak ruang dan gampang untuk dipindahkan ke berbagai sudut ruangan. Fleksibilitas furnitur memang merupakan poin penting yang dibutuhkan untuk ruang tamu kecil.

Pasang karpet tanpa corak untuk memberikan kesan luas pada ruang tamu kecil

puafo.com

Pemasangan karpet pada ruang tamu kecil ternyata dapat menyiasati agar ruang terasa lebih luas. Untuk mengoptimalkan ruangan agar terasa lega namun tetap hangat, karpet tanpa corak atau polos bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Namun ingat, jangan coba-coba untuk melapisi seluruh ruang tamu kecil tersebut dengan karpet. Sebab pemasangan yang berlebihan bisa mengurangi estetika ruang interior tersebut.

wds.h-cdn.co

Seperti yang sudah kamu lihat di atas, ruang tamu kecil sebenarnya tidak bisa dijadikan alasan untuk kamu berhenti berkreasi dalam urusan interior rumah. Sebaliknya, kamu malah dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan ruang yang ada.

Nah, setelah menyimak tips dan trik dari Kania tentang mendekor ruang tamu kecil, apa kamu tertarik untuk mulai ‘make over’ ruanganmu?

Jangan lupa, kamu juga bisa menemukan alat rumah tangga yang kamu perlukan di Dekoruma! Selain peralatan rumah tangga, Dekoruma juga jual rak dinding, lemari, dan laci untuk menyimpan semua barang-barangmu agar rumah terlihat lebih apik secara maksimal.

Tak hanya jual perabotan rumah saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui DekorumaHouse, lho! Ada banyak pilihan rumah baru dan rumah dijual dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!