Sesuai dengan fungsinya, kabinet memang digunakan untuk menyimpan barang-barang sesuai fungsi ruang. Berbeda ruangan, berbeda pula barang-barang yang disimpan di dalam kabinet.

Tidak hanya tentang kegunaan, kini banyak kabinet yang desainnya begitu berseni. Kabinet dari kayu bisa memiliki ukiran-ukiran yang indah. Begitupun dengan kabinet berbahan besi, kini banyak yang dipercantik dengan pintu kaca. Sebenarnya, kabinet tidak hanya menjadi tempat penyimpanan benda-benda tertentu. Kabinet juga bisa punya fungsi rahasia. Buat kamu yang penasaran, yuk ketahui apa saja fungsi rahasia dari kabinet!

1. Menyimpan Makanan Ringan

pinterest.com

Kamu pastinya punya makanan ringan favorit yang bisa membangkitkan mood saat bekerja atau membaca buku. Terkadang, kamu sering merasa malas untuk bangkit dari tempat dudukmu dan mengambil makanan ringan di dapur.

Kamu bisa mengumpulkan makanan ringan favoritmu ke dalam kabinet di ruang kerja. Jadi, tidak perlu repot untuk pergi ke dapur ketika merasa agak lapar. Dengan memiliki persediaan makanan dalam kabinet ruang kerja. Tapi jangan pernah menyimpan makanan basah dalam kabinet ya, karena makanan basah cenderung cepat basi. Jika kabinet berada di ruang keluarga, maka kamu bisa menikmati camilan saat quality time bersama keluarga.

2. Menjadi Lemari Serbaguna

cdn.homedit.com

Dengan bermacam-macam desain dan bentuk kabinet saat ini, kamu bisa mendapatkan sebuah kabinet yang sesuai dengan keperluanmu dan menghemat lebih banyak ruang. Kabinet di ruang keluarga misalnya, bisa digunakan untuk meyimpan buku dan majalah kesukaan, juga benda-benda kecil yang rentan hilang seperti kunci, gunting, solasi, serta alat tulis.

Bagi kamu yang memiliki anak kecil, kabinet ruang keluarga pun dapat menyimpan mainan anak agar kamu dapat menjaganya sambil bersantai. Beberapa potong baju anak, popok bayi, serta perlengkapannya juga bisa ditaruh dalam kabinet. Untuk hiasan, tempatkanlah sebuah pot kecil berisi tanaman hijau agar ruangan lebih segar. Bukan hanya mengenai hemat ruangan, kabinet serbaguna juga membuatmu hemat anggaran. Pasalnya kamu tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk lemari tambahan.

3. Kabinet Sebagai Meja Kopi

billielourd.org

Permukaan paling atas kabinet jangan dibiarkan begitu saja, bagian ini juga bisa difungsikan sebagai coffee table. Kamu juga sekaligus bisa menyimpan persediaan kopi, teh, dan gula pada laci kabinet bagian atas. Sebuah teko listrik juga bisa dipertimbangkan sebagai pelengkap lho. Untuk membelinya kamu bisa mengunjungi website Dekoruma.com yang jual teko listrik dengan macam-macam model.

Jika kamu ingin menjadikan kabinet sebagai meja kopi pula, kabinet bermaterial kayu bisa dipilih. Kabinet dari kayu mudah dibersihkan dan tidak berkarat, tidak seperti kabinet berbahan besi. Di samping itu, kabinet berbahan kayu lebih enteng jika dipindahkan. Ingat, jangan sampai salah memilih furniture!

4. Bed Set Cabinet

pinterest.com

Bagaimana rasanya memiliki tempat tidur yang juga berfungsi sebagai kabinet? Pastinya kamarmu akan teras lebih lapang ya. Kabinet Bed Set merupakan kabinet yang menyatu dengan ranjang, jadi kamu bisa menjangkau barang-barangmu hanya dengan mengarahkan tanganmu pada ruang-ruang di bawah kasur. Ruang-ruang ini terdiri dari ruang terbuka tanpa pintu, ruangan berpintu, dan laci. Kamu bisa menyesuaikan benda-benda apa saja yang cocok menempati ruang-ruang pada kabinet Bed Set ini.

Kamu dapat menyimpan sandal rumah pada bagian terbuka agar mudah dipakai, namun kamu bisa menyimpan makanan pada bagian laci atau ruang berpintu.

5. Kabinet Sebagai Pintu Rahasia

pin-insta-decor.com

Ketimbang meletakkan kabinet merapat ke dinding, kenapa tidak untuk menjadikan kabinet sebagai pintu menuju ruangan lain? Selain menghemat ruang, kamu juga bisa membuat ruang rahasia yang tidak bisa ditemukan orang lain.

Dalam pemanfaatan kabinet sebagai pintu ini, kamu bisa menggunakan kedua sisi pintu sebagai kabinet, bukan salah satu saja. Jadi, dua buah ruangan yang dipisahkan oleh pintu kabinet ini dapat memiliki kabinet pada sisi pintunya. Kabinet ini juga dapat menjadi pintu kamar sehingga kamu bisa meletakkan sebagian besar barang-barangmu pada kabinet tersebut.

6. Kabinet untuk Menyembunyikan Televisimu

atticmag.com

Saat ini banyak kabinet atau meja TV yang multifungsi. Di samping untuk meletakkan televisi dan perangkat pendukung, kabinet televisi juga berguna untuk menyimpan buku-buku atau ornamen-ornamen yang dapat mempercantik kabinet. Namun ternyata fungsi kabinet televisi bukan hanya itu, kabinet televisi saat ini juga sudah banyak menyiapkan ruang di dalamnya untuk menyembunyikan televisi ketika tidak ditonton. Prinsip kerjanya sama dengan meja mesin jahit yang dapat memasukkan mesin jahit ke dalamnya.

Ternyata banyak fungsi yang bisa dioptimalkan dari sebuah kabinet ya? Setelah mengetahui keenam fungsi rahasia dari kabinet, sekarang kamu bisa memaksimalkan kegunaan kabinet yang kamu miliki di rumah.

Jangan lupa lengkapi hunianmu dengan aneka perabotan dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual lampu hias, sofa minimalis, karpet, meja makan, dan masih banyak lagi. Untuk kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi karena Dekoruma selalu mengutamakan yang terbaik.

Selain itu, Dekoruma juga jual kasur The Luxe, kasur King Koil, dan kasur Serta dengan harga yang kompetitif serta kualitas terbaik untuk kebutuhan kamar tidurmu. Tunggu apa lagi? Yuk, segera temukan furnitur yang kamu cari di Dekoruma!