Kesibukkan sehari-hari dalam kantor dengan rutinitas yang monoton bisa terasa membosankan. Kantor seperti ini kurang mendukung para pekerjanya untuk lebih betah dan produktif, padahal suasana ruang kantor juga dipengaruhi desain interior. Untuk itu, diperlukan ruang kantor yang nyaman sekaligus menyenangkan.

Beberapa perusahaan telah membuat suasana yang menyenangkan dengan menggunakan desain interior ruang kantor yang keren supaya mood para pekerjanya jadi lebih baik. Berikut ini 6 desain ruang kantor perusahaan terpopuler yang ada di dunia!

1. Ruang Kantor Milik Google dengan Fasilitasnya yang Super Lengkap

thestar.com.my

Dapat dikatakan salah satu desain ruang kantor dengan konsep terbaik dan paling keren di dunia adalah milik perusahaan raksasa Google. Kantor pusat Google terletak di Mountain View, California, Amerika Serikat dan merupakan kantor terbesar yang diberi sebutan Googleplex. Perusahaan raksasa ini menerapkan konsep open space office dan menyediakan banyak fasilitas untuk menunjang seluruh karyawan Google agar bisa bekerja lebih efektif.

pinterest.com

Selain kantor pusat yang terletak di California, kantor Google yang terletak di Kuala Lumpur mengadopsi kekayaan budaya setempat. Ruang kantor untuk meeting dibangun seperti gua, lengkap dengan stalaktit, tentunya tak lupa dengan meja kerja dan kursi kantor yang nyaman. Sementara itu, café yang ada di sebelahnya dirancang dengan nuansa pantai dan hutan, lengkap dengan dedaunan.

Tidak seperti kantor pada umumnya, ruang kantor Google selalu dilengkapi dengan fasilitas unik seperti salon, ruang fitness, juga tempat tidur siang. Di sini, karyawan bebas untuk bekerja di mana pun mereka inginkan karena banyaknya ruangan yang disediakan. Karyawan pun bisa bersantai sejenak di ruang games atau berolahraga di ruang fitness.

2. Ruang Kantor Facebook yang Dibuat Menggunakan Bahan Tersisa yang Tidak Terpakai

cdn.fs.turtl.co

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Facebook merupakan jejaring sosial terbesar di dunia saat ini. Dengan besarnya perusahaan Facebook, tentunya ruang kantor juga harus mampu menampung para pekerjanya. Ditempati sejak 2012, kantor Facebook yang kini berada di Menlo Park, California, Amerika Serikat mampu menampung 2.800 pegawai Facebook.

Wah apa tidak terlalu crowded ya? Tidak, sebab gedung Facebook memiliki luas 40.000 meter persegi dan minim sekat tembok. Ruang kantor Facebook didesain oleh Frank Gehry asal Kanada, dan kantor ini dinobatkan sebagai The Largest Open Floor Plan in the World.

Interior ruang kantor Mark Zuckerberg hanya dibatasi oleh kaca yang membuatnya merasa dekat dengan karyawannya. Kemudian, kantor utama yang terletak di lantai 2 dibuat single room. Interior ruang kantor tampil dengan gaya industrial khas dengan dukungan balok-balok dan permukaan kayu lapis yang alami, sehingga terkesan cukup sederhana dan tidak mewah. Bangunan ini lebih banyak menggunakan aksen linier dan geometris dan terdiri dari konstruksi logam, beton, dan kaca.

bayyraq.com

Ruang kantor tempat dilakukannya pertemuan penting di kantor Facebook juga didesain berwarna-warni yang penuh dengan instalasi seni, di mana Facebook bekerjasama dengan 15 seniman lokal dengan maksud untuk mencerminkan fungsi Facebook sebagai media sosial. Ruang kantor ini memberi kesan style pop art.

3. Ruang Kantor LEGO yang Super Unik!

rumahhokie.com

Permainan LEGO begitu mendunia. Selain mainannya yang unik, LEGO juga memiliki ruang kantor dengan desain yang unik dan menarik. Kantor yang dibangun pada 2014 ini terletak di Trump Towers di Mecidiyekoy, Istanbul, Turki. O.S.O Architecture dengan tim Okan Bayik, Serhan Bayik dan Ozan Bayik adalah otak di balik desain kantor LEGO.

Jika kalian masuk ke ruang penerima dan ruang pertemuan kecil yang terletak dekat dengan pintu masuk dan di tengah-tengah, maka kalian akan melihat hall dan langit-langit yang didesain dengan bentuk LEGO brick. LEGO Minifigures digunakan pada dinding dan partisi kaca.

rumahhokie.com

Terdapat juga foto tahap produksi di awal dahulu digunakan pada beberapa tempat di dalam ruang kantor ini. Warna perusahaan LEGO—merah dan kuning juga digunakan di seluruh tempat, memberikan kesan pada keselarasan desain interior ruang kantornya. Pada dinding di ruang kantor yang terbuka, kalian dapat melihat panel-panel rockwool yang terletak di langit-langit dan langsung terintegrasi dengan pencahayaan. Wow!

4. Ruang Kantor Red Bull Ini Akan Memberikan Banyak Kesan Buat Kalian

inaba.us

Perusahaan minuman energi ini telah berkiprah pula di dunia olahraga seperti formula 1 atau F1. Red Bull sendiri adalah merek minuman energi ternama dengan kantor yang besar, mewah, dan terkenal di dunia karena desain ruang kantornya yang unik. Salah satu kantor Red Bull yang terletak di New York memiliki kapasitas 100 orang, yang dirancang sedemikian dinamis untuk memanjakan para pekerjanya yang sebagian besar berusia 20 hingga 30 tahunan.

architizer-prod.imgix.net

Begitu memasukinya, kalian akan terpana dengan desain ruang kantor yang modern dan futuristik. Ruang kantor tidak monoton dengan menggunakan beberapa sudut-sudut kantor, tetapi lebih dinamis menggunakan bentuk elips dan berwarna. Ruang kantor juga menggunakan banyak kaca yang memberikan kesan lapang. Model plafon dan warna koridor dibuat berbeda sehingga menciptakan kesan elegan.

5. Kerumitan Ruang Kantor Three Rings Design yang Tetap Bergaya

c8.staticflickr.com

Pernahkah kalian mendengar perusahaan Three Rings Design? Perusahaan ini adalah perusahaan pengembang game online yang berlokasi di San Fransisco. Beberapa game yang menjadi hasil karya mereka seperti Spiral Knight & Puzzle Pirates.

Ruang kantor Three Rings Design memiliki desain yang unik karena menggunakan berbagai unsur gear atau mesin. Kalau kita lihat, dinding-dinding dan furniturnya memiliki kesan yang vintage karena banyak lekukan-lekukan yang rumit membentuk gear. Selain itu, lantainya menggunakan lantai kayu yang  terkesan antik.

6. Selgas Cano dan Desain Ruang Kantor yang Unik

socialtalent.com

Yang terakhir adalah ruang kantor Selgas Cano,sebuah perusahaan yang terletak di Madrid, Spanyol dan bergerak di bidang desain dan arsitektur. Mereka mendesain ruang kantor mereka di tengah-tengah taman yang dikelilingi oleh pepohonan. Walaupun bekerja di dalam kantor, tapi perusahaan ini tetap ingin para pekerjanya menyatu dengan alam.

socialtalent.com

Selgas Cano juga mengambil konsep ruang kantor berupa tabung sederhana yang ditempatkan ke dalam tanah dengan jendela besar, membentang di sepanjang seluruh sisi tabung. Jendelanya dibuat sampai ke bagian langit-langit ruangan, membuat kantor ini setengahnya terbuat dari kaca. Selain itu, ventilasi udara juga terkoneksi langsung dengan hawa sejuk dan segar dari pepohonan yang rimbun.

Dari desain ruang kantor perusahaan-perusahaan besar di atas, yang mana nih favoritmu?

Apakah kamu sedang mencari perabotan baru untuk ruang kerja di rumah? Jika demikian, kamu bisa menemukannya di Dekoruma yang jual meja komputer, kursi kerja, dan juga kabinet untuk menyimpan dokumen pentingmu.

Tak hanya untuk ruang kerjamu saja, Dekoruma juga menyediakan beragam jenis furnitur untuk ruangan lainnya. Misalnya saja untuk dapur atau ruang tamu, Dekoruma jual meja tv, sofa, kursi makan, coffee table, dan juga bean bag dari merek ternama, seperti Be My Bean dan Bottom Dock. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan ruang kerja dan rumah impianmu bersama Dekoruma!