Terkadang, kita tergoda membeli barang-barang meskipun belum ada tempat penyimpanannya. Tak jarang pula barang-barang yang telah dipakai tidak diletakkan di tempat semula. Barang-barang tersebut kemudian hanya ditumpuk di atas meja atau lantai sudut ruangan sehingga rumah menjadi berantakan. Untuk mengakalinya, yuk, pertimbangkan memasang rak dinding minimalis.

Memasang rak dinding minimalis di sudut ruangan adalah cara yang ideal agar barang tetap rapi meskipun rumahmu tidak punya ruang ekstra untuk tempat penyimpanan. Rak dinding minimalis dengan desain yang tepat juga akan menambah nilai estetika di rumahmu. Ini dia beberapa ide rak dinding minimalis yang bisa kamu aplikasikan!

Hindari rak dinding minimalis dengan pintu

pinterest.com

Rak dinding tanpa pintu, atau dikenal juga dengan open shelf, adalah tipe rak dinding minimalis yang paling banyak digunakan. Desainnya yang simpel dan terbuka akan menghilangkan kesan sumpek pada sudut ruangan, meskipun rak dinding ini diisi dengan barang. Justru, barang-barang yang disusun di rak dinding minimalis ini akan menambahkan corak pada ruangan sehingga tampak lebih “hidup”.

pinterest.com

Akan lebih mudah pula bagi kamu untuk membersihkan debu di rak dinding minimalis jenis open shelf ini. Sirkulasi udaranya yang lancar membuat kamu tidak perlu khawatir akan tumbuhnya jamur.

Tidak hanya membuat ruangan tampak lebih rapi, kontemporer dan menarik, rak dinding minimalis seperti ini juga sangat praktis, apalagi kalau kamu termasuk orang yang sibuk, tidak punya banyak waktu luang untuk bersih-bersih dan ingin menata dapur dengan rapi.

Mendesain rak dinding minimalis berbentuk heksagon

pinterest.com

Mencari inspirasi rak dinding minimalis yang unik? Desain yang satu ini bisa kamu coba. Bentuk heksagon atau sarang madu yang jarang ditemui di interior rumah membuatnya cocok untuk kamu yang suka tampil beda, bahkan rak dinding ini juga bisa sekaligus menjadi hiasan dinding.

Selain untuk tempat menyimpan barang-barang, rak dinding minimalis model heksagon ini juga bisa dijadikan galeri di sekitar sudut ruangan, lho. Kamu bisa meletakkannya di atas meja komputer tempat kamu bekerja atau di area ruang keluarga.

Jika disusun dengan proporsional, rak dinding ini bisa menjadi karya seni tersendiri di rumahmu. Namun sebaliknya, jika salah dalam penataan, bentuk heksagon akan membuat sudut ruangan tampak lebih penuh dari yang sebenarnya. Pastikan susunan rak dinding minimalis heksagon ini menyebar di kedua sisi sudut.

Pilih warna-warna netral terang untuk rak dinding minimalis

pinterest.com

Warna-warna netral terang, seperti putih, krem dan beige, dikenal sebagai corak yang memberikan kesan lapang dan bersih. Inilah sebabnya pemilihan warna-warna tersebut sangat disarankan untuk rak dinding minimalis yang dipasang di sudut ruangan.

teamne.net

Sudut ruangan yang biasanya suram, apalagi jika ditambah dengan barang-barang yang menumpuk, cenderung membuat area tersebut dihindari oleh penghuni rumah. Dengan menggunakan warna netral terang untuk rak dinding minimalis di sudut ruangan, kamu tidak hanya jadi punya tempat penyimpanan barang, tapi juga dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar karena adanya tempat pemantulan cahaya yang baru.

Rak dinding minimalis vertikal merupakan pilihan yang aman

kinggeorgehomes.com

Memasang rak dinding secara vertikal adalah trik yang paling sering digunakan untuk membuat ruangan tampak lebih tinggi dari yang sebenarnya—termasuk di sudut ruangan. Ilusi ruangan yang lebih tinggi dari rak dinding minimalis vertikal akan membuat sudut tersebut jauh dari kesan padat dan sumpek meskipun terdapat tempat penyimpanan barang di sana.

Berani bermain dengan tekstur untuk rak dinding minimalis

pinterest.com

Memasang rak dinding minimalis bukan berarti kamu memiliki pilihan desain atau material yang minim pula. Sebaliknya, ada banyak opsi untuk membuat sudut ruanganmu tampak lebih rapi dan menarik dengan dinding minimalis. Misalnya saja dengan bermain tekstur.

futuristarchitecture.com

Pasang rak dinding minimalis dengan tekstur yang berbeda dari tekstur dinding. Contohnya, jika material dinding rumahmu dari kayu, memasang rak dari besi bisa dijadikan pilihan untuk memberikan sentuhan industrial yang berbeda.

Sebaliknya, jika tekstur dinding rumahmu lebih halus, tidak ada salahnya menggunakan material rak dinding minimalis yang sedikit bold seperti kayu yang masih terlihat serat-seratnya.

Membangun built-in shelving

hgtv.com

Built-in shelving atau rak dinding yang menjorok ke dalam adalah salah satu pilihan yang bisa kamu coba untuk sudut ruangan. Rak dinding minimalis yang bisa digunakan sebagai rak display ini akan sangat membantumu yang punya masalah dengan sudut ruangan yang sempit. Desainnya pun dapat menyatu dengan dekorasi interior sehingga menciptakan tampilan minimalis yang lebih kohesif.

Rak dinding minimalis tipe built-in ini dapat membuat sudut ruanganmu lebih rapi dan tertata karena bisa dibangun sesuai dengan kebutuhan. Jika barang-barangmu tidak terlalu banyak, maka kamu bisa membangun rak dinding yang kecil, begitupun sebaliknya. Bahkan jika rak dinding yang dibangun cukup besar, dimensi ruangan akan tetap sama karena tidak memakan area tambahan.

Membuat rak dinding minimalis dengan model tangga

hgtvhome.com

Ada banyak cara untuk mengakali sudut ruangan yang berantakan dengan rak dinding minimalis tanpa mengubah keseluruhan desain ruangan. Salah satunya adalah dengan rak dinding berbentuk tangga yang saat ini sedang menjadi tren di dunia desain interior.

Pada ruang tamu, rak dinding seperti ini memberikan sentuhan modern vintage atau rustic. Singkatnya, kamu tidak perlu mengkhawatirkan konsep desain ruangan yang berubah jika memasang rak dinding ini.

Terlepas dari desain yang unik dan kreatif, rak dinding minimalis dengan model tangga ini juga sangat fungsional karena cocok sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis barang, mulai dari barang-barang kecil hingga yang besar.

Selain itu, meskipun tidak sama dengan built-in shelving, rak dinding minimalis ini juga tidak boros tempat sehingga dapat diletakkan di sudut ruangan tanpa membuat sempit.

Imbangi proporsi barang-barang yang diletakkan di rak dindingmu

freshome.com

Kadang-kadang, desain rak dinding minimalis yang tepat saja tidak cukup untuk membuat sudut ruanganmu tampak lebih rapi. Penyusunan barang-barangnya pun perlu diperhatikan.

Variasikan tinggi barang-barang di rak dinding agar proporsinya berimbang. Seperti bentuk segitiga, barang-barang yang lebih pendek bisa diposisikan di bagian bawah, sedangkan yang lebih tinggi diletakkan di bagian puncaknya.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengosongkan beberapa bagian rak dinding minimalis sehingga penataannya tampak lebih lega dan tidak terlalu monoton. Susun barang-barangmu secara berkelompok dengan satu variasi untuk setiap kelompok. Misalnya, di antara satu baris buku, letakkan satu bingkai foto. Rak dinding di sudut ruanganmu akan tampak lebih rapi dan artistik dengan penataan seperti ini.

homeli.co.uk

Sisi kreatif dan fungsional adalah hal terpenting yang perlu diperhatikan saat memasang dan menata rak dinding minimalis. Dengan begitu, sudut ruanganmu akan terlihat rapi dan menarik.

Untuk sentuhan yang lebih personal, beberapa rak dinding minimalis bisa kamu buat sendiri dengan memanfaatkan barang-barang tak terpakai di rumah. Namun, bagi kamu yang lebih menyukai hal-hal praktis, kamu bisa menemukan rak dinding terfavorit di Dekoruma! Dekoruma menyediakan aneka rak dinding yang simpel dari ragam merek, seperti dari Livien.

Tak hanya rak dinding saja, Dekoruma juga jual rak sepatu agar semua sepatu milikmu juga dapat tertata dengan rapi. Bagi kamu yang baru saja memiliki sang buah hati, Dekoruma juga jual tempat tidur bayi, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!