Saat memiliki rumah baru, hal yang paling menarik adalah memikirkan tata ruang rumah yang sesuai dengan keinginan kita. Beragam katalog dan rekomendasi desainer soal tata ruang rumah pun kita simak. Beragam desain dan style tata ruang rumah biasanya menggugah keinginan kita untuk mengaplikasikannya pada rumah kita sendiri. Namun, bukan hanya keindahan, tata ruang rumah juga harus mempertimbangkan ukuran dan kebutuhan.

Sebagai pemula yang minim akan pengetahuan mengenai tata ruang rumah, sebaiknya berhati-hati dalam menentukan desain yang pas untuk tata ruang rumah kita. Hal ini bukan berarti membatasi ruang eksplorasi, namun bagaimana caranya agar tata ruang rumah tetap cantik dengan usaha seminimal mungkin. Jadi, sebelum melakukan tata ruang rumah, yuk ketahui lebih dulu 7 kesalahan fatal pemula soal tata ruang rumah berikut ini!

1. Kesalahan pada Pengecatan

homepolish.com

Ketika kamu ingin tata ruang rumah yang lebih tegas atau maskulin sekalipun, bukan berarti dinding dan furniturnya harus terpaku pada warna-warna gelap. Warna seperti putih, abu-abu, dan cokelat susu juga bisa menciptakan kesan maskulin nan elegan pada tata ruang rumah kamu. Dalam pemilihan warna cat tembok, pastikan kamu melihat hasil asli dan bukan hanya melihat katalog. Jangan sampai tata ruang rumah menjadi gagal hanya karena warna cat dinding yang tidak sesuai.

homepolish.com

Agar warna furnitur dan dinding bisa selaras, pilihlah terlebih dahulu furnitur sebelum cat dinding, akan lebih sulit menemukan warna furnitur ketimbang menemukan warna cat yang bagus untuk ruanganmu.

Jika ingin menampilkan kesan yang berbeda pada ruangan, kamu bisa memilih beberapa perpaduan warna untuk warna dinding, supaya tata ruang rumah tampak tidak monoton. Misalnya saja memilih warna-warna pastel untuk kesan hangat, atau warna-warna gelap untuk kesan yang lebih chic.

2. Tidak Percaya pada Selera Sendiri

ghk.h-cdn.co

Saat membaca majalah desain interior atau berselancar di internet dan menemukan banyak gaya tata ruang rumah yang menarik mata, bukan berarti kamu harus mencontohnya mentah-mentah. Hal ini juga berlaku pada konsep tata ruang rumah yang direkomendasikan oleh para desainer interior. Bagaimanapun, percayalah pada seleramu sendiri.

Di sisi yang sama, meski kamu akan merasa puas pada tata ruang rumah menurut seleramu, bukan berarti kamu mengabaikan seluruh saran atau contoh dari internet. Setidaknya ketahuilah tips dan trik tata ruang rumah yang sesuai dengan luas ruang dan kebutuhanmu. Tata ruang rumah yang cantik di majalah belum tentu bisa tampak sama bila diaplikasikan pada rumahmu. Kamu justru bisa memadukan saran dan konsep dari berbagai sumber jika kamu terlebih dahulu benar-benar tahu tata ruang rumah seperti apa yang kamu inginkan.

3. Salah Memilih Perabotan

medium.com

Hal yang paling penting dalam memilih perabotan adalah membeli perabot sesuai kebutuhan. Jangan membeli banyak perabot yang nggak kamu butuhkan. Tata ruang rumah yang baik mengedepankan furniture dan perabotan berkualitas yang multifungsi. Ingat, kamu bisa merugi hanya karena salah pilih furnitur!

Membeli perabotan yang salah bisa tata ruang rumah tampak sesak dan tidak proporsional. Terutama pada furnitur berukuran besar. Jika kamu memiliki desain rumah kecil, cukup berfokus pada item furniture esensial dan meminimalisir dekorasi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tata ruang rumah yang terlihat lapang.

4. Kurang Mementingkan Kenyamanan

homepolish.com

Dalam membuat konsep tata ruang rumah, kenyamanan sebuah rumah adalah hal yang paling utama. Tata ruang rumah yang baik bukan hanya cantik saat dipandang, tapi juga mendukung kegiatanmu secara optimal.

Dalam memilih furnitur, jangan melihat furnitur dari bentuk dan modelnya saja, kamu juga harus tetap mementingkan kenyamanan. Misalnya, cobalah terlebih dahulu sofa yang akan dibeli, apakah enak diduduki? Jangan lupakan penempatan furnitur sesuai fungsi ruang.

Membuat konsep ruangan juga bisa dipertimbangkan sebelum membeli furnitur, apalagi kalau kamu memiliki ruang tamu kecil.

5. Tidak Memajang Barang Seni

studio-mcgee.com

Jika kamu memiliki beberapa barang seni, biarkan mereka turut mempercantik tata ruang rumah milikmu. Tidak masalah jika ornamen-ornamen tersebut tidak saling berkaitan, justru hal ini dapat membuat tata ruang rumah semakin berwarna.

Memilih variasi hiasan dinding yang dipakai juga sangat penting lho. Baiknya, kamu mengombinasikan jenis hiasan berukuran kecil dan besar sesuai ukuran ruanganmu. Misalnya, memakai bingkai foto sebagai kolase dinding. Ornamen-ornamen hias yang kamu peroleh dari berbagai tempat juga bisa dipakai supaya tata ruang rumah milikmu terlihat unik.

6. Salah Mengatur Pencahayaan

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Dalam tata ruang rumah, jangan hanya mengandalkan satu sumber cahaya saja. Baiknya, kamu memasang beberapa lampu dalam ruangan. Memakai jenis lampu yang tepat untuk ruanganmu bisa menonjolkan kelebihan furnitur di ruangan lho. Selain itu, warna dari lampu yang dipilih juga bisa mempengaruhi kesan yg ditimbulkan.

Misalnya, pada kamar tidur, jangan menggunakan lampu yang terlalu terang. Pasanglah mood-lighting di mana intensitas cahaya bisa diatur sehingga bisa disesuaikan dengan aktivitas.

7. Tidak Ada Perpaduan antara Ruangan dan Unsur-Unsurnya

twitter.com

 

Tata ruang rumah bukan hanya soal mengatur ruangan sesuai dengan fungsi dan desainnya masing-masing. Tata ruang rumah juga soal membangun karakter yang ingin ditonjolkan oleh rumah. Maka perlu diciptakan keselarasan antara ruangan dengan furnitur serta satu ruangan dengan ruangan lainnya. Jangan sampai tiap ruang punya gaya masing-masing, hal ini justru akan menunjukkan bahwa tata ruang rumah kita tidak memiliki konsep yang jelas. Persiapkan konsep interior sebelum membeli berbagai barang atau melakukan renovasi rumah.


Setelah mengetahui 7 kesalahan fatal pemula soat tata ruang rumah di atas, kamu bisa mencegah jangan sampai melakukan kesalahan serupa. Supaya nggak ragu lagi, kamu juga bisa kok menghubungi tim desain interior Dekoruma untuk membantumu. Kira-kira seperti apa nih konsep tata ruang rumah yang mau kamu terapkan?

Temukan beragam furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Ada banyak jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual tempat tidur, lemari pakaian, kursi teras, sofa, hingga rak sepatu.

Selain furnitur, ada juga aneka perlengkapan untuk kamar mandi. Dekoruma jual closet dudukbathtub, wastafel, hingga rak penyimpanan khusus peralatan kamar mandi. Yuk, lengkapi semua kebutuhanmu bersama Dekoruma!