Tahu nggak, apa saja yang harus kamu perhatikan saat ingin membuat taman rumah minimalis? Selain struktur dan desain dari taman rumah minimalis itu sendiri, kamu juga harus memperhatikan jenis tanaman yang kamu tanam di rumah lho!

Biasanya, apa saja sih jenis yang bisa kamu tanam di taman minimalis milikmu? Yuk ikuti petunjuk dari Kania di bawah ini!

Menanam Frangipani atau Pohon Kamboja

pinterest.com

Mau punya taman rumah minimalis yang bukan saja terlihat cantik, tetapi punya bau semerbak yang wangi? Pohon Kamboja adalah solusi yang paling tepat. Dikenal juga dengan nama Frangipani atau Plumeria, bukan hanya sebagai penghias di taman rumah minimalis, bunga kamboja pun sering dipakai sebagai bahan baku wangi-wangian seperti parfum atau wewangian spa.

Taman Rumah Minimalis dengan Pohon Aloe

llifle.com

Untuk efek maksimal di taman rumah minimalis, tanaman atau pohon Aloe adalah salah satu yang paling direkomendasikan. Berbeda dengan tanaman Aloe Vera alias lidah buaya, varietas Aloe yang sering digunakan di taman rumah minimalis adalah jenis Aloe Barbarea.

Pohon Aloe ini berasal dari Afrika Selatan dan bisa tumbuh hingga 18 meter. Kelebihannya lagi, pohon Aloe ini tahan terhadap temperatur tinggi termasuk di Indonesia yang bersuhu tropis dan minim perawatan. Kalau kamu memilih pohon Aloe ini untuk taman rumah minimalismu, jangan lupa tambahkan kursi teras di bawahnya untuk bersantai, ya!

Memakai Aloe Vera yang Banyak Manfaat

pinterest.com

Berbeda dengan pohon Aloe, tanaman Aloe Vera alias lidah buaya adalah salah satu tanaman yang cukup akrab di masyarakat Indonesia. Kaya akan manfaat yang berbeda- beda, tanaman ini juga cocok untuk taman rumah minimalis milikmu loh.

Tanaman lidah buaya ini biasanya bisa ditanam di pot-pot berukuran sedang hingga kecil dan tidak butuh banyak perawatan dari pemiliknya. Cukup disiram secukupnya sekitar 2 minggu sekali, kamu bisa merawat tanaman dengan banyak manfaat ini!

Tanaman Maple Jepang

homedecoo.net

Bicara soal taman rumah minimalis, penduduk Jepang adalah salah satu ahli dalam menghadirkan konsep minimalis serba hijau yang indah. Salah satu andalan mereka adalah Japanese Maple. Dengan bentuk ranting yang artistik dan warna daun yang indah, tanaman maple Jepang yang berkisar antara satu hingga lima meter dan cocok untuk taman rumah minimalis yang berukuran kecil hingga sedang.

Pohon Sikas (Cycad)

pinterest.com

Lebih dikenal dengan nama pakis haji, pohon sikas menjadi salah satu jenis pohon yang paling umum di taman-taman rumah minimalis. Termasuk ke dalam keluarga Cycadaceae, pohon sikas memiliki tampilan daun yang menyerupai bulu dan tumbuh mengarah keluar batang.

Pohon sikas umumnya mengalami pertumbuhan yang lamban. Jenis pohon hias ini bisa tumbuh sampai 3-4 meter. Pohon sikas bisa tumbuh di wilayah tropis, nggak heran kalau tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara.

Taman Rumah Minimalis dengan Sansevieria

secretgardens.com.au

Sempat popular di tahun 1950, taman hias sansevieria kini kembali booming sebagai pelengkap taman rumah minimalis. Memiliki nama lain yang agak seram, yaitu tanaman ular, tanaman dari genus sansviera ini memiliki nggak kurang dari 70 spesies lho!

Jenis Sansevieria juga disenangi karena tidak membutuhkan banyak perawatan. Yang penting, kamu nggak menaruhnya di tempat yang terlalu panas atau dingin.

Pohon Birch yang Memiliki Banyak Manfaat

pinterest.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah kayu birch sebagai bahan dari furnitur di rumah. Tetapi tahukan kamu kalau pohon birch juga adalah salah satu tanaman ideal untuk taman rumah minimalis?

Pohon yang termasuk dalam familia Betulaceae ini nggak hanya cantik dan pas sebagai penghias di taman rumah minimalis, tapi pohon ini juga memiliki banyak manfaat lho. Misalnya saja, getah pohon birch dianggap bermanfaat. Getahnya mengandung vitamin, protein, amino acid, dan mineral yang baik bagi kesehatan.

Pohon Bambu yang Rindang Juga Bagus di Taman Rumah Minimalis!

homestratosphere.com

Bukan hanya sebagai penghias taman, bambu juga bisa diolah menjadi perabotan serbaguna. Sebut saja furnitur dari bambu, bahkan bambu juga dijadikan bahan untuk sekat ruangan rumah lho!

Di taman rumah minimalis, pohon bambu paling cocok ditanam di depan dinding atau tembok polos. Selain itu, bambu juga bisa kamu gunakan sebagai bahan dari pagar rumah alami. Jangan salah, desain pagar bambu nggak kalah bagus kok dari pagar besi atau kayu.

Tanaman Sirih Gading atau Pothos

pinterest.com

Sebagai salah satu jenis tanaman yang populer, tanaman sirih gading atau golden pothos termasuk pohon yang kuat dan mudah tumbuh tanpa banyak perawatan sehingga cocok untuk taman rumah minimalis milikmu. Tanaman jenis merambat ini memiliki daun yang halus seperti kulit dan berbentuk hati yang cantik dengan corak warna yang bervariasi. Tanaman yang satu ini bisa tumbuh hingga 20 meter dengan diameter sampai 4 cm.

Tanaman Hias Spider Plant

pinterest.com

Nama biologisnya adalah Chlorophytum Comosum, tetapi tanaman hias ini lebih kerap disebut dengan Spider Plant alias tanaman laba-laba dikarenakan bentuk daunnya yang panjang menjuntai ke bawah seperti kaki serangga. Tak heran kalau Spider Plant sering dijadikan tanaman gantung.

Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan cukup mudah untuk dibudidayakan. Selain itu, Spider Plant juga disukai karena punya khasiat membersihkan atau menyaring udara.

Kaktus

lifetimeforhome.com

Jangan remehkan tanaman kaktus atau sukulen di taman rumah minimalis! Tanaman kaktus punya bentuk khas yang lucu, unik dan bervariasi. Sangat ideal untuk taman rumah minimalis di negara tropis seperti Indonesia.

Tenang, tidak akan layu kok karena tanaman kaktus justru akan tumbuh berkembang semakin subur di bawah terik matahari. Meski demikian, tetap terapkan cara merawat kaktus yang baik dan benar, ya!

Umbrella Tree

pinterest.com

Memiliki nama lain Hawaiian Scheferra, Umbrella Tree adalah sejenis tanaman hias yang bisa tumbuh dengan cepat dan mudah dirawat. Jenis Umbrella Tree yang paling dikenal adalah Australia Umbrella Tree. Ciri khasnya adalah dedaunan yang rindang dan cantik, pas untuk taman rumah minimalis. Cara perawatannya juga mudah, cukup dengan menggunting bagian ujung atau depan daun yang tumbuh secara berkala.

Tanaman Pachira (Money Tree)

static1.squarespace.com

Bukan cuma namanya saja yang menarik, Tanaman Pachira atau lebih dikenal dengan Money Tree juga memiliki penampilan hijau yang bikin adem setiap saat. Secara fisik, tanaman ini tidak jauh berbeda dengan tanaman singkong dengan daun berbentuk jari yang meruncing. Batangnya berbonggol dan juga sering dikepang untuk tampil semakin manis.

Konon, tanaman ini memiliki efek yang bisa memberi semangat bagi si pemilik rumah untuk bekerja sehingga sering juga disebut sebagai tanaman pembawa hoki. Alhasil, pemilik taman rumah minimalis akan giat bekerja dan mendapatkan lebih banyak rezeki.

Demikianlah 13 jenis tanaman yang cocok untuk menghiasi taman rumah minimalis milikmu. Namun, jangan hanya hiasi taman rumahmu dengan tanaman saja, melainkan juga dengan aneka furnitur dari Dekoruma! Dekoruma jual kursi, seperti kursi teras, kursi panjang, dan kursi malas untuk menemani waktu santaimu di taman rumah.

Ragam jenis kasur dari merek-merek ternama juga bisa kamu temukan di Dekoruma, lho! Di antaranya ada kasur Airland, Elite, Guhdo, King Koil, dan juga kasur The Luxe yang pastinya siap membuat tidurmu jadi makin nyenyak. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!