Komputer (atau laptop) merupakan salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh berbagai kalangan dari keluarga terpelajar saat ini. Pengusaha, karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, hingga anak-anak memerlukan peranti ini untuk mendukung berbagai aktivitas mereka. Walaupun demikian, sering kali para pengguna komputer melupakan salah satu perabot penting yang dapat menambah kenyamanan dalam menggunakan komputer, yaitu meja komputer. Padahal, pemilihan meja komputer yang pas juga dapat meningkatkan kinerja serta produktivitas.

Agar dapat memperoleh meja yang tepat, berikut inilah 8 tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli meja komputer:

Rencanakan tata letak meja komputer

Dalam membeli berbagai jenis furnitur, ada baiknya Anda senantiasa memikirkan sisi estetisnya di dalam ruangan, di samping daya guna perabot tersebut. Rencanakanlah di mana Anda akan meletakkan perabot tersebut. Apakah di sudut, sisi, atau di tengah ruangan? Pasalnya, tidak semua jenis furnitur cocok diletakkan di mana saja. Beberapa di antaranya hanya cocok untuk diletakkan di lokasi-lokasi spesifik.

Perinci barang-barang yang akan diletakkan di atas meja komputer

Selanjutnya, susunlah daftar barang yang kelak akan menempati meja komputer Anda. Selain monitor komputer, mungkin Anda berencana meletakkan printer, speaker, mouse, scanner, atau yang lainnya. Dengan mengetahui barang apa saja yang ingin Anda letakkan di atas meja komputer, Anda akan dapat memperkirakan ukuran meja komputer yang pas dengan kebutuhan Anda.

Dengan atau tanpa laci keyboard

Jika Anda adalah pengguna laptop, tentu Anda tidak akan memerlukan laci keyboard. Adapun, jika Anda adalah pengguna komputer, Anda dapat memilih meja komputer dengan atau tanpa laci keyboard. Laci keyboard dapat mengurangi ukuran daun meja sehingga meja cocok diletakkan di ruangan yang tidak terlalu luas. Selain itu, meja komputer dengan laci keyboard dapat menjadi salah satu pilihan model yang ergonomis.

Kenali kebutuhan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas

Untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas Anda, seringkali diperlukan beberapa bahan ataupun peranti pendukung yang digunakan selama bekerja. Misalnya buku, CD, map-map arsip, dan lain sebagainya. Agar dapat menghemat waktu, akan sangat menyenangkan jika berbagai bahan dan peranti tersebut mudah dijangkau dari meja Anda.

Oleh karena itu, dengan mengenali berbagai hal yang dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas, Anda akan dapat menentukan fitur apa saja yang diperlukan dalam sebuah meja komputer. Misalnya, meja komputer yang dilengkapi dengan rak buku, laci penyimpanan CD, lemari arsip, dan seterusnya.

Ukur ruang yang tersedia

Ukurlah ruang yang kelak akan ditempati oleh meja komputer. Dengan demikian, Anda tidak akan membeli meja dengan ukuran yang berlebihan. Kombinasi pengetahuan antara ukuran ruang yang tersedia, rencana lokasi penempatan meja, serta kebutuhan fitur dapat memudahkan Anda memilih ukuran serta model meja yang cocok.

Misalnya, meja komputer sudut sangat cocok untuk ruangan yang sangat terbatas dan dapat ditempatkan di sudut ruangan mana saja. Adapun, meja berbentuk L sangat bermanfaat jika Anda meletakkannya di sebuah ruangan yang memang dikhususkan sebagai ruang kerja. Contoh lainnya, meja komputer berbentuk U, cocok bagi Anda yang memerlukan banyak tempat penyimpanan yang mudah diraih dari komputer.

Jaga kesehatan tubuh dengan memilih model yang ergonomis

Selain kelima poin di atas, kesehatan Anda sebagai pengguna meja juga harus diutamakan. Desain yang ergonomis akan memberikan kenyaman serta keamanan bagi Anda ketika bekerja di meja komputer. Beberapa hal yang dapat diperhatikan di antaranya adalah tinggi tempat keyboard, posisi rak buku, dan kursi yang menjadi pasangan dari meja komputer.

Keyboard sebaiknya diletakkan pada ketinggian yang dapat mengondisikan lengan pengguna secara ideal. Ketika menggunakankan keyboard, diharapkan terbentuk sudut 900 antara lengan bawah dengan lengan atas. Selanjutnya, upayakan agar ketinggian rak buku tidak terlalu tinggi sehingga Anda cukup melirik ke atas untuk melihat berbagai koleksi buku Anda. Hal ini akan memperkecil risiko sakit leher karena mendongak dan juga mempermudah Anda untuk meraih buku yang diinginkan.

Adapun untuk kursi, pilihlah kursi kerja atau kursi kantor dengan ketinggian yang dapat diatur secara fleksibel. Jika memungkinkan, cobalah dulu sebelum membeli, dan pilihlah pasangan kursi dan meja komputer yang terasa nyaman dan pas bagi tubuh.

Bahan berkualitas dengan harga sesuai kantong

Pemilihan bahan akan dapat memengaruhi harga, berat, dan penampakan visual. Meja komputer berbahan kayu merupakan meja yang sangat baik, kuat, dan dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Meja ini juga merupakan jenis meja komputer yang paling mahal di pasaran. Untuk alternatif yang lebih murah, Anda dapat memilih meja berbahan logam. Walaupun lebih murah, meja berbahan logam memiliki penampilan yang kokoh dan terlihat modern. Selanjutnya, meja berbahan plastik dan serbuk kayu merupakan meja-meja termurah yang dapat Anda beli. Kedua bahan ini menghasilkan karakter meja yang ringan sehingga cocok digunakan oleh pengguna yang sering bolak-balik menggunakan meja komputer.

Hargai selera pribadi

Terakhir, jangan lupakan selera pribadi Anda dalam memilih meja komputer. Pilihlah warna dan model yang menyenangkan hati Anda, sehingga dapat membuat Anda betah berlama-lama bekerja di meja komputer.

Nah, itulah 8 tips yang dapat Anda ikuti ketika ingin membeli meja komputer. Dengan memerhatikan delapan tips di atas, Anda akan dapat membuat rumah atau kantor semakin nyaman sekaligus menjadi tempat yang menyenangkan untuk bekerja. Dengannya, kinerja dan produktivitas Anda pun akan meningkat. Apabila Anda sedang mencari meja komputer, Dekoruma jual meja komputer yang bisa Anda gunakan di rumah Anda. Segera pesan meja komputer pilihan Anda di Dekoruma!