Banyak keluarga muda yang tinggal di perkotaan memiliki lahan terbatas untuk rumah mereka. Menciptakan dekorasi rumah kecil agar tetap terlihat cantik dan nyaman untuk ditinggali jadi gampang-gampang susah. Keterbatasan ukuran dan jumlah ruang membuat dekorasi rumah kecil perlu memerhatikan beberapa hal agar dekorasi rumah kecil tidak terkesan sumpek dan membosankan.

Bagi kamu yang sedang mencari ide untuk dekorasi rumah kecil, kamu harus pandai membuat konsep supaya tidak melakukan kesalahan saat melakukan dekorasi rumah kecil. Sebaiknya kita simak dulu yuk, apa saja sih 8 kesalahan umum pada dekorasi rumah kecil berikut ini?

1. Tidak Memiliki Konsep yang Jelas

fthmb.tqn.com

Konsep yang jelas adalah satu hal paling penting sebelum mendekorasi rumah, terlebih lagi pada dekorasi rumah kecil. Sebelum melakukan banyak hal pada dekorasi rumah kecil, seperti memilih warna cat rumah atau memilih furniture terbaik, kita sebaiknya mengukur terlebih dahulu luas ruangan dan mengalokasikannya untuk fungsi yang tepat. Kamar tidur, dapur, toilet, ruang kerja semuanya sesuai dengan luas yang diperlukan.

Jika kamu bingung merancang dekorasi rumah kecil, berkonsultasilah pada mereka yang ahli, misalnya, seperti pada tim jasa design and build interior dekoruma—sehingga kamu bisa mendapatkan konsep yang cocok dan penghitungan yang tepat. Kamu juga bisa mencari referensi lewat internet.

2. Mengabaikan Cahaya Matahari

interiordesignexplained.com

Jangan pernah menghalangi sorot sinar matahari pada dekorasi rumah kecil. Supaya tidak terlalu menyilaukan, pasanglah tirai atau gorden tipis pada jendela, jangan biarkan dekorasi rumah kecil punyamu minim pencahayaan sehingga tampak suram. Hal ini juga bisa membuat kamu lebih hemat listrik di siang hari lho.

Agar dekorasi rumah kecil terasa lebih luas, kamu bisa memasang sebuah cermin di seberang jendela untuk menyebarkan dan memantulkan cahaya. Ada beberapa trik dalam pemasangan cermin yang dapat membuat dekorasi rumah kecil lebih menarik.

dreamwallsglass.com

Cermin pada backsplash membuat dapur lebih lapang, memasang cermin di seberang furnitur membuat pantulan permukaan jadi lebih menawan, sedangkan cermin besar pada dinding membuat ilusi jendela tambahan yang menjadi dekorasi rumah kecil.

3. Kesalahan Pada Corak dan Perpaduan Warna

tamaramagel.com

Seringkali kita berpikir bahwa dekorasi rumah kecil harus didominasi warna putih. Dekorasi rumah kecil yang terasa lapang tidak perlu jadi membosankan. Kamu bisa mengaplikasikan pilihan wallpaper dinding yang kreatif. Tapi, pastikan wallpaper itu tidak berbenturan warnanya dengan interior rumahmu ya.

4. Kesalahan dalam Pemilihan Furnitur

davidappalachiancrafts.com

Memilih banyak furnitur berukuran kecil justru dapat membuat dekorasi rumah kecil milikmu tampak sesak. Ini adalah kesalahan menata ruang tamu kecil yang biasa dilakukan pemula. Jika kamu memiliki ruangan-ruangan beratap tinggi, jangan ragu untuk menempatkan sebuah lemari besar yang tinggi, hal ini justru akan membuat ruangan tampil luas.

Di sisi lain, pilihlah furnitur multifungsi pada dekorasi rumah kecil milikmu. Misalnya, kamu bisa memilih rak TV yang memiliki banyak slot untuk menampung aksesoris ruang tamu, majalah, bahkan vas bunga. Jangan salah, meja TV sebetulnya serbaguna lho!

5. Memasang Hiasan Dinding di Sembarang Tempat

images.pier1.com

Hiasan dinding yang cantik sebenarnya dapat memperindah dekorasi rumah kecil. Namun bukan berarti hal tersebut bisa dilakukan pada semua sisi. Tempatkan saja sebuah lukisan atau kolase bingkai foto besar di salah satu sisi dinding untuk mempermanis dekorasi rumah kecil milikmu. Jika kamu punya beberapa ornamen hias, gantungkan pada salah satu sisi atas dinding dan jangan tempatkan terlalu rendah.

Di samping itu, Jangan menggantungkan lukisan kecil-kecil atau kolase foto pada setiap sisi, terutama jika foto atau lukisan tersebut tidak memiliki keseragaman tema.

6. Tidak Berani Tampil Mewah

drinkbaar.com

Jangan berpikir bahwa dekorasi rumah kecil harus tampil sederhana, justru kemewahan bisa membuat dekorasi rumah kecil milikmu tampak elegan dan luar biasa. Kamu bisa memasang pernak-pernik perak pada langit-langit juga membuat ruangan tampak lebih cerah. Jangan lupakan juga lantaimu, karpet merah tebal bisa membuat dekorasi rumah kecil tampil menawan. Untuk kegiatan bersantai, kamu bisa memasang TV layar datar pada ketinggian yang tepat.

Satu lagi, jika kamu ingin ruang tamu terlihat lebih elegan dengan kehadiran sofa, maka pilihlah ukuran sofa yang tidak terlalu besar. Tempatkan sofa merapat pada dinding agar ruang tamu tidak terbagi-bagi dan malah menimbulkan kesan sempit. Kamu juga masih bisa menambahkan bantal sofa atau cushion, pilih saja berukuran kecil sebanyak dua atau tiga buah. Cushion berukuran besar bisa membuat sofa mungilmu terasa sempit.

7. Tidak Mengkolaborasikan Ruang-Ruang

sddvy.com

Jika rumahmu memiliki ruang-ruang yang saling berdekatan, maka kolaborasikan antar ruang dengan warna, konsep furnitur, dan dekorasi yang senada. Hal ini membuat dekorasi rumah kecil milikmu tampak mengalir dan tidak terkotak-kotak.

Kamu bisa menambahkan karpet pada tiap-tiap ruang dengan warna-warna cerah. Untuk menghindari kesan terlalu penuh pada dekorasi rumah kecil, pilih karpet dengan motif besar namun simpel.

8. Melewatkan Customized Furniture

cdn.home-designing.com

Jika kamu ingin membuat dekorasi rumah kecil pada tampilan dan ukuran yang paling pas, jangan sampai pernah melewatkan customized furniture. Apa sih costumized furniture? Customzed furniture yaitu furnitur yang dapat kamu pesan agar sesuai dengan kebutuhan dekorasi rumah kecil milikmu.

Daripada kamu bingung mencari furnitur yang cocok dengan dekorasi rumah kecil punyamu, tidak ada salahnya kan jika kamu memesan furnitur sesuai keinginanmu.

Nantinya dekorasi rumah kecil milikmu pun tidak akan tampak pasaran. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah pilih penyedia yang teruji memberikan kualitas yang baik juga berapa besar anggaran yang perlu kamu sediakan. Kabar baik buatmu, dekoruma menyediakan jasa lemari custom lho!

Sekarang kamu sudah tahu kan kesalahan apa saja yang tidak boleh dibuat saat melakukan dekorasi rumah kecil? Jangan lupa untuk merancangnya dengan matang terlebih dahulu ya, agar dekorasi rumah kecil milikmu bisa nyaman untuk dihuni.

Kesulitan mencari furnitur yang tepat untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual sofa minimalis, kursi makan, lemari, rak display, dan side table yang pastinya siap menghidupkan suasana rumahmu.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual jam dinding, karpet, cermin, bingkai foto, dan aneka dekorasi menarik lainnya. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!