Apakah keluarga kamu memiliki tradisi atau kebiasaan saat penghujung tahun baru? Kalau keluarga Kania biasa memanfaatkan momen ini untuk berkumpul bersama. Tahun ini pun, Kania dan keluarga akan kumpul-kumpul dan Kania mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah acaranya. Yay!

Walau menyenangkan karena seluruh keluarga jadi bisa berkumpul dan menghabiskan waktu bersama, terkadang Kania pusing juga, haha. Setelah baca tips dan checklist super lengkap untuk pesta ini sih Kania sudah bisa lebih santai. Kania juga sudah menyiapkan cheese platter untuk makanan pembuka. Nah, tapi gimana dengan mereka yang suka makanan manis atau membawa anak kecil?

Untungnya baru-baru ini Kania mendapatkan resep cemilan yang manis dan menggoda. Tidak hanya cantik, jumlahnya pun bisa banyak dan cukup untuk memenuhi keinginan keluarga yang akan datang, hihi. Ini dia resep Biskuit untuk Cemal Cemil Ceria!

 

Bahan:

  • 230 gr mentega asin, dalam keadaan dingin dan terpotong kotak seukuran 1 sdm per buahnya.
  • 150 gr gula pasir
  • ½ sdt ekstrak almond
  • 320 gr tepung terigu
  • 30 gr sprinkle warna-warni

 

Fackelmann Zenker Cookie PanInforma Hand Mixer Emerio WhiteIKEA Iris Sarung Tangan Oven

 

Cara pembuatan:

  1. Lapisi permukaan loyang oven menggunakan kertas roti dengan panjangnya kedua sisinya lebih panjang 3cm dari loyang, dengan posisi horizontal dan vertikal.
  2. Campurkan mentega, gula pasir dan ekstrak almond dengan mixer berkecepatan sedang sampai adonan tercampur dengan baik. Tambahkan tepung terigu dan aduk lagi dengan kecepatan rendah sampai adonan merata. Masukkan sprinkle warna-warni dan aduk sekali lagi sampai merata. Tuangkan adonan ke dalam loyang oven dan ratakan. Selagi mendinginkan adonan di dalam kulkas selama 20-30 menit, panaskan oven dengan suhu 350 derajat. 
  3. Angkat adonan dari loyang dengan menarik bagian kertas roti yang keluar dari loyang. Potong adonan dengan bentuk kotak seukuran 2 cm.
  4. Pindahkan adonan yang sudah dipotong ke loyang oven dengan jarak per adonan sekitar 2 cm. Sebarkan adonan pada seluruh permukaan loyang dan panggang adonan selama 8-12 menit.
  5. Ulangi proses ini sampai tidak ada lagi adonan yang bersisa. Keringkan kue dengan sempurna dan simpan kue dalam suhu ruangan.

Tidak hanya penampilannya, rasanya pun sangat lezat! Wah, Kania yakin deh kue ini akan jadi favorit para sanak saudara Kania yang datang.

Sedikit tips dari Kania, karena kue ini dapat bertahan cukup lama, kamu bisa membuat kue ini dari jauh-jauh hari sebelum perayaan akhir tahunmu loh! Kalaupun tidak habis, kamu juga bisa menyimpannya sampai 1-2 bulan ke depan.

 

Selamat memasak!

 

Foto dari Cooking Classy