Alami, indah dan nyaman. Taman belakang rumah adalah tempat paling ideal bagi kamu yang ingin bersantai tanpa keluar rumah. Tak hanya untuk bersantai sendiri, taman ini bahkan bisa dijadikan tempat untuk berkumpul bersama keluarga besar atau teman-teman.

Kalau kamu masih ragu soal membangun taman rumah, ini saatnya menetapkan pilihan untuk membangun taman tersebut. Tak perlu yang terlalu rumit—lahan yang tidak terpakai pun bisa dengan mudah kamu sulap menjadi taman belakang rumah keren. Berbagai desain pun bisa kamu pilih untuk menyesuaikan dengan ukuran lahan, lokasi tempat tinggal, serta bujet yang tersedia. Desain taman belakang apa saja yang bisa jadi pilihanmu?

Kolam ikan kecil dengan aksen batu alam

Apa kamu merupakan penggemar desain kolam ikan minimalis? Berikut ini ada desain taman belakang rumah yang memanfaatkan elemen air dari kolam ikan minimalis. Desain kolam ikan minimalis yang dihias dengan batu alam akan menambah nuansa alami.

Udara di taman belakang rumah pun menjadi lebih sejuk dengan adanya kolam. Agar taman belakang rumah tampak lebih berwarna, kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias yang tumbuh di air, seperti lotus dan teratai.

russwittmann.com

Memiliki kolam ikan di taman belakang rumah memang membutuhkan kerajinan dan ketelatenan, karena baik ikan maupun tumbuhan di sana perlu dijaga keberlangsungan hidupnya. Tapi memiliki kolam ikan juga banyak manfaatnya lho! Misalnya, kolam ikan koi mempunyai manfaat rahasia untukmu. Oleh karena itu, taman belakang rumah dengan kolam ikan akan cocok jika kamu termasuk seseorang yang apik.

Jalan setapak bebatuan sebagai pelengkap taman belakang rumah

pinterest.com

Pecinta gaya klasik dan simpel? Desain ini bisa kamu jadikan salah satu pilihan utama. Pada umumnya, taman belakang rumah dipenuhi dengan berbagai jenis tanaman, mulai dari bunga-bunga yang cantik seperti bunga tabebuya, pohon buah seperti mangga, hingga herbs untuk bahan masakan. Menambahkan jalan setapak dari bebatuan akan menambah nuansa sejuk dan alami pada taman belakang rumah.

Sisa-sisa bebatuan tersebut juga bisa kamu gunakan sebagai pembatas antar jenis tanaman. Selain praktis, bebatuan akan mempercantik taman belakang rumah karena komposisi warna alami menjadi lebih beragam.

Dek kayu yang modern dan minimalis

pinterest.com

Ciptakan taman belakang rumah unik dengan desain yang satu ini. Dek kayu akan menjadi pelengkap yang cantik jika rumahmu memiliki gaya minimalis. Pilih warna kayu gelap untuk menonjolkan kesan modern. Seperti teras mengapung, dek kayu di taman belakang rumah akan memberikan sentuhan baru yang menarik bagi rumahmu.

Tidak perlu khawatir jika lahanmu sempit. Dek kayu tidak membutuhkan ruang yang besar, kok. Sebaliknya, dek kayu yang disusun horizontal justru akan membuat taman belakang rumah tampak lebih lapang. Jangan lupa lengkapi juga dengan beberapa kursi teras atau kursi malas untuk bersantai!

Area bermain untuk anak

Jika di rumahmu ada anak kecil, mungkin kamu bisa mempertimbangkan membangun taman belakang rumah yang dilengkapi dengan area bermain anak.  Nggak usah mewah, desain taman bermain anak sederhana yang penuh dengan hal favoritnya juga sudah cukup kok. Peralatan untuk kegiatan luar ruangan yang aman seperti ayunan, kolam pasir dan papan jingkat bisa dijadikan pilihan.

lionlawns.co.uk

Adanya area bermain untuk anak juga akan menjadikan taman belakang rumah tempat yang menyenangkan untuk pesta ulang tahun anak atau kegiatan berkumpul keluarga besar. Bayangkan taman belakang rumah yang asri dengan dekorasi ulang tahun anak memukau, siapa yang tidak suka?

Tak hanya itu, peralatan bermain yang seringkali dicat dengan warna-warna terang bisa membuat taman belakang rumah lebih hidup dan segar, lho!

Taman belakang rumah dengan teras dan lampu gantung

Di lahan yang tak terpakai, kamu bisa membangun teras tambahan sebagai area bersantai. Karena terpisah dari bangunan utama, kamu bisa berkreasi dengan teras ini sesuai seleramu.

landscapelightingguru.com

Tanam pepohonan dan juga tambahkan tanaman hijau kecil di sekeliling teras agar kamu bisa bersantai di pagi dan sore hari dengan suasana alami. Sementara untuk mempercantik teras di malam hari, kamu bisa menambahkan lampu-lampu hias kecil yang digantung di atas teras. Nuansa hangat dan homey yang tercipta akan membuatmu merasa betah bersantai di taman belakang rumah.

Lilin dalam wadah kaca tak terpakai

Botol atau gelas kaca yang sudah tak terpakai juga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik taman belakang rumah lho. Karena pemanfaatan wadah kaca ini bisa dibuat sendiri, kamu bisa fleksibel dalam desain dan tempat pemasangannya. Digantung di pagar? Diletakkan di pinggir jalan setapak di taman? Kamu bahkan bisa memindahkannya sesuai selera.

diycozyhome.com

Lilin dalam wadah kaca akan yang menyerupai lentera ini memberikan sentuhan vintage. Wadah kaca yang transparan memberikan kesan vintage yang lembut dan elegan, sedangkan wadah kaca yang berwarna akan membuat taman belakang rumah terlihat lebih playful. Jika kamu tertarik pada hal-hal artistik dan personal, desain taman belakang rumah seperti ini merupakan pilihan yang tepat.

Menambahkan air mancur pada taman belakang rumah

Ingin menekankan suasana alami di taman belakang rumah? Yuk, manfaatkan lahan tak terpakai dan teko bekas untuk membuat air mancur. Trik yang mengedepankan tema rustic ini akan memperkuat nuansa alami di taman belakang rumah dengan suara gemercik airnya.

waterfeaturesgalore.com.au

Tanam tumbuhan hijau atau aneka bunga seperti bunga sepatu di sekeliling air mancur untuk memadukan nuansa rustic dan alami. Desain taman belakang rumah yang satu ini akan membuatmu merasa betah bersantai di taman belakang rumah.

Planter pot warna-warni yang unik

Kalau bunga yang berwarna-warni sudah sering ditemui di taman belakang rumah orang, lain halnya dengan planter warna-warni. Manfaatkan barang-barang bekas seperti ban, mangkuk, atau bahkan tempat nasi sebagai tempat menanam bunga atau tanaman lain. Ini juga bisa menjadi salah satu alternatif dari dekorasi taman rumah yang kreatif.

clicknorder.pk

Untuk memperindah barang-barang bekas tersebut, kamu bisa mengecat, melukis atau menghias permukaannya dengan warna-warna yang kamu inginkan. Dengan demikian, tampilan taman belakang rumah pun akan jadi lebih menarik.

Planter warna-warni ini bisa digantung, diletakkan di lantai teras, atau disusun di permukaan taman. Selain mempercantik taman belakang rumah dengan warna-warna yang indah, planter pot ini juga sangat fungsional dan hemat biaya.

Pergola kayu untuk kesan santai namun elegan

Pergola adalah salah satu jenis gazebo dengan ciri khas papan kayu yang bersilangan di langit-langitnya. Biasa dibangun di taman belakang rumah, pergola bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menyukai desain-desain simpel namun terlihat elegan.

pin-insta-decor.com

Pergola merupakan tempat yang ideal untuk bersantai di sore hari. Dengan desain ini, kamu bisa merasakan angin yang sepoi-sepoi, udara segar di sekitar pepohonan dan tetap terlindungi dari silaunya sinar matahari di taman belakang rumah. Bukan cuma pergola, ada banyak kok desain gazebo lain yang bisa kamu pilih!

Hammock yang dilengkapi dengan bantal

cdn.gardenloversclub.com

Apalagi yang bisa memberikan suasana santai selain hammock? Tanpa perlu ke pantai atau pegunungan terlebih dahulu, hammock yang digantung di taman belakang rumah pun bisa menjadi spot bersantai favoritmu. Jika tidak ada pohon untuk menggantungnya, DIY hammock stand juga tidak sulit, kok. Tambahkan pula bantal-bantal dekorasi yang lucu untuk menemanimu bersantai.

Bagaimana? Apakah dekorasi di atas bisa meyakinkanmu untuk membuat taman belakang rumah? Jangan lupa baca juga artikel dengan inspirasi menarik lainnya dari Dekoruma, ya!

Sedang mencari kasur baru untuk kamar tidurmu? Kamu bisa menemukan aneka jenis kasur dari beragam merek ternama di Dekoruma lho! Dekoruma jual kasur Comforta, Airland, dan King Koil yang pastinya siap membuat tidurmu jadi makin nyenyak.

Selain kasur, ragam furnitur juga bisa kamu temukan di Dekoruma. Dekoruma jual Pro Design dan Heim Studio, dua merek furnitur ternama yang memiliki kualitas terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!