Desain interior rumah adalah salah satu elemen penting untuk menciptakan hunian yang nyaman dan menyenangkan. Ada beragam jenis gaya desain interior rumah dan yang paling populer saat ini adalah desain minimalis. Desain interior rumah minimalis menerapkan prinsip ”Less is More”, mengeliminasi segala aspek yang tidak penting dan menekankan pada esensi dari keberadaan material – material yang digunakan.

formagramma.com

Untuk menciptakan desain interior rumah yang menarik dan elegan tidak selalu dibutuhkan biaya mahal. Menerapkan prinsip desain interior rumah minimalis, kamu dapat memanfaatkan material-material murah yang dapat disulap menjadi interior rumah yang tampak indah untuk ditampilkan.

Membangun interior rumah tidak hanya menuntut biaya namun juga kreativitas. Tanpa biaya yang bombastis sekalipun, kamu bisa memiliki interior rumah cantik dengan 7 material murah yang bisa merubah tampilan interior rumah secara menyeluruh. Apa saja material untuk tersebut? Simak pada artikel ini!

1. Kayu Lapis

cdn.noths-static.com

Kayu lapis dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah plywood, sebutan yang lebih umumnya di Indonesia, tripleks, adalah beberapa lembar kayu tipis (lebih dari tiga) yang ditempelkan bersamaan hingga mendapatkan ketebalan tertentu. Sekilas, kayu lapis tampak tidak indah dan sangat tidak cocok digunakan sebagai material interior rumah.

Kayu lapis pada awalnya diciptakan sebagai solusi dari kayu solid yang mudah retak dan pecah akibat penyusutan. Selain itu, ukuran lebar dan panjangnya melampaui kayu solid sehingga bisa diaplikasikan untuk interior rumah.

Dengan sedikit sentuhan kreativitas, kayu lapis bisa dijadikan interior rumah yang menarik, seperti kabinet gantung, anak tangga, lemari, atau pelapis dinding interior rumah. Kayu lapis dibanderol dengan harga relatif murah, ditambah daya tahan dari penyusutan dan kekuatannya sehingga tidak mudah retak menjadi pertimbangan untuk menggunakan material kayu lapis sebagai interior rumah.

pop.h-cdn.co

Tanpa dicat sekalipun, kayu lapis bisa tampak elegan dengan kesederhanaannya. Tampilan raw material malah menambahkan nilai estetika tersendiri untuk interior rumah. Sebagai catatan, permukaan kayu lapis yang agak kasar dan untuk mengaplikasikan sebagai interior rumah, sebaiknya diperhalus dan dilapisi dengan coating.

Perlu diingat, kayu lapis tidak cocok untuk diaplikasikan di luar ruangan (outdoor), tapi cocok untuk interior rumah. Ini karena daya serap yang tinggi membuat kayu lapis gampang menyerap air dan akan mudah lapuk apabila digunakan di luar ruangan.

2. Batako

pinterest.com

Batako cukup populer di Indonesia saat ini. Batako adalah salah satu material bahan bangunan murah yang mudah diperoleh. Terbuat dari campuran pasir, semen, dan kericak, material batako memiliki bobot yang lebih ringan, tapi berbeda dengan bata ringan. Meski demikian, material ini tetap kuat seperti beton, bahkan sebutan dalam dunia teknik dari batako adalah bataton.

Batako memiliki keunggulan dibanding batu bata, antara lain bobot yang sepertiga lebih ringan, kemampuan meredam suara yang lebih baik, tidak menyerap air sehingga mencegah kebocoran, lebih ramah lingkungan dan ekonomis, serta pengaplikasian yang empat kali lebih cepat di lapangan apabila dibandingkan dengan batu bata.

formagramma.com

Dengan warna abu-abu dan teksturnya yang kasar, batako bisa menciptakan kesan old school apabila diaplikasikan untuk interior rumah. Caranya adalah dengan mengekspos bahan material batako tanpa lapisan cat, cukup diperhalus sisinya saja. Batako dapat diaplikasikan untuk interior rumah dinding maupun lantai. Lebih kreatif lagi, susunan batako dapat dijadikan kaki – kaki meja, tempat duduk, kabinet, dan sebagainya. Semua kembali ke kreativitas! Siapa sangka interior rumah bisa berubah hanya karena hal simpel?

3. Ubin Akustik

cdn.homedsgn.com

Mari berkenalan dengan ubin akustik. Material ubin akustik memang tidak sepopuler material-material lainnya, namun material ini memiliki manfaat bagi kamu yang tidak suka kebisingan. Ubin akustik diaplikasikan untuk memaksimalkan kualitas suara yang dihasilkan dan mengurangi transmisi suara kebisingan yang tidak diinginkan. Ubin akustik cenderung diaplikasikan pada ruangan studio musik atau studio rekaman karena kelebihannya ini. Ubin Beberapa jenis ubin akustik antara lain ubin akustik grid yang bisa ditempelkan pada langit-langit atau dinding.

pinterest.com

Ubin akustik saat ini memiliki berbagai bentuk tidak hanya berupa kotak busa berwarna hitam, namun hadir dalam berbagai variasi warna dan pola yang tampak estetis untuk diaplikasikan interior rumah. Ubin akustik juga digunakan untuk

interior design
bioskop demi menciptakan sensasi suara yang lebih nyata, kamu bisa menggunakan ubin akustik untuk desain interior rumah di ruang menonton keluarga. Memiliki bioskop di rumah ternyata memungkinkan, bukan begitu?

4. Pipa Tembaga

idolza.com

Jika kamu sering berkunjung ke restoran atau coffee shop yang kekinian, kamu pasti sering menemukan dekorasi memanfaatkan pipa tembaga. Dibanderol dengan harga murah (meskipun tidak semurah pipa pvc), tidak hanya berfungsi sebagai saluran air di rumah, ternyata pipa tembaga bisa diaplikasikan untuk interior rumah kamu lho.

Pipa tembaga dengan warna alaminya yang tampak seperti besi tua berkarat namun mengkilap, memberikan tampilan estetika untuk interior rumah. Pipa tembaga dapat dimodifikasi menjadi kaki-kaki kursi, meja, rak buku, pengganjal kabinet gantung (karena pipa tembaga merupakan material yang cukup kuat), manajemen kabel, bahkan gantungan lampu.

Mengekspos material pipa tembaga tanpa dicat sekalipun tetap memberikan kesan yang indah. Ternyata membuat gaya interior kafe di rumah nggak mustahil kan?

5. Kayu Gabus

img.edilportale.com

Kulit pohon ternyata memiliki banyak manfaat. Mengeksploitasi kulit pohon juga tidak perlu menebang pohonnya, pohon masih hidup dengan normal dan menumbuhkan kembali kulitnya. Salah satunya adalah kulit pohon Ek. Gabus adalah lapisan terluar dari kulit pohon ek yang banyak dikenal di sebagai material interior rumah yang bisa mengisolasi panas sehingga suhu dalam ruangan rumah terasa lebih sejuk dan sangat cocok untuk diaplikasikan di wilayah tropis seperti Indonesia.

contemporist.com

Di Indonesia sendiri material kayu gabus malah sangat jarang diaplikasikan sebagai interior rumah. Padahal, kayu gabus tidak mahal. Kayu gabus dapat dikreasikan menjadi pelapis dinding interior rumah dengan warna kayu naturalnya. Selain itu, kayu gabus juga bisa dijadikan furnitur cantik seperti kitchen set minimalis. Bahkan, di luar negeri ada yang menjadikan kulit pohon Ek sebagai material utama membangun rumah.

6. Plat Baja

caliperstudio.com

Plat baja untuk dijadikan interior rumah? Tentu saja bisa! Walaupun terkesan polos dan biasa saja, ternyata plat baja bisa kamu jadikan pelapis dinding ruangan. Plat baja merupakan material yang ringan meskipun terbuat dari besi. Material ini cenderung dijadikan sebagai pintu gudang, namun tetap bisa diaplikasikan pada interior rumah untuk menciptakan kesan unik dari rumah.

Tidak perlu repot mengecat plat baja. Plat baja tahan karat dan tahan cuaca, permukaannya juga sudah halus. Kamu bisa mengkreasikan plat baja sebagai anak tangga menggantikan kayu, sebagai kabinet atau lemari. Interior rumah dari plat baja tidaklah mahal, kamu bisa menemukan plat baja ringan dengan harga murah di pasaran. Yuk mengkreasikan interior rumah dengan material ini.

7. Peg Board

daan-mag.com

Material yang satu ini sering digunakan untuk workshop dan bengkel. Peg board terkenal akan fleksibilitasnya sebagai tempat mengorganisasikan barang-barang dengan ruang yang dapat disesuaikan kebutuhan. Membuat peg board cukup sederhana, menggunakan material kayu lapis dengan tingkat ketebalan tinggi atau memanfaatkan kayu gabus juga bisa.

idolza.com

Peg board tampak cantik untuk dinding interior rumah kamu, apalagi jika rumah kamu memiliki ruang terbatas dan kamu membutuhkan ekstra ruang penyimpanan, peg board akan memberikan fungsi kabinet dan interior rumah yang cantik di saat bersamaan

Bagaimana, apa kamu tertarik memiliki rumah yang nyaman dengan material-material di atas? Dekoruma bisa mewujudkannya, lho! Kamu bisa menggunakan jasa desain rumah Dekoruma karena desainnya kekinian dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, mulai dari interior rumah 2 kamar tidur, apartemen studio, hingga desain interior apartemen 1 kamar tidur.

Dekoruma juga jual tirai, hiasan dinding, lampu gantung, dan aksesoris pelengkap rumah lainnya. Yuk, buat rumah impianmu jadi kenyataan bersama Dekoruma!