Kamar tidur adalah salah satu tempat favorit masing-masing anggota keluarga. Selain menjadi tempat istirahat setelah seharian beraktivitas, kamar tidur juga bisa menjadi tempat bersantai dan main game. Dilihat dari fungsinya, design interior kamar tidak dapat disepelekan atau dibuat sembarangan.

Desain interior kamar sebaiknya dibuat berdasarkan keinginan si pemilik kamar agar terasa nyaman dan membuatnya betah berlama-lama di sana. Tak hanya itu, pemakaian furnitur seperti kasur dan lemari juga harus sesuai dengan kebutuhan pemilik. Ada beberapa desain interior untuk area yang sifatnya pribadi ini. Sebelum membangun kamar, yuk kenali dulu 10 desain interior kamar yang paling populer berikut ini dan pilihlah yang sesuai dengan keinginanmu!

1. Desain interior kamar Bohemian

pinterest.com

Menerapkan desain interior kamar ala bohemian berarti kamu harus berani bermain motif dan warna. Tidak ada aturan khusus untuk menghias interior desain kamar ini. Memadukan motif tribal dengan lingkaran? Tidak masalah! Menggunakan 5 warna sekaligus di dalam kamar juga tidak masalah.

Elemen lainnya yang penting dalam desain interior kamar bohemian adalah penggunaan kain dengan rumbai di ujungnya.  Kain ini bisa berupa sprei, sarung bantal, atau throw. Nggak lupa, Mandala tapestry juga menjadi ikon penting dalam konsep desain bohemian.]

2. Desain interior kamar eklektik

cutypaste.com

Desain interior kamar yang satu ini cukup menantang, pasalnya warna yang digunakan adalah warna-warna yang mencolok seperti merah, biru, dan kuning. Kunci utama pada desain interior kamar eklektik adalah penggunaan elemen kain. Elemen kain ini bisa dimunculkan dengan karpet, tirai besar, atau hiasan dinding dari kain.

Misalnya menggunakan motif geometris pada furnitur atau wallpaper. Motif geometris yang sering digunakan adalah zig-zag, vertikal, garis, dan lingkaran. Furnitur yang digunakan juga biasanya memiliki kaki yang melengkung atau berbahan dasar besi tempa.

3. Desain interior kamar Victorian

pinterest.com

Desain interior kamar berikutnya adalah ala Victorian. Desain interior kamar seperti ini biasanya ditemukan pada rumah-rumah mewah dan mengingatkan kita pada interior istana yang megah.

Desain interior kamar Victoria biasanya memiliki area untuk duduk. Pada area duduk ini ada beberapa kursi dan ottoman empuk untuk sandaran kaki. Furnitur yang digunakan pada desain interior kamar ini adalah furnitur yang memiliki ukiran pada bagian kaki atau pinggirannya.

interiorsroom.ru

Sebagian besar desain interior kamar Victorian memiliki ranjang dengan headboard yang dilengkapi tirai dari kain tebal dan mengkilap. Cermin, lukisan, dan wallpaper bermotif wajib menghiasi dinding kamar. Tidak ketinggalan juga side table untuk meletakkan lampu meja dan barang lain serta lampu gantung dari kristal sebagai sumber pencahayaan.

4. Desain interior kamar shabby chic

pinterest.com

Desain interior kamar shabby chic adalah salah satu desain interior yang digemari oleh para perempuan. Desain interior shabby chic sendiri merupakan bentuk turunan dari gaya vintage yang banyak menggunakan warna-warna lembut.

Motif yang sering digunakan pada desain interior kamar ini adalah bunga-bunga kecil. Sebagai pelengkap, kamu bisa menggunakan sprei berwarna pastel atau sprei berenda. Untuk furnitur di kamar ini, gunakanlah material kayu dengan cat yang mengelupas untuk menciptakan kesan usang dan lusuh khas desain interior shabby chic. Desain interior kamar ini sangat cocok untuk anak perempuan atau perempuan dewasa yang feminin.

5. Desain interior kamar industrial

home-designing.com

Desain interior kamar yang berikutnya akan cocok untuk kamu yang berkepribadian kalem. Desain interior kamar industrial ini identik dengan warna abu-abu dari dinding atau lantai beton yang tidak diberi finishing alias dibiarkan terlihat apa adanya. Lantai beton ekspos ini bisa juga diganti menggunakan lantai kayu.

Warna abu-abu yang identik ini mampu menciptakan kesan cool dan dingin. Furnitur yang digunakan biasanya terbuat dari metal dan besi atau kayu. Dekorasi yang paling direkomendasikan ada di dalam interior kamar ini adalah lampu bercorong besar yang biasa digunakan di pabrik. Atau, kalau nggak bisa menemukan lampu bercorong, kamu bisa memakai variasi lampu hias.

6. Desain interior kamar rustic

canadianloghomes.com

Desain interior kamar rustic ini populer di kalangan masyarakat karena dianggap mampu menciptakan suasana zaman dahulu di bangunan modern. Material yang digunakan untuk furniturnya adalah kayu tanpa finishing, seperti pada meja pajangan di atas sehingga warna aslinya tetap menonjol.

Bagian dinding biasanya terbuat dari batu bata yang dibiarkan tanpa aci atau cat. Dekorasi terbaik untuk menghiasi desain interior kamar ini adalah berbagai barang antik dan kuno.

7. Desain interior kamar Skandinavia

deloghtfull.com

Sebagai salah satu konsep desain interior paling populer di dunia, hampir semua orang mengetahui apa itu konsep Skandinavia. Pada umumnya, desain interior kamar Skandinavia didominasi oleh warna serba putih—mulai dari dinding hingga lantai, meski pada perkembangannya ada juga yang menggunakan warna abu-abu atau cokelat pasir.

Material yang digunakan pada desain ini adalah kayu untuk lantai dan furnitur. Karena Skandinavia identik dengan kesan simpel dan natural, pencahayaan utama dari kamar ini berasal dari matahari. Oleh karena itu, pilih jendela berukuran besar saat mendesain dengan konsep Skandinavia.

flickr.com

Agar desain interior kamar ini terlihat tidak monoton, kamu bisa menambahkan dekorasi berupa pot tanaman hijau atau tanaman unik seperti kokedama di beberapa sudut atau menggunakan sarung bantal bermotif simpel dan warna senada dengan konsep ruangan.

8. Desain interior kamar Mediterania

decoist.com

Desain interior kamar Mediterania biasanya populer di negara-negara tropis, salah satunya adalah Indonesia. Desain interior kamar yang dipengaruhi oleh negeri-negeri sebelah selatan Eropa seperti Yunani, Italia, dan Spanyol ini identik dengan penggunaan batu alam pada salah satu bidang dinding atau lantai.

Furnitur yang digunakan biasanya berukuran sangat besar dan terbuat dari kayu pinus atau yang biasa dikenal sebagai kayu jati Belanda. Kamu tidak membutuhkan banyak dekorasi untuk menghias desain interior kamar ini. Sementara itu, untuk penggunaan furnitur tambahan pada desain interior kamar ini, kamu bisa menambahkan kursi panjang di depan tempat tidur atau kursi malas pada sudut ruangan. Kalau kamu ingin mencarinya, Dekoruma jual kursi panjang dan kursi malas, seperti inspirasi di atas.

9. Desain interior kamar tradisional

avetexfurniture.com

Desain interior kamar tradisional memiliki nuansa yang lembut dan hangat. Warna yang mendominasi desain interior ini adalah cokelat dari penggunaan material kayu pada furnitur, mulai dari ranjang, pintu, lemari custom, lantai, dan meja rias.

Furnitur yang digunakan biasanya berukuran besar dan memiliki ukiran sederhana di sekelilingnya. Untuk pencahayaan, gunakanlah warna lembut seperti kuning atau putih namun tidak perlu terlalu terang sehingga terciptalah kesan yang nyaman. Jangan lupa tambahkan juga beberapa dekorasi yang berkesan tradisional, seperti lukisan, vas bunga, dan bingkai foto.

10. Desain interior kamar minimalis

adsttc.com

Desain interior kamar yang paling populer di kalangan masyarakat adalah minimalis. Desain interior kamar yang satu ini cocok diterapkan untuk kamar anak maupun dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Desainnya tidak lekang oleh waktu, maksudnya cocok untuk segala umur. Ketika anak kamu beranjak dewasa, desain interior kamar ini tidak perlu diubah mengikuti umurnya. Berbeda jika kamu menerapkan desain kamar tidur anak-anak bertema kartun yang harus diubah ketika anak beranjak dewasa nanti.

cdn.home-designing.com

Furnitur yang digunakan dalam kamar minimalis ini memiliki garis tegas tapi sederhana seperti bentuk persegi atau persegi panjang. Warna yang juga digunakan netral, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Untuk penerangannya gunakan pencahayaan tidak langsung agar kegiatan tidur bisa terasa lebih nyaman.


Itulah 10 desain interior kamar populer yang perlu kamu ketahui sebelum membangun kamar. Nah, desain mana yang menjadi pilihanmu? Jangan lupa, kamu bisa kok mewujudkan desain kamar impianmu. Terlebih untuk kamu yang berdomisili di Jakarta dan sedang mencari desain interior Jakarta, kamu bisa menggunakan layanan desain interior dari Dekoruma.

Jika sudah berhasil mewujudkan kamar impian, jangan lupa untuk melengkapinya dengan spring bed berkualitas yang nyaman dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual spring bed The Luxe, spring bed King Koil, dan spring bed Florence. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!