Agar ruangan tampak lebih luas, pengaturan warna dan furnitur saja terkadang tidak cukup. Setiap ruangan kecil akan tampak lebih lapang jika mendapatkan pencahayaan yang terang. Baik secara alami maupun buatan, cahaya yang terang akan memberikan kesan terbuka yang tentu saja membuat ruangan lebih lapang. Untuk cahaya buatan, lampu downlight bisa dijadikan pilihan untuk menyiasati ruangan yang sempit ini.

Jenis lampu ini biasanya digunakan untuk pencahayaan utama di rumah atau yang dikenal dengan istilah ambient lighting. Keunggulan menggunakan lampu downlight adalah pemasangan lampu ini tersembunyi di dinding atau plafon, sehingga tidak memakan space ekstra dan justru membuat rumah terlihat lebih lapang. Tetapi sebelum memasang lampu downlight, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

Pilih lampu downlight LED

babaloocafe.net

Ada beberapa jenis bohlam yang bisa digunakan dalam pemasangan lampu downlight, tetapi yang paling disarankan adalah jenis LED, seperti GU10 LED atau MR16 LED. Hindari penggunaan bohlam jenis halogen karena dikenal sangat tidak efisien.

Lampu LED model downlight mudah dipasang, sehingga kamu tidak perlu melakukan penyesuaian yang terlalu rumit ketika merenovasi plafon rumah. Selain itu, lampu ini juga memiliki tingkat pencahayaan yang bervariasi yang bisa disesuaikan dengan fungsi masing-masing ruangan.

Di samping itu, lampu downlight LED juga tidak memakan banyak energi, menjadikannya solusi dobel bagi kamu yang mencari cara mengatasi masalah ruang yang sempit dan biaya listrik yang tinggi.  Meski begitu, lampu LED harus rajin dirawat ya.

Tata pencahayaan lampu downlight agar menyebar ke seluruh ruangan

luxurybusla.com

Untuk membuat ruangan di rumahmu tampak lebih lapang, satu lampu downlight saja tidak cukup. Ini karena cahaya yang dihasilkan dari satu lampu hanya akan menyorot satu area ruangan saja, sehingga efek yang dihasilkan malah membuat ruangan tampak agak penuh. Sebagai gantinya, kamu bisa coba memasang beberapa lampu downlight dengan pola yang merata. Cahaya yang menyebar ke seluruh ruangan ini membuat ruangan tampak lebih luas.

Akan tetapi, memasang konstelasi lampu downlight juga tidak bisa sembarangan. Jika terlalu sporadis, cahaya yang dihasilkan akan berantakan. Sebaliknya, jika terlalu tertata dan simetris, pencahayaan rumahmu akan terlihat seperti pencahayaan di bandara.

Trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat skema pencahayaan lampu downlight yang bervariasi antara lampu plafon dan lampu dinding. Hasilnya, semua area ruangan akan terang dan tidak ada lagi spot gelap.

Gunakan teknik wall-washing untuk memberikan efek lampu downlight yang dramatis

purelighting.com

Teknik wall-washing bisa dengan mudah dilakukan dengan membuat fokus cahaya lampu downlight pada beberapa fitur ruangan. Salah satu caranya adalah dengan mengarahkan cahaya lampu downlight ke dinding, yang tak hanya bisa membuat ruangan terkesan lebih rapi, tetapi juga menyebarkan cahaya secara merata di dinding dan lorong rumah yang sempit.

Dengan cara ini, akan tercipta ilusi ruang yang lebih luas dan kamu pun bisa sekaligus memamerkan aspek ruangan yang menarik, seperti lukisan, kolase bingkai foto favorit, atau permadani yang dipajang di dinding.

cdn.remodelista.com

Agar teknik wall-washing ini dapat menciptakan efek yang sempurna, jarak pemasangan lampu downlight  perlu diatur dengan tepat. Jarak pemasangan yang dimaksud ini adalah jarak antara dinding dan lampu downlight dan jarak antar satu lampu dan lainnya.

Untuk plafon dengan tinggi mencapai 3 meter, pasang lampu downlight sekitar 1 meter dari dinding dan 1 meter pula antar satu lampu dengan yang lainnya. Sedangkan untuk plafon yang tingginya lebih dari 3 meter, jarak yang direkomendasikan adalah 1,5 meter. Jarak ini bertujuan agar sorotan cahaya di dinding saling tumpang tindih dan dapat menjadi ambient light.

Pilih trim yang sesuai dengan ruangan dan cahaya lampu downlight yang diinginkan

media.licdn.com

Lampu downlight membuat ruangan tampak lebih lapang. Salah satu cara untuk mendapatkan efek ini bisa dimulai dengan memilih jenis trim yang sesuai. Trim sendiri merupakan bagian lampu downlight yang tampak dari dalam ruangan yang menentukan diameter lubang di plafon.

Jenis trim lampu downlight yang bermacam-macam didesain untuk menyesuaikan dengan tipe-tipe rumah yang ada dan pencahayaan yang diinginkan masing-masing orang. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk menentukan pencahayaan yang kamu inginkan, juga memilih lampu yang tepat.

images.lowes.ca

Kalau kamu ingin memasang lampu downlight dengan teknik wall-washing, ada trim khusus yang bisa kamu pilih. Trim ini merupakan kombinasi antara reflektor directional dan lightscoop yang dapat menyorot cahaya langsung ke dinding. Selain wall-washed trim, eyeball trim juga merupakan pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Trim ini cocok untuk lampu downlight yang dipasang di rumah dengan plafon miring.

Gunakan teknik grazing dengan lampu downlight untuk menambah tekstur dinding

cdn.homedsgn.com

Wall-washing adalah salah satu teknik pemasangan lampu downlight paling umum yang digunakan. Efeknya yang bisa memberikan ilusi dinding yang lebih lebar di permukaan yang vertikal. Namun, bagi kamu yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda, teknik grazing adalah salah satu pilihan terbaik.

Teknik grazing pada pemasangan lampu downlight bertujuan untuk menonjolkan tekstur dinding, khususnya jika dindingmu terbuat dari material batu bata atau kayu. Untuk efek ini, jarak pemasangan antara lampu dan dinding bisa lebih dekat dibandingkan jika menggunakan teknik wall-washing. Buat layer pencahayaan dengan berbagai tipe lampu downlight, seperti cove lighting, atau under-cabinet light. Teknik ini mencegah adanya area gelap yang membuat ruangan terasa sempit.

Pastikan lampu downlight juga dipasang di sudut ruangan

ledsuniverse.com

Selain memastikan agar lampu downlight dipasang secara merata di plafon ruangan, kamu juga perlu memperhatikan pencahayaan di sudut ruangan. Pencahayaan yang biasanya hanya berfokus pada tengah ruangan membuat sudut-sudutnya terlihat suram dan ruangan terasa lebih sempit. Sebaliknya, jika pemasangan lampu downlight tersebar merata hingga ke bagian sudutnya, ruangan akan tampak lebih lapang.

Built-in spotlight merupakan salah satu lampu paling mudah dipasang untuk plafon sudut ruangan. Keunggulan lainnya, tipe lampu downlight yang satu ini akan membuat plafon rendah tampak lebih tinggi. Cahaya yang dihasilkan berfokus pada bagian bawah ruangan, yang menyebabkan bagian atasnya terlihat samar.

pinterest.com

Sebenarnya, ada banyak trik pencahayaan yang bisa dilakukan agar ruangan yang sempit tampak lebih lapang. Misalnya pencahayaan yang menyorot langsung ke dinding dapat memperluas batas ruangan. Atau, menggunakan lampu dinding kecil dan tidak mencolok dapat menghemat penggunaan ruang. Tetapi agar kedua trik ini bisa dilakukan sekaligus, lampu downlight merupakan solusinya.

Baca Juga: 12 Inspirasi Lampu Gantung Minimalis ala Cafe yang Berkelas!

Tidak seperti jenis lampu lain yang biasanya memberikan sentuhan baru, tapi menghilangkan karakteristik ruangan yang lama, lampu downlight justru akan memperkuat style ruangan. Rumahmu terlihat lebih artistik tanpa ada elemen yang harus hilang. Jadi, lampu downlight seperti apa yang ingin kamu pasang di rumah?

Kamu butuh kasur baru untuk menemani tidur nyenyakmu? Temukan ragam jenis kasur berkualitas dengan merek-merek terkenal hanya di Dekoruma! Dekoruma jual kasur Alga, King Koil, The Luxe, Comforta, dan Serta.

Bagi kamu yang justru sedang mencari tempat tinggal baru, kamu bisa menemukannya melalui Dekoruma Properti! Ada banyak pilihan hunian dengan harga terbaik di dalam perumahan yang nyaman dan berfasilitas lengkap, seperti perumahan baru di Depok, Jakarta Barat, Bekasi, dan daerah lainnya yang sedang berkembang.


Nah, kalau sudah menghuni rumah baru, tapi kamu kesulitan dalam mewujudkan desain rumah impian, Dekoruma juga siap membantu, lho! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan bersama Dekoruma. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build interior Dekoruma! 🙂