Ada banyak cara untuk merasakan kembali suasana zaman dulu saat kamu kecil. Mulai dari membuka lembaran foto hingga menerapkan suasana zaman dulu di rumah modernmu. Gaya vintage identik dengan kenangan masa lalu, bunga, dan barang-barang lusuh. Tertarik untuk menerapkan gaya vintage di rumah, terutama ruang tamu? Kania akan beri tahu kamu 8 trik untuk menciptakan ruang tamu vintage. Yuk, simak sama-sama!

1. Ruang Tamu Vintage Didominasi Warna Hijau, Putih, Pink, dan Oranye

hgtvhome.com

Ruang tamu vintage biasanya didominasi oleh warna hijau, putih, pink, dan oranye. Tapi, bukan berarti kamu harus menggunakan keempat warna tersebut dalam satu ruang ya. Kamu bisa memilih salah satu warna yang mendominasi saja. Jika ingin memadukan gaya vintage dan modern, sebaiknya pilih dominasi warna putih. Jika ingin terlihat lebih feminin, pilihlah warna pink. Tapi, kalau kamu ingin suasana yang lebih kalem dan natural, warna hijau dan oranye bisa jadi pilihan yang tepat.

2. Letakkan Meja Kopi Lusuh di Ruang Tamu Vintage

pinterest.com

Sebuah ruang tamu wajib memiliki meja kopi untuk meletakkan minuman milik tamu. Untuk ruang tamu vintage, gunakan coffee table berbahan kayu yang catnya sudah sedikit mengelupas agar terlihat ‘lusuh’ namun tetap cantik. Meja kopi bergaya vintage ini bisa berupa meja kaki 4 atau peti kayu bekas seperti gambar di atas. Jangan takut untuk bereksperimen menggunakan barang bekas ya!

3. Sofa Bermotif Bunga di Ruang Tamu Vintage

pinterest.com

Ruangan yang akan menjadi ruang tamu vintage memiliki ukuran besar? Jika ya, pilihlah sofa panjang sebagai tempat duduk tamu. Soal motif, kamu bisa memilih sofa dengan bermotif bunga berukuran kecil hingga sedang. Pilihlah motifnya dengan baik dan teliti, karena sofa ini merupakan titik pusat perhatian tamu ketika memasuki ruang tersebut. Kamu juga bisa menambahkan kursi goyang pada bagian yang masih kosong agar semakin terkesan vintage.

4. Lemari Kaca untuk Sudut Ruang Tamu Vintage

pinterest.com

Lemari khas vintage biasanya memiliki cat yang sudah agak mengelupas. Pintu lemarinya sebagian terbuat dari kayu, sebagiannya lagi terbuat dari kaca. Mau menggunakan lemari kaca berukuran kecil atau besar, boleh saja.

Di sini, kamu bisa berkreasi dengan menentukan lemari atau kabinet yang kamu sukai. Akan tetapi, hati-hati dalam menatanya kalau kamu memiliki ruang tamu kecil ya!

5. Gunakan Sarung Bantal dari Kain Perca di Ruang Tamu Vintage

adaliza.com

Masih ingat nggak, zaman dulu, ada banyak kerajinan tangan dari kain perca? Ternyata kerajinan tangan tersebut bisa banget diaplikasikan untuk gaya vintage lho. Oleh karena itu, sarung bantal sofa bermotif feminin dari kain perca bisa kamu gunakan. Jangan lupa sesuaikan sarung bantal dengan warna furnitur lainnya.

6. Dekorasi Meja Ruang Tamu Vintage

homedesigning.com

Meletakkan meja kopi saja tidak cukup untuk ruang tamu vintage. Kamu perlu menambahkan sedikit dekorasi untuk mempercantik ruang tamu. Beberapa dekorasi khas vintage yang bisa kamu letakkan di atas meja adalah lilin kecil, vas bunga mini, serta beberapa cangkir keramik, coaster yang manis, serta kaleng berukuran sedang untuk menyimpan barang-barang kecil.

7. Gantungkan Lampu Bergaya Vintage untuk Kesan Hangat

blogalways.com

Ruang tamu vintage biasanya identik juga dengan dekorasi berupa lampu bergaya vintage. Lampu vintage ini biasanya berupa bohlam berwarna kuning di dalam kaca. Gantungkan beberapa lampu hias ala vintage ini di ruang tamu untuk menambah suasana zaman dulu. Warnanya yang temaram akan menciptakan kehangatan di ruang tamu.

8. Bingkai Foto Sebagai Dekorasi Ruang Tamu Vintage

inquirer.net

Untuk menghiasi dinding atau rak display di ruang tamu vintage, kamu bisa menggunakan bingkai foto yang juga bergaya vintage. Gunakanlah bingkai foto yang memiliki ukiran di bagian pinggir atau bingkai polos yang catnya sudah sedikit mengelupas.

Selain itu, kamu bisa berkreasi dengan menatanya dengan model bingkai foto kolase untuk kesan yang unik! Jika tidak bisa menggantungkan bingkai foto secara langsung di dinding, coba siasati dengan menggunakan rak gantung. Jangan lupa, untuk hasil yang maksimal, sesuaikan juga fotonya dengan menggunakan efek warna yang terlihat seperti foto zaman dahulu, seperti efek sepia.

Ternyata, menciptakan ruang tamu vintage nggak sulit kan. Bahkan, kalau kamu bingung menatanya sendiri, ada tim Dekoruma yang siap membantumu. Bagaimana, tertarik mencoba?

Tidak hanya menyediakan jasa desain interior saja, Dekoruma juga jual rak dinding atau rak display agar kamu bisa meletakkan semua pajangan vintage-mu. Jika kamu mencari kasur baru, Dekoruma jual kasur Alga, King Koil, dan Comforta. Tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!