Yang namanya rumah idaman keluarga, tentunya harus butuh perawatan dan acara bersih-bersih rutin dalam pemeliharaannya. Tanpa usaha untuk membersihkan dan merapikan tiap ruangan keluarga, bisa dibayangkan betapa kotor dan tidak nyamannya anggota keluarga yang ada.

Maka itu, tidak salah jika pemandangan yang berantakan di ruang keluarga akan membuat siapapun tidak betah. Nah, supaya kamu bisa betah dan ruang keluarga semakin nyaman, kuasai saja beberapa trik cepat dalam membersihkan ruang keluarga ala Dekoruma ini!

1. Tong Sampah Penolong Ruang Keluarga

pinterest.com

Kalau sampah cenderung bertumpuk di ruang keluarga rumahmu, jangan lupa sediakan sebuah tong sampah khusus untuk sampah kering di ruang keluarga. Benda kecil ini sudah terbukti banyak berguna untuk membereskan rongsokan atau tumpukan sampah di ruang keluarga.

Banyak yang enggan menempatkan sebuah tong sampah di ruang keluarga karena bentuknya yang tidak bagus dan menggangu. Tapi, dengan banyaknya pilihan tempat sampah yang atraktif di Dekoruma, Kania yakin kamu pasti bisa mendapatkan tong sampah yang lucu dan cantik.

2. Usahakan Permukaan Datar Selalu Rapi

pinterest.com

Tumpukan kertas, buku, brosur dan mejalah sering sekali menjadi pemandangan yang lazim di ruang keluarga, terutama di permukaan datar seperti meja TV dan rak ruang keluarga. Sebagai solusinya, tempatkan semua benda ini di sebuah tempat penyimpanan khusus dan biarkan permukaan datar di ruang keluarga senantiasa terlihat rapi dan bersih.  Tempat khusus ini bisa berupa kabinet berukuran besar untuk menyimpan semua majalah yang baru dan kertas-kertas penting.

3. Atur Kabel-Kabel di Ruang Keluarga

pinterest.com

Walaupun zaman sudah canggih, masih banyak perangkat elektronik yang harus mengandalkan kabel-kabel yang panjang. Untaian kabel ini termasuk salah satu hal yang bisa membuat ruang keluarga terlihat berantakan. Tetapi untungnya sekarang sudah banyak sekali solusi merapikan kabel, termasuk dengan penjepit kabel atau merapikan dengan cara dipaku ke dinding.

Cari waktu untuk merapikan kabel-kabel di ruang keluarga seperti mencari celah di belakang kabinet, memaku ke dinding hingga menjepit dengan rapi. Dijamin, pekerjaan sekali ini akan membuat ruang keluarga terlihat rapi tanpa banyak harus dibersihkan berulang-ulang.

Selain itu, kamu juga bisa mencontoh inspirasi di atas. Stopkontak tambahan ditempelkan di dalam laci, sehingga barang-barang yang sedang diisi ulang baterainya akan tersimpan dengan rapi.

4. Ciptakan Zona Main Si Kecil

livvyland.com

Banyak tumpukan mainan dari si kecil? Belum lagi boneka yang tersebar di seluruh pojok ruang keluarga? Saatnya untuk menciptakan sebuah sistem storage yang efektif. Tempatkan sebuah keranjang cantik di sudut ruangan sebagai tempat menyimpan mainannya di ruang keluarga.

Orangtua juga boleh menempatkan rak buku kecil tepat di pojok ruangan. Selain itu, disarankan untuk mengajak si kecil untuk rutin bersih-bersih zona main ini setiap saat di ruang keluarga. Supaya ia belajar merapikan mainannya sendiri.

5. Meja Ruang Keluarga Fungsional

fashionista.com

Salah satu tempat yang paling rentan menjadi tumpukan sampah adalah meja kecil di ruang keluarga. Benda seperti remote control, tatakan minum, tempat tissue, hingga benda lainnya sering tertinggal di meja ruang keluarga ini.

Siasati meja ruang keluarga yang berantakan dengan cara menempatkan storage kecil yang bisa disimpan di bawah meja ruang keluarga. Memakai organizer khusus alias tempat penyimpanan untuk benda-benda kecil di ruang keluarga juga bisa dipertimbangkan lho.  Kamu tidak perlu lagi repot menata dan membersihkan barang-barang kecil di ruang keluarga.

6. Ruang Main Bareng Keluarga

ikea.com

Biasanya, sebuah keluarga sering menghabiskan waktu bersama di ruang keluarga dengan cara bermain game, baik game konsol ataupun tradisional. Permainan mengasyikkan ini biasanya sering diletakkan di rak tertentu secara terpisah sesuai kebutuhan.

Trik yang terbaik untuk ruang keluarga yang selalu rapi adalah mengumpulkan seluruh jenis permainan yang ada untuk disimpan di sebuah area khusus, misalnya di dalam laci atau diatas rak kabinet.  Biasanya trik ini efektif untuk menghemat tempat dalam ruangan.

7. Memanfaatkan Foto di Ruang Keluarga

apartementtheraphy.com

Koleksi bingkai foto keluarga terus bertambah? Saatnya untuk menciptakan sistem pajangan foto yang lebih baik, misalnya mengganti album foto kecil yang sudah usang dengan sebuah album ukuran besar. Pilih bingkai foto dengan gaya kolase yang bisa memajang beberapa foto sekaligus di dinding.

8. Manfaatkan Ruang di Belakang Sofa

houzz.com

Susun selimut ekstra, bantal-bantal, hingga lilin aromaterapi di tempat yang mudah dijangkau, seperti di belakang sofa. Area ini sangat ideal untuk menyimpan rak-rak berbentuk peti hingga perabot jenis rendah lainnya yang tidak akan mengganggu pemandangan keseluruhan ruang keluarga.

Alhasil, kamu akan punya lebih banyak ruang untuk hiasan penting, seperti lampu meja atau dekorasi rak lainnya. Kamu juga bisa menempatkan rak berukuran tinggi seperti rak buku pas di belakang sofa untuk penampilan ruang keluarga dengan koleksi buku yang terorganisir dengan baik.

9. Sortir Koleksi DVD atau CD

urbanoutfitters.com

Perangkat multimedia seperti DVD, CD  dan sejenisnya sudah merupakan pemandangan lazim di ruang keluarga. Luangkan waktu 30 menit untuk menyortir seluruh koleksi film atau musikmu ini secara berkala. Pilah menjadi 2 kategori; yang ingin disimpan dan yang akan didonasikan. Setelah itu, jangan lupa untuk mencari tempat penyimpanan yang tepat, misalnya rak CD berbentuk vertikal atau buku CD yang bisa dengan mudah diselipkan di bawah meja ruang keluarga.

10. Dekorasi Tanaman Hidup

livethewarehouse.com

Menghadirkan tanaman hijau atau tanaman hias daun kecil adalah cara yang ampuh untuk membuat ruang keluarga yang indah dan segar. Tetapi kamu juga harus pintar menyiasatinya.

Untuk mempermanis pot tanaman di pojok ruang keluarga, tambahkan sebuah dudukan kayu kecil sehingga membersihkan lantai apalagi jika menggunakan sikat, bisa semakin mudah. Jangan lupa menyimpan seluruh perlengkapan berkebun sederhana di dalam laci sehingga kamu bisa merawat tanaman ini dengan mudah setiap saat.

11. Merapikan Pajangan Koleksi

pinterest.com

Senang mengkoleksi pernak-pernik khusus? Cari kabinet atau rak dinding berukuran besar yang bisa menampilkan benda kesayanganmu ini. Jika tidak semua koleksimu bisa dipajang, pilih beberapa yang terbaik dan simpan sisanya di kotak aslinya secara rapi. Kamu bisa merotasi pajangan ini sesuai selera di waktu luang yang ada.

Seperti itulah trik cepat membersihkan ruang keluarga. Tidak sulit, ‘kan? Jangan lupa, lengkapi juga ruang keluargamu dengan aneka dekorasi dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual hiasan dinding, karpet, dan juga bingkai foto. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma sekarang juga!


Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat Dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build interior Dekoruma! 🙂