Kepikiran suasana baru untuk interior design rumah kamu, tapi tidak ingin yang mainstream? Cobalah menata interior rumah milikmu dengan warna hitam.

Kenapa warna hitam untuk interior rumah? Hitam dianggap sebagai warna yang dalam dan menciptakan suasana yang tenang. Karena pada dasarnya hitam merupakan warna netral dan universal, sehingga mudah untuk dikombinasikan dengan berbagai warna lain. Hitam selalu dikaitkan dengan ruangan yang sempit, padahal sebetulnya warna hitam bisa menciptakan efek tak terbatas pada ruangan, kok bisa?

Simak jawabannya di 10 trik menata interior rumah serba warna hitam ala Kania yang bisa kamu terapkan berikut!

Berikan Aksen Hitam Pada Interior Rumah

homedesignlover.com

Selain memilih untuk mewarnai dinding menjadi hitam. Kamu bisa memanfaatkan furnitur lainnya untuk interior rumahmu. Pilihlah furniture warna hitam yang akan menjadi sebuah aksen yang menonjol pada interior rumah.

Beberapa furnitur yang dapat kamu andalkan adalah kursi berwarna hitam dengan gaya unik atau meja makan bergaya minimalis. Memberi aksen lewat furnitur diharapkan dapat membangkitkan suasana pada interior rumah kamu.

Buatlah Ruang Kecilmu Terlihat Outstanding Dengan Interior Rumah Warna Hitam

cdn.decoist.com

Khawatir membuat ruangan kecil terlihat lebih besar? Ditambah menata interior rumah dengan warna hitam, mana mungkin bisa? Padahal, interior rumah yang gelap membuat ruanganmu terlihat tidak memiliki batasan atau garis-garis. Beri cat warna hitam pada ceiling kamu, warnai secara keseluruhan sampai tidak ada garis yang membatasi antar tembok dan ceiling. Secara tidak langsung, ceiling rumahmu terlihat lebih tinggi.

Tambahkan Kesan Dramatis Lewat Interior Rumah Warna Hitam

gen4congress.com

Interior rumah lain yang bisa kamu manfaatkan adalah bagian desain lantai. Mengapa memilih desain lantai berwarna hitam? Lantai yang berwarna hitam dapat menutupi kecacatan pada lantai, membantu mengurangi biaya perawatan lantai, dan menciptakan kesan dramatik. Namun, pastikan juga agar furnitur yang kamu gunakan juga senada dengan lantai berwarna hitam, seperti kursi, meja, atau rak tv dengan nuansa hitam putih.

Salah satu material yang bisa kamu manfaatkan adalah lantai kayu yang kamu cat dengan warna hitam. Warna gelap pada lantai akan memberikan kesan hangat dan tenang pada rumah. Atau kamu juga bisa memilih batu granit sebagai material lantai rumahmu.

Campuran Hitam Dengan Warna Lain Untuk Interior Rumah

sophierobinson.co.uk

Menata interior rumah serba hitam bukan berarti kamu tidak menggunakan warna cat rumah minimalis lain, ya. Kamu bisa mengombinasikan warna lain seperti putih, abu-abu atau warna terang lainnya. Misalnya, kamu bisa menambahkan warna biru pada cat warna hitam.

Perpaduan kedua warna tersebut akan menciptakan midnight-blue tone atau warna biru gelap. Hasilnya akan menaikkan intensitas pada interior rumah. Kamu bisa menerapkannya pada interior rumah seperti kamar ganti.

Manfaatkan Koleksi Seni atau Kumpulan Foto Untuk Memperindah Interior Rumah

cdn.decoist.com

Jika kamu memutuskan untuk memiliki tembok berwarna hitam. Kamu dapat menambahkan beberapa hiasan dinding, koleksi seni milikmu, atau koleksi bingkai fotomu untuk melengkapi keindahan tembokmu. Kamu juga dapat menyelaraskan koleksi seni berfitur monokromatik atau pahatan pada dinding.

Baca Juga: 12 Tips Kolase Bingkai Foto yang Membawa Kamu Bernostalgia

Bagi kamu yang menginginkan interior rumah bernuansa elegan sekaligus memiliki koleksi seni yang ingin dipajang, kamu bisa memilih dinding warna hitam untuk membangun suasan interior rumah.

Tangga Sebagai Fokus Interior Rumah

hgtvhome.sndimg.com

Rumahmu berlantai dua? Kamu bisa mencoba trik ini. Cobalah mewarnai tanggamu dengan warna hitam. Tangga yang berwana hitam membuat sebuah garis pada ruangan. Sehingga ketika melihat ke ruangan, mata seseorang akan tertuju pada tangga. Dan menyadarkan orang yang melihat bahwa rumah anda memiliki dua lantai.

Kamu bisa memadukan warna hitam pada desain pegangan railing tangga dan memakai warna lain atau material lain pada anak tangga. Misalkan pegangan tanggamu terbuat dari besi, kamu bisa mewarnainya dengan hitam. Perpaduan tersebut akan terlihat mengagumkan pada interior rumahmu.

Pintu Warna Hitam Untuk Interior Rumah Kenapa Tidak?

img.archiexpo.com

Setiap ruangan bisa menggunakan sentuhan refleksi, apalagi jika elemen lainnya bertekstur atau netral. Cermin adalah salah satu solusinya. Namun pintu berwarna hitam mengkilap adalah cara yang lain.

Setelah mewarnai pintu, gunakan finishing satin agar memberikan efek sedikit mengkilap saat tertimpa cahaya matahari. Warna kontras dari pintu menarik perhatian, memberikan ketajaman, serta membuat langit-langit rendah terlihat lebih tinggi. Trik ini membuat pintu hitam sangat berguna di ruang bawah tanah atau ruangan yang memiliki langit-langit rendah.

Memasang Wallpaper Corak Hitam Pada Dinding

houseofphy.com

Agar ruanganmu tidak terlihat kaku alias kekinian. Kamu bisa mencoba memasang wallpaper dinding yang memiliki ilustrasi sesuai dengan seleramu. Wallpaper dinding bermotif dengan ilustrasi atau corak merupakan salah satu cara agar kamu interior rumahmu terlihat lebih berseni.

Sebetulnya ada dua cara untuk membuat dindingmu terlihat trendi, yaitu dengan wallpaper dinding dan mural. Kamu bisa menggambar ilustrasi pada wallpaper dinding sehingga memperkaya interior rumah kamu. Namun jika kamu tidak dapat membuat ilustrasi dalam cakupan luas seperti dinding, pilihlah wallpaper.

Ilustrasi warna hitam adalah pilihan terbaik untuk kamu yang ingin memiliki interior rumah yang terlihat mempesona. Karena warna hitam memang kental dengan nuansa dramatik. Dijamin interior rumahmu akan terlihat mempesona!

Bingkai Pemandangan Dengan Garis Jendela Pada Interior Rumah

homedit.com

Kamu bisa mengaplikasikan cat warna hitam pada garis jendela. Garis jendela dengan warna hitam membantu memfokuskan pandangan mata pada pemandangan luar rumah. Supaya tidak terkesan monoton, padukan dengan furnitur dan dekorasi di dalam ruangan yang berwarna netral, seperti sofa putih atau karpet cokelat. Dengan demikian, garis jendela warna hitam pun akan terlihat lebih menonjol.

Percantik Interior Rumah Dengan Keramik

ceramicplanet.co.uk

Selain mengaplikasikan cat rumah dan wallpaper, kamu bisa menggunakan keramik dapur sebagai pelapis dindingmu. Terutama cocok untuk bagian dapur kamu. Pada dasarnya keramik tahan dengan hawa panas dan dapat dibersihkan dengan mudah. Ditambah dengan warna hitam, dijamin interior rumah satu ini akan memudahkanmu dalam perawatan dapur. Sulap dapurmu terlihat berkelas seperti dapur restoran mewah!

Sudah siap mendesain rumah serba hitam? Jangan lupa lengkapi kebutuhan desain interiormu bersama Dekoruma, ya! Dekoruma jual rak sepatu, sofa, kursi malas, rak dinding, lemari, dan aneka furnitur lainnya dengan beragam model dan ukuran.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual Serta, King Koil, dan merek kasur lainnya untuk memberikan kenyamanan maksimal saat kamu tidur. Ada juga spring bed Dunlopillo dan Lady Americana. Yuk, cari keperluan rumahmu di Dekoruma!