Bicara soal rumah dengan desain a la vintage memang tidak akan ada habisnya. Gayanya yang klasik sekaligus nyentrik membuat rumah a la vintage jadi idaman banyak orang. Hal ini jugalah yang menjadi alasan mengapa desain ala vintage banyak diaplikasikan di ruangan-ruangan utama rumah, seperti dapur.

Dapur sederhana  a la vintage yang dipenuhi dengan perabot jadul dan warna-warni cantik memang bisa memberikan mood yang baik. Nah, di sini Kania akan bahas cara agar kamu dapat membangun dapur sederhana a la vintage yang klasik dan keren. Penasaran? Yuk, dilihat!

Ubin lantai catur untuk menghidupkan kesan dapur sederhana a la tahun 50an


orchidlagoon.com

Kalau kamu sering nonton film-film amerika jadul, kamu pasti familiar dengan ubin hitam putih motif catur. Ubin lantai catur ini biasanya dipasang di dapur dan juga kamar mandi rumah dalam film-film tersebut.

Nah, untuk kamu yang ingin secara instan mengubah tampilan dapur sederhana kamu jadi a la vintage, kamu bisa bermain dengan motif ubin seperti ini. Tidak harus hitam-putih, ubin catur dengan warna-warna pastel juga cocok dipasang di dapur sederhana a la vintage. Jangan lupa sesuaikan juga ubin motif catur tersebut dengan kitchen set milikmu agar tampilannya tetap keren!

Wallpaper motif-motif jadul di dapur sederhana a la vintage

homeklondike.site

Setelah ubin catur, wallpaper merupakan salah satu elemen yang bisa secara instan merubah dapurmu jadi dapur sederhana a la vintage klasik. Alasannya sebetulnya gampang, kedua elemen ini biasanya mengcover seluruh ruangan dari ujung ke ujung sehingga sentuhannya jadi begitu berarti.

Apalagi jika disandingkan dengan furnitur-furnitur pelengkap seperti kompor, kulkas, maupun peralatan dapur lainnya. Pilihlah motif-motif wallpaper yang ramai seperti polkadot, floral, ataupun motif print yang bold dan penuh untuk mendapatkan dapur sederhana a la vintage.

Kulkas jadul untuk dapur sederhana a la vintage

bigchill.com

Salah satu barang yang paling diincar ketika ingin dapat kesan dapur sederhana a la vintage adalah kulkas. Bentuknya yang mungil serta warnanya yang unik dan manis merupakan salah satu alasan utama orang mencari kulkas vintage. Kulkas bergaya jadul ini paling cocok jika diletakkan di sebelah lemari dapur sederhana a la vintage milikmu.

Tidak seperti kulkas zaman sekarang yang bentuknya relatif kaku, lekukan dan dekorasi gagang yang cantik pada kulkas vintage begitu sulit dilupakan. Walaupun begitu, jangan mengesampingkan fungsi dari kulkas. Pastikan kulkas berfungsi dengan baik, cat ulang kulkas tersebut jika memang dibutuhkan.

Warna pastel pada dapur sederhana a la vintage

gd-home.com

Hijau mint dan pink pastel merupakan salah satu warna yang paling dekat kaitannya dengan vintage dibandingkan dengan warna-warna pastel lainnya. Jadi, untuk kamu yang baru saja kepikiran untuk mengubah dapur sederhana di rumahmu jadi a la vintage, nggak mustahil kok.

decorfacil.com

Kamu bisa memakai cat furnitur dapur, seperti lemari makan dengan warna hijau mint atau soft pink untuk mendapatkan tema vintage retro yang klasik. Begitu juga kursi bar dengan paduan warna hijau mint, putih, dan cokelat. Warna-warna tersebut dapat memberikan kesan fresh dan unik bagi dapur sederhana di rumahmu. Berani coba?

Dekorasi dinding atau pajangan di dapur sederhana a la vintage

stovall.us

Pajangan vintage look yang dipenuhi dengan kutipan lucu dan menginspirasi sering kali dijadikan dekorasi dinding pada dapur sederhana a la vintage. Harganya pun tidak terlalu mahal dan kamu bisa dengan mudah mendapatkannya baik di mall maupun toko dekorasi rumah online seperti di Dekoruma. Dekoruma jual hiasan dinding vintage yang bisa dipakai untuk menghias dinding dapur.

Dekorasi ruangan dinding dengan vintage look ini bisa menghilangkan kesan kaku di rumah. Selain itu, tampilannya yang unik juga bisa membuat dapur mungilmu jadi salah satu spot di rumah yang instagrammable. Mau coba?

Rak piring gantung di dapur sederhana a la vintage

countryliving.com

Ada dua pilihan rak piring yang bisa kamu sesuaikan dengan keseluruhan vintage look serta luas dapur sederhana di rumahmu. Jika dapur sederhana a la vintage-mu ukurannya relatif kecil, Kania tidak menyarankan untuk kamu pasang rak gantung (seperti yang diilustrasikan pada gambar di atas).

Rak dinding dari kayu dengan warna pastel atau krem bisa dijadikan alternatif pengganti yang ideal. Tentunya kesan vintage akan semakin terasa jika kamu memajang piring-piring keramik dengan motif jadul koleksi ibu atau nenekmu di rak tersebut.

Meja makan pojok di dapur sederhana a la vintage

littlevintagenest.com

Meja makan pojok atau yang biasa dikenal dengan istilah breakfast nook merupakan salah satu desain khas dapur sederhana a la vintage. Tidak perlu mengambil lahan yang luas, ruang luang yang bisa diisi dengan dua kursi makan dan satu meja bundar kecil pun sudah cukup untuk membuat breakfast nook versimu.

Bagi sebagian orang, breakfast nook dengan gaya ini mungkin tidak cocok di dapur sederhana–sebab membutuhkan ruang yang tidak juga kecil. Namun demikian, desain ini cocok sekali untuk kamu yang memang banyak menghabiskan waktu di dapur ataupun kamu yang baru memiliki keluarga kecil. Suasana makan pagi ataupun malam di dapur sederhana ini pun justru jadi terasa lebih hangat dan kekeluargaan.

Jendela dengan vintage look di dapur sederhana

cs6.livemaster.ru

Kamu memiliki jendela di dapur sederhana milikmu? Jika ya, bagus! Selain mengundang cahaya alami dari luar, jendela di dapur sederhana juga bisa membantu memberikan kesan lapang dan luas. Untuk menghidupkan kesan vintage pada dapur sederhana, kamu bisa menambahkan gorden dengan motif.

Tentunya jangan lupa untuk tetap mempertahankan warna-warna pastel dan atau krem untuk gorden tersebut. Jika kamu baru saja membangun desain dapur milikmu dari nol, jendela dengan kusen alumunium pintu geser/sliding juga bisa dijadikan sebagai alternatif yang ideal loh.

countryliving.com

Jika ukuran ruang dapur sederhanamu relatif kecil atau bahkan tidak ada jendela, kamu tetap bisa memberikan sentuhan vintage di dapur sederhanamu dengan memasang sarung kulkas dengan motif-motif vintage.

Keseluruhan vintage look yang ada didapur sederhanamu akan bergantung dengan konsistensi warna yang kamu pilih. Jadi kamu tidak perlu membongkar dapur sederhanamu dan mulai membangun semuanya dari awal. Sebab dapur a la vintage merupakan salah satu desain dapur yang cukup mudah untuk diikuti meskipun budget yang kamu miliki tidak terlalu besar.


Nah, itu dia beberapa tips yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk memberikan sentuhan vintage di dapur sederhana. Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan lihat artikel-artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya!

Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur untuk melengkapi dapur sederhana a la vintage milikmu. Kalau kamu sedang mencari perabotan dapur, Dekoruma juga jual peralatan memasak dan elektronik dapur. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!