Memiliki rumah mungil bukan berarti kamu tidak bisa menciptakan suasana yang nyaman bahkan membuatnya terlihat lebih besar. Sebelumnya, perlu kamu ketahui kalau rumah yang nyaman ini tidak selalu harus diisi banyak furnitur penunjang atau dekorasi yang harganya mahal, melainkan dekorasi rumah sederhana saja. Ya, kamu hanya perlu memilih dekorasi rumah sederhana yang mampu menciptakan ilusi mata dan efisien tempat.

Masih bingung dengan dekorasi rumah sederhana yang bisa menciptakan ilusi mata dan efisien? Yuk, simak daftar dekorasi rumah sederhana yang wajib kamu miliki persembahan Kania berikut ini!

1. Dinding berwarna cerah

froughol.com

Dekorasi rumah sederhana berupa warna dinding yang cerah dapat menciptakan suasana yang nyaman dan efek ruangan yang lebih besar. Warna-warna yang tepat untuk menghiasi dinding rumah mungil adalah putih, krem, atau biru muda.

Jika kamu kesulitan untuk mengubah warna dinding, cobalah untuk menggantungkan hiasan dinding atau lukisan berukuran sedang yang memiliki warna cerah pada dinding yang paling luas sebagai dekorasi rumah sederhana.

2. Meja dan kursi tembus pandang sebagai dekorasi rumah sederhana

ikea.com

Saat memilih meja dan kursi untuk dekorasi rumah sederhana, pilihlah yang menggunakan material tembus pandang berkualitas seperti akrilik. Meski tembus pandang dan terlihat rapuh, kenyataannya material akrilik ini cukup kuat untuk menahan beban di atasnya.

Meja dan kursi yang tembus pandang ini akan menciptakan ruangan mungil terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya karena kamu bisa melihat benda-benda yang ada di balik meja dan kursi tersebut.

3. Pajang cermin

dontboothebirds.com

Bicara tentang rumah, dekorasi rumah sederhana dan yang paling mudah untuk digunakan adalah cermin. Cermin dalam ukuran dan bentuk apa pun dapat menciptakan ruang mungil terlihat lebih besar hingga 2 kali lipat. Cara meletakkan cermin dalam ruangan mungil pun sangat mudah. Kamu bisa menggantungkannya di dinding atau meletakkannya di atas meja pajangan dengan catatan lokasi tersebut tidak mudah dijangkau anak agar tidak terjadi kecelakaan.

Agar terlihat serasi dengan interior ruangan, pilihlah cermin dengan bingkai yang warnanya senada dan bentuknya sesuai dengan gaya ruangan. Dekorasi rumah sederhana yang satu ini bisa kamu temukan dengan mudah di pusat perbelanjaan atau pun toko furniture onlineseperti Dekoruma.

4. Gunakan furnitur berukuran kecil

housebeautiful.com

Hindari menggunakan furnitur berukuran besar untuk dekorasi rumah sederhana di dalam rumah, apalagi rumah mungil, meski kamu sangat menyukai desainnya. Furnitur berukuran terlalu besar di dalam rumah sudah pasti akan membuat rumah terasa sesak dan penuh.

Sebaiknya gunakan furnitur berukuran kecil yang disesuaikan dengan ukuran ruangan, misalnya saja pada ruang makan ini. Kunci utama pada saat memilih furniturnya adalah memastikan jika sofa, kursi, dan meja makan diletakkan di satu ruangan, masih ada ruang yang tersisa di bagian tengah.

5. Letakkan ottoman sebagai dekorasi rumah sederhana

pinterest.com

Ottoman biasanya hadir dalam ukuran kecil atau sedang. Fungsi dari ottoman ini sebenarnya adalah sebagai sandaran kaki atau tempat meletakkan gelas atau majalah di sebuah ruangan. Namun, permukaan ottoman yang empuk ini juga bisa dijadikan sebagai tempat duduk tambahan.

Ottoman juga bisa dipindahkan dengan mudah ke tempat yang diinginkan karena ukurannya kecil dan beratnya tidak berlebihan. Sangat cocok sebagai dekorasi rumah sederhana untuk ruang keluarga mungil milikmu!

6. Terapkan garis horizontal di dekorasi rumah sederhana

pinterest.com

Tahukah kamu mengenai ilusi mata menggunakan garis? Garis vertikal mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih tinggi, sedangkan garis horizontal mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Nah, untuk ruangan yang cenderung mungil, terapkanlah motif garis horizontal sebagai dekorasi rumah sederhana.

Motif garis horizontal ini bisa digunakan pada dinding. Untuk warna garisnya, pilihlah warna aman seperti hitam dan putih. Tapi jika kamu berani bereksperimen menggunakan warna lain, mengapa tidak?

7. Menciptakan dekorasi rumah sederhana dengan mengekspos langit-langit rumah

pinterest.com

Rumah sederhana biasanya memiliki langit-langit yang rendah juga. Hal ini bisa membuat rumah terasa semakin kecil dan sempit sehingga para penghuni rumah merasa tidak nyaman untuk beristirahat. Dekorasi rumah sederhana berikutnya yang bisa kamu terapkan di rumah mungil adalah mengekspos langit-langit rumah. Ide dekorasi ini juga bisa menjadi investasi jika suatu saat rumah dijual kembali.

hgtv.com

Maksudnya bukan membiarkan bagian atas rumah terbuka tanpa atap loh ya, melainkan membuka penutup langit-langit dan membiarkan tiang-tiang penyangganya terlihat. Dengan cara ini rumah mungilmu dijamin akan terasa lebih luas. Selain itu, dengan dekorasi seperti ini tikus-tikus akan kesulitan untuk bersarang di dalam rumahmu. Pas kan, untuk kamu yang sedang mencari cara mengusir tikus yang aman?

8. Menyusun furnitur secara simetris sebagai bentuk dekorasi rumah sederhana

casterconnection.com

Menyusun furnitur dalam posisi yang simetris sebagai bentuk dekorasi rumah sederhana bisa membuat rumah terlihat lebih rapi, bersih, dan seimbang. Furnitur-furnitur yang bisa diatur dalam posisi simetris ini adalah kursi, lemari, lampu, dan pot tanaman.

Ingat, furnitur tersebut tidak perlu berukuran besar melainkan sesuai dengan ukuran ruangan dalam rumah. Jangan lupa sesuaikan desain furnitur dengan desain interior ya.

9. Gunakan lampu sebagai dekorasi rumah sederhana untuk menerangi setiap sudut rumah

rdcnewscdn.realtor.com

Lampu merupakan sumber cahaya buatan yang digunakan untuk menerangi ruangan agar para penghuni rumah bisa melakukan berbagai kegiatan dengan nyaman. Selain itu, lampu juga bisa menjadi dekorasi rumah sederhana. Letakkan lampu pada posisi yang tepat agar bisa menerangi semua sudut ruangan di rumah, misalnya di atas sofa bed di ruang keluarga. Rumah yang terang akan membuatnya terasa lebih bersih dan lapang.

10. Pilihlah rak buku terbuka yang tinggi

kawaz.co

Bagi para pecinta buku, memiliki rak buku di dalam rumah adalah suatu kewajiban. Untuk urusan rak buku, pilihlah rak terbuka yang tinggi bukan lebar ke samping. Rak buku terbuka sebagai dekorasi rumah sederhana akan menciptakan kesan ruang yang lebih lapang.

Ukurannya yang tinggi akan lebih efisien tempat dibandingkan dengan rak yang lebar ke samping. Lagipula, dengan rak terbuka ini kamu akan lebih mudah mencari koleksi buku yang ingin dibaca.

11. Gantungkan tirai setinggi mungkin

pinterest.com

Saat memilih tirai untuk dekorasi rumah sederhana, kamu tidak hanya perlu mempertimbangkan warna dan bahannya tapi juga posisi tiang tirainya. Agar rumah terasa lebih megah dan tinggi, gantungkanlah tirai setinggi mungkin sehingga tercipta ilusi. Jangan khawatir jika jendela kamu kecil, karena dekorasi tirai ini akan menyembunyikan ukuran jendela tersebut.

12. Gunakan karpet bermotif besar sebagai dekorasi rumah sederhana

pinterest.com

Bosan dengan tampilan rumah yang begitu-begitu saja? Kamu bisa mencoba ubah dekorasi rumah sederhana dengan mengganti karpet. Untuk rumah mungil, pilihlah karpet dengan warna lembut dan bermotif besar agar tercipta kesan ruangan yang lebih luas.

Itulah daftar dekorasi rumah sederhana yang wajib dimiliki rumah mungil versi Kania. Dekorasi rumah sederhana apa saja yang sudah ada di rumahmu? Kalau bingung di mana mencari furniturnya sebagai pelengkap dekorasimu, kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual meja tv, sofa, kursi malas, rak dinding, dan meja makan. Khusus untuk si Kecil, Dekoruma jual tempat tidur bayi dan lemari anak. Selain harganya bersahabat, model dan ukurannya pun beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Nggak cuman itu, Dekoruma juga menyediakan kasur dari beragam merek terkenal untuk kebutuhan tidurmu, seperti kasur Serta, kasur Elite, dan kasur Dunlopillo. Yuk, langsung kunjungi Dekoruma!