15 Trik Mengusir Tikus dengan Bahan-Bahan Alami

Tikus memang dikenal sebagai hewan yang datang tak diundang dan pulang tak diantar. Akan sangat memusingkan jika hewan pengerat tersebut sudah masuk ke dalam rumah. Tikus juga merupakan hewan kotor yang bisa memicu beragam penyakit berbahaya. Sejumlah cara mengusir tikus biasa dilakukan seperti menggunakan racun tikus, lem tikus hingga menggunakan jasa pembasmi tikus.

hufflingtonpost.com

Namun, cara-cara tersebut biasanya akan membawa dampak buruk bagi penghuni rumah. Tikus yang mati karena memakan racun akan mati di area yang susah untuk kita jangkau dan bisa menimbulkan bau bangkai. Ini yang membuat kita membutuhkan cara yang alami tanpa harus mengorbankan kesehatan kita.

Kali ini, Kania ingin mengulas tips dan  cara membasmi tikus dengan bahan-bahan alami. Yuk, simak dulu pembahasannya di bawah ini agar rumahmu bisa terbebas dari tikus!

1. Kapur Barus

genproperti.com

Untuk mengatasi beberapa jenis hewan yang cukup mengganggu, kapur barus selalu menjadi andalan. Selain sebagai cara mengusir lalat, tikus juga bisa diusir dengan bahan yang satu ini. Ya, ini karena tikus sangat tidak suka dengan bau-bauan yang harum seperti kapur barus.

Taruhlah kapur barus di tempat yang sering didatangi oleh tikus. Dengan begitu, mereka akan merasa terganggu dan tidak ingin mendatangi rumahmu lagi. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah karena kapur barus pengusir tikus ini sangat mudah ditemukan.

2. Bunyi Jangkrik

pexels.com

Memelihara jangkrik bisa menjadi salah satu cara mengusir tikus yang cukup ampuh. Konon katanya, tikus tidak suka dengan tempat yang bising dan ramai sehingga suara jangkrik bisa mengganggu pendengaran tikus. Kamu bisa menaruh jangkrik di area yang sering dilalui oleh tikus. Ini bisa menjadi cara yang efektif dan alamiah.

3. Kulit Durian

twitter.com

Selain memiliki cita rasa yang nikmat, durian bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus. Bagian yang digunakan adalah kulit. Caranya, kamu cukup memotong kulit durian, lalu letakkan di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus curut.

4. Daun Mint

pexels.com

Cara mengusir tikus yang aman bagi kesehatan lainnya adalah dengan menggunakan daun mint. Tanaman mint dapat ditanam di kebun dalam rumah untuk memberikan suasana segar. Tikus tidak tahan dengan aroma mint yang tajam, sehingga jika menciumnya saja, tikus-tikus ini bisa mabuk dan terkulai lemas.

Siapkan seikat daun mint, larutkan dalam air, dan ambil sarinya. Semprotkan sari mint ke area yang sering dilalui tikus, seperti meja di dapur.

5. Campuran Bubuk Cabai dan Deterjen

pexels.com

Trik selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran bubuk cabai dengan deterjen yang dicampur dengan air. Taruh campuran tadi ke dalam penyiram tanaman berbentuk botol semprotan, kemudian semprot cairan tersebut ke wilayah yang sering dilalui tikus.  Cairan ini efektif menjadi cara mengusir tikus yang tepat karena tikus akan merasa panas dan lari terbirit-birit.

6. Irisan Bawang

pexels.com

Siapa yang tak tahan dengan bau yang dihasilkan bawang? Salah satu yang tidak tahan adalah hewan pengerat. Mereka juga tidak menyukai aroma dari bumbu dapur yang satu ini. Letakkan irisan bawang di meja dapur atau di tempat lainnya yang sering mereka lalui, dijamin tikus tidak akan betah berlama-lama di sana.

7. Lada Bubuk

pexels.com

Selain menjadi salah satu bumbu yang bisa menyebabkan kamu bersin-bersin, lada bubuk juga ampuh sebagai cara mengusir tikus, lho. Taruh sedikit saja lada bubuk putih atau hitam, di tempat persembuyian tikus.

Hal tersebut akan membuat mereka merasa terganggu dan pergi. Senyawa piperin yang sangat menyengat mampu membuat lada menjadi salah satu cara mengusir tikus secara alami. Selain tikus, lada juga bisa kamu gunakan sebagai cara mengusir tokek, lho.

8. Cuka Putih

pinterest.com

Cuka memang bisa menambah cita rasa sebuah masakan. Namun, baunya yang menyengat tidak disukai tikus. Jika kamu ingin mengusir tikus dengan cuka, pertama-tama temukan dahulu lokasi di mana tikus sering lewati. Kemudian ambilah kapas untuk dicelupkan dengan cuka. Pastikan kamu menggunakan pelindung atau sarung tangan agar tanganmu tidak perih. Letakkan kapas tersebut di tempat yang sering dilalui tikus  Tikus akan kapok untuk melewati area tersebut.

9. Kantung teh bekas

pinterest.com

Bagi kamu yang hobi minum teh, cara yang satu ini tentu akan menjadi cara yang paling efisien. Kantung teh memiliki kandungan senyawa peppermint yang membuat tikus terganggu penciumannya. Tentu saja tikus tidak akan betah berada di sekitar kantung teh tersebut. Cara mengusir tikus dengan kantung teh ini cukup mudah. Cukup letakkan kantung teh di tempat yang sering dilalui tikus. Pastikan kantung teh masih lembab sehingga aromanya masih cukup kuat untuk mengusir tikus.

10. Cengkeh

pinterest.com

Cengkeh memang terkenal memiliki harum yang khas. Tidak hanya cocok untuk digunakan sebagai bumbu dapur, tapi juga dapat menjadi campuran minuman teh. Berkat wanginya yang khas, kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara mengusir tikus. Tikus benar-benar sangat tidak menyukai wangi tersebut dan akan segera lari jika mencium bau cengkeh.

Untuk menggunakan cengkeh sebagai cara mengusir tikus, kamu perlu menyiapkan kain kasa. Masukkan beberapa potong cengkeh ke dalam kain tersebut. Tunggulah beberapa hari agar cengkeh benar-benar kering. Kemudian letakkan cengkeh yang kering di tempat yang sering dilalui tikus. Ingat, semakin kering cengkeh yang kamu siapkan, semakin tajam juga baunya.

11. Buah Mengkudu

sehatq.com

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai cara mengusir tikus adalah menggunakan buah mengkudu. Pasalnya, tikus tidak menyukai buah mengkudu.

Hancurkan buah mengkudu sampai halus. Setelah itu, masukkan ke dalam botol semprot yang sudah diisi dengan air, biarkan buah mengkudu yang sudah dihaluskan larut dalam air.

Coba semprotkan larutan buah mengkudu ke bagian daerah yang sering dilewati oleh tikus. Saat melewatinya, tikus akan merasa terganggu dengan aromanya dan akan segera pergi jauh dari rumahmu.

12. Daun Salam

aceh.tribunnews.com

Daun salam memiliki kandungan alami yang dapat membuat tikus keracunan saat memakannya. Sifat tikus yang suka memakan apa saja dapat kamu manfaatkan dengan cara mengusir tikus satu ini. Coba letakkan beberapa daun salam pada area yang sering dilalui tikus. Tambahkan juga beberapa potong makanan lezat lainnya agar tikus lebih tertarik.

Akan tetapi, reaksinya tidak terjadi secara langsung. Saat tikus memakan daun salam, ia akan mulai merasa keracunan dan pergi mencari jalan keluar dari rumahmu karena merasa rumahmu tidak aman bagi mereka. Ajaibnya, daun salam ini juga bisa kamu pakai sebagai cara membasmi rayap di rumah, lho!

13. Kulit Telur

hijaudaun.net

Setelah selesai memasak telur, jangan langsung buang kulitnya, karena kulit telur dapat dimanfaatkan sebagai cara mengusi tikus di rumahmu. Coba tumbuk atau hancurkan kulit telur sampai halus menjadi bubuk, kemudian sebarkan bubuk kulit telur tersebut ke tempat yang sering dilewati tikus.

Saat tikus terkena bubuk kulit telur, ia akan segera lari dan pergi dari rumahmu. Tak hanya tikus saja, cara mengusir tikus ini juga bisa dijadikan sebagai cara membasmi kecoa dan semut dari rumahmu, lho!

14. Bubuk Kopi

pergikuliner.com

Apakah kamu seorang pecinta kopi? Selain nikmat untuk diminum, ternyata bubuk kopi dapat dimanfaatkan sebagai cara mengusir tikus, lho!

Kamu bisa coba cara mengusir tikus ini dengan menaburkan bubuk kopi ke daerah yang menjadi sarang tikus. Dengan demikian, tikus akan segera pergi. Untuk hasil yang lebih maksimal, coba bungkus bubuk kopi atau biji kopi menggunakan kain dan gantungkan pada beberapa sudut rumah. Tak hanya ampuh mengusir tikus, rumahmu juga jadi wangi seperti menggunakan pewangi ruangan.

15. Minyak Peppermint Alami

atsirich.com

Cara mengusir tikus dengan bahan alami yang terakhir adalah menggunakan minyak peppermint. Aromanya yang menyengat akan membuat tikus terganggu dan tidak tahan berada di dalam rumahmu.

Untuk menerapkan cara mengusir tikus ini, kamu hanya perlu mengoleskan minyak peppermint pada sebuah kain atau kapas, kemudian letakkan pada bagian rumah yang sering dilalui tikus. Tak hanya bermanfaat untuk mengusir tikus, aroma minyak peppermint ini juga mampu membuat rumahmu jadi lebih wangi dan segar.

Setelah mengetahui cara mengusir tikus dengan bahan-bahan alami di atas, cara mana yang ingin kamu terapkan terlebih dahulu? Selamat mencoba!

Kesulitan mencari furnitur berkualitas untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual kursi makan, meja, sofa, dan lemari pakaian dengan beragam model. Ada juga aneka jenis kasur untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur King Koil, Guhdo, Elite, The Luxe, dan merek-merek kasur terkenal lainnya.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan aneka properti di berbagai daerah yang strategis dan sedang berkembang, lho seperti rumah dijual di Jakarta Barat, rumah baru di Depok, atau apartemen baru di Tangerang. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!