Lantai adalah bagian terakhir yang diselesikan ketika membangun sebuah rumah. Meski begitu, pemilihan desain lantai tidak dapat diremehkan. Pemilihan tekstur, material, motif, bahkan harga pada desain lantai harus disesuaikan dengan luas dan fungsi tiap-tiap ruangan.

Ada beragam jenis desain lantai yang memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri, karena tiap-tiap jenis desain lantai memiliki tingkat ketahanan yang berbeda terhadap beban dan kelebaban. Pastinya kita mau desain lantai yang pas, sesuai selera, dan tahan lama.

Bagi kamu yang sedang mencari referensi desain lantai yang cocok, keren, dan berkualitas, baiknya kamu ketahui dulu yuk 15 ide desain lantai keren untuk rumahmu berikut ini!

1. Desain Lantai Slate

idolza.com

Jika kamu menginginkan desain lantai yang tampak tegas dan menawan, mungkin kamu perlu memilih desain lantai slate. Salah satu tipe batu alam ini memiliki tekstur yang kasar dan kokoh.

mybktouch.com

Kamu bisa memilih desain lantai slate dengan warna cenderung gelap seperti abu-abu agar ruangan tampak megah. Paduan desain lantai slate dengan jenis backsplash yang tepat di dapur dapat menghadirkan kesempurnaan pada dapurmu.

 

2. Desain Lantai Keramik

pinterest.com

 

Desain lantai keramik adalah yang paling banyak ditemui di rumah-rumah. Salah satu alasannya adalah karena banyak motif keramik lantai yang menarik. Lantai keramik cocok digunakan pada kamar mandi minimalis karena tidak menyerap banyak air, pilihlah yang teksturnya agak kasar supaya tidak licin.

Sebaliknya, lantai keramik sebaiknya tidak diaplikasikan pada kamar tidur karena mudah mengalami perubahan suhu yang mendadak sehingga mudah pecah dan tidak nyaman diinjak ketika suhu sedang tidak stabil atau pada malam hari.

3. Desain Lantai Karpet

squarespace.com

Bicara soal lantai yang hangat, lantai karpet mungkin juaranya. Selain itu, desain lantai karpet juga memiliki beragam motif dan warna yang mudah diselaraskan dengan gaya interior ruangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih desain lantai karpet. Memilih desain lantai dengan karpet yang tepat bisa membuat ruangan terlihat luas lho!

Jangan gunakan desain lantai karpet pada area basah seperti kamar mandi karena menyerap banyak air. Sebaiknya, karpet juga tidak digunakan pada kamar anak karena debu dan kotoran yang bersarang pada lantai karpet lebih mudah dihirup oleh anak.

4. Desain Lantai Batu Alam

archiexpo.com

Desain lantai lantai batu alam termasuk salah satu yang teruji keawetannya. Ada beragam jenis batu alam yang cocok untuk masing-masing fungsi ruang berdasarkan sifat dan teksturnya.

Meski lantai batu alam termasuk mudah dibersihkan, namun kamu harus berhati-hati dengan marmer karena lebih mudah menyerap noda. Marmer sebaiknya tidak digunakan pada ruang yang mudah terkena noda seperti dapur.

5. Desain Lantai Marmer

pinterest.com

Marmer merupakan jenis batu alam yang relatif lebih mahal daripada jenis lainnya. Bukan hanya untuk lantai, keramik batu alam jenis ini pun sering dijadikan pemanis dalam interior rumah. Kelebihan dari desain lantai marmer adalah motif dan warna cukup beragam dan polanya yang menyambung.

Lantei marmer juga sangat kuat dalam menahan beban berat dan tahan terhadap api. Tapi ingat, jangan pasangkan lantai marmer untuk outdoor karena mudah berjamur dan memudar jika sering terkena sinar matahari.

6. Desain Lantai Tegel

innardsinterior.com

ika kamu penggemar rumah bergaya klasik, maka kamu pasti suka dengan desain lantai tegel. Desain lantai tegel juga biasanya menyajikan corak etnik yang beragam sehingga mudah menemukan yang pas dengan seleramu.

Di samping itu, desain lantai tegel menampilkan keteduhan dengan permukaan yang sejuk ketika diinjak sehingga cocok sekali diaplikasikan pada ruang tamu. Perawatan lantai tegel pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengepelnya dan jangan sampai terkena cairan asam karena akan sulit dibersihkan. Supaya lebih seimbang, padukan juga dengan warna cat rumah yang sejuk, ya!

7. Desain Lantai Granit

pinterest.com

Sebagai salah satu jenis desain lantai terpopuler, desain lantai granit memang tampak mewah karena lebih mengkilap. Lantai granit memiliki tektur yang lebih padat ketimbang marmer sehingga cocok untuk area terkena banyak air seperti kamar mandi. Lantai granit juga lebih mudah dibersihkan.

Di samping itu, lantai granit juga lebih keras sehinggan tidak mudah tegores. Kebanyakan desain lantai granit juga menghadirkan warna yang lembut dan motif yang tegas sehingga desain lantai terlihat anggun.

8. Desain Lantai Travertine

tiles.ie

Ruangan bergaya rustic cocok sekali jika dikombinasikan dengan desain lantai travertine. Desain lantai yang memiliki warna-warna pasir ini memiliki estetika alami dengan tekstur yang pecah-pecah. Desain lantai satu ini memiliki keunikan karena garis-garis pecahan tidak berpola, sehingga keindahan seperti ini layak disuguhkan di ruang tamu. Desain lantai travertine cenderung berpori, maka harus sering dibersihkan agar kotoran tidak mengendap.

9. Desain Lantai PVC

pinterest.com

Mungkin kamu juga menyebut PVC dengan sebutan vinyl. Terbuat dari campuran stone salt, kapur, dan batu gamping, desain lantai vinyl dapat tampil dengan banyak warna dan corak. Kamu pasti bisa menemukan desain lantai PVC yang cocok dengan seleramu.

Kelebihan dari desain lantai PVC adalah mudah diaplikasikan, cukup kuat, harga relatif murah, bahkan tahan air. Desain lantai PVC juga meredam getaran sehingga tidak berisik saat diinjak.

10. Desain Lantai Linoleum

whereishemsworth.com

Desain lantai linoleum terbuat dari bahan-bahan alami sehingga cocok dipasang pada ruang keluarga karena tidak menyebabkan alergi. Desain lantai linoleum juga tersedia dalam bermacam warna dan tidak licin sehingga tidak membahayakan anak-anak. Desain lantai linoleum juga mudah dibersihkan, agar lebih tahan lama gunakan pelapis anti abrasi. Pelapis ini mencegah lantai linoleum keropos karena air.

11. Desain Lantai Beton

livinator.com

Jika kamu menginginkan desain lantai yang maskulin dan tegas maka desain lantai beton bisa menjadi pilihanmu. Desain lantai beton juga cocok diaplikasikan pada rumah bergaya kotemporer. Kamu juga bisa memilih hasil akhir yang matte atau glossy sesuai selera dan kesan yang ingin ditunjukkan. Selain itu, kamu dapat menuangkan kreativitas dengan memilih sendiri campuran warna dan corak pada desain lantai beton. Selain kokoh, lantai beton termasuk mudah dalam perawatannya.

12. Desain Lantai Kayu

pinterest.com

Desain lantai kayu yang hangat dan alami pas sekali jika dipasang pada kamar tidur. Selain itu lantai kayu tahan terhadap perubahan suhu sehingga nyaman ketika diinjak. Supaya lantai kayu tahan terhadap goresan dan tidak mudah keropos, mengaplikasikan pelapis adalah sebuah keharusan.

13. Desain Lantai Parket

czmcam.org

Desain lantai parket adalah versi lebih menawan dari desain lantai kayu. Desain lantai parket lebih halus, warna dan motifnya juga beragam. Namun, meski telah mendapat sentuhan pabrik, lantai parket tetap mewarisi sifat material aslinya, kayu. Ketahanan lantai parket terhadap api dan air juga rendah.

14. Desain Lantai Laminasi

owerting.com

Desain lantai laminasi mirip dengan desain lantai kayu, namun permukaannya lebih halus. Keunikan desain lantai laminasi yaitu bisa tampak seperti gradasi warna kayu. Sehingga desain lantai tampak lebih variatif. Dalam perawatannya, jangan biarkan lantai terlalu basah karena akan menyebabkan lantai rengat. Selain itu, jangan tempatkan furnitur yang terlalu berat di atasnya.

15.    Desain Lantai Tanah Liat atau Bata

pinterest.com

Lantai tanah liat bersifat mudah dibentuk, termasuk meniru desain lantai kayu. Desain lantai tanah liat cocok diaplikasikan pada ruangan yang terkena banyak air seperti kamar mandi. Selain memberikan kesan natural yang adem, lantai tanah liat juga mudah dibersihkan.

brick-floor-tile.com

Sekarang kamu nggak bingung lagi kan, memilih desain lantai yang tepat? Jangan lupa sesuaikan material dengan jenis ruanganmu, supaya nggak salah pilih nantinya. Kalau masih bingung juga, Dekoruma siap membantu persoalan desain interior kamu, kok!

Kamu juga bisa membeli furniture online di Dekoruma yang bisa kamu pilih sesuai konsep desain rumahmu. Dekoruma jual kursi makan, kabinet, sofa, dan lainnya. Harganya bersahabat dan tersedia dalam berbagai model.

Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan aneka kasur dan spring bed, lho! Dekoruma jual kasur King Koil, kasur Comforta, kasur The Luxe, dan kasur Lady Americana yang tersedia dalam ragam ukuran. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!