Apa sih backsplash itu? Dilansir dari Sunlight, backsplash adalah dinding yang berada di antara lemari dapur, bak pencuci piring dan juga kompor. Biasanya, bagian dinding ini dilapisi oleh keramik dengan berbagai desain yang menarik. Kenapa sih harus pakai backsplash di dalam desain interior dapur kita?

Area belakang lemari dapur, bak pencuci piring maupun kompor menjadi area dapur yang paling rentan kotor. Backsplash berperan menjaga daerah dapur agar mudah dibersihkan. Tidak hanya sebagai pelindung, backsplash juga berfungsi sebagai penghias desain interior dapur lho!

Mulai tertarik menggunakan backsplash trendi sebagai bagian dari desain interior dapur di rumah? Kania punya beberapa referensi, nih buat kamu. Langsung saja intip di bawah ini, ya!

1. Desain Interior Dapur dengan Blackboard

winsila.com

Desain interior dapur yang satu ini mungkin agak sedikit memakan waktu saat dipasang karena kamu harus memasang papan tulis untuk satu ruangan dapur. Namun, hasilnya dijamin memuaskan, kok!

Backsplash untuk desain interior dapur kali ini tidak akan menyita banyak uang, tapi tetap memberikan kesan elegan pada dapurmu. Selain melindungi dinding, kamu juga bisa menjadikan papan tulis hitam ini sebagai tanggalan sampai pengingat memo.

2. Backsplash dari Karakter-Karakter Cantik

pinterest.com

Buat kamu yang nggak mau ribet dan lebih suka desain interior dapur simpel, backsplash dengan karakter atau huruf cantik ini pas banget, nih buat kamu. Sebagai pelapis dinding, kamu bisa menggunakan wallpaper dinding tebal yang tahan air dan minyak. Supaya terlihat tetap indah dan berseni, kamu bisa meletakkan hiasan dinding berbentuk karakter dan huruf cantik.

Kalau masih terkesan terlalu sederhana, tidak ada salahnya menambahkan detail tanaman hias ataupun lampu-lampu kecil. Dalam sekejap, suasana dapur kamu menjadi lebih hidup. Kalau bosan, kamu bisa dengan mudah mengganti huruf dan karakter baru sehingga suasana dapur terasa lebih fresh.

3. Melengkapi Desain Interior Dapur dengan Backsplash Kain

jeremy-irvine.net

Fungsi utama dari backsplash adalah melindungi dinding dari kotoran dan juga percikan minyak. Namun, bukan berarti bahan kain tidak bisa digunakan sebagai backsplash.

Ada motif kain yang kamu suka, tapi takut mudah kotor jika dijadikan backsplash? Tenang, kamu bisa melapisi kain dengan tepung kanji cair terlebih dahulu. Jika sudah benar-benar kering, baru aplikasikan kain menjadi backsplash. Dengan cara ini, kotoran dan minyak tidak mudah menempel pada kain. Voila! Desain interior dapur cantik siap menyambutmu saat memasak.

5. Memanfaatkan Kain dan Bahan Vynil

arafen.com

Backsplash menggunakan kain memang terbilang paling mudah dan paling hemat biaya. Tapi, selalu ingat kamu perlu melapisinya dengan pelindung sebelum menjadikannya bagian dari desain interior dapur kreatifmu.

Kalau sebelumnya kamu harus memakai tepung kanji cair sebagai cairan pelapis kain, kali ini kamu menggunakan bahan vinyl Cara pengaplikasiannya juga lumayan mudah. Kamu hanya perlu melapisi dinding dengan kain bermotif atau berwarna favoritmu, kemudian lapisi dengan bahan vinyl. Backsplash simpel ini pasti akan mempermanis tampilan desain interior dapur di rumah.

6. Gunakan Piring-Piring Lucu Sebagai Pemanis Desain Interior Dapur

pinterest.com

Kamu punya piring dengan motif lucu dan menarik? Dijadikan backsplash saja! Memakai piring sebagai bagian dari desain interior dapur akan memberikan kesan artistik di dapurmu.

Tidak ada piring lucu dan cantik? Pakai saja kuas, cat, lem dan juga triplek. Lukis piring kecilmu seindah mungkin, bebaskan imajinasi yang ada dalam pikiranmu. Selagi menunggu cat kering, kamu bisa melapisi dinding dengan triplek melamin yang tipis dan menempelkannya ke dinding dengan lem. Langkah terakhir, rekatkan piring ke triplek, backsplash lucu untuk desain interior dapur siap dipakai!

7. Kertas Bermotif, Solusi Desain Interior Dapur on Budget!

fthmb.tqn.com

Ini dia salah satu alternatif backsplash saat kamu hanya punya budget yang terbatas. Jangan biarkan dana yang terbatas menghambat kamu melakukan desain interior dapur secantik mungkin. Hanya bermodalkan kertas hias dan pelapis vinyl, kamu bisa merubah desain interior dapur menjadi jauh lebih cantik!

Pilih kertas berkualitas baik dan mempunyai desain ataupun corak yang menarik ya. Setelah melapisi seluruh dinding area backsplash dapur dengan kertas, kamu bisa melapisinya dengan vinyl agar nggak cepat kotor.

8. Papan Tulis Serbaguna Pada Desain Interior Dapur

atmedia.imgix.net

Kamu bisa juga bisa memakai papan tulis hitam sebagai dekorasi desain interior dapur idamanmu, lho! Tidak hanya bisa melindungi dinding dapur dari air, minyak dan berbagai jenis kotoran, papan tulis hitam juga bisa menjadi papan pengingat ataupun resep masakan yang akan kamu masak hari ini. Jangan lupa untuk menghias papan tulis hitam dengan lukisan atau motif lucu supaya desain interior dapur milikmu makin terlihat cantik!

9. Wallpaper untuk Desain Interior Dapur Elegan

baytownkitchen.com

Kamu mudah bosan? Wallpaper gaya klasik bisa jadi solusi elegan untuk desain interior dapur yang keren, lho! Kamu bisa memilih wallpaper dengan warna atau pun motif yang senada dengan desain interior dapur sebelumnya. Cara ini bisa jadi salah satu alternatif paling efektif kalau kamu tidak mau terlalu repot merubah keseluruhan susunan desain interior dapur saat ini.

10. Sentuhan Sentimentil Pada Desain Interior Dapur dengan Wallpaper Foto

cdn.trendir.com

Kamu mau membawa sentuhan sentimentil ataupun keceriaan dalam desain interior dapur? Bisa banget! Print foto yang kamu inginkan dalam ukuran besar, cukup untuk wallpaper. Untuk hasil yang terbaik, pilih warna foto yang senada dengan desain interior dapur kamu sebelumnya ya!

11. Desain Interior Dapur dengan Backsplash Buatan Sendiri

img.mp.sohu.com

Kamu bisa loh membuat backsplash sendiri sebagai desain interior dapur kamu. Caranya tidak terlalu sulit. Pertama-tama, coba tentukan terlebih dahulu, seperti apa backsplash yang ingin kamu pakai sebagai desain interior dapur.

Kalau mau yang lebih mudah, cukup beli keramik dari berbagai warna dan corak yang berbeda. Kemudian, bebaskan imajinasi dan kombinasikan potongan-potongan keramik sesuai keinginan hatimu. Tadaaa! Ruanganmu terlihat lebih cantik dengan desain interior dapur backsplash yang trendi.

Bagaimana saran desain interior dapur dari Kania, keren banget ‘kan? Nomor berapa yang menjadi desain interior dapur favoritmu? Kalau kamu sedang mencari peralatan masak untuk melengkapi dapurmu, kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma.

Ragam furnitur berkualitas juga ada di Dekoruma, lho! Dekoruma jual kasur lipat, meja makan, tempat tidur, kasur, hingga lemari kabinet untuk menghidupkan suasana rumahmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!